Thursday, October 24, 2019

[REVIEW ANIME] Stand My Heroes – Piece of Truth



Jadi cerita awalnya sih gini. Sekumpulan cowo2 ganteng langsung menarik perhatian gue saat lagi browsing Pinterest. Setelah me-research, ternyata mereka ini berasal dari sebuah mobile game berjudul Stand My Heroes—semacem puzzle game merangkap otome game kaya 100 Yume Prince-somting (sumpah gue lupa judulnya). In case you dunno, puzzle game disini tu kaya Candy Crush gitu.


Ada yang pernah maen 100 Yume? Dulu game ini sempat keluar versi Indo-nya, tapi trus tiba-tiba ilang  di Google Play. Sedih banget tau gaaaaaa!!! °(°ˊДˋ°) ° Padahal dulu pas maen ceritanya uda agak jauuuuhhhhh!!! Sekarang tinggal tersisa versi Japun ama zhongwen-nya dan gue ga bisa baca kedua bahasa itu!!!
SEFIR I COULDN’T MEET YOUUUUU!!! HUWAAAAAAAAAA!!!!! (PД`q'


Goodbye, my angel…_


Ehem. Back to the topic.

Sayangnya game Stand My Heroes (SMH) juga belum tersedia versi Inggris apalagi Indo-nya, baru ada (lagi2) versi Japun dan zhongwen. But at least buat para otomate di luar sana yang penasaran ama SMH ini bisa muas-muasin diri dengan anime-nya.

Sang heroine adalah seorang cewe bernama Izumi Rei yang menjadi bagian dari agen narkotika. Karena suatu blunder yang dia lakukan saat operasi sebelumnya, Rei kena skors dan waktu dia masuk kerja lagi, ketua divisi—Daisuke Seki—langsung menugasi Rei untuk merekrut anggota buat grup baru yang bernama STAND (Stand Alone National Department). STAND ini dibikin untuk memecahkan kasus2 narkotik yang udah lama ga terselesaikan. Dan kandidat buat STAND ini ngga cuma berasal dari kepolisian aja, tapi juga ada penduduk sipil sampai semacem grup underground yang bisa direkrut.

Jadi intinya anime ini menceritakan usaha si Rei pedekate ama para kandidat dan membujuk mereka biar mau gabung ke STAND.

Izumi Rei

Heroine berumur 26 taun, cukup cute, bertekad membuktikan pada yang lain bahwa dirinya mampu mengerjakan tanggung jawabnya dengan gemilang setelah ditugasi Seki untuk merekrut anggota buat STAND. Satu-satunya cewe di tempat yang didominasi cowo sampe-sampe si Rei ini disebut princess, dan memang gue mendapat kesan itu dari Rei. Sebagaimana heroine dari otome game, she’s like a blank sheet of paper, and she really cannot do anything sebelum ada cowo nyelametin dia.
Kelebihan Rei mungkin cuma kemampuan misteriusnya dimana sebagian besar obat-obatan ga mempan ama dia (contoh: kloroform). Somehow nanti pasti cowo-cowo di sekitarnya suka ama si Rei ini. Dan gue yakin gue ga akan pernah ngerti kenapa itu bisa terjadi.

Oya, di anime ga diceritain, tapi katanya di game sempet disebut bahwa si Rei ini sebenernya seorang apoteker yang ditarik jadi anggota agen narkotika karena kemampuan misteriusnya itu. Fakta tersebut cukup menjelaskan kenapa cewe yang ga bisa apa-apa kaya gini bisa jadi agen. A princess, indeed.



֍ NARCOTICS ֍

Daisuke Seki (CV. Maeno Tomoaki)


Umur: 33 th
Tinggi: 182 cm
Hobi: Minum malem-malem
Spesialisasi: Aikido
Kelemahan: Pagi & memasak

Disebut sebagai bos yang ideal. Di anime diperlihatkan bagaimana Seki berusaha keras merekomendasikan Rei sebagai orang yang paling pas mengemban tanggung jawab penting di STAND, yaitu merekrut orang-orang. I personally didn’t see why she’s the most appropriate person for that, but whatever lah.
Seki juga membela Rei di hadapan para petinggi yang ngga yakin karena Rei udah melakukan blunder sampe menggagalkan operasi penting sebelumnya. In the end, Seki tetep berhasil mendapatkan keinginannya.


Aoyama Itsuki (CV. Sugita Tomokazu)


Umur: 28 th
Tinggi: 181 cm
Hobi: Masak
Spesialisasi: Kerja
Kelemahan: Tulisan tangan yang jelek & berantakan

Merupakan mentor Rei dan yang paling banyak membantu Rei di kantor. Aoyama membantu Seki membela Rei waktu rapat bersama para petinggi.
Ketika Rei merasa bersalah karena keblunderannya, Aoyama menghibur dengan berkata bahwa kalo cuma gara-gara kesalahan 1 anggota doang jadi gagal, operasi itu memang udah ditakdirkan ga berhasil. Logika yang ga bisa gue terima, tapi kalo mikir itu buat menghibur Rei-si-ga-bisa-apa-apa sih ya udalah.
Dengan kata lain Aoyama ini baik beud. Kayanya kalo jadi onii-san dia oke banget deh. Pekerja yang baik bahkan perfect, paling jempolan di divisinya, dan dia merahasiakan hobinya memasak dari semua orang.


Koutaro Yui (CV. Hanae Natsuki)


Umur: 27 th
Tinggi: 180 cm
Hobi: Penelitian
Spesialisasi: Bikin minuman ala dia sendiri
Kelemahan: Panas

Peneliti farmasi yang jenius. Kalo di introduksi game sih Yui juga dikenal sebagai orang aneh tapi keren. Keliatannya sangat penasaran sama Rei karena kemampuan misteriusnya itu, sampe dia pengen minta rambut Rei buat penelitian. Meskipun keliatan cantik, Yui rupanya punya sisi yang lebih jantan daripada cowo-cowo lain.


Haru Natsume (CV. Kaji Yuki)


Umur: 26 th
Tinggi : 178 cm
Hobi: Pesta minum
Spesialisasi: Ga pernah lembur
Kelemahan : Olahraga

Dikenal sebagai otak dari Divisi Narkotika, sekaligus penengah kalo ada berbagai ketidak setujuan. PIC kalo ada pesta dan kenal ama banyak toko. Ternyata doi tinggal di hotel loh…


Imaouji Shun (CV. Namikawa Daisuke)


Umur: 29 th
Tinggi : 182 cm
Hobi: Berlayar
Spesialisasi: Motor
Kelemahan: Hujan

Another one of my love. Tipe-tipe pangeran gitu. Mantan anggota DEA (Drug Enforcement Administration), tutur katanya sopan sampe agak kuno (?), bersikap lembut, tapi siapa sangka sebenernya dia sadistic. Sebutannya aja Do-S Prince. Lolz! Gapapa kamu sadist juga, aku sih tetep sayang! (´`ʃƪ)


Watabe Satoru (CV. Toriumi Kousuke)


Umur: 33 th
Tinggi: 176 cm
Hobi: Kerja
Spesialisasi: Bahasa asing
Kelemahan: Ketinggian

Mood-maker di kantor. Keliatannya suka bercanda, tapi Satoru bisa jadi sangat serius dan capable dalam melakukan pekerjaan. Dia juga ga kuat minum alkohol. Satoru menumbuhkan jenggot karena katanya wajahnya terlalu baby face kalo ga ada jenggot. Padahal gantengan ga ada jenggot sih kalo menurut gue.
Gitu-gitu doi adalah perwakilan dari Kementerian Luar Negeri loh.



