Saturday, April 29, 2017

7 Best Vocaloid Song Stories (Versi Gue)

Setelah bertahun-tahun berkelana di dunia internet, yutub, juga menjelajahi dunia para Vocaloid, gue pun berhasil mengumpulkan beberapa cerita yang menurut gue bagus. Heart-wrenching AF, mamen.



Buat yang belom tau, Vocaloid adalah song synthesizer canggih yang mana bisa memampukan kita bikin lagu sendiri meskipun kita ga punya penyanyi atau pemain musik. Kan ada yah yang bisa bikin lagu doang tapi susah nyanyi ama main musik. Nah, Vocaloid ini solusinya. Vocaloid ini juga dipersonifikasi, dan berkat dukungan fans—sering dipakai untuk jadi tokoh dalam lagu juga fanfiction/fanart—karakteristik mereka juga jadi lebih solid. Salah satu Vocaloid yang paling terkenal adalah cewe twintails berambut ijo. Biar lebih afdol gue list aja beberapa tokoh terkenalnya:


Hatsune Miku

Kagamine Rin

Kagamine Len

Megurine Luka

Kaito

Meiko
Gakupo

Karena Vocaloid dipake bener2 sekehendak hati pencipta lagu, maka seringkali mereka membuat lagu yang berupa cerita (misalnya Rin dan Len bukan saudara kembar—toh emang ga ada pernyataan official bahwa mereka kembar, meskipun namanya sama. Anggaplah mereka bukan kembar, bahkan bukan saudara sama sekali ya). Kalo kalian cari di yutub, ada beberapa lagu yang ceritanya aneh, psikopat, cring-worthy, tapi ada juga yang bagus dan menyentuh hati baik secara melodi maupun lirik, contohnya beberapa lagu yang bakal gue list di bawah.

Gue saranin kalian denger lagunya dulu, baru baca deskripsinya, karena sebagian besar deskripsi gue berisi SOP ILER SUPER KENTEL. Lol. Udah mulai jijik belom? Wkwkwkwk.

Note: List di bawah ga berdasarkan urutan terfavorit ya~


1. Witch [魔女 / Majo]


Music: Suzuki-P, Ryotai
Illustrations: Hiyokomanjuu-P

Lagu dibuka oleh Rin yang bernyanyi, “Hei, dengarkanlah cerita sedih ini. Siapin handkerchief deh, eh.”
Disambung sama Len. Jadi di suatu negeri hiduplah seorang penyihir baik hati [Luka]. Dia dan pangeran [Gakupo] saling jatuh cinta dan melewati beberapa saat kebersamaan yang bahagia. Btw kayanya awalnya Gakupo kaga tau bahwa Luka adalah penyihir.

Lalu ada seorang priest/witch hunter [Miku] yang ga suka + cemburu melihat hubungan bahagia mereka, karena dia sebenernya udah lama suka sama Gakupo. Miku pun menghasut Gakupo untuk mengeksekusi Luka—gue pribadi ga tau ngehasutnya gimana, tapi berdasarkan yang gue tangkep, kayanya emang penyihir di negeri itu dipandang sebagai sosok sinful nan jahat yang harus segera dilenyapkan eksistensinya.

Sebagai pangeran, Gakupo harus memenuhi tanggung jawabnya terlebih dahulu dibanding mengikuti perasaannya. Maka dengan berat hati dia nurut. Rambut Luka dia potong, dan Luka diikat di tiang. Saat dibakar, Luka menangis, mengingat saat-saat bahagianya bersama Gakupo. Di tengah-tengah kesengsaraan juga merasa dikhianati oleh kekasihnya, Luka menumbuhkan sayap hitam kemudian meloloskan diri, tak pernah lagi terlihat. Hanya meninggalkan sehelai bulu hitam yang jatuh ke tangan Gakupo…


2. Feather Across the Seasons [四季折の羽 / Shikiori no Hane / Wings of the Four Seasons]


Music: Hitoshizuku-P x Yama∆
Illustration: Suzunosuke

Menceritakan ulang cerita rakyat tentang seekor bangau [Rin] yang diselamatkan oleh seorang pria tampan [Len]. Karena berutang budi, si bangau menjelma menjadi manusia—cewe cantik—dan mengunjungi Len. Singkat cerita mereka menikah (Len gatau siapa Rin sebenarnya) dan hidup bahagia bersama.

