Monday, July 1, 2013

Sepenggal Kisah Vivi & Johan



“Gila vi! Kesambet ape lu!? Tumben-tumbenan, mau ke ondangan?”

“Ngga lah! Gue lagi nungguin cowo gue nih, hari ini dia janji mau dateng. Gimana, gue uda cantik cetar kaya malaikat titisan dari surga belom? Hahahahahaha… ”

Hari ini gue kaget banget liat dandanan Vivi. Vivi yang gue kenal adalah cewe urakan yang kemana-mana pake jeans (kadang-kadang uda sobek disana-sini), make kaos ala kadarnya, sama sepatu sneakers yang ga tau uda berapa abad ga dicuci. Kadang kalo lu perhatiin, lu akan melihat benda kecil mirip pecahan fossil T-rex di sol-nya. Dan hari ini entah Vivi kesurupan Syahrini ato Ivan Gunawan, dia dandan layaknya Cinderella, cuma mines kereta labu doang. Cantik banget. 



Yang gue perhatikan disini adalah, secuek dan segembel apapun tampilan elu, saat lu hendak menemui seseorang yang special dalam kehidupan ini, elu akan berusaha semaksimal mungkin untuk tampil sempurna di depan orang itu. Ga lama, tiba-tiba ada sesosok pria yang belum pernah gue temuin sebelumnya yang dateng nyamperin Vivi. Gue ga bisa menyimpulkan apakah cowo itu ganteng apa ngga, karena persis kaya apa yang Fan ngomong ke gue: “Ganteng itu relatif”. Selain itu, gue emang jarang banget mengakui ada pria lain yang lebih ganteng dari gue. 

“Oh, ini toh cowonya Vivi,” pikir gue. Belum beres gue nge-‘scan’ tu cowo misterius, tiba-tiba dia mengucapkan sesuatu yang sangat sangat luar biasa mengagetkan, sekaget saat lu tau kalo harga angkot dari Kopo ke Leuwi Panjang uda naek jadi 4000 rupiah. 

“Vi, kamu mau kan nikah sama aku?” 

“Iya, mau.”

Gue cuma bisa bengong ngeliat kejadian yang baru aja gue liat di depan mata. Ternyata si cowo itu dateng jauh-jauh ke sini buat ngelamar Vivi. Yang gue aneh adalah kenapa Vivi ga mikir panjang en langsung menjawab gitu aja permintaan si cowo. Dengan cepat. Sangat cepat. Otomatis gue samperin Vivi saat si cowo uda pulang.

“Vi, beneran lu mo nikah ama tu cowo?”

“Iya, Ndi. Kenapa emangnya?”

“Lu yakin? Segampang itu? Lu masih muda, gila! Kuliah aja belom beres, masa uda maen nikah aja lu?”

“Iya, gue sih masih muda. Tapi dia bentar lagi.”

“Maksudnya bentar lagi?”

“Dia ODHA, Ndi...”

“Serius lu, Vi?”
 
“Iya. Dia kena HIV turunan dari orang tuanya, dan sekarang cowo gue makin kesini makin lemah kondisinya. Mungkin ini hal terbaik yang bisa gue lakuin buat dia.”

Gue cuma bisa diem.

Sekitar seminggu kemudian Vivi beneran nikah sama pacarnya itu. Tragisnya, firasat Vivi benar. Cowo itu meninggal ga lama setelah mereka menikah, gue cuma bisa liat Vivi mematung dengan tatapan kosong. Mungkin yang bisa membuat Vivi bertahan biar dia ga nangis adalah karena Vivi udah tau kalo semua ini pasti akan terjadi, cepat atau lambat. Bahkan seorang Vivi yang gue kenal, yang selalu riang gembira kaya anak TK kelebihan makan sugus pun bisa seterpuruk ini. Gue berpikir gimana nasib Vivi ke depannya, dengan umurnya yang segitu muda tapi uda menyandang gelar janda sebelum jadi sarjana. 

Gue perhatiin Vivi terus, sampe tiba-tiba seorang cowo yang gue kenal bernama Johan dateng dan meluk Vivi. Gue sedikit kaget liat Johan ada disini. Dulu Johan naksir berat sama Vivi, tapi setelah Vivi jadian dengan orang lain, gue mulai jarang liat dia lagi. Dan sekarang dia ada disini, meluk Vivi. Berkat insting Spiderman yang dianugrahkan kepada telinga gue, ga sengaja gue denger percakapan mereka. Tapi ada 1 bagian dari pembicaraan mereka yang paling menarik perhatian gue

“Vi, jangan sedih lagi ya. Gue mungkin ga sebaik mendiang cowo lu, mungkin gue ga akan bisa gantiin dia di hidup lu. Tapi gue bakal selalu ada disini buat elu, kapanpun lu butuh, gue akan ada disitu. Jangan sedih lagi, ya...”

Awalnya gue anggap ini sebagai trik Aji Mumpung yang coba dimanfaatkan oleh Johan. Gue pun menanyakan hal yang sama sesaat sebelum Johan pergi.

“Gile lu, Han, ngebet amat uda maen nyosor aja,” kata gue sembarangan.

“Bukan masalah ngebetnya, Ndi. Tapi ini hal terbaik yang bisa gue lakuin buat dia.”

***

Dan kemudian gue pun terbangun.

Gue duduk sebentar di tempat duduk ngumpulin nyawa yang masih beterbangan kesana-kemari. Setelah semua nyawa gue kembali masuk ke badan, akhirnya gue sadar kalo mimpi gue tadi tu sinetron abis. Gue jalan setengah sempoyongan ke dapur dan duduk di kursi dapur sambil minum segelas air putih. Rumah gue uda kosong, bokap kayanya lagi nganterin nyokap ke kantor sementara ade gue lagi nginep di rumah sodara. Hening banget. Satu-satunya suara yang samar-samar terdengar cuma suara TV di kamar yang emang ga pernah gue matiin kalo tidur. Gue kepikiran lagi tentang mimpi gue tadi, gue inget Vivi en Johan ngomong, “Ini hal terbaik yang bisa gue lakuin buat dia.”

Kalimat itu seakan ngingetin gue akan artinya pengorbanan. Dan pengorbanan itu sebenernya gue klasifikasikan sebagai simbiosis parasitisme. Kenapa? Karena lu harus melepaskan atau bahkan membuang sesuatu yang mungkin (sangat) berharga bagi lu, untuk membahagiakan orang lain yang menurut lu jauh lebih berharga padahal belum tentu se-worthy itu. ‘Orang lain’ disini bukan cuma pacar atau pasangan hidup lu, tapi bisa juga orang tua, temen, sahabat, atau bahkan dari orang yang ga lu kenal. Dan bentuk pengorbanannya pun ga mesti dalem bentuk materi, bisa juga dalam hal pemikiran, waktu, tenaga, dan macem-macem lainnya. Contoh deh ketika lu curhat sama sahabat lu, memang lu ngga bayar dia buat dengerin ocehan lu. Tetapi dia mengorbankan waktunya buat elu, disamping itu juga harus siapin emosinya biar tetep tenang saat lu dengan kalapnya melampiaskan semua emosi lu, padahal lu ga tau kalo sebenernya dia juga lagi dalam masalah. Belum dia harus muter otak lagi kalo mau ngasih saran biar ga salah ngomong. Itu semua pengorbanan loh. Makanya, jangan pernah bilang “Kayanya uda ga ada yang sayang lagi deh sama gue,” kalo lu masih bisa curhat gitu ke temen lu -________-

Dan kalo lu masih kekeuh berpendapat bahwa ga ada orang yang sayang sama elu, ambil waktu bentar, duduk dengan manis, liat ke telapak tangan lu baik-baik. Kalo uda beres, sekarang pegang perut lu tempat biasa kalo maag lu kambuh. Dulu jauh sebelum lu lahir di dunia ini, ada seseorang yang rela tangannya dibolongin pake paku dan lambungnya ditusuk, karna sayangnya sama elu yang mungkin sama sekali ga sayang atau bahkan ga kenal sama Dia. 

Yes, He’s the real love, our Eternal Father, Jesus Christ. :)



P.S. : Kisah ini based on true story, bener-bener bener berasal dari mimpi gue beberapa hari yang lalu. Nama Vivi & Johan bukanlah nama sebenarnya, cuma samaran. :D

4 comments:

  1. Suka banget kalimat "Ini hal terbaik yang bisa gue lakuin buat dia."

    ReplyDelete
  2. klo bisa ini blog bisa jadi buku..

    "SOAP Gang Story"

    ReplyDelete
  3. hahahahaha.. diaminkan lah ko.. wkwkwk..

    ReplyDelete
  4. kalo aku suka banget sama kamu na *blush*

    ReplyDelete