֍ TOKYO METROPOLITAN POLICE ֍

Hattori You (CV. Eguchi Takuya)


Umur: 36 th
Tinggi: 181 cm
Hobi: Tidur siang
Spesialisasi: Profiling
Kelemahan: Ga pernah dateng meeting tepat waktu

Seorang section chief yang keliatan ga niat kerja, ga bisa dibaca, suka tidur siang, tapi terkenal keren kalo udah masuk investigation-mode. Terkenal juga sebagai orang sadis. You adalah salah satu orang yang ngasih clue ke Rei saat dia buntu ide nyari rekrutan di episode 1. Doi juga yang bakal jadi pemimpin STAND nantinya, sehingga para bawahannya kaya Tsukasa, Sosei, dan Natsuki sudah dapat dipastikan jadi anggota STAND.


Asagiri Tsukasa (CV. Kakihara Tetsuya)


Umur: 28 th
Tinggi: 181 cm
Hobi: Segala sesuatu tentang dogi
Spesialisasi: Ngelatih dogi
Kelemahan: Aoyama & Yui

Kasar, menakutkan, susah didekati, itu kesan pertama yang pasti didapat dari Tsukasa. Dia adalah detektif kepolisian tingkat elit, keras sama orang lain juga diri sendiri. Doi juga ternyata teman sekelas Aoyama dulu, tapi katanya hubungan mereka kaya dogi ama monyet.
Gue baru denger Kakki pake suara rendah pas nyuarain Tsukasa ini, and I like it very much! Sasuga Kakki!!!


Arakida Sosei (CV. Takatsuka Tomohito)


Umur: 27 th
Tinggi: 180 cm
Hobi: Basket
Spesialisasi: Menjahit
Kelemahan: Anak kecil (karena pada takut sama dia)

Detektif kepolisian yang menakutkan tapi populer. Ga heran sih soalnya Sosei ganteng banget. Seorang lone-wolf dimana Sosei lebih suka bekerja sendirian setiap saat. Meski begitu You sendiri bilang bahwa Sosei sebenernya baik. Fans beratnya buku2 Tsuzuki Makoto, sampai di tiap waktu luangnya kita bisa liat Sosei pasti lagi baca buku itu.
Ada beberapa yang berhipotesis kelak Sosei bakal jadian sama Rei di anime, TAPI GUE GA SETUJU!! SAMA SEKALI GA SETUJU!!!! Kalo sampe mereka beneran jadi, anime ini bakal masuk blacklist gue. Beneran.


Sugano Natsuki (CV. Yamaya Yoshitaka)


Umur: 26 th
Tinggi: 176 cm
Hobi: Ngobrol
Spesialisasi: Atletik
Kelemahan: Duduk diem

Detektif polisi yang periang, enerjetik, gampang dipuji. Doi jadi penerang di tengah para detektif yang ga bersahabat, sampe Tsukasa sempet bilang padanya bahwa kekurangan Natsuki adalah terlalu riang. Punya keadaan dimana dia ga bisa merasa sakit.



֍ REVEL ֍
Kumpulan selebriti yang punya sisi lain sebagai informan andalan kalo gue ga salah tangkep.

Hiyama Takaomi (CV. Shirai Yuusuke)


Umur: 29 th
Tinggi: 179 cm
Hobi: Berkebun
Spesialisasi: Violin
Kelemahan: Ga bisa baca keadaan

Pimpinan perusahaan real-estate sekaligus petinggi dari perusahaan finansial super besar, ga kenal takut, sekaligus misterius. Belum banyak yang diketahui tentang dia sih.


Otani Hatori (CV. Uchida Yuuma)


Umur: 27 th
Tinggi: 177 cm
Hobi: Ngumpulin sepatu
Spesialisasi: Memperlakukan wanita
Kelemahan: Air mata wanita

Tipikal cowo friendly yang suka flirting. Tapi di anime dia yang paling pertama mengulurkan tangan saat Rei kebingungan gimana caranya merekrut Revel ke STAND, entah apa dia punya maksud tersembunyi ato mungkin memang tulus.


Maki Keita (CV. Yashiro Taku)


Umur: 26 th
Tinggi: 166 cm
Hobi: Minum susu
Spesialisasi: Judo
Kelemahan: Segala omongan tentang tinggi badannya ato baby face-nya

Ga banyak bicara tapi dikenal sebagai orang yang paling punya common sense di Revel. Sangat dekat dengan Akira. Keita juga sangat menjaga orang-orang yang disayanginya, sampai pada titik dia langsung ngamuk kalau ada orang yang menyakiti teman-temannya.
Keita punya cita-cita tinggi badannya mencapai 177cm. Doi juga sangat suka makanan yang berhubungan dengan susu; contohnya puding susu, eskrim rasa susu, dan milk stew.


Kagura Aki (CV. Yamashita Seiichiro)


Umur: 26 th
Tinggi: 170 cm
Hobi: Fashion
Spesialisasi: Desain
Kelemahan: Makanan rakyat jelata

Seorang fashion designer terkenal, wajahnya manis tapi lidahnya super tajem. Juga terkenal egois. Sangat dekat dengan Keita sampai jadi overprotektif. Tapi dia punya sisi baiknya juga kok.



֍ BROTHERS ֍

Tsuzuki Makoto (CV. Takeuchi Shunsuke)


Umur: 28 th
Tinggi: 175 cm
Hobi: Ngurus adik2nya
Spesialisasi: Ngebaca orang
Kelemahan: Tempat yang banyak orang

Seorang novelis terkenal yang sudah menulis banyak buku bestseller. Diam-diam sebenernya pengen nulis buku buat anak-anak tapi takut ga diterima ama para penggemarnya. Sangat sayang sama adik-adiknya.
Tidak menyukai bagian Narkotika dan mengecap mereka sebagai orang-orang inkompeten. Gatau kenapa STAND me-list kakak beradik ini buat jadi anggota, tapi menurut Rei berhubung Makoto punya kemampuan mengevaluasi orang dengan jitu, Rei pun berusaha keras mendekati Makoto agar mau bergabung dengan STAND.


Tsuzuki Kyousuke (CV. Nishiyama Koutarou)


Umur: 25 th
Tinggi: 180 cm
Hobi: Observasi orang
Spesialisasi: Akting
Kelemahan: Makoto kalo lagi marah

Aktor super populer dan ramah. Dia juga suka berterus terang sekaligus sembrono. Sangat serius dalam berakting. Kyousuke juga sangat mendukung Makoto dalam pekerjaannya. Pokoknya ni kakak-adik saling ngedukung satu sama lain aja.



֍ KELUARGA KUJOU ֍
Keluarga atau organisasi underground (?). Tentang mereka masi banyak yang jadi misteri.

Kujou Souma (CV. Sawashiro Chiharu)


Umur: 30 th
Tinggi: 179 cm
Hobi: Membaca
Spesialisasi: Membaca cepat
Kelemahan: Kerumunan orang

Segala sesuatu tentang dia masih menjadi misteri. Kalo ga salah Souma ini direktur dari perusahaan farmasi yang dicurigai menyebarkan narkotika tapi keterlibatan mereka ga pernah terbukti. Gatau kenapa juga ini orang di-list sebagai calon anggota STAND.
Souma menganggap para agen narkotika itu menyebalkan.


Kirishima Kouya (CV. Nakajima Yoshiki)


Umur: 27 th
Tinggi: 186 cm
Hobi: Memperbesar otot & memasak
Spesialisasi: Tarung
Kelemahan: Belajar

Dari biodatanya bisa diliat barangkali Kouya ini the true definition of muscle-brain. Lolz. Bodyguard-nya Souma, seorang petinju, ga suka ama kekalahan, dan kabarnya ga bisa memperlakukan cewe dengan baik. Meskipun ga suka belajar, tapi intuisinya tajem banget. Sangat menghormati Souma.


Shindo Kiyoshi (CV. Masuda Toshiki)


Umur: 27 th
Tinggi: 184 cm
Hobi: Latihan otot & miara parkit
Spesialisasi: Operasi (surgery)
Kelemahan : Kehabisan uang

Dokter sesat yang sangat suka uang. Kiyoshi adalah lulusan terbaik dari sekolah medis, tapi ya gitu, yang dia percaya hanya uang. Ga terlalu banyak bicara apalagi ngebicarain dirinya sendiri. Punya rahasia yaitu suka sama barang-barang imut.


Miyase Gou (CV. Umehara Yuichirou)


Umur: 28 th
Tinggi: 176 cm
Hobi: Bebersih
Spesialisasi: Ceroboh
Kelemahan: Kalo bikin Souma marah

Semacem butler keluarga Kujou yang tanggung jawabnya adalah ngurusin segala urusan rumah tangga. Secara kepribadian, Gou ini ramah, lembut, dan suka tersenyum. Karena sifatnya inilah Gou punya banyak penggemar rahasia.


Yamazaki Kaname (CV. Yamashita Daiki)


Umur: 18 th
Tinggi: 171 cm
Hobi: Memandang rendah orang yang lebih tua dari dia
Spesialisasi: Belajar
Kelemahan: Diperlakukan kaya anak kecil

Anak misterius sekaligus jenius. Sering nongkrong bareng keluarga Kujou. Saking pinternya dia selalu mendapat peringkat tinggi di ujian nasional, tapi karena gamau keliatan mencolok, Kaname sengaja ngga mau dapet peringkat 1. Wajah sempurna sekaligus super pinter, Kaname memang sempurna buat aku (´`ʃƪ)
Cita-cita Kaname adalah tinggal di rumah bercat putih bersama istri, anak-anak, dan seekor dogi.
Sini, Kaname, mimpi kamu bakal onee-chan penuhin~



AFTERTHOUGHTS & CONCLUSIONS


Sampe saat tulisan ini dibuat, anime-nya baru terbit 3 episode. Jadi gue me-review berdasarkan episode-episode yang udah terbit aja ya.

Pace ceritanya cukup cepat. Sejak episode pembuka, anime SMH ini kaya dibuat dengan anggapan bahwa para penonton udah tau cerita di game kaya gimana. Salah satu cirinya adalah latar belakang si Rei sebagai apoteker yang ditarik tiba-tiba jadi agen narkotika sama sekali ga diceritakan. Ciri lainnya adalah para cowo yang bejibun diintroduksi sekaligus banyak di episode pertama sehingga bikin penonton pusing dan pastinya ga bisa inget semua cowo yang muncul, terutama penonton yang baru pertama kenal SMH.

Dan gue menilai anime SMH ini kurang berkesan. I mean, I get it, kalo digeneralisasi, anime yang diangkat dari otome game memang biasanya cuma mengusung ‘keindahan’ para cowo ikemen-nya aja. Tapi sayang banget kalo produser ga bisa memoles cerita lebih jauh dan ngasih kepribadian jelas ke heroine. Padahal premis cerita uda cukup menarik, apalagi kalau alurnya dibeberkan secara perlahan. Misalnya, episode 1 cukup perkenalkan cowo-cowo bagian Narkotika dan kepolisian kalo emang butuh. Latar belakang si Rei juga bisa diceritain disini. Episode berikutnya baru perkenalkan tentang Revel dan keluarga Kujou.

Nah, soal heroine nih gue punya banyak keluhan.

Pertama, dia pake high heels ke kantor. Ga salah memang. Gue berekspektasi si Rei ini mungkin uda pernah latihan fisik, cekatan, atletik, bisa bela diri, dsb. Karena dia kan agen gitu loh, bisa kapan aja disuruh ngejar penjahat atau melakukan kegiatan fisik lainnya. Gue sangat suka ama tipe cewe yang bisa jadi badass DAN berotak pinter. Jadi gue pun menunggu-nunggu saat nantinya si Rei ini melakukan tindakan keren.

Tapi ternyata, oh ternyata… ekspektasi gue langsung hangus di beberapa menit selanjutnya! Si Rei ini KESERIMPET saat memperkenalkan diri ke kandidat STAND di kepolisan KARENA high heels-nya itu! 

Oke, gue pun masi berupaya berpikir positif. Meskipun secara fisik dia ga bisa diandalkan, siapa tau otaknya bisa lah. 

TAPI TERNYATA, OH TERNYATA #2, ekspektasi gue kembali hangus saat tau sebab-musabab dia di-skors terus ngeliat klimaks episode 1. UDA TAU LU GA BISA APA-APA DAN UDAH BLUNDER DI KASUS SEBELUMNYA, TRUS LU TETEP AJA GA PAKE PIKIR PANJANG NGEJAR KRIMINAL SENDIRIAN?!?!?! )

Kejadian itu pasti dibuat untuk men-trigger another flag for a prince on a white horse to go for her rescue. Tapi itu klausa yang sangat cheesy dan sama sekali ga bikin gue simpati ama si Rei. Sebaliknya, malah gue sebel setengah mati ama heroine kaya gini. APALAGI YANG NYELAMETIN DIA ADALAH SOSEI MY LOVEEE!!!! Gah! 
Dan somehow abis kejadian itu si Sosei yang tadinya juga sebel jadi ngeliatin si Rei, kaya yang dia ngubah pandangannya terhadap cewe itu.

Kenapaaaaaaa??? Lu mulai tertarik ama dia, gitu Sosei??? Apa yang bikin lu terpesona dari kebodohan cewe ituuuuuu????? (#`皿´) (#`皿´) (#`皿´)

Tolong, produser-san, coba dong bikin heroine yang lebih guna!

Ditambah di akhir episode, waktu Sosei nelepon You dan nanya, "Cewe itu ada disini pasti karena lu kan?" Si You masi bisa bilang, "Gimana, cewe itu menarik kan?"

MENARIK APANYA!!! (┛ಠДಠ)┛彡┻━┻

Iya gue juga ga tahan nontonin lu.

Belom abis sampe disitu, sepanjang beberapa episode gue pun menyadari satu hal. Cewe ini ga pernah ganti baju, kecuali waktu ke pesta di episode 1. Fashion sense yang sangat membosankan dan ga menarik diliat.

Gue masi bisa terima kalo alur cerita cepat sampe kurang penjelasan terhadap segala sesuatu. Tapi gue paling ga bisa terima kalo heroine ga bisa disukai (dan gue ga bisa nemu alesan buat suka ama si heroine), terlebih kalo nantinya semua cowo suka ama dia.
To be fair masi gatau lah gimana ceritanya ntar ke belakang, tapi mark my words… kalo sampe si Rei jadi ama Sosei, anime ini gue blacklist bener-bener. Hmph.

Barangkali poin plus yang bisa gue rekomendasikan ama kalian semua adalah para cowonya yang cukup memanjakan mata, meskipun itu juga mungkin akan bikin kalian bingung karena muka mereka sama semua, cuma model rambut aja yang beda-beda.



Poin plus lainnya adalah para seiyuu professional sebagai CV (Character’s Voice) para cowonya. Sugita Tomokazu, Takeuchi Shunsuke, Kakihara Tetsuya, Kaji Yuki, dan Yamashita Daiki hanya sebagian kecil dari seiyuu terkenal bersuara yahud yang punya lakon di anime ini.

Poin plus ketiga adalah lagu opening-nya. Gue suka banget! Berjudul Thought I Knew ft.ra’z, Hayes oleh YVY, disertai scene-scene yang menunjukkan para cowo…… beuh, tingkat kekerenannya beyond dah.

Udah sih cuma itu aja.

Overall, anime ini gue kasi 2 bintang dari 5. Buat kalian yang pengen muasin mata dengan para ikemen keren, juga muasin telinga dengan suara para seiyuu berkelas, serta sedikit kepo ama ceritanya boleh deh diikutin anime ini. Gue pribadi bertahan karena 3 poin plus di atas doang. Gatau sampe kapan bertahannya itu juga. Lolz

Yoda cukup sampe disini ya reviewannya! Sampe ketemu di post-an berikutnya! 
Salam keju~!


Bonus:

SOSEI, MY LOVE!!! (´ε` )


❤❤❤❤❤



Need more ikemen? Check out my Pinterest account: furumiakiyuki ! Hehe..

No comments:

Post a Comment