Monday, June 10, 2013

Ngakak Guling-Guling

Mungkin telat gue baru bahas anime ini sekarang, tapi gapapalah. Berhubung kayanya jarang juga yang ngereview anime ini, jadi inilah....!!!!

TE-DE-DE-DENG~~ !!

REVIEW ANIME: CUTICLE DETECTIVE INABA 
(atau yang gue singkat CDI)


Bergenre full comedy, anime ini menceritakan tentang Inaba Hiroshi, "campuran" manusia dengan serigala. Hiroshi membuka kantor detektif, dan Ogino Kuniharu meminta bantuannya saat mafia dunia kriminal berhasil membobol bank sekaligus menyebarkan uang palsu yang amat mirip dengan yang asli. Akhirnya Hiroshi dan Ogi(no) pun bekerja sama untuk menangkap para kriminal tersebut.

Lalu dimana lucunya? Kalo ceritanya cuma gitu doank, seharusnya anime ini bukannya full comedy, melainkan amat serius dan full action, macem film Taken, ato Mission Impossible, ato Fast Furious 6.

Nah, gimana kalo gini : villain utama anime ini adalah seekor kambing.

Ga sampe disitu, kelompok mafia si kambing ini sendiri aneh-aneh, ada samurai yang selalu pake penutup kepala, assassin cantik tapi punya fetish aneh, juga anak kecil super jenius yang selalu menciptakan makhluk2 super berhubungan dengan kambing. Selanjutnya supaya afdol biar gue kenalin semua tokoh-tokohnya.

[WARNING SPOILER!!]

 Ini dia sang detektif, Inaba Hiroshi. Mungkin awalnya kalian ngira dia seperti Sherlock Holmes, soalnya kata "detektif" itu biasanya identik dengan Sherlock Holmes, ato paling enggak Detective Conan ato Kindaichi. Tapi ekspektasi gue itu langsung pupus saat nonton episode pertama CDI. Belum lima menit, kita bakal mengetahui keanehan Hiroshi yang pertama : dia fetish rambut kelas berat. Dia hobi ngumpulin rambut orang dan kemampuannya mencari informasi menjadi sangat hebat kalau dia lagi ngemut rambut. Dan tiap ngemut rambut yang beda warna, kekuatan Hiroshi pun bakal berbeda pula. Contohnya, saat ngemut rambut pirang, dia bisa ngeluarin petir. Saat ngemut rambut item, dia bisa ngeluarin miasma yang bikin tiap orang dalam radius 500 meter tenggelam dalam keputusasaan. *standing applause* 
Sejak kecil dia dilatih menjadi Secret Doberman-nya kepolisian, dan berpartner dengan Ogi. Tapi setelah adiknya menghilang, Hiroshi keluar dari kepolisian dan membuka kantor detektif publik.


Nozaki Kei, asisten Hiroshi. Cowok yang berasal dari keluarga miskin dan tetep memiliki masalah keuangan meski uda dibayar 900 yen/jam. Kei juga merupakan tokoh paling normal dari semua tokoh dalam anime ini. Tapi senormal-normalnya Kei, dia tetap jauh dari versi normalnya orang normal dalam dunia normal penuh kenormalan ini. Kalo ketemu kucing, 'sekrup' Kei bakal lepas. U know what I mean? Kei sangat fetish kucing, tapi sayangnya dia alergi pada bulu kucing sehingga dia cuma bisa melihara kucing Spinx tanpa bulu yang diberi nama Luna.
Sebagai orang paling normal di anime CDI, Kei sering mempertanyakan kenormalan tokoh lain (Oke, gue udah pusing sama penggunaan kata normal...) Dia dijadikan semacam batas kewajaran, tapi kalo ketemu kucing, yah... dia sama freak-nya sama tokoh laen.

Uwaaa, beautiful guuurl~!! Eits, biar gue peringatkan, Sasaki Yuuta is not a she. The biggest trap, maybe only second after Hideyoshi from Baka to Test.
Meski imut, sebenarnya dia itu cross-dresser handal, seorang S sejati, dan hanya dia yang mampu mengubah Hiroshi menjadi ookami (serigala) tanpa harus ada bulan purnama dengan skill totoknya yang langka. Yuuta bekerja sebagai sekretaris, memiliki kekaguman luar biasa terhadap Hiroshi, dan karenanya memproklamirkan diri sebagai orang yang paling mengenal Hiroshi. Saking fanatiknya dengan Hiroshi, Yuuta membenci siapapun yang dekat dengan Hiroshi selain dirinya (contoh : Ogi).
Eh, gue uda bilang dia itu S kan? Bagi yang ga tau, S itu bukan berarti 'Small' ya. S itu bahasa halusnya kata 'Sadistic'. Dan (sekali lagi gue katakan), Yuuta adalah seorang S sejati.

Ogino Kuniharu--ato biasanya disebut Ogi, merupakan partner Hiroshi saat Hiroshi masih bergabung dengan kepolisian. Tapi meski Hiroshi sudah keluar, Ogi masih sering meminta bantuan Hiroshi untuk memecahkan kasus. Seorang inspektur polisi yang berdedikasi dan bertanggung jawab atas pekerjaannya, juga menyayangi anak buahnya. Ogi sudah berkeluarga dan dia sangat.... doting daddy--kelewat fanatik ama anaknya.
Oya satu lagi, Ogi itu bukan manusia. Manusia macam apa yang masih hidup setelah ditembak bazooka, dijatohin dari tebing, diserang naga-kambing, diracun, plus kena kameha-meha, coba? Tapi yang jelas, Ogi adalah salah satu tokoh favorit gue :D (dan bukan karena dia ganteng! Ingat!)


Inilah villain utama kita, Don Valentino. Dia beneran kambing murni, bukan manusia berkedok kambing.
Don sangat suka memakan uang kertas, dan yang paling enak menurutnya adalah uang kertas yen. Makanya dia merampok habis seluruh isi bank.
Sebagai seorang villain, rencana-rencana jahatnya seringkali lebih ke konyol dibanding jahat, juga lebih sering gagal daripada berhasil.

Tangan kanan kepercayaan Don Valentino, Lorenzo. Meskipun berbadan kekar dan macho, hati Lorenzo sangat otome. Kalau tersipu-sipu, background-nya langsung jadi berbunga-bunga dan pink.
Rela melakukan apapun demi Don dan sangat mencintai bos kambingnya itu. Dia bahkan membuat bidak catur yang menggambarkan pernikahan dirinya dengan Don. Lorenzo juga sangat cemburuan, dibuktikan saat Don tertarik pada istrinya Ogi yang cantik, Lorenzo langsung nangis darah. Wajah asli dibalik bungkusan kepalanya itu tidak pernah diketahui, tapi sempat ditunjukkan sekilas di episode 10, again in a rather ridiculous situation... *ngakak*

Gabriela, hitman (err, kayanya lebi pantes disebut hitwoman) grup mafianya Don. Berbakat? Jelas, wong dia bisa jadi assassin kebanggaan Don kok. Cantik? Yes, you can see she's gorgeous. Tapi dia punya fetish...... Untuk cowok-cowok dengan tinggi 146-162 cm, berhati-hatilah! Gabriela tak akan segan menangkapmu dan... membuatmu menjadi geboku (budak)-nya plus menjadikanmu seorang M (masochist)! Waspadalah, waspadalah!
Fyi, di anime ini, Gabriela mengincar Kei.

Scientist gila, Noah. Meskipun masih sangat muda, Noah dikenal sebagai seorang jenius. Dia juga sangat gemar menciptakan makhluk-makhluk aneh berunsur kambing, seperti: naga-kambing (naganya punya mata + tanduk kambing), Cerberos (kambing berkepala 3), Chimaera (kambing dengan organ dalam dari hewan berbeda-beda), sampai menciptakan kebon binatang khusus yang berisi kambing-kambing ciptaannya.
Sangat cocok bergaul dengan Yuuta, berhubung Noah memiliki fetish terhadap youthful bodies yang diabadikan dalam kematian. Baginya, Ogi adalah spesimen ideal, karenanya dia dan Yuuta sering bekerja sama untuk membunuh Ogi. Untung si Ogi imortal.
Sempat naksir Yatarou, tapi akhirnya dia sadar cuma Yuuta-lah yang mengerti dia. Mereka saling naksir--keliatannya. :D




Adik kesayangan Hiroshi, Inaba Haruka. Imejnya seperti kelinci, dengan rambut putih dan kelihatan fragile, padahal sebenernya dia licik banget. Punya kemampuan membaca pikiran seseorang yang paling dalam, bahkan pikiran yang lu sendiri ga tau.
Haruka sangat menyayangi Hiroshi--termasuk brother complex malah. Karena Hiroshi sibuk di kepolisian dan tidak lagi memiliki waktu untuk menemaninya, Haruka kabur dari rumah dengan tekad menghancurkan kepolisian. Haruka juga merupakan 'ketua' NORA, semacam grup teroris (?) yang terdiri dari para secret doberman.


Soumei merupakan mantan secret doberman kepolisian, dengan sebutan Black Fang, berpartner dengan Joji, kakeknya Ogi. Tapi dia ditangkap dan ditahan karena dituduh bersalah atas kasus bunuh dirinya Joji. Soumei kemudian berhasil meloloskan jiwanya dan akhirnya bersemayam dalam sebuah boneka kambing.
Soumei merupakan ketua tidak sah-nya NORA. Berkat kemampuan spesialnya, Soumei bisa berkali-kali pindah medium--alias merasuki orang. Mediumnya sekarang adalah Yatarou. Soumei juga merupakan ayah kandung Hiroshi dan Haruka, karena pihak kepolisian menggunakan DNA Soumei untuk menciptakan secret doberman. Saat ini, keinginan utamanya adalah mencari tubuhnya.
Kemampuan utama Soumei adalah mencium kebohongan dari orang-orang.

Natsuki merupakan anggota NORA, salah satu bawahannya Haruka. Dialah yang mengurus anggota NORA yang lainnya, terbukti di episode 6. Sebagai satu-satunya cewek, Natsuki sering digoda Soumei.
Kemampuannya adalah membaca pikiran orang lain saat memegang tangan mereka.
Merupakan teman masa kecil Yatarou, plus keliatannya--enggak, bahkan jelas sekali keliatan bahwa dia naksir Yatarou. Menurut gue, dialah satu-satunya tokoh normal di anime ini. Hehe.



Salah satu anak buah Haruka yang juga anggota NORA. Sejak kecil Yatarou dilatih menjadi 'wadah'nya Soumei. Karena dia cuma wadah, dia tidak boleh bicara sepatah katapun.
Kemampuannya sama seperti Soumei; mampu mencium kebohongan orang, cuma mungkin lebih kuat.







CONCLUSION
A VERY MUST SEE ANIME!!!! Bagi yang nyari film yang menghibur, anime ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Gue jamin lu semua bakal ngakak-ngakak melihat ke-absurd-an tokoh-tokohnya. Ada cerita yang memang komedi banget, ada yang sebenernya serius tapi dibikin komedi, ada juga yang bener2 serius. Tapi semuanya itu berhasil dikemas dengan apik, membuat kita bisa menikmati keseluruhan cerita tanpa berkata, "Ini kok aneh banget...?"

Cuticle Detective Inaba sangat RECOMMENDED banget lah pokonya. Tapi gue mengharapkan ada season 2 nya nih... soalnya 13 episode itu rasanya masih kurang :(

Kalo masalah art... kayanya uda ga perlu ditanya, dapet grade A dari gue. Oya, satu lagi nilai plus buat anime ini; tokohnya sering di-chibified di saat yang tepat, menambah kelucuan dan memancing rasa gemas penonton.




Ini waktu freak-nya Kei kumat. Nontonlah episode 4. :D

No comments:

Post a Comment