Thursday, October 20, 2016

Otome Mobile Game—Mystic Messenger [Review]

Siapapun yang sering menjelajah di dunia per-otome-an akhir-akhir ini pasti tau atau seengganya pernah denger tentang Mystic Messenger (MM). Bahkan mungkin ada beberapa di antara kalian yang ga begitu familiar dengan dunia otome, tapi sering banget denger tentang MM ini, sehingga muncul banyak pertanyaan; apa sih sebenernya Mystic Messenger?

Image result for mystic messenger

Developer : Cheritz
Platform : Mobile (Android & iOS—but for iOS maybe will coming soon [?]) free to play, ada in-game purchase buat hourglass
Rating : 10+
Size : Kurang lebih 2 GB




Mystic Messenger adalah sebuah otome mobage bikinan Korea yang mana player akan berinteraksi dengan target pilihan dalam chat-chat sebagaimana dalam sebuah messenger aja. Jadi game ini ngga kaya visual novel biasa dimana kita baca cerita doang gitu, tapi kita bisa berpartisipasi secara aktif dan terlibat dalam setiap percakapan mereka dalam chat.

Gue salut sama tim Cheritz ini; mereka bikin game yang sungguh kreatif. Berhubung interaksi kita sama target yang kita pilih kaya messenger beneran, gampang banget rasanya jadi baper. Bahkan kadang KITA BISA DITELEPON SAMA SI TARGET!!! HUWAAAA!!!

Image result for mystic messenger unknownJadi cerita awalnya, sesudah kita donlot aplikasi Mystic Messenger, tiba-tiba ada seseorang dengan nama Unknown yang nge-message kita sebagai Main Character (MC), intinya nyuruh MC dateng ke sebuah alamat soalnya si Unknown ini berniat balikin hape yang dia temuin tapi gatau siapa pemiliknya. Setelah MC tiba di alamat tersebut, ruangan chat berubah jadi berisi 5 orang lain—Zen, Yoosung, Jaehee, Jumin, dan 707/Seven sementara si Unknown ngilang—dimana semuanya heran karena tiba-tiba MC masuk ke ruangan chat.

Ternyata aplikasi yang baru MC donlot ini adalah aplikasi khusus anggota RFA (Rika Fundraising Association) dan seharusnya ga sembarang orang bisa masuk/donlot tanpa seijin Seven. Mereka pun mencurigai MC tapi kemudian V (ketua RFA) berkata MC ga boleh pergi dari tempat yang dia datengin itu dan juga ga ada yang boleh ke sana—turns out ternyata tempat itu adalah apartemen Rika—karena banyak rahasia yang disimpen disana dan MC sekarang bertugas ngumpulin/ngundang orang-orang ke fundraising party kaya yang pernah dibikin Rika.

So, sepanjang game ini tugas utama kita sebagai MC sebenernya cuman ngumpulin tamu yang disarankan oleh anggota RFA lain. Sisanya kita interaksi sama para anggota RFA yang bisa kita ‘conquer’.

Empat hari awal kita 'pedekate' sama target. Maksudnya adalah kita punya 4 hari untuk ngumpulin hearts sebanyak-banyaknya dari tokoh yang kita incer. Tiap tokoh punya warna hearts beda-beda. Di perkenalan tokoh di bawah, nama-nama tiap toko diwarnai dengan warna hearts mereka.

Sayangnya ga ada cara buat tau berapa banyak hearts dari tiap tokoh yang kita dapatkan. Nanti pas masuk hari ke-5, baru kita bakal tau kita masuk route siapa. Tapi cara untuk dapetin tiap tokoh ga susah kok. Berdasarkan kepribadian mereka, kita bisa tau harus ngasih jawaban kaya gimana nantinya. Yuk langsung aja kita liat siapa aja tokoh-tokoh di Mystic Messenger (mungkin ada sedikit spoiler juga)!

P.S. Tokoh-tokoh di bawah diurutkan berdasarkan urutan conquest yang gue lakukan. Ternyata plot ceritanya lebih dapet dengan urutan gini loh.

COMMON ROUTE
Ada 3 orang di sini, dan kalo kita milih target di luar 3 orang ini, kita bisa langsung dapet bad ending. Common Route ini merupakan route yang kebuka dari awal.




Zen/Hyun Ryu
Paling ganteng, paling seksi, paling romantic di antara semua anggota RFA. Kegantengannya itu disertakan pula dengan kenarsisan—which is acceptable, I think, because he’s really handsome—dan emang kerjaannya toh model, meskipun ga begitu kaliber.

Berhubung route tiap orang yang kita pilih cuma berjalan selama 11 hari, route Zen ini berlangsung agak terlalu cepet kalo menurut gue, sebab baru berapa hari kenal doi udah manggil MC ‘Dear’, bahkan sebelom ketemu muka. Di telepon pun manggilnya udah sayang-sayangan. Well, to be truthfull, his route made me cring a lot, tapi di saat yang bersamaan cukup menyentuh juga. Zen punya masa lalu yang ga menyenangkan, berhubungan ama keluarganya dan penerimaan orang-orang sekitar, terutama disebabkan oleh parasnya yang emang terlalu rupawan itu.

Cara dapetin Zen gampang; puji-puji aja terus. Lol.






Jaehee Kang
Satu-satunya cewe di RFA. Yes, dia merupakan salah satu target yang harus kita dapatkan, tapi bukan buat lesbi-lesbian. Just friends aja. Jaehee bekerja sebagai asisten pribadinya Jumin—yang ceritanya merupakan CEO perusahaan terbesar di Korea. Sebagai asisten, Jaehee bener-bener kerja rodi, karena Jumin ga cuma melimpahi Jaehee dengan urusan kantor (yang udah banyak) tapi juga masalah-masalah pribadi Jumin.

Pokoknya di route Jaehee, kita bisa liat betapa banyaknya kerjaan Jaehee sampe waktu buat pribadi pun dia ga punya. That’s why yang Jaehee butuhkan sebenernya adalah seorang temen (sesama cewe) yang bener-bener ngerti dia sibuknya kaya apa dan apa yang sebenernya jadi mimpi serta passion-nya dia. Untuk dapetin Jaehee, banyak simpati aja sama dia, 'omelin' Jumin yang ngasih kerjaan terlalu banyak, dan dukung Jaehee untuk mengejar mimpinya.

Jaehee adalah route kedua yang gue sarankan untuk dijalani.






Kim Yoosung
Bisa dibilang Yoosung adalah tipe shota di MM ini; satu-satunya yang masih kuliah. Doi juga ketagihan maen LOLOL (parodi dari League of Legends). Gatau jurusan apa dia kuliahnya. Wkwkwk. Menurut gue, karakter Yoosung sangat fresh dan menyenangkan. Doi juga sangat manis ketika nantinya dia dan MC saling suka.

[SPOILER!] Sayangnya, yang cukup membuat stres dari Yoosung adalah dia terus-terusan melihat Rika dalam diri MC. Sebenernya wajar, karena Rika adalah sepupu Yoosung yang sangat memperhatikan dan menyayangi Yoosung, begitu pula sebaliknya. Kemudian Rika dikabarkan meninggal dan Yoosung bahkan ga bisa liat Rika untuk yang terakhir kalinya. Meninggalnya Rika itu cukup membuat Yoosung depresi. Itulah alasan yang membuat Yoosung jadi ketagihan main LOLOL.

Kalo kita masuk ke route-nya Yoosung dan mau dapet good ending-nya, kita harus bisa ngasih reply yang menyatakan bahwa, ‘Oke, gue perhatian sama lu, tapi gue bukan Rika.’

Sebaliknya, kalo kita mau dapet bad ending, kita harus biarkan Yoosung berpikir bahwa kita sama dengan Rika.


DEEP ROUTE
Disebut begindang karena emang route ini menceritakan plot Mystic Messenger secara lebih mendalam. Untuk membuka route ini kita butuh 80 hourglass (currency di game ini). Ada 2 orang di Deep Route:




Han Jumin
My favourite guy, my 2D boyfriend, my love… AAAAAAAAAA~~
CEO sekaligus putra tunggal dari pemilik C&R, sebuah perusahaan paling besar (ceritanya) di Korea. Otomatis membuat Jumin ga pernah mengkhawatirkan soal uang, ga ngerti sama common life, dan tentunya digandrungin banyak cewe. Tapi berhubung latar belakang keluarga Jumin yang serba wah, cewe-cewe yang ngedeketin Jumin mengincar kekayaan dan luxurious life yang dimiliki Jumin, bukan karena diri Jumin yang sesungguhnya. Ditambah dengan ayahnya yang selalu gonta-ganti pacar, membuat Jumin ga percaya sama sebagian besar cewe, sampai akhirnya dia dirumorkan sebagai gay (rumor itu disebarkan sama cewe-cewe yang ga berhasil ngedeketin Jumin. Grrrr…)

