Wednesday, October 2, 2013

Hidupku Berat Diongkos.. BABABA ~ !

Hoyoyoyoyoyoy people!!

Ne’s writing nih (Walopun lewat si Awesome Ndi - sogokan gue buat dia supaya mau nge-post ini). Maklum, di daerah gue ini koneksinya ga jauh beda sama di tempat yang ga ada sinyal. Jadi, yah... Line pun jadi media yang (lumayan) berguna. Btw, uda ada yang download KakaoTalk? Gue berharap banget sama nelpon gratisnya!! Hahaha..

Okay, back to the topic



Belakangan ini gue jadi sering banget nonton. Yak, nonton di tempat gue kerja praktek sekarang (padahal kerja praktek gue sebentar lagi beres yang artinya kerjaan numpuk ampun-ampunan tapi kalo stress ga ada pelarian lain kecuali laptop gue yang tersayang ini. Yeap, people. Eskrim pun susah. Sedih banget gue). Dan kalopun ada, harganya yaowoooohhhh haleluyaahhh!!! Dompet gue bisa cekak kalo setiap kali stress makan eskrim. Contoh pembicaraan gue sama tukang bubur:

Gue : “Bang, bubur satu dong. Gak usah pake telor, yah. Bubur sama suwiran ayam dikit aja.”

Abang bubur : “Sebentar, yah.”

-gak berapa lama-

Abang bubur : “Ini.”

Gue: “Berapa, Bang? (dengan PeDe ngeluarin gocengan karena itu satu-satunya uang kecil yang gue punya)

Abang bubur : “Sepuluh ribu, dek.”

Gue : “Hoh? Oh...” (terpaksa ngasih gobanan)

Abang bubur : “Gak ada kembaliannya, dek.” (karena jarang ada orang beli)

Gue : *inhale* *exhale*

Dimana-mana bubur gitu doang tuh LIMA REBOOOO!!! Sepuluh ribu di Bandung uda bisa dapet bubur komplit pake telor sama ati-ampela!!!!

Dan hal serupa terjadi setiap kali gue belanja bulanan. Harga barang-barang di sini jauh lebih mahal daripada di Jakarta atau di Bandung. Gak heran banyak barang ilegal dari Malaysia buat kebutuhan pokok. Setiap habis belanja pasti gue nangis liat dompet. Tapi setelah itu, gue ceria karena gak pernah beli apa-apa lagi sepanjang bulan. Duit gue pun awet. Bukan karena gak suka belanja, tapi AKSES dari tempat gue kerja ke kota itu susahnya ampuuuunnnnn!! Harus pake bus kecil atau kendaraan yang namanya Bababa. Bukan, itu bukan punyanya Ucok Baba. Itu tuh, truk buntung yang dikasi terpal bagian atasnya dan bau karet banget. Menusuk. Tajam. Ugh. Mending gue ngelonin laptop deh.

Makanya berasa banget deh kalau laptop jadi barang yang paling disayang di sini. Karena arus listrik yang sering mati (seriously, guys. Di sini mati lampu udah kaya makan, tiga kali sehari). Minimal sekali sehari. Maksimalnya? Gak keitung. Gue selalu stand by di deket laptop. Jangan sampe ngejepret tiba-tiba yang bisa ngebuat laptop rusak total. Charge seperlunya, pakai seperlunya juga. Power bank pun selalu full. Hal yang sama selalu berlaku buat semua gadget gue.

Nah, karena stress itulah makanya gue nonton. Fyi, gue penggemar film. Di laptop gue mungkin udah ada lebih dari 200 film. Belum ada niat buat dihapus. Eh tapi sebentar lagi harus dihapus deng. Kenapa? Memori gue uda merah. Kasian.

Di sini ternyata ga cuma gue yang suka nonton karena ga ada hiburan lain. Banyak banget guru-guru di sini yang suka nonton film juga, bahkan sampe ngopi dari DVD gituh! Yes! Akhirnya trading pun terjadi. Dan koleksi gue tambah banyak. Asiiikk...

Waktu trading itu, ada beberapa film Indonesia yang masuk ke laptop gue. Gue ga pernah koleksi ato suka yang namanya film Indonesia, apalagi kalo udah ada naga (atau bisa disubstitusi oleh elang) terbangnya. Bukannya gak cinta sama negeri sendiri, tapi lebih ke sayang memori. Kalau ada film yang lebih bagus, kenapa gak gue save aja yang lebih bagus (dan biasanya merupakan film-film luar negeri)? Satu-satunya film Indonesia di laptop gue tuh cuma “5cm” yang udah ketauan bagusnya. Oh! Ada “Perahu Kertas 1&2” juga deh. Tapi akhirnya gue pun menerima film Indonesia itu setelah dibujuk oleh trader gue, salah satu kakak kelas dan seasrama di sini.

Karena berfirasat buruk dan berpikir pesimis kalau itu bakal jadi film yang paling nggak rame, gue pun memutuskan buat nonton film itu pertama kali. And you know what?

Till now, I still can’t take my eyes off that movie!

Moralnya dapet BANGET, sosialnya juga KENCENG banget, dan SWEET! (Poin plusnya: mereka shooting di Karawaci, my second home). Rasanya, setiap dialog yang mereka lakuin tuh bener-bener dipikirin kata per kata. Pemeran utamanya pasti kalian familiar, deh: Vino G. Bastian sama Velove Vexia.

Dan judulnya:
“MIKA”



Satu poin plusnya lagi adalah: film ini diangkat dari sebuah novel yang judulnya “Waktu Aku Sama MIKA” dan dibuat berdasarkan kisah nyata. Gue pribadi uda riset kecil-kecilan (gue gak mau nge-fans tanpa alasan) ngunjungin blog pribadinya Indi (pengarang novel itu). And - again - you know what?
I am touched ;(

"Sugar. Tau Gak. Kamu tuh ngingetin aku sama anak-anak di buku Torey Hayden"
"Karena aku cacat?"
"Bukan. Tapi karena kamu Special"


Dan gue jadi menyadari satu hal:

Indonesia gak kalah dan HARUS GAK MAU KALAH sama Negara-Negara lain buat bikin film berkualitas, bermutu, dan bagus!

Penggemar film gak akan pernah puas kalau disodorin film-film ngasal atau asal bagus aja. Nope.
Banyak banget pengalaman hidup generasi awal sampe senior Indonesia yang bisa dipelajari, diangkat, dibuat seberkualitas mungkin dan diterima secara positif. Contohnya ya pengalaman Indi dan anak-anak pendaki Mahameru.

Gue juga yakin uda banyak banget film Indonesia yang berkualitas di luar sana. Dan kita, sebagai generasi muda Indonesia, yuk mulai mikir gimana caranya kita menghargai hasil karya anak bangsa. Dukung, doakan, dan berpartisipasi di dalamnya! Selama kita sendiri gak suportif, kapan bangsa kita mau maju? Apalagi kalau semua orangnya pada pesimis. Oh, please. Bukan jamannya, guys!

So, gue bangga sama karya anak bangsa. Dan gue rindu bisa menyumbang sesuatu buat bangsa ini, dengan cara gue sendiri.

How about you?

P.S.: Gue gak sabar buat pulang ke Karawaci atau Bandung untuk menggenggam “Waktu Aku Sama MIKA”. Di sini ga ada toko buku soalnya... *curcol*

P.S.S.: Tanggal 9 November gue uda balik ke peradaban Karawaci! Makin gak sabar ketemu sama kalian semua, SOAP! Desember nanti kita jadi backpacking, kan? Buat para fans (kalau ada. Haha.), kalo ketemu kita lagi nge-bolang, cukup perhatiin keanehan kita aja. Kita gak gigit, kok. Tenang aja. Tapi kalian pasti bakal ngerasa kalau kita ajaib. Banget.

P.S.S.S.: Dan gue gak sabar ketemu “dia” tanggal 9 November. My lovely germ-breeder <3

3 comments:

  1. err.... bukanya kita pergi tengah taun depan bukan?

    ReplyDelete
  2. Desember gue UAS plis! Ga bisa backpacking-an! *panic*

    ReplyDelete