Wednesday, October 26, 2016

Isu-Isu yang Lagi Hot di Bandung

Pada suatu hari temen kita si Abnormal Ranger bilang, “Gimana kalo dalam sebulan kita targetin masing-masing dari kita nulis seengganya 4 artikel biar blog ini banyak tulisannya?”

Reaksi gue cuman menatap dia seolah-olah si Ndy adalah sosok alien dengan IQ di bawah rata-rata.



Lol. Bercanda.

Tapi serius juga sih. Soalnya biasanya malah dia yang merongrong kita (terutama gue) buat nulis di blog sementara dia sendiri ga nulis apa2 *high kick for that*

But I'll relate to that. Untuk memenuhi kuota, gue mau membagikan berita-berita yang lagi rame di Bandung akhir-akhir ini:

1. Banjir
Begini jadinya mobil yang katanya hanyut kemaren.
Menurut gue, 30% peristiwa banjir ini bisa dimaklumi karena belakangan ujan mulu tiap hari. Mobil gue yang tadinya ledog (terj.: kotor, penuh debu, dekil) sampe bisa bersih cling-cling gagara dibasuh sama ujan. Lumayan hemat energi buat cuci mobil. Lol.

30%nya cukup ga wajar karena banjirnya parah banget. Sampe ada mobil yang palid (terj.: hanyut, kebawa arus) katanya. Ganas banget ni banjir.

40%nya lagi sebenernya karena faktor yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Seperti yang temen kantor gue bilang; ini peer buat Pak Ridwan Kamil untuk berbenah kota Bandung. Mungkin dengan bersiin parit, sungai, dan TPS-TPA yang ada supaya banjir ini ga kejadian lagi. Pak Ahok aja bisa merubah kota Jakarta jadi oke, berarti Pak Ridwan juga bisa! Semangat, Pak!


2. Macet
Untuk hal yang satu ini kayanya memang ga ada abis-abisnya deh. Bandung kayanya ga ada bedanya sama Jakarta sekarang, terlalu banyak kendaraan sementara jumlah jalan ga nambah-nambah. Akibatnya jarak tempuh yang sebenernya bisa dilalui beberapa menit aja bisa jadi berjam-jam.

Contoh nyatanya terjadi sama gue belom berapa lama ini. Jadi ceritanya, tempat kerja gue tuh ga jauh dari rumah. Kalau diitung-itung paling lama 15 menit lah dari rumah sampe ke kantor. Gatau ada apa deh di hari itu, pokonya gue keluar komplek aja susaaaaaaaaah banget. Lewat sini, macet. Ngantri panjang. Lewat jalan laen, samanya macet. Lewat jalan tikus, sama juga ngantri. Sampe akhirnya gue nyampe kantor 2 jam kemudian.

Bayangin. DUA JAM KEMUDIAN.

Jalan ke Jakarta udah nyampe tuh dua jam.

Belom selesei sampe disana, berhubung kantor gue letaknya di komplek bussiness park gitu, dari jalan utama masih harus masuk lagi sampe ke dalem. Dan kalo lu mau tau ya, UNTUK MASUK BUSSINESS PARK-NYA AJA GA BISA. Macet parah di depan komplek, bener-bener stuck. Udah gitu ngga ada yang mau ngalah buat ngasih jalan. PLIS LAH, NGASIH JALAN BUAT ORANG BELOK DOANG GA AKAN NGABISIN SEPULUH MENIT KAN. MURAH HATI DIKIT NAPA!

Sementara itu, di belakang gue kendaraan-kendaraan laen juga udah pada ngantri & nglaksonin. Saking keselnya, akhirnya gue gajadi ke kantor hari itu dan memilih untuk kembali pulang. Aaaaaargh, damn traffic!

Penghabisan waktu di jalan ini menjadi semakin akut ketika terjadi banjir. Belom lagi keadaan jalan yang berlubang-lubang, membuat danger level-nya naik. Ditambah kebiasaan para pengemudi yang ga suka liat-liat kalo mau belok dan GA SUKA PAKE LAMPU SEIN. Itu lampu sein dipasang buat apa kalo ga dipake, coba?! Kayanya danger level jalanan kota sekarang ini lebih tinggi dibanding jalan-jalan di hutan Amazon. Bener-bener deh. Urgh.

Maap saia jadi curhat di sini. Abisnya kesel. Lanjut ke isu berikutnya.


3. Kecelakaan
Kemaren ada berita cukup heboh; di suatu komplek perumahan yang cukup terkenal di Bandung terjadi kecelakaan tragis. Kejadiannya pagi-pagi, jam setengah 8an gitu. Sekumpulan ibu-ibu lagi jalan pagi, trus tiba-tiba ada mobil meleng dan nabrak salah satu dari mereka sampe pendarahan gitu. Malahan besoknya dikabarkan ibu yang ketabrak ini udah meninggal dunia.

Usut punya usut, pelaku penabrakan rupanya sambil nyetir sambil maen hape, jadi mungkin doi ga nyadar bahwa mobilnya udah keluar jalur. Begitu liat jalan lagi, dia kaget sebab udah mau nabrak orang. Dia pencet lah rem sekenceng-kencengnya. Namun ternyata yang dia pencet bukan rem, melainkan gas.

Satu moral dari peristiwa naas ini, yang sedari dulu udah digembar-gemborkan banyak orang tapi nyatanya masih tetep aja ada yang bandel; JANGAN MAEN HAPE SAMBIL NYETIR. DIMANA PUN ITU. SESEPI APAPUN JALAN. Selama ada di belakang setir, selama itu masih daerah yang ada orangnya, jangan sampai kita pegang gadget yang mengganggu konsentrasi nyetir. Lagi macet sekalipun ada baiknya kita ga maenin hape, kecuali mungkin waktu kendaraan lagi berenti sama sekali.

Kasian yang jadi korban. Mari kita doakan supaya Tuhan memberikan kekuatan pada keluarga yang ditinggalkan, buat pelaku (selain biar jera, supaya doi diberi kekuatan buat bertanggung jawab, ga stres, dan ga bunuh diri), juga buat kita semua supaya lebih hati-hati dalam berkendara & kejadian kaya begini ga akan terulang lagi.


4. Pemilihan Cagub & Cawagub—Ahok & Djarot
Sejujurnya saya mendukung Ahok. Toh sejak beliau jadi gubernur, perbaikan demi perbaikan yang selama ini cuman diusahakan sama gubernur-gubernur sebelumnya jadi bisa bener-bener kejadian dalam masa pemerintahan Ahok. So gue pikir Ahok pantas jadi gubernur lagi.


Tapi berhubung itu di Jakarta, bukan di Bandung, mari kita loncat ke isu berikutnya.


5. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo
Itu film serian Korea yang lagi femes banget. Drama kolosal ini—yang menceritakan tentang cewe masa kini yang tiba-tiba ketarik ke masa lalu dan akhirnya terlibat intrik dalam keluarga kerajaan—cukup sukses membuat para penontonnya jadi baper, termasuk mami gue.

Gue sendiri baru nonton sampe episode 5 (belom dilanjut lagi karena gue nunggu seriannya keluar sampe tamat dulu aja), dan gue akui emang ini drama bagus. IU, you are so beautiful! And Lee Joon Ki, you are the best!  

Beuh.

___________________________________________


Kayanya ini list makin lama makin ga nyambung sama isu Bandung, jadi sebaiknya gue sudahi aja tulisan gue sampe disini.

Jangan bosen melihat-lihat blog ini ya, kawan-kawan!


Adieu~! 

No comments:

Post a Comment