Meskipun secara ekonomi dia berkelebihan, Jumin ga lantas jadi pemalas. Justru dia bisa dibilang cukup workaholic, berdedikasi dan peduli sama perusahaannya bahkan lebih daripada ayahnya yang notabene-nya merupakan pemilik perusahaan. Selain itu, Jumin cukup lucu. Reaksinya terhadap pembicaraan anggota RFA laen suka bikin ngakak. Contohnya, saat Yoosung ngidam fried chicken, Jumin nanya, “Apa itu fried chicken?” Wkwkwkwkwk.

Oya, satu lagi; Jumin sangat sayang sama kucingnya, Elizabeth 3rd. Nama yang aneh? Mungkin. Tapi Jumin ga suka orang laen nyingkat namanya Elizabeth 3rd. Alasan kenapa Jumin sayang banget ama kucingnya ini… ahh, my heart… Simak aja deh sendiri ceritanya.






707/Seven/Luciel Choi/Saeyoung
Sejujurnya gue belom masuk route dia karena gue masih belom move on dari Jumin. Lol. Paling gue ceritain dikit aja ya.

Seven adalah cowo jenius yang ceritanya bikin messenger khusus anggota RFA ini. Dia juga berprofesi sebagai hacker profesional, sehari-hari makannya cuma Honey Buddha Chips (plesetan dari Honey Butter Chips yang beneran ada) dan PhD. Pepper (plesetan dari Dr. Pepper). Dalam bayangan kita biasanya seorang hacker tuh anti sosial, nerd, hikkikomori, sejenis gitu lah ya? Beda kasusnya ama Seven. Cowo ini sangat humoris, sangat gampang diajak bercanda dan nge-prank orang laen terutama Yoosung. Dia juga sangat suka ama kucing, apalagi sama Elizabeth 3rd. Jumin sampe harus mati-matian ngelarang Seven ketemu sama Elizabeth 3rd karena saking sayangnya Seven sama kucing, perilaku ‘sayang’ itu hampir sama kaya nge-abuse hewan. Ngakak banget dah.

Tapi di balik sikap full comedy-nya itu, Seven menyimpan masa lalu kelam. Route-nya Seven bisa dibilang merupakan plot MM sesungguhnya; he is the True End. Maka dari itu lebih baik kita cobain sendiri aja route-nya, cuman gue saranin maenin routenya terakhir bener.

Update:
Akhirnya gue tamat maenin route si Seven, and I must say... it's so sad! I cried for real! Misteri tentang tokoh2 kunci di MM kebuka semua di Secret Ending 1 & 2 yang mana baru akan kebuka kalo kita udah tamat maenin route Seven + baca After Ending-nya. Butuh sekitar 200an hourglass (kalo gue ga salah inget) untuk membuka semua After Ending & Secret Ending, but I guarantee, it is worth it.

Sigh. Saeyooooouuuung...!!!! Saeraaaaaaaannn...!!!!



OTHERS




V
Gue lupa nama aslinya siapa, tapi pokoknya doi adalah ketua dan pengambil keputusan di RFA. V adalah tunangan Rika. Cuman dia dan Seven yang tau dimana letak apartemen Rika. Selain itu V juga menyimpan banyak rahasia, sampe Yoosung sebal karena dia yakin V tau sebab sesungguhnya Rika meninggal, cuman V gamau ngomong sama semua orang.

Di sisi lain, V sangat baik hati serta mengkhawatirkan keselamatan MC secara tulus. Dan kisah kehidupan V sesungguhnya… sangat menyedihkan. Simak aja sendiri deh. Kabarnya Cheritz sedang mempertimbangkan untuk menambah route V ke dalam game. Kalo itu bener terjadi… his route might be the most angst route of all.






Rika
I won’t disclose any ‘truth’ about her since I hate her. Pokoknya di sebagian besar cerita, kita dikasih tau Rika itu penemu RFA, berhati baik, suka menolong orang, dan disukai oleh semua anggota RFA lain.

[SPOILER!] Makanya ketika dikabarkan bahwa Rika bunuh diri dengan nyebur ke laut sehingga tubuhnya ga ditemukan, semua langsung terpukul, terutama Yoosung—alasan utama kenapa dia jadi benci V.

Kenyataan sebenarnya tentang Rika? Silakan dijalani sendiri ceritanya.




Unknown
Another angst character in this story. Dia yang ‘mengundang’ MC ke apartemen Rika, bisa dibilang dia juga pelaku dari kekacauan messenger di tiap route. Siapa dia sebenernya ga akan gue buka, lagi-lagi silakan kalian jalanin sendiri aja cerita Mystic Messenger. Hehe. Kabarnya Cheritz sedang mempertimbangkan untuk menambah route Unknown juga. Semoga jadi kenyataan deh.


AFTERTHOUGHTS & CONCLUSIONS

Gue jatuh cinta sama Mystic Messenger.

Selain karena konsep gamenya ga kaya game otome biasa, plot game ini juga menyentuh dan ga klise. Karakter tiap tokoh pun unik-unik, ga cuman sekedar cowo ganteng berkepribadian gitu-gitu aja. Berhubung konsep game ini kaya chat juga, rasanya kita berkomunikasi sama orang beneran. Apalagi kita suka terima telepon dari para tokoh. Seperti yang gue bilang di atas, jadi sangat mudah untuk baper. Juga bikin kita ngecek hape seengganya dua jam sekali. Bahkan di saat seharusnya kita sedang bekerja. Itu yang terjadi sama gue :D Maafkan aku, Bos! Ini tolong jangan ditiru ya kawan-kawan, apalagi buat kalian sekolahers/kuliahers.

Image result for mystic messengerKelebihan lainnya barangkali karena Cheritz sangat bermurah hati ngasih hourglass gratis tiap kali ada update. Dalem chat juga suka ada pemberian hourglass gratis. So ga perlu takut ga bisa buka Deep Route, karena selama kita bisa nabung hourglass, saat kita udah nyelesein 3 orang di Common Route, kita udah punya cukup hourglass buat ngebuka Deep Route. Kumpulin lebih banyak lagi dan kita bisa beli After Ending masing-masing tokoh.

Perlu gue kasih tau juga, dalem route beberapa cowo, ada biatch-biatch yang patut disebelin. Kalian harus menyimpan kesabaran yang cukup untuk tidak membanting hape saat mereka muncul. Gue ga akan nyebut mereka begitu kalo mereka ga bersikap seperti begitu ya. Sumpah beneran nyebelin deh. Jalanin sendiri aja deh. Wkwkwk.

Gue juga mau berpesan; berhubung chat-chat di MM ini muncul pada jam-jam tertentu, bahkan ada yang muncul jam 00.00 sama 02.00-03.00, jangan sampe waktu tidur kalian keganggu, apalagi yang besoknya harus sekolah/kuliah pagi/kerja. Sebab chat yang muncul di tengah malem kalo menurut gue ga terlalu signifikan sehingga dilewat pun gapapa, dan chat yang muncul di jam 2 ato jam 3 itu masih tetep available kalo kalian buka sekitar jam 6 pagian.

Oh, satu lagi; TIAP TOKOH DI GAME INI ADA SEIYUU-NYA!! Bukan seiyuu sembarangan pula. Akibatnya, tiap dengerin lagu tema Mystic Messenger  yang dinyanyikan oleh seiyuu-nya Seven gue bisa baper. Apalagi ketika gue menemukan Love Song yang dinyanyikan oleh seiyuunya Jumin!!! Suaranya… Jangan ditanya deh. Pokonya bikin melting abis.

Plus, dengan fitur ‘telepon’ disini, bayangin aja cowo 2D yang kita suka bilang, “Saranghae yo…” secara nyata di kuping kita! *$%$#*(^)((*%^#@

Kesimpulannya, ini bener-bener game unik yang patut dimaenin buat kalian otome gamers di luar sana! GUE SERIUS.

Sekian review-an dari saya. Buat kalian (kalo ada) yang mungkin rindu sama review-an anime, mungkin dalam waktu dekat ini belom bakal ada, soalnya eike belom ada waktu nontoninnya. Maap yaaa…

Sampe ketemu di post-an selanjutnya! Salam keju~!

25 comments:

  1. aku baru main nih. kalo kita udah tamatin 1 org diantara zen, jaehee sama yoosung, bisa di semacam restart balik ke day 1 buat pilih route lg ato gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biasanya kalo udah selesein route 1 orang, game nya otomatis balik ke hari 1 waktu kita di chat ama Unknown.

      Delete
  2. aku ada di route zen day 8 kok pas ada yg telfon cuma muncul teks doang suaranya gk ada, itu knp y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin app nya kudu direstart lagi, kudu diapdet, ato volume hapenya lupa dinaekin? Hehe. Gue juga pernah kaya gitu. Udah pengen dengerin suaranya Jumin tapi ga ada suaranya. Sebal memang. Hahaha

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Aku udh beberapa hari gak mainin permainan MM dikarenakan hp aku rusk dan otomatis semua aplisi dihpku hilang semua trs aku download lagi permainan MM ini trs aku login again eh gak disangka2 cheritz baik banget sama aku tiba2 aku udh after ending sama jumin trs hg aku jd 100an lebih dan hati jd 1000an lebih trs aku bisa masuk ke deep story dan aku bisa masuk ke ekstra . hihihi
    Kalo boleh tanya knp bisa gtu yaa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo~
      Sebenernya gue sendiri ga yakin kenapa bisa gitu. Lol. Bisa jadi selama kmu ga maenin MM, ada maintenance dsb yang ngebuat Cheritz ngasih bonus HG ama Hearts sebagai kompensasi. Bisa jadi juga gara2 login name nya?
      Kurang ngerti juga sih, tapi kalau memang dikasih berkat, nikmatin aja~ Jumin is da best~ hahaha

      Delete
  5. Halo! Mau nanya, kalo mau beli hourglass bagaimana caranya ya? Makasi ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai~ Hourglass bisa dibeli pake 2 cara; (1) nukerin 100 hearts bisa dapet 1 hourglass, (2) beli pake duit secara online.
      Semoga bisa membantu! :D

      Delete
  6. Kak, gimana caranya nukerin hearts jadi hourglass itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klik aja ikon '+' di sebelah jumlah hourglass. Nanti bakal muncul list pilihan buat nambah hourglass dengan bayar pake duit asli ato nukerin hearts (di paling bawah).

      Delete
  7. Kak mau tanya, kenapa pas main MM chatroom nya enggak bisa kebuka? Padahal udah di pas in di jam yg sama. Udah di restart berkali kali tetep aja kaya gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kaya gitu berarti ada chat yang kelewat tapi belom dibuka. Karna di MM itu meskipun misalnya kita kelewat nih chat yang jam 02.00. Trus muncul lagi chat baru jam 06.00 dan pas jam segitu kita buka game nya. Kalo belom baca chat yang jam 02.00 (meskipun kita udah ga bisa partisipasi), chat yang jam 6 ga bisa dibuka.

      Delete
  8. Udh nyobain secret ending blm? Denger2 itu ttg saeran kembaran seven... Dan... Denger2 lagiii di rute itu terungkap semua rahasia alam. Jadi penasaran ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. UDAH BANGET! Yang namanya roller coaster of emotion itu... >.<
      Cobain buka deh, worth it sungguh. Wkwkwkwk.

      Delete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. Ada cara lain selain nyetorin hour glass untuk buka deep story??

    ReplyDelete
  11. Anu mau tanya, gimana sih cara dapetin secret ending 2 707 route? Kepo nih endingnya gimana soalnya udah dapet yang secret ending 1. Mohon dijawab yaaa... Thanks

    ReplyDelete
  12. Kakk,, aku skrg tu lagi mainin yg deep story kan udh day ke 4,, aku ngincer seven,, tpi pngen ngulang lagi soalnya aku pngen routenya jumin duluuu,, gmn ya kak caranya??? Pliss bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih seting terus star over, atau gak pencet load

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Kak serius, aku mau ngejar Zen utk route pertama, tapi jaehee ngelarang mulu sama Zen, takut jadinya, itu gmna ya? 😭

    ReplyDelete
  15. Kak kalo server available trus jadinya gamenya cek update mulu gbisa dibuka, diapain yaa prnah ga? Sad banget udah deep story hari ke 5 kalo harus instal ulang😭

    ReplyDelete
  16. Kak minimal berapa persen ya chat buat secure good ending

    ReplyDelete
  17. kak mau tanya, untuk endingnya apa harus dibuka semua? yang dari bad ending - good ending

    ReplyDelete