Friday, September 27, 2019

8 Ksatria Meja Bundar yang Mungkin Belum Pernah Kalian Denger


Hola hola, minna-san!! Mon maap sebesar2nya atas absen kami berempat di blog ini. Makin tua itu yang namanya kehidupan makin bikin kita sibuk dengan urusan masing2 sampe udah ga kepikiran lagi buat nulis disini.

But I still want to write something. Therefore~~~ kali ini gue mau membagikan cerita tentang beberapa Ksatria Meja Bundar (KMB) atau yang nama kerennya adalah Knights of the Round Table—yang mana terkenal sebagai pengikut Raja Arthur. Gue uda pernah ngebahas tentang Raja Arthur disini (ada juga podcast-nya, bisa kalian denger disini).




Buat yang males baca post-an sebelumnya atau uda baca tapi lupa, intinya mah apakah kisah2 tentang Raja Arthur dan para KMB-nya ini fakta atau fiksi sampai sekarang masih diperdebatkan para ahli. Para KMB ini pertama kali muncul di sebuah literatur abad 12 yang dibuat oleh seorang penulis Prancis bernama Chretien de Troyes. Disinilah pertama kali disebutkan mengenai Lancelot dan misinya mencari Cawan Suci.

Maybe they’re kinda like Disney stories in medieval times, sebab saking terkenalnya kisah Raja Arthur dan para KMB, penulis2 Jerman dan Portugis menerjemahkan kisah2 ini ke bahasa masing2 sekaligus menambahkan beberapa cerita versi mereka sendiri. Maka terbentuklah cerita2 tentang Raja Arthur seperti yang kita kenal sekarang ini, and that’s why kita jadi bingung mana cerita yang benernya ┐( ̄ヮ ̄)┌ Lolz.

Nah, tergantung dari versinya, ada 12 sampe 150 KMB yang memiliki cerita dan karakteristik masing2. Beberapa KMB kaya Galahad, Percival, atau Gawain udah kita tau. Ada juga beberapa KMB yang memiliki cerita menarik tapi belum pernah kita denger sebelumnya. Siapa saja mereka?

Berikut list-nya:

1. Sir Lamorak

Lamorak adalah salah satu dari 3 KMB terkuat (dua yang lainnya adalah Lancelot dan Tristan) di istana Arthur. Ksatria yang satu ini terkenal sangat berbakat dalam pertarungan, pemberani, pede, dan cepat marah. Dalam legenda Arthurian, dikatakan Lamorak bisa mengalahkan lebih dari 30 ksatria sekaligus, membuat Lamorak menjadi teman seperjuangan Arthur yang paling berharga.

Tapi akibat sifat2nya itu, Lamorak suka menyebabkan masalah saat ga ada perang. Keluarganya sudah lama bermusuhan dengan keluarga Gawain, Agravain, Mordred, dan Gaheris. Jadi ceritanya mah papahnya Lamorak ngebunuh papah Gawain & bros, trus sebagai gantinya Gawain & bros ngebunuh papah Lamorak. Barangkali emang pengen memperparah permusuhan antar keluarga mereka, Lamorak suatu waktu merayu mamah Gawain & bros yang sudah menjanda, terus mereka skidipapap. (ಠ_ಠ)

Pas ternyata ketauan ama Gaheris tepat saat mereka lagi begituan. Gaheris langsung menggal sang mamah di tempat tapi dia menahan diri ga ngebunuh Lamorak juga karena Lamorak sedang tidak bersenjata. One of their knight’s codes of chivalry, I suppose. Tapi balek woy!! (┛ಠДಠ)┛彡┻━┻  

Tapi abis itu Lamorak menolak bantuan Raja Arthur buat memperdamaikan mereka. Pada akhirnya Lamorak dibunuh oleh Gaheris & bros. Berhubung variasi cerita ini ada banyak, siapa pastinya yang membunuh Lamorak juga ga jelas siapa.


2. Sir Agravain

Agravain versi Fate/Grand Order
Di dongeng2 awal, Agravain adalah ksatria luhur dan gagah. Berkerabat dengan Raja Arthur, Agravain membuktikan diri dengan membebaskan tahanan di Hill of Wretches, makanya doi kepilih jadi KMB. Dia juga terkenal sebagai ksatria berbakat setelah bertarung dalam Perang Saxon.

Somehow Agravain berubah jadi ksatria arogan dan tidak memiliki belas kasih kepada orang lain. Tingkah lakunya seringkali membuat dia berkonflik dengan ksatria lain, terutama saudaranya—Gaheris. Sirik karena sodaranya itu diangkat menjadi ksatria, Agravain diem2 mengikuti Gaheris dalam sebuah misi dan mencoba membunuh Gaheris 2x—yang mana kesemuanya gagal karena Agravain kalah bertarung dalam hand-to-hand combat. Agravain juga sering menyombongkan diri di depan sodara2nya sehingga mereka jadi sebel ama dia.

Ketika Gaheris membunuh mamah mereka, Agravain senang karena akhirnya dia punya alasan jelas untuk membunuh Gaheris. Tapi Gawain menyetop usahanya, berkata bahwa Agravain harus mengampuni keluarganya sendiri.

Sirik super juga ama Lancelot soalnya Lance ini terkenal sebagai ksatria terhebat. Saat mengetahui affair antara Lance dan Guinevere, Agravain (atau Mordred, di beberapa versi) menjadi orang pertama yang ngasitau Arthur. Doi juga ambil bagian dalam rencana menjebak dan membunuh Lance. Usahanya gagal, trus pada akhirnya Agravain dibunuh Lance.


3. Raja Cador dari Cornwall

Ternyata ada beberapa raja yang jadi bagian dari KMB. Sejak awal disebut, Cador adalah salah satu orang kepercayaan Arthur. Cador adalah saudara Arthur tapi beda ayah, karena bapake Cador adalah Gorlois—means Cador adalah saudara kandung Morgan lebay le Fay. Namun di beberapa versi disebutkan Cador adalah orang Roma sehingga dia sama sekali bukan kerabat Arthur, cuma temen baik aja.

Cador terkenal sebagai orang yang membesarkan Guinevere, mendidiknya dan memastikan Gui punya keahlian sebagai seorang wanita bangsawan. Cador juga dipercaya Arthur sebagai salah satu jendral yang berhasil mengomandani pasukan Briton, membebaskan pengepungan di Gunung Badon, serta mengusir penjajah kembali ke asal mereka di Isle of Thanet.
Cador dipercaya memimpin operasi militer sampai sejauh Skotlandia dan Gaul, dimana dia mengomandani pasukan di Perang Soisson. Bersama Lance, Cador bertahan dari penyergapan kaisar Romawi saat mereka membawa tawanan kembali ke Paris.

Saat Pertempuran Camlann (in case you forgot, pertempuran ini adalah perang ultimate antara Arthur dengan Mordred), Arthur mewariskan tahta Britania ke putra Cador—Constantine—ketika dia terluka di ladang perang. Cador sendiri diceritakan gugur di Camlann waktu bertarung melindungi Arthur.


4. Raja Urien dari Gorre

Merupakan raja Keltik yang memerintah Rheged, daerah sebelah barat daya Tembok Hadrian. Namanya tercatat dalam salah satu puisi terkenal Triad Welsh sebagai satu dari tiga raja-petarung terhebat di Britania. Kematiannya disesali sebagai satu dari tiga pembunuhan paling ngenes dalam sejarah Inggris.

Waktu Morgan mencoba membunuh Urien.
Kisahnya sudah melegenda ketika cerita Arthurian mulai naik daun sehingga lama2 ceritanya dimasukkan ke dalam cerita Arthurian. Urien merupakan salah satu bawahan Uther Pendragon (papanya Arthur), serta menikah dengan Morgan le Fay. Ketika Uther meninggal, Urien dan beberapa penguasa lain memberontak melawan Arthur. Arthur mengalahkan mereka semua, dan singkat cerita sesudah itu Urien menjadi salah satu orang kepercayaan Arthur.

Oya, dikatakan baik Morgan maupun Urien ga bahagia dengan pernikahan mereka. Morgan membuat rencana untuk mencuri Excalibur, membunuh Urien dan Arthur, lalu membuat kekasihnya—Sir Accolon—menjadi raja. Rencananya membunuh Urien gagal, btw, karena putra Urien—Owain—(doi bukan anak Morgan, tapi) memergoki Morgan waktu mau menusuk Urien dan segera memisahkan mereka berdua.

Kisah-kisah kesuksesan dan kemenangan Urien dicatat dalam manuskrip abad pertengahan—The Book of Taliesin—yang masih ada sampai saat ini. Bersama beberapa raja lainnya, Urien melawan ekspansi kepenjajahan bangsa Anglo-Saxon. Tapi kemudian Urien dibunuh atas perintah Morgant Bwlch, salah satu raja yang sirik akan kekuatan dan reputasi Urien.


5. Sir Geraint

Adalah ksatria muda pemberani sekaligus raja di Dumnonia (Cornwall sekarang). Geraint dan istrinya—Enid—merupakan sahabat Arthur dan Guinevere.

Ketika beredar rumor bahwa Gui punya perasaan terhadap Lance, Geraint diem aja. Tapi dia mulai khawatir ketika tahu bahwa Gui dan Enid melewati banyak waktu bersama di Dumnonia. Takut Gui mempengaruhi istrinya jadi ga bener, Geraint minta cuti pada Arthur buat pulang kampung. Alasan Geraint adalah supaya dia bisa belajar menjadi penguasa yang lebih baik lagi, padahal sebenernya Geraint mau mengawasi istrinya.

Perjalanan Geraint & Enid.
Sesudah pulang, dia menghabiskan seluruh waktunya dengan Enid, sampai rakyat mulai berpendapat Geraint bukan lagi penguasa yang baik. Enid mendengar rumor itu sehingga dia menangis. Geraint melihatnya dan Enid berkata bahwa dia bukan istri yang baik. Awalnya Geraint berpikir Enid menangis karena doi beneran selingkuh trus menyesal. Tapi setelah melewati quality time yang baik dan benar, Geraint akhirnya tahu bahwa istrinya itu sedih karena merasa telah mencegah suaminya menjadi ksatria yang sungguhan ksatria.

Setelah itu untuk membuktikan dirinya sendiri, Geraint—ditemani Enid—berkelana seputaran Dumnonia, menghadapi berbagai masalah dan menunjukkan pada rakyatnya bahwa dia adalah pemimpin yang mumpuni serta berani. Perjalanan itu juga memperkuat hubungan Geraint dengan istrinya. Mereka akur sampai akhir hayat mereka, serta menjadi teladan baik bagi ksatria Arthur yang lainnya.

Lagi2 Gui jadi penyebab semua masalah. Sigh. Anyway, menurut pendapat gue, ini adalah cerita paling oke dari semua cerita tentang KMB. (´`ʃƪ)


6Sir Lucan

(Gue ga nemu gambar Lucan! Sad!!)

Merupakan seorang butler kepercayaan Arthur. Mungkin Lucan tidak melewati ujian atau perjalanan mengesankan kaya ksatria lain, tapi dia adalah pengikut Arthur yang paling setia, paling pertama serta salah satu yang paling terakhir bertahan di sisi Arthur sampai akhir hidupnya.

Menjadi seorang butler mungkin dipandang rendah di jaman modern ini. Tapi jaman dulu, posisi butler justru merupakan posisi terhormat karena selain berhubungan dekat dengan raja, dia juga bertanggung jawab atas segala urusan istana.
Lucan juga sering mengikuti beberapa turnamen, meskipun kemampuannya masih kalah dengan KMB lain. Suatu waktu, diceritakan Lucan terluka parah setelah melawan Sir Tristan sampai harus segera dibawa ke biara terdekat untuk mendapat perawatan medis.

Lucan berperan sebagai perantara Arthur dengan Lance-Gui demi menjaga kedamaian. Selain itu, Lucan merupakan salah satu dari sedikit ksatria yang menasihati Arthur agar tidak berperang melawan Mordred. Bersama saudaranya—Bedivere—Lucan adalah ksatria terakhir yang gugur melindungi Arthur dalam Pertempuran Camlann.


7. Sir Lanval

Salah satu ksatria Arthur yang paling sial, disirikin sama ksatria lain karena Lanval terkenal rupawan, murah hati, dan pemberani. Banyak yang berpura-pura baik sama Lanval, tapi di belakang mereka berharap Lanval mendapat sial.

Suatu ketika, waktu Arthur sedang membagi-bagikan hadiah dan harta pada para pengikutnya, dia melupakan Lanval. Lanval terlalu baik untuk mengingatkan Arthur bahwa dia belum mendapat hadiah. Para ksatria lain yang tidak suka pada Lanval juga tidak ada yang mengingatkan Arthur. Sebagai akibatnya, Lanval jatuh miskin.

Suatu hari, Lanval pergi ke sebuah lembah dan beristirahat di tepi sungai. Disanalah dia bertemu dengan seorang peri yang jatuh cinta padanya. Lanval juga kesengsem ama kecantikan si peri. Mereka pun melalui waktu bahagia bersama, dan peri itu berjanji bahwa Lanval akan mendapat lebih banyak emas dari yang dia habiskan, serta akan datang kapanpun Lanval membutuhkannya asal Lanval merahasiakan eksistensi peri tersebut.

Pastinya syarat kaya gitu memunculkan flag yang berlawanan dengan yang dijanjikan. Ga berapa lama setelah itu, Guinevere si-tukang-tikung mulai mendekati Lanval. Of course sebagai ksatria yang baik dan setia, Lanval menolak. Dan of course, Gui—yang belum pernah ditolak cowo sebelumnya—nuduh Lanval gay. Untuk melindungi reputasinya, Lanval keceplosan bilang bahwa dia udah punya pacar yang jauh lebih cantik dari Gui.

Gui makin ga terima. Dia ngadu ke Arthur, bilang bahwa Lanval mencoba merayu Gui supaya jadi kekasihnya. Trus ketika Gui menolak, Lanval malah nyombongin dia punya pacar yang lebih cantik. Arthur murka dan langsung membawa Lanval untuk diadili. Kalau memang Lanval punya pacar dan pacarnya muncul, kata Arthur, Lanval akan diampuni. Tapi kalo ngga, Lanval bakal dihukum.

Untungnya, sang peri cantik pun hadir. Dia berkata pada Arthur bahwa Gui bohong. Lanval adalah ksatria yang jujur. Para KMB lain pun jadi percaya pada perkataan Lanval. Setelahnya Arthur mau menerima Lanval kembali menjadi bagian dari KMB, tapi Lanval menolak dan memilih pergi bersama si peri ke Avalon.

Gue penasaran sama apa yang terjadi ama Gui setelah kejadian ini. Apa Arthur ga curiga si Gui tukang tikung? Ato Arthur tutup mata karna dia sendiri juga suka selingkuh? Hmm......


8. Sir Gareth

Gareth adalah salah satu putra Raja Lot sekaligus adik termuda dari Gawain, Gaheris, dan Agravain. Tapi tampaknya Gareth membenci kakak2nya, karena dia menyamar menjadi rakyat jelata tanpa masa lalu ketika dia tiba di istana Arthur.

Sir Kay memberinya pekerjaan paling jelek di dapur dan mengejek tangannya yang halus. Meski demikian, Gareth dapat membuktikan dirinya sebagai ksatria mumpuni, mengalahkan Ksatria Hijau, Ksatria Merah, dan banyak lainnya, serta memaksa mereka bersumpah setia pada Arthur.
Gareth juga pernah berpartisipasi dalam sebuah turnamen menggunakan samaran hanya untuk mengalahkan kakak2nya. Dia baru mengungkap identitasnya saat berhasil mengalahkan Gawain di babak terakhir.

Setelah itu, Gareth sama sekali tidak mau terlibat dengan tingkah laku kakak2nya yang tidak terpuji, malah kadang dia mengganggu rencana mereka. Gareth menyetop Gawain dan Agravain membunuh Gaheris karena telah membunuh ibu mereka (di beberapa versi, Gawain-lah yang mencegah Agravain), menghukum kakak2nya karena telah membunuh Sir Lamorak, serta berupaya menghentikan mereka membuka perselingkuhan Lance dan Gui di hadapan Arthur.

Meski sangat setia pada Arthur, Gareth sering berpihak pada Lancelot karena Lance-lah yang pertama kali menunjukkan kebaikan pada Gareth serta mengangkatnya menjadi ksatria. Tapi pada akhirnya Gareth (dan Gaheris) ga sengaja terbunuh oleh Lance saat yang bersangkutan mencoba menyelamatkan Gui dari hukuman dibakar di tiang.
Akibatnya, Gawain—ga terima adik2nya dibunuh Lance—beralih pihak dari Lance ke Arthur dan memaksa sang raja pergi memerangi Lance. Jadi bisa dibilang kematian Gareth dan Gaheris merupakan salah satu penyebab Pertempuran Camlann serta penyebab kematian banyak ksatria Arthur lainnya.

_______________________________________________


Nah~ rather interesting stories, don’t you think?

Cukup sekian dulu post-an kali ini. Kita bertemu lagi next time, hopefully di edisi dongeng selanjutnya.
Salam keju! Ciao~~~



Sumber: Listverse & Wikipedia

1 comment: