Thursday, June 9, 2016

List Tempat Buat Liburan Nih (Wisata Indonesia)

Haee~!

Ga kerasa ya sekarang kita udah memasuki bulan 6, alias pertengahan taun 2016! Gile, rasanya cepet banget waktu berlalu. Rasanya baru kemaren ini ngerayain Natal & Tahun Baru, beberapa bulan lagi udah mau ngerayain Natal & Tahun Baru lagi.

Moral: Time is precious, guys. Raihlah cita-cita & targetmu sebelom terlambat!

Oke, berhubung tengah taun identik dengan liburan sekolah/semester/Lebaran, gue mau kasi tau beberapa tempat yang dicap sebagai The Most Beautiful Places In Indonesia. Siapa tau kalian pengen melancong tapi gatau harus kemana, simak aja tempat-tempat berikut!




DATARAN DIENG, JAWA TENGAH

Terbentuk setelah Gunung Prau bererupsi, Dataran Dieng merupakan kompleks kaldera yang bertempat 2,000 meter di atas permukaan laut. Lokasinya aja membuat tempat ini menjadi salah satu tempat wisata terkeren di Indo.

Yang wajib dikunjungi di antaranya danau warna-warni, pemandian air panas, pemandangan super beauty dari puncak-puncak gunung, dan banyak candi Hindu.

Berbeda dengan daerah Jawa lainnya, jalan-jalan di Dataran Dieng bisa dilakukan dengan trekking antar-bukit, melewati banyak kebun Indah, dan udaranya segerrr bingits, plus pemandangannya juga beuh. Adventurous place deh.


DANAU MANINJAU, SUMATERA BARAT


Mungkin cukup sulit untuk mencapai Danau Maninjau, karena letaknya bisa dibilang cukup terpencil—di sebuah volcanic crater 461 meter di atas permukaan laut. Jalan menuju kesini sangat berliku-liku, curam, dan tentunya melelahkan, tapi begitu sampai, kita akan langsung disuguhkan dengan pemandangan danau biru yang dikelilingi oleh perbukitan hijau—like a big blue glass world surrounded by soft masses of greenery gila, gue puitis banget nyak (mau muntah mah muntah aja).

Buat yang mencari tempat teduh, tenang, buat bertapa, Danau Maninjau sangat cocok menjadi destinasi. Dicap sebagai salah satu tempat terbaik untuk rileks, restore inner peace (beuh!), dan menjalani kehidupan yang tenang banget.


PULAU SERIBU, DKI JAKARTA


Kabarnya, Pulau Seribu merupakan heaven on earth yang eksis tanpa disangka, amat dekat dengan kota metropolitan Jakarta. Cuma butuh 90 menit pake speedboat dari Ancol dan kita bisa sampai di Pulau Macan—dengan pemandangan indah, air laut jernih, pasir putih, tempat snorkeling yang bagus banget, dan banyak seafood segar, ini wajib dikunjungi.

Ada satu resort di pulau ini; namanya Tiger Islands Village & Eco Resort. Pelayanannya oke karena para staff-nya berusaha memberikan pelayanan yang terbaik. Ga cuma itu; sesuai namanya, resort ini juga turut andil dalam aktivitas ramah lingkungan seperti menanam koral & mangroves.


YOGYAKARTA DAN SEKITARNYA, JAWA TENGAH


Mungkin bisa dibilang bahwa Yogyakarta merupakan pusat seni dan budaya di Pulau Jawa. Kita bisa menghabiskan waktu berhari-hari berkeliling mengunjungi toko-toko batik terbaik, wayang, konser gamelan, kios makanan tak terhitung, seni jalanan, dan masih banyak lagi.

Ga cuma itu aja, Yogyakarta punya tempat kebanggaan yakni Candi Borobudur dan Prambanan. Siapa yang gatau tempat-tempat itu, coba?


PULAU KOMODO, NUSA TENGGARA TIMUR


Cuma di tempat ini kita bisa ketemu dengan the living dragon; komodo. Hewan asli Indonesia, dicap sebagai kadal terbesar di dunia (sekarang), kadang tumbuh sampai sepanjang 3 meter dan berat 70 kg, plus cakar super tajem dan liur beracun. Oya, komodo juga sangat dilarang untuk diburu, karena memang cuma di tempat ini aja komodo eksis. Hebat ya Indonesia! Punya dragon!


BANDUNG, JAWA BARAT


To be truthful, I’m surprised. Ternyata kota kelahiran gue masuk tempat paling bagus di Indo. Hahaha.

Dikenal sebagai Paris van Java, dengan kehijauan kota dan udara sejuknya. Pemandangan indah juga bisa banyak dijumpai, apalagi di area kebon teh, curug (air terjun), Lembang, Gunung Tangkuban Perahu, dan Kawah Putih. Para penjelajah kuliner juga bisa bebas berkelana disini, karena banyak banget ragam makanan yang dijajakan di Bandung. Buat yang seneng belanja juga bisa mengunjungi factory outlet yang banyak berserakan di sepenjuru kota.

Rekomendasi dari penulis sebagai Bandungers nih, coba kunjungin daerah Lembang (ini sih wajib), Dago, dan daerah Jalan Riau. Ke Ciater juga oke banget tuh (tapi kayanya udah bukan daerah Bandung sih). P.S. beware aja kemacetan daerah2 sini, apalagi tiap weekend.


PULAU LOMBOK, NUSA TENGGARA BARAT


Akhir-akhir ini emang Pulau Lombok lagi naik daun. Banyak banget tempat-tempat super keren yang bisa dikunjungi atau sekedar untuk foto-foto (buat foto pre-wed di Lombok keren gila loh!).

Yang bagus-bagus banyak di daerah Senggigi, dan ada 3 tujuan paling populer—Gili Trawangan, Meno, dan Air di Pulau Gili. Mereka punya banyak ragam tempat; dari resort mewah sampai buat backpacker juga ada.


MANADO, SULAWESI UTARA


Dulunya merupakan markas besar Belanda, pusat budaya etnik Minahasa serta kota spice trading yang makmur. Tadinya ada banyak bangunan tua disini, sayangnya ga banyak yang selamat melewati PD II.

Di kota ini juga terdapat beberapa bangunan gereja besar. Tempat sighseeing lain yang harus dikunjungi adalah Danau Tondano dan Danau Linow, Bunaken, beberapa gunung berapi,  Monumen Yesus Memberkati, dan banyak juga tempat-tempat lainnya. Kuliner Manado juga ga kalah loh! Cobain rica-rica khas-nya, atau sambal dabu-dabu. Beuh!


PONTIANAK, KALIMANTAN BARAT


Di kota ini terletak sungai kedua terpanjang di dunia dan terpanjang di Indonesia; yaitu Sungai Kapuas. Terdapat juga suku asli Dayak yang masih sangat tradisional. Kita bisa merasakan kehidupan suku Dayak dengen menginap di desa, di rumah panjang tradisional. Para orang tua di desa masih menggunakan obat-obatan tradisional, melaksanakan ritual, mentato badan, dan memakai anting super berat. Tempat ini juga merupakan tempat yang tepat untuk mencari anggrek hitam, orangutan, dan lumba-lumba air tawar.


RAJA AMPAT, PAPUA


Another destination yang harus dikunjungin! Terdiri lebih dari 1,500 pulau-pulau kecil, tempat ini dicap sebagai tempat terbaik buat para diver, pemandangan bawah lautnya emang ngga ada dua, dan perairannya merupakan salah satu ekosistem batu karang terkaya di dunia—dengan 1,300 spesies ikan, 530 spesies koral, dan sekitar 700 spesies moluska.

Pulau-pulau disini memang terpencil dan susak diakses, sehingga sebagian besar lingkungannya tidak terganggu oleh tangan manusia dan cukup mahal buat didapatkan. Tapi untuk para diver, tempat ini highly recommended deh!


Udah, segini dulu yaa... Sekian post-an dari saia! Salam keju!





P.S. Belom berapa lama ini gue bacain Gintama dan sekarang cukup tergila-gila sama Gintoki dan Hijikata.

P.S.S. Turns out BANYAK DOUJINSHI TENTANG GINTOKI x HIJIKATAAAA!!!!!! Jiwa fujoshi gue tereak kesenengan tau ngga Cukup syok juga sih, rupanya mereka berdua beneran dipasangin ama para fans. LOL.

P.S.S.S. Curhatnya cukup sekian kok…


Sumber: http://theculturetrip.com/asia/indonesia/articles/the-10-most-beautiful-places-to-visit-in-indonesia/

1 comment: