Monday, June 6, 2016

Mata Angin


Jadi ceritanya kemaren ini gue abis bimbingan skripsi di kampus, jam 7 malam. Malesin banget ya? Tapi bukan karena malem-malem gue harus ke kampus itu yang bikin males, tapi karena malem itu gue harus main petak umpet sama dosen.
 

YAA!! NERAKA!! (Baca: Hell yeah!)
Sebenernya gue ngga ngerti sih itu artinya apaan, dan kenapa juga orang demen banget masukin kata 'Hell' dalam frase yang mereka ucapin. Sebut aja hell yeah.. hell no.. bloody hell.. high hell (?)

Tingkat ngga ngertinya sama kaya kenapa indomie itu enak banget? Ngga ngerti kan?

Jadi ceritanya gue lagi mencari hiburan ditengah kesibukan dan kejenuhan gue dalam menyelamatkan dunia (bikin skripsi... iya skripsi.. ngga usah kaget gitu dong!) tiba-tiba keinget sama blog ini. Hal pertama yang terngiang-ngiang sebelum blog ini gue buka adalah "Kampret ini blog bakal debuan ngga ya?" tapi untungnya itu ngga terjadi karena si mesum ternyata rajin banget bikin review-an anime (which is good or not, I don't know -.-)

Gila kayanya lama banget ya ngga nulis di blog ini, gue sendiri lupa kapan terakhir nulis.

Oke kembali lagi ke bimbingan gue. Jadi seperti biasa sebelum bimbingan gue dateng ke depan ruang dosen en SMS beliau buat ngasi tau dia kalo gue mau bimbingan:

Malam pak, saya sudah di depan ruang dosen. Bapak ada dimana?

Sedikit tips buat kalian yang mau bimbingan, kedekatan dengan dosen pembimbing adalah hal mutlak, dan kedekatan itu sungguh sangat bisa sekali dibangun dengan bahasa SMS kalian ke dosen. Tips cara SMS dosen yang baik supaya lu makin dekat dengan dospem.

1. Biasakan memulai SMS dengan menyematkan keterangan waktu.
    Contoh : selamat pagi, selamat siang, selamat malam
 
Ucapan-ucapan tersebut akan memberikan kesan sopan selama kalian ga keceplosan nambahin "Selamat berbelanja". Ingat, kalian mahasiswa bukan mba-mba Indomaret (seenggaknya belum, mungkin). Selain befungsi untuk memberikan kesan sopan, ucapan dengan imbuhan keterangan waktu bisa sebagai pengingat buat dosen itu sendiri. Kadang suka ada kan dosen yang ngajar ampe bablas, nah siapa tau ni dospem lu uda 3 hari ngajar belom beres-beres.

2. Selalu buat dosen merasa kalau dia dibutuhkan.

Dosen tu kadang kaya tukang sate yang lewat depan rumah. Kalo lagi laper, pengen, ditungguin ga dateng-dateng. Kalo lagi ga pengen lewat terus depan rumah. Intinya suka jual mahal gitu. Makanya kenapa gue bilang "Bapak ada dimana?" biar dikira kalo gue ngejar-ngejar dia. Semakin dosen merasa dirinya dibutuhkan semakin sigap juga dia bakal ngebantu lu, makanya itu buatlah diri lu seperti butuh banget sama dia. Kalo bisa sampe bikin fans club seperti yang gue lakukan, nama dosen gue adalah Pak Kohar, jadi gue bikin KFC (Kohar Fans Club).

Perlu diperhatikan juga kalo pertanyaan basa basi kalian jangan terlalu berlebihan seperti mengajukan pertanyaan tambahan yang ga penting seperti "Selamat malam pak, bapak ada dimana? Dengan siapa? Semalam berbuat apa ~ ?" *dibaca pake nadanya lagu kangen band*

Oiya balik lagi ke kasus gue.

Gue :
Malam pak, saya sudah di depan ruang dosen. Bapak ada dimana?


Pak Kohar bales :
Malam, masuk saja ke dalam. Saya sedang di komputer di UJUNG SEBELAH BARAT

Mampus

Gue buta arah

Otak gue berpikir keras buat cari tau dimana arah barat yang sebenernya. Sebagai informasi, gue selalu beranggapan arah pandangan kedepan itu pasti utara. Jadi logikanya kalo arah depan itu utara, itu berarti sebelah barat ada di bagian kiri gue kan? Jadi hal yang paling mungkin en gampang dilakukan adalah pergi ke tengah ruangan trus muter searah jarum jam sambil nengok ke kiri, kalo ketemu muka si bapak berarti itu bagian barat.

Let's do it!

Gue masuk ke dalam, cari posisi kira-kira dimana letak bagian tengah ruangan, dan untungnya akal sehat menyadarkan diri gue sebelum ritual mata angin itu dilakuin. Akhirnya gue lebih milih ngejelajahin seluruh pelosok ruang dosen sampe ketemu si babeh setelah 12 hari 8 jam dan 43 menit melakukan pencarian.

"Oh, jadi barat tu ngadep sini.."

Setelah gue perhatikan ternyata emang rata-rata ampir semua orang tua masi bisa nentuin arah mata angin tanpa bantuan. Coba deh tanya lokasi sama orang-orang angkatan taun 70 kebawah, instead of atas/bawah/kiri/kanan mereka lebih suka make utara/selatan/barat/timur and that is so cool! Sebuah pembuktian kecil kalo teknologi kadang ngga bikin lu tambah pinter.


Ttd,

Pejuang Skripsi 2016

3 comments: