Tuesday, February 21, 2017

Stupidest Moment (Part 1)

Belakangan ini gatau kenapa rasanya banyak banget kejadian konyol nan menyebalkan yang terjadi. Meskipun biasanya (60%nya, if I may say) kejadian2 seperti itu dialami oleh our Abnormal Ranger, namun ada beberapa kesempatan dimana anggota Ranger laen pun suwe, a.k.a. sial.

Peristiwa kamvretos yang paling recent terjadi sama gue kemaren banget.

Ugh... I just... wanted to bury myself...



Ceritanya gue lagi seneng nontonin Pewdiepie maen sebuah game di yutub. Gue dulu pernah maenin game yang sama, tapi sayang file-nya terpaksa harus dihapus meskipun belom tamat gue maenin karna kompi makin lama makin lemot akibat memori ga cukup.

Alhasil gue kabita (terj: tertarik) pengen maenin game itu lagi gagara liat si Pewdie maen. Gue tanya ke si Ndi, berhubung dia adalah dealer game gue yang cukup terpercaya, apakah dia masih punya file game-nya karena dulu juga gue dapetnya dari dia. Tapi ternyata nihil. Jujur aja sebagai salah satu customer utama dia, gue kecewa. Dealer macam apa itu? (LOL, bercanda kok Ndi) Pokonya akhirnya gue memutuskan untuk donlot sendiri aja.

Cari di gugel; done.

Nemu link donlotnya; mantap.

Melewati semua iklan pop-up; accomplished.

Donlot .rar-nya, buka, dan klik ‘run’.

Lalu gue menunggu file-nya ke-install dengan hati riang.

Tapi lama gue tungguin, kok instalasinya aneh ya. Malah tiba2 muncul banyak pop-up window yang tulisannya kanji semua. Gue cengo selama beberapa saat, sampe akhirnya gue sadar bahwa yang lagi gue instal itu bukan game, melainkan virus cungkuo.

*njr*t, gue mengumpat dalam ati. Kalo gue donlot di laptop punya sendiri sih gue masih tenang2 aja. Masalahnya (atau begonya), gue donlot di laptop punya kantor. Means kalo ada virus masuk, terus ketauan alesannya karna gue donlot game, matilah gue.

Ga berenti sampe disitu, gue donlotnya di kantor, saat istirahat (at least I didn’t break many rules).

Oke, gue mencoba menenangkan diri. Gue memastikan rekan2 kerja gue di kantor ga ada yang ngeliat laptop gue lagi gangguan. Soalnya gini, interior kantor gue tuh sebenernya agak unik. Berhubung ruangannya panjang dan agak sempit, meja2 disusun baris-berbaris gitu. Pokonya orang2 bisa liat layar komputer orang yang duduk di depannya. Dan gue duduk di meja paling depan. Means orang kantor yang notabenenya semua duduk di belakang gue (termasuk bos) bisa ngeliat layar laptop gue.

Setelah yakin ga ada yang merhatiin, gue force stop instalasi itu, trus buka Control Panel buat install/uninstall program. Nemu yang aneh, yang tanggal instalnya hari itu, langsung gue uninstall. Tapi si pop-up window itu ga berenti nge-pop-up.

Oke, gue pun masuk ke folder Program Files, gue cari yang foldernya muncul di hari itu, trus ketemu beberapa yang namanya aneh, dan langsung gue delete. Tapi rupanya folder2 tersebut ga bisa dihapus karena katanya programnya lagi dipake.

Gue menghela napas. Oke, kata gue sekali lagi. Gue pun buka Task Manager, dan gue stop2in semua program yang namanya aneh2. Lalu gue coba lagi hapusin folder2 aneh tadi. Sebagian besar bisa dihapus, tinggal 1 yang ga bisa. Gue menduga inilah folder utama virusnya, karena para pop-up window itu masih muncul terus.

Mau search gugel cara menghapus virus pun ga bisa, karena tiap kali gue buka Chrome (fyi browser laptop gue cuman Chrome doang), tu Chrome ngebuka halaman basic gugel aja gamau, malah ngebuka ke website2 yang sama sekali ngga gue kehendaki. Jadi gue harus buka hape dan nyari disana.

Selama beberapa saat perhatian gue tertuju sepenuhnya sama hape dan gue ga merhatiin pop-up window apa aja yang muncul di laptop.

Pas gue ngedongak, pop-up window paling depan adalah video porno.

Gue ulangi sekali lagi. A. FREAKING. PORN. VIDEO. Dengan jelasnya terpampang di layar 14” gue.


Untuk sesaat otak gue cuma bisa berkata; WAT DE FAK!! 

Perlu 5 detik penuh—yang kerasanya kaya berjam-jam—buat gue ngeklik tombol close karena tangan gue gemeter banget saking syoknya. Tapi setelah gue klik close itu si pop-up window masih aja nanya, ‘Are you sure you want to leave this page?’ 

FREAKING YES LAH!!! NGAPAIN MASIH NANYA LAGIII?!?! (>”#(&$(&*@%#!(&$)(#$

Fyi window-nya sih cuman kebuka sekitar setengah layar, tapi tetep aja men... Refleks pertama setelah nutup itu adalah gue langsung noleh ke belakang, memastikan ga ada satupun orang kantor yang ngeliat ‘kecelakaan’ tragis tersebut. Thank goodness, ga ada yang lagi merhatiin, semuanya sibuk dengan hape dan makanan masing2. Dan meskipun gue udah mengambil tindakan preventif sebelom donlot (screen digelapin sampe yang paling gelap, sudut kemiringan screen laptop gue turunin seturun2nya), seandainya ternyata ada yang sempet liat juga gue gatau... Huwaaaaaa!!!! ‧º·(˚ ˃̣̣̥⌓˂̣̣̥ )‧º·˚

Singkat cerita akhirnya gue berhasil nemu program buat ngehapus malware2 dan laptop kantor ini pun bersih dari virus jahanam itu.

And yes, I should not downloaded any suspicious program in my work laptop anymore. Lesson learned. Very hard.

Huhuhu… gara2 gue pengen maen game. Tapi gue kapok donlot2 sendiri o(TヘTo)

Andyyyyyyyyyyyyyyyyyy!!! Help meeeeeeeeeeee!!!!!!! Gue janji ga bakal maki2 lu lagi!!! At least not today. Hiks.

3 comments: