Tuesday, May 17, 2016

Otome Mobile Game—The Cinderella Contract (Review)

Dikarenakan hasrat hati membara tak tertahankan, sekarang ada 6 otome mobage yang gue maenin sekaligus. Hehe.

Game-game tersebut di antaranya adalah; Midnight Cinderella (pernah gue bahas disini), Seven Hotties All My Husband (ini judulnya emang bikin getek), Destined to Love, Oriental Bride, The Cinderella Contract, ama Once Upon A Fairy Love Tale. Mungkin nanti bisa nambah lagi kalo gue bosen.

Dari semua judul yang gue sebutin di atas, The Cinderella Contract (TCC) menduduki peringkat kedua untuk otome mobage terbagus versi gue. Kalo misalnya kalian ada usul otome mobage laen yang lebih rame, boleh dikomen di bagian bawah post-an ini.


Judul         : The Cinderella Contract
Developer  : Arithmetic
Platform    : Mobile (iOS & Android)—Free To Play, tapi seperti biasa ada beberapa bagian yang kalo mau didapetin harus pake duit beneran
Rating       : 16+



Berbeda dengan otome mobage biasa, di awal TCC kita ga milih route khusus buat 1 orang; melainkan buat 2 orang—sukses membuat kemungkinan kita me-replay jadi lebih besar. Kesimpulannya, total route ada 4, cowo yang bisa dipilih ada 8, masing-masing cowo punya 3 ending… Gimana gamau nge-replay coba? :D

Cerita dimulai dengan kamu, seorang yang memiliki keterampilan berbicara berbagai bahasa, dimintai bantuan untuk menemani seseorang ke sebuah pesta yang penuh dengan sosialita asing. Ternyata, di antara para sosialita itu, terdapat pula beberapa orang pangeran dari berbagai negara berbeda.

Tak butuh waktu lama sampai kamu akhirnya dikelilingi oleh pangeran-pangeran tampan tersebut like, what do you expect, LOL. Alhasil, pesta malam itu kamu lewati bagaikan mimpi.

Keesokan harinya, ketika kamu hendak kembali ke negeri asalmu (Japan), rupanya kamu menghadapi masalah di bandara sehingga kamu terancam tidak bisa pulang. Untung salah seorang pangeran yang kamu temui kemarin malam datang dan menyelamatkanmu. Tapi kemudian dia menuntutmu melakukan pernikahan secara kontrak dengannya sebagai balas budi—dan kamu tidak bisa menolak perintahnya permintaannya!

Akankah kamu menemukan cinta sejati dalam pernikahan kontrak seperti itu?
Atau mungkin kamu akan menemukan sesuatu yang lain…?


Gitu kurang lebih prolog-nya. Sekarang, mari kita liat para pangeran ganteng tersebut!


◊◊ ROSSIYSKAYA ◊◊
Gue gatau ini nama negara cara bacanya gimana. Berdasarkan yang gue tangkep, ini negara berbau Rusia2an gitu.


The wicked, sadistic prince: Yuri
Senyumnya manis, ganteng, dan dia langsung ngeklaim bahwa dia jatuh cinta pada pandangan pertama sama elu. Ga bisa dipungkiri, lama kelamaan MC (ato seengganya gue sih) ngerasa bahwa Yuri punya sifat tersembunyi yang agak serem di balik sikap manisnya. Well, secara keseluruhan bisa dibilang Yuri itu yandere.


The innocent, nurturing prince: Yelisei (atau Elisei)
Adiknya Yuri, manis dan gampang tersenyum. Secara postur badan dia jauh lebih jangkung dari Yuri dan lebih bisa mengintimidasi, kalau aja mukanya ngga baeeek banget. Konon secara personality dia kebalikan 180° dari Yuri. MC keliatan seneng banget punya ‘adik’ kaya Yelisei, meskipun kadang sifat childish dan whiny-nya suka muncul.


◊◊ FLANELIA ◊◊
Agak2 Inggris mungkin, dilihat dari politiknya.


The pushy, alpha-male prince: Claude (Cecil Claude Alexis Flanelia)
My beautiful prince. Gue baru menyadari tiap cowo pertama di tiap otome yang gue maenin pasti berambut pirang dan bermata biru. Sigh. Claude, why are you so handsome?

Maap ilang fokus.

Deskripsi game-nya aja bilang si Claude adalah the perfect prince yang keluar dari buku teks, kalau aja dia ga begitu pemaksa dan arogan. Seriously, maksa MC married ama dia dan jadi saint? Dan MC juga ga bisa melakukan apa-apa buat nolak perintahnya, secara Claude itu prince gitu loh. Tapi di balik semua pemaksaan dan larangan yang ditetapkan Claude, sesungguhnya dia itu cowo yang perhatian dan care banget ama MC. Lama kelamaan dia berubah kok; tadinya arogan dan gamau dengerin orang laen, di akhir-akhir dia mau dengerin MC dan ga begitu pemaksa lagi.

 

The mysterious clergyman: Lugar
Bisa dibilang dia orang kedua yang paling berkuasa di church. Sebagai seorang cardinal dan anggota church serta bawahan langsung dari sang Paus, Claude jelas-jelas bermusuhan dengan Lugar dan selalu memperingatkan MC agar berhati-hati terhadap Lugar.

Setelah diumumkan bahwa MC adalah seorang saint, Lugar ga langsung percaya. Tanpa lelah dia berusaha mengorek informasi dari MC untuk membuktikan apakah MC benar-benar saint, bahkan berusaha menarik MC agar bergabung mendukung fraksi church dan melawan fraksi keluarga kerajaan. Di route-nya Claude, Lugar is totally a jerk. Tapi di route-nya sendiri, Lugar cukup manis dan cute dan… memegang teguh sumpah sucinya sehingga dia sulit melakukan ‘kenakalan’ bersama MC. LOL.


◊◊ INGRAYS ◊◊


The strong-willed hot-cold prince: Cyril
Atau terkenal sebagai tsundere prince. Sumpah. Bicaranya tajem, teramat blak-blakan, nusuk banget pokonya. Tapi rupanya itu semua dia lakukan buat menyembunyikan rasa malu dia. Hubungannya dengan bapake kurang baik, diakibatkan oleh suatu kejadian di masa lalu.


The dynamic, older prince: Maynard
Bapake Cyril. Ga ngerti juga kenapa dia disebut prince padahal seharusnya dia udah king—tapi toh berhubung route-nya coming soon, kita tunggu aja sih cerita lengkapnya.
Kalo yang suka sama om-om cowo yang lebih tua... mungkin... bakalan suka...?


◊◊ TURKIYE ◊◊


The handsome, attractive prince: Asena
Pangeran tampan yang lain yang bakal gue dapatkan selanjutnya. Muwahahaha! Kabarnya cerita route Turkiye paling bagus di TCC, sehingga gue memutuskan route ini bakal gue maenin setelah route laen gue maenin. Save the best for last gitu loch. Secara sifat pun bisa dibilang Asena paling mending di antara semuanya.

Nah, berhubung (sepengetahuan gue) route Turkiye ini belom lama keluar, masih banyak yang belom gue ketahui tentang Asena. Nanti gue apdet deh.


The handsome, attractive man: Isuka
Another fangirling target. Setau gue dia bukan prince, tapi hubungannya sangat dekat dengan Asena. Awalnya MC ga tau eksistensi Isuka. Nanti seiring berjalannya cerita, kita bakal tau kenapa Isuka bisa deket banget sama Asena dan apa job-nya sebenernya.


Seperti otome mobage lainnya, TCC punya sistem yang ga sama dengan game otome di PSP, PC, atau di PS manapun. TCC mustahil lu tamatin 100% dalam waktu semalem doang, kecuali lu siap ngeluarin duit banyak. Kalo udah pada sering maen otome mobage pasti tau sistemnya. Tapi biar afdol gue jelasin sistem di TCC ini.

1.       Feminine, Platinum, & Stamina
Feminine = mata uang normal dalam game.
Platinum = mata uang premium dalam game. Ada 2 cara lu bisa dapetin Platinum; (1) beli dengan duit asli, (2) kadang suka muncul pop-up window dalam game (yang ada gambar para tokoh TCC). Tinggal klik pop-up window tersebut, nonton iklan sampe beres, dapet deh 1 Platinum.
Stamina = energy MC. Max 100 points; 1 point beregenerasi tiap 3 menit.

2.       Lima story tickets per hari
Tiap hari kita bakal dikasi 5 story tickets. Tiap tiket membuka chapter baru. Kalo semua tiket udah abis, tiket-tiket itu bakal max lagi di hari berikutnya. Kalo gue sih login tiap hari jam 7 pagi—itu udah beregenerasi tiket-tiketnya.

3.       Dress-Up Avatar
Kita bisa ngedandanin avatar kita sendiri, dengan beli background, gaun, aksesoris, dll di avatar shop dan kita tentunya butuh Feminine atau Platinum. Perdandanan ini mempengaruhi skor ‘Charm’ kita.

4.       Love Trial: Love Lessons
Love Lessons meningkatkan skor ‘Elegance’ kita. Elegance dibutuhkan untuk melewati Love Trial, semacam titik checkpoint di tengah game.
Sejujurnya Love Lessons di TCC agak sulit; kita harus memperhatikan lawan dan memastikan total Charm lawan ga lebih gede dari kita—dan itu susah. Soalnya kita gatau Total Charm lawan yang cuma ditandain dengan ‘????’. Belum lagi kita juga harus memastikan Elegance lawan jangan sampai beda terlalu jauh dari Elegance kita.
Saran gue, kalian kudu cari in-game friends sebanyak-banyaknya. Friends sangat membantu nambah total Charm kita di Love Lessons, jadi kemungkinan dapet hasil Excellent (Elegance +75, Feminine +50) lebih besar. Seandainya hasil Love Lesson cuma Good, Elegance kalian cuma nambah 15, Feminine nambah 25.
Tiap Lessons menggunakan 20 poin Stamina.

5.       Pilihan dialog
Tiap bagian dalam route yang kita ikuti, pasti bakal ada pilihan dialog di poin tertentu tiap 5 chapter sekali. Ada 3 pilihan yang bisa kita ambil; masing-masing bisa nambah nilai untuk cowo yang kita pilih—menentukan ending yang bakal kita dapetin (Normal Ending atau Good Ending).

6.       Gacha Suite
Tiap hari kita bakal dikasih gratis sekali kesempatan ngambil Gacha Suite. Benda-benda yang kita dapetin dari Gacha Suite ini bisa dipake buat ngedandanin pangeran kita. Tiap benda avatar yang kita dapetin nambah nilai untuk pangeran di route yang kita pilih.

7.       Friends
Kita bisa add player laen dan tiap kali kita ‘Do Nice Dress’, kita bisa dapet 20 Feminine (per player). Seperti yang udah disebut di atas, Friends bisa ngebantu nambah Total Charm kita di Love Lessons.


AFTERTHOUGHTS & CONCLUSIONS

Secara grafis oke lah untuk ukuran mobage. Character design-nya sih udah BEUH banget pokonya, 10/10 dari gue. Lebih banyak ragam sisi wajah, ekspresi juga lebih banyak, enak diliat semua pokonya deh… menyejukkan hati.

Item-item avatar-nya juga bagus dan gorgeous. Untuk item avatar ga terbatas didapetin di avatar shop doang, tapi juga bisa dari Event Gacha yang lagi beredar. Plus, kalo lu udah sampe pada Good Ending seorang pangeran, bakalan kebuka Royal Gacha—dapetin item paling rare-nya dan lu bisa nge-unlock Royal Ending pangeran tersebut! Sayangnya ini susah banget didapetin, kecuali lu mau pake duit asli. Gue sih ogah.


LIAT ADA CLAUDE CHIBI!!! HE'S SO CUTE AG&%(HKKY&^T*H


Nilai plus laen dari game ini adalah… ADA SEIYUU-NYA!!! MY BELOVED CLAUDE, YURI, CYRIL, DAN ASENA ADA SEIYUU-NYA!!!!! AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

Ga semua bagian cerita disuarain sih, tapi kita bisa dapet chapter tambahan yang disuarain tiap udah ngelewatin chapter tertentu. Untuk saat ini baru 4 pangeran yang di-seiyuu-in. Semoga nanti nambah lagi.


Kalau secara cerita, 8/10 lah. Menurut gue ga begitu klise dan cukup ada plot jelas. Sayangnya gue ga begitu suka ama MC-nya. MC disini adalah MC standar dalam otome game, tipe let it flow dan terima-terima aja meskipun dia diperlakukan semena-mena atau dipaksa. Aing sok hayang ngagaplok si MC saking ku keuheul (terj.: Gue suka pengen nampar MC saking keselnya), soalnya karna sikap terima-terima aja nya itu, sikap pangeran bisa jadi sangat annoying (jadi maksa banget atau terlalu yandere) meskipun sebenernya bisa dicegah biar ga kaya gitu.

Tapi ya sudahlah. Namanya juga MC standar.

Buat kalian yang tertarik, boleh dimaenin otome mobage ini. Cerita oke, grafis & character design dashyat, bisa sekali menyejukkan mata dan hati.

Sekian review kali ini! Salam keju!

LIAT KURANG GANTENG APA COBA SI CLAUDE!!!

ISUKAAAAAAAA

*nosebleed continuously*

2 comments:

  1. bagaimana cara mendapatkan platinum tanpa beli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka muncul pop-up window yang kalo dipencet bikin kita jadi nonton iklan gitu. Kalo nonton iklannya sampe beres, ntar kita bisa dapet platinum, meskipun dapetnya kurang lebih cuman 1 platinum per iklan. Means you have to watch basically 100-200 iklan biar si platinumnya bisa kekumpul secara berarti. Yang sabar aja ngumpulinnya :D

      Delete