Suatu hari, Len jatuh sakit. Karena mereka hidup miskin, obat-obatan yang dibutuhkan ga bisa dibeli sehingga Rin mulai menenun kain indah dari bulunya sendiri demi mendapatkan uang. Tapi Len tak kunjung sembuh.

Bulu sayap Rin kini tinggal tersisa helai terakhir. Jika Rin menggunakannya, dia tidak bisa lagi terbang dan mempertahankan wujudnya sebagai manusia.

If one day, even if I’m no longer human, would you still love me?”

Demi cintanya terhadap Len, Rin bersedia mengorbankan bulu terakhirnya tersebut.
Tepat sebelum Rin sempat menggunakannya…

Of course I will.” Len muncul, memeluk Rin dari belakang. Rupanya sejak awal Len tahu identitas Rin yang sebenarnya, yaitu bangau yang pernah dia selamatkan.

Ending lagu ini ngambang, ga jelas apakah Len akhirnya sembuh dan Rin tetap hidup bahagia bersamanya. Cuman kalo kita ngikutin cerita rakyat aslinya, setelah si cewe menggunakan bulu terakhirnya itu, dia berubah kembali menjadi bangau, dan suaminya meninggal.

And even now, I still love you…

HIKS!


3. Blessed Messiah & the Tower of AI [Shukufuku no Messiah to Ai no Tou]


Music: Hitoshizuku-P x Yama∆
Illustration: Suzunosuke

Brace yourself.

Akibat ulah manusia mencemooh Dewa, mereka mendapatkan hukuman. Dewa mengunci Sembilan Komponen yang membentuk dunia di dalam sebuah menara, sementara dunia menuju kehancuran secara perlahan.
Tiap 15 tahun sekali, seorang Mesias/Juruselamat akan terpilih untuk masuk ke menara tersebut dan naik sampai ke puncak untuk memohon ampun pada Dewa. Sebelum mencapai puncak, sang Mesias harus mengambil “Blessing”/berkat dari Sembilan Komponen lalu menyalakan lilin dunia di altar di puncak menara. Dengan nyalanya lilin tersebut, kehancuran dunia pun dapat dicegah, setidaknya sampai 15 tahun berikutnya.

Suatu ketika, Mesias yang terpilih adalah seorang gadis penjahit dari sebuah desa [Miku]. Kesembilan teman Miku—yang sudah bersamanya sejak kecil—memutuskan untuk membantu. Mereka pun pergi bersama-sama ke menara.

Namun di sana persahabatan mereka tampaknya dikalahkan oleh keserakahan. Satu demi satu teman-teman Miku merebut “berkat” yang seharusnya diperoleh Miku. Akhirnya Miku sampai di puncak menara, tidak mendapatkan cahaya dari “berkat” manapun sehingga ia tidak bisa menyalakan lilin dunia…
Sampai kemudian lilin-lilin tersebut menyala sendiri.


Rupanya “berkat” yang direbut oleh teman-teman Miku merupakan hukuman yang harus diderita Mesias demi mendapat pengampunan Dewa. (Fyi, hukumannya menyakitkan semua; macem Blooming Wave—tenggelam dalam ombak ganas, atau Fire Banquet—terbakar hidup-hidup, dan masih ada 7 jenis hukuman lainnya.) Teman-teman Miku tidak pernah serakah. Mereka hanya berusaha melindungi Miku sehingga mereka mengorbankan diri dengan menerima hukuman tersebut, sesuai dengan motto mereka selama ini, “In sickness and health, we share joy and pain.
Ada asumsi yang menyebutkan kalau Mesias datang ke menara tersebut seorang diri, dia harus menderita seorang diri tapi tetap selamat sampai ke puncak menara. Berhubung teman-teman Miku bukan Mesias, mereka meninggal di masing-masing “berkat”.

Miku sang Mesias akhirnya menerima takdirnya. Ia tersenyum pahit sambil menangis, “Ah, now I’ve come to know nine sorrows.

Ugh... KAITOOOOOO!!! ( ͒˃̩̩⌂˂̩̩ ͒)


4. Karakuri Series

Music: Hitoshizuku-P x Yama∆
Illustration: Suzunosuke


Oke, lagu/kisah pertama di lagu Karakuri Burst menunjukkan Tsubaki [Rin] berdiri di bawah bulan, sementara Ren [Len] diam-diam berdiri di belakangnya. Tsubaki mengunjungi sebuah kota yang tidak pernah tidur. Kemudian dia mengeluarkan pistol, dan menembakkannya. Buat gue ini menunjukkan bahwa Tsubaki merupakan semacam hitwoman atau pembunuh bayaran yang bertugas membantai sisi kota, mungkin.
Tsubaki menyanyikan keinginannya untuk menghancurkan. Dia berkata bahwa manusia itu “worthless, brittle, and fragile”, juga bahwa “they are, after all, merely discarded puppets.”
Di akhir nyanyian Tsubaki, Miku—sebagai semacam overlord bagi Tsubaki—menginjaknya dan bertanya kenapa Tsubaki dilahirkan. Tsubaki memohon Miku untuk memberinya jawaban atas pertanyaan tersebut.

Terus giliran Ren yang nyanyi. Dia berkata ga ada yang namanya kebetulan. Dia juga punya keinginan untuk menghancurkan—terutama menghancurkan kejahatan. Ren berkata bahwa “all sinners are, after all, worthless pieces of scum.” Berdasarkan apa yang gue tangkep, Ren masuk ke semacam organisasi militer yang bertugas menghukum dan mengeksekusi para penjahat, thus his military-like uniform.

Akhirnya Tsubaki dan Ren saling berhadapan dan bertarung. Tiba-tiba keduanya mendapat flashback tentang masa kecil dimana mereka berdua tertawa bersama. Trus udah aja, endingnya ngambang.

Inti yang gue dapet setelah denger lagu ini adalah bahwa Tsubaki dan Ren yang latar belakangnya beda banget, di-backing ama organisasi yang bener2 berkebalikan, ternyata mereka mempunyai masa lalu bersama. Lantas kenapa dong mereka sekarang jadi begitu?



Lagu kedua dari kisah ini, Make-Believe Fate atau Unmei Gokko dibuka dengan Ren yang berkata bahwa dia sedang mencari seseorang. Dia gatau dia cari siapa, pokoknya seseorang yang dia rindukan. Ren kemudian berkata bahwa seharusnya dia menangkap seseorang yang sudah dia lepaskan. Dengan asumsi lagu ini merupakan sekuel dari Karakuri Burst, yang Ren maksud mungkin adalah Tsubaki. Rupanya Ren tidak membunuh atau menangkap Tsubaki. Ren jadi bingung soal perasaannya, dan apa yang seharusnya dia rasakan.

Sampai akhir lagu Ren (dan Tsubaki) masih bertanya-tanya apakah pertemuan mereka merupakan takdir atau kebetulan semata. Mereka berdua masih ga bisa inget kenapa dan bagaimana mereka memiliki arti penting bagi satu sama lain.



Lagu ketiga, Oikakekko wa Yume no Naka atau Chasing In A Dream merupakan prekuel Karakuri Burst dan Unmei Gokko—menceritakan masa kecil mereka berdua. Tsubaki dan teman masa kecilnya itu bermain petak umpet. Tak peduli betapa kerasnya Tsubaki berusaha bersembunyi, Ren pasti menemukannya. Masa lalu mereka tampaknya begitu bahagia dan innocent. Gue tangkep sih disini Tsubaki yang inget duluan siapa itu Ren.

Ga tau apa yang terjadi sampai akhirnya mereka jadi begitu berbeda saat mereka udah dewasa. Berdasarkan sedikit sinopsis doujinshi dan asumsi yang gue baca di inet, Ren dan Tsubaki ketemu di panti asuhan waktu masih kecil. Kemudian mereka diadopsi oleh keluarga yang berbeda, trus Tsubaki dicuci otak sama grup (teroris?)nya Miku sampai dia jadi mesin pembunuh kaya sekarang.

Makanya bagi Tsubaki, masa kecilnya bersama Ren itu cuma mimpi. Sekarang Tsubaki dan Ren hidup dalam mimpi buruk. Tsubaki mengucapkan “good night” sampai mimpi buruk tersebut berakhir. Asumsi fans, Tsubaki mengucapkan itu karena dia ingin Ren mengingat saat-saat bahagia mereka dulu di tengah mimpi buruk seperti ini.



Lagu keempat dan terakhir dari Karakuri Series ini, Re:birthed dibuka dengan gambar Tsubaki dan Ren bersama saat masih kecil, sebuah cincin, dan beberapa robot mekanik yang disebut “Karakuri” dalam pertarungan.
Ren memikirkan bagaimana dia kehilangan semua yang dia sayangi dan tidak bisa berbuat apa-apa. Kemudian dia mencapai suatu kesimpulan bahwa sudah menjadi takdirnya untuk membunuh Tsubaki, juga bahwa dia harus menghilangkan semua penyesalannya.
Di sisi lain, Tsubaki juga berpikir bawa dia tidak punya pilihan lain selain membunuh semua yang lemah jika dia ingin bertahan hidup.

Salah satu “yang lemah” tersebut adalah kekasih Ren [Lily]. Ren mencoba mencegah, tapi Tsubaki tetap membunuh Lily. Ren menjadi depresi, mulai mengingat kembali teman masa kecilnya dulu, lalu berpikir jangan-jangan Tsubaki temannya dulu dan Tsubaki yang sekarang adalah orang yang sama.

Tsubaki dan Ren kemudian bertemu dan bertarung. Ren berhasil mengalahkan Tsubaki, dan Tsubaki mendorong Ren untuk menusukkan pedangnya ke jantung Tsubaki. Tapi Ren malah menusuk bunga di rambut Tsubaki, yang ternyata menyembunyikan cincin pemberian Ren waktu mereka masih kecil. Tsubaki berupaya menggapai cincin tersebut sambil menangis saat cincin itu terguling ke api.
Melihat tangisan Tsubaki, Ren jadi semakin ragu. Dia mengingat Lily, juga melihat Tsubaki. Mana yang harus dia selamatkan? Pada akhirnya, Ren meneteskan air mata juga. 

Trus udah deh.

Kesel? Sama, gue juga kesel. TRUS ENDING YANG BENERNYA GIMANA BRO!
Kayanya untuk mengetahui cerita ini secara mendalam, kita perlu baca novelnya. 

Iya, Hitoshizuku bikin lagu-lagu Vocaloid sekaligus bikinin novelnya juga. Harapan gue, semoga kelak novel-novel dia bisa diterjemahin sehingga kita semua bisa baca. 
AAAAAAAAAAAAAAAAAA *emotional scream*  

On the side note, lagu-lagunya Karakuri Series ini yang paling gue suka dari semua song stories Vocaloid. Lagunya keren semua :D


5. Synchronicity

Music: Hitoshizuku-P x Yama∆
Illustration: Suzunosuke


Another rather long story series :D
Lagu pertama, Kimi wo Sagasu Sora atau I Look for You in the Sky dibuka dengan Miku di dalam sebuah gua, diikuti oleh Teto yang dibunuh oleh naga. Scene berubah menjadi seorang ibu yang baru melahirkan sepasang bayi kembar. Singkat cerita si bayi perempuan, Rin, diambil paksa.

Bertahun-tahun kemudian, Len memulai perjalanan untuk mencari saudara kembarnya, Rin. Rupanya Rin diambil sejak bayi karena dia terpilih menjadi Diva—penyanyi yang harus menyanyi seumur hidup untuk menenangkan naga guna memberkati seluruh negeri. Seumur hidup means seumur hidup; artinya seorang Diva dikatakan ‘bebas tugas’ kalo dia mati karena cape bernyanyi, atau dibunuh sama si naga.
Len tentunya ga terima saudarinya bernasib kaya begitu, jadi dia pun pergi berkelana mencari Rin.



Seri ke-2, Hikari to Kage no Rakuen atau Paradise of Light and Dark bercerita bagaimana Ren menyusup ke dalam kastil dan mengonfrontasi Luka, seorang pemimpin negeri adikuasa (yang kayanya punya andil dalam sistem Diva). Meiko, ksatria di kerajaan itu, menyerang Len untuk membela Luka. Namun sesuatu dalam diri Len mengingatkan Meiko akan teman lamanya, Teto, yang mengorbankan diri untuk menjadi Diva.
Rupanya penyusup di istana itu bukan cuma Len. Diperlihatkan juga bahwa Kaito sedang membebaskan temannya, Gakupo, yang menjadi tawanan Luka.

Singkat cerita, Len, Meiko, Gakupo, dan Kaito bersama-sama berpetualang ke gua tempat naga tersebut berada. Mereka bertemu Miku, penjaga sang naga, yang matanya dibutakan dan dipaksa mengenakan topeng sihir. Len akhirnya mengalahkan Miku dan menghancurkan topengnya.
Di ending lagu, Len terlihat melompat ke figur Rin di kejauhan dengan tangan yang menggapai dan air mata bahagia di wajahnya.



Lagu ketiga, Meguru Sekai no Requiem atau Requiem of the Spinning World  mengakhiri seri Synchronicity. Rin semakin melemah, tapi dia dan Len akhirnya bertemu kembali. Diceritakan bahwa harapan mereka rupanya sangat berkebalikan antara satu sama lain.

Rin akhirnya ‘tertidur untuk selamanya’, meninggalkan Len menangis sedih. Miku muncul. Tampaknya ia memberikan kekuatan terakhirnya untuk Rin, sehingga Rin bangkit kembali. Kedua saudara kembar itu pun menghadapi sang naga bersama-sama.
Kata-kata ending lagu ini bikin ambigu; antara mereka bernyanyi bersama dan menyegel si naga untuk selamanya, atau keduanya melawan si naga tapi lalu mati bersama. Hitoshizuku sengaja ngga memberikan ending yang solid katanya, untuk membiarkan para pendengar memutuskan endingnya sendiri.

Btw sampai sekarang gue masih ga ngerti siapa Kaito sebenernya di cerita ini. He's so mysterious. Need the novel ASAP. Lol.


6. Mistletoe Series

Music: Hitoshizuku-P x Yama∆
Illustration: Suzunosuke

Iye. Song stories yang bagus versi gue kebanyakan memang bikinan Hitoshizuku dkk. Btw, GUE SUKA BANGET ama kisah Mistletoe ini. Sangat sangat sangat berharap nanti novelnya diterjemahkan. Uuuh ˚º·(˚ ˃̣̣̥᷄˂̣̣̥᷅ )º·˚



Video pertama, Mistletoe ~Tamashii no Yadorigi~ sekedar menceritakan prolog dari seri ini. Dahulu kala, dunia dipimpin oleh burung-burung yang memiliki kekuatan dewa (might as well mereka dewa yang berwujud burung, gitu). Mistletoe adalah surga tempat tinggal kaum Kamidori (dewa burung) ini, dimana mereka mendengarkan serta mengabulkan harapan manusia.
Kemudian terciptalah sebuah pohon raksasa yang menaungi daratan di bumi, menghubungkan Kamidori dengan manusia. Harapan para manusia itu menjadi nutrisi bagi Pohon Mistletoe tersebut, juga mempertahankan eksistensi para dewa.

Namun seiring berlalunya waktu, populasi manusia semakin banyak dan semakin serakah. Mereka tak lagi respek pada para dewa, menjadi sirikan, serta menginginkan kekuatan para dewa untuk mereka sendiri. Roda kehidupan yang tadinya indah itu pun berakhir. Para manusia mengumpulkan senjata dan mulai menggapai surga para Kamidori. Mereka menyebut kegiatan itu “God-hunting”. Maka dimulailah era peperangan antara manusia dengan dewa.

Manusia tahu mereka tidak mungkin mengalahkan para dewa, tapi mereka tetap menghimpun kekuatan. Di tengah semua itu, kaum Kamidori memiliki masalah sendiri. Burung biru yang menguasai kebahagiaan percaya bahwa peperangan bisa diselesaikan dengan rekonsiliasi. Namun pendapatnya ditentang oleh burung phoenix merah, yang menguasai lingkaran kehancuran dan kelahiran kembali. Sang phoenix percaya perang sebaiknya diakhiri dengan menghancurkan umat manusia lalu melahirkan kembali kaum manusia yang cinta damai seperti semula. Perpecahan antara para dewa pun dimulai.

Akibatnya, manusia yang semakin lama semakin pintar mulai berhasil mengalahkan para dewa satu per satu. Pohon Mistletoe sendiri sudah gugur karena manusia tidak lagi menaruh harapan pada dewa dan Kamidori yang menjadikan harapan manusia sebagai makanan pun melemah.

Peperangan berlangsung sangat lama. Kaum Kamidori yang telah kehilangan Pohon Mistletoe akhirnya menyerah kalah.

Kamidori tidak lagi tinggal di surga Mistletoe. Mereka pun menjelma jadi manusia. Para pemimpin manusia tidak membiarkan kaum penuh kekuatan ini sendirian. Mereka mengikat hubungan dengan Kamidori sehingga keturunan mereka memiliki kekuatan dewa. Dendam antara burung biru dan phoenix merah juga tak pernah terlupakan, membuat bumi terbagi menjadi dua kerajaan; Kerajaan Blue Oak, dipimpin oleh burung biru, dan Kerajaan Guivermillion, dipimpin oleh phoenix merah.
Bahkan setelah seribu tahun lewat, perselisihan antara kedua kerajaan ini terus berlangsung.

Ceritanya dalem banget? Emang. Seperti biasa, lagu ini didasari oleh novel yang dibikin sama Hitoshizuku. Nah, lagu selanjutnya menceritakan tentang kisah tragis kedua kerajaan ini.



Mistletoe ~Tensei no Yadorigi~ awalnya menunjukkan kedua kerajaan tersebut masih berselisih. Tapi kemudian Miku, sebagai ratu Kerajaan Blue Oak, meskipun semula ragu akhirnya setuju untuk menikah dengan raja Kerajaan Guivermillion, yaitu Kaito. Kaito tampak senang karena sebenarnya dia sudah mencintai Miku sejak lama. Mereka pun bertemu di Pohon Mistletoe untuk melangsungkan pernikahan, ditemani masing-masing oleh Rin dan Len.

Len (disini doi adiknya Kaito) langsung tertarik pada Rin. Mereka berdua pun kabur untuk bermain bersama, meskipun seharusnya mereka tetap hadir di pernikahan. Saking asyiknya melewati waktu bareng, mereka melupakan tujuan utama mereka datang ke tempat itu dan jatuh cinta dengan satu sama lain.

Sementara  itu, pernikahan Miku dan Kaito berlangsung dengan lancar. Mereka juga berbahagia sebab perang yang sudah berlangsung sangat lama akhirnya dapat berakhir. Namun tanpa sepengetahuan siapapun, datanglah pihak ketiga; seorang pembunuh di balik bayangan. Miku sempat melihatnya, tapi dia terlalu takut untuk bertindak. Hanya sesaat setelah Kaito menyadari apa yang membuat Miku takut, pembunuh tersebut telah menembak Kaito dan membunuhnya. 
Tidaaaaaaak…!! Kaitoooooooooo 。゚ヽ(´Д)ノ゚。

Saat Len akhirnya kembali dan mendapati kakaknya telah dibunuh, dia menyalahkan dirinya sendiri, kemudian berpikir bahwa semuanya telah diskenario oleh Kerajaan Blue Oak. Kemarahan, kebencian, serta penyesalan membuat kekuatan yang ada dalam dirinya akhirnya terlepas sepenuhnya. Len kemudian menyerang Kerajaan Blue Oak.

Tahu kerajaannya akan diserang setelah Kaito dibunuh, Miku mendeklarasikan Rin sebagai penerusnya dan memastikan Rin kabur dengan selamat. Pada akhirnya, Miku menghadapi Len namun Len berhasil membunuhnya. Rin, yang menyaksikan segalanya di kejauhan, juga dipenuhi kesedihan serta kebencian seperti Len. Kekuatannya akhirnya terbangun juga.
Pihak ketiga, si pembunuh bayangan itu, hanya diam dan menonton sementara kedua kerajaan dengan kedua pemimpin baru itu kembali berperang satu sama lain.

Sumpah gue pengen banget baca novelnya eh.


7. Story of Evil

Music: mothy/Akuno-P

I politely ask you to prepare yourself, for this probably will be the longest story-telling evaah~!
Pertama, dengerin dan simak cerita di lagu Daughter of Evil  atau Aku no Musume. Secara melodi dan pelafalan, lagu ini memang bukan yang terbaik, but this is a start of an epic and heart-wrenching story.



“Oh ho ho ho! Now, bow before me!”

Sebuah kerajaan dipimpin oleh gadis 14 tahun [Rin] yang kelewat kejam. Doi menetapkan pajak tinggi untuk rakyat sementara hidupnya sendiri dikelilingi kemewahan. Rin juga memiliki seorang pelayan setia yang wajahnya mirip dengannya. Mungkin ga banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya Rin punya saudara kembar—Len, yang jadi pelayannya itu.

Ga cukup dengan sikap semena-menanya pada rakyat, saat mengetahui pria yang dicintainya (pangeran dari Kerajaan Biru—Kaito) menolak menikah dengannya karena mencintai wanita lain (Miku, yang berasal dari Kerajaan Hijau), Rin memerintahkan agar seisi Kerajaan Hijau dibantai. Kesengsaraan orang-orang akibat perintahnya itu tidak dipedulikannya. Rin tetap hidup bergelimpangan kemewahan dan dimanjakan oleh Len.
Makanya ga heran kalo ga lama kemudian terjadi pemberontakan, dipimpin oleh ksatria merah [Meiko]—salah satu korban kekejaman Rin dulu, dan seorang pria misterius berambut biru [siapa lagi kalo bukan Kaito].

Istana Rin pun dengan cepat dikuasai oleh pemberontak dan Rin sendiri ditangkap. Eksekusinya dilangsungkan pada jam 3 sore, waktunya biasa menikmati snack. Saat udah diikat di bawah guilotine sekalipun, Rin tampak tidak takut. Kata-kata terakhirnya malah berupa, “Oh, it’s snack time,” kemudian pisau guilotine tersebut jatuh dan memenggalnya.

Ceritanya masih biasa menurut kalian? Mari kita simak cerita selanjutnya.



"I will protect you, so just be somewhere, smiling."

Servant of Evil atau Aku no Meshitsukai bercerita dari sudut pandang Len. Dia dan Rin rupanya sudah dipisahkan sejak kecil; Rin dibesarkan menjadi ratu sementara dia dibesarkan menjadi pelayan. Meskipun begitu, rasa sayang Len pada Rin tidak pernah berubah. Apapun yang Rin lakukan, Len tetap memandang sisi baik dan manis dari Rin. Karena itu Len bersedia melakukan apapun untuk Rin, asalkan Rin bahagia.

Len bertemu Miku saat dia berkunjung ke negeri tetangga dan jatuh cinta pada pandangan pertama. Namun kemudian Rin memerintahkan agar Miku dibunuh. Meskipun berat hati dan sedih luar biasa, Len tetap mematuhi perintah Rin.
Saat pemberontakan terjadi, tanpa sepengetahuan siapapun, saat semua pelayan dan seisi istana kabur, hanya tinggal Len dan Rin yang tersisa, Len memaksa Rin untuk bertukar posisi agar Rin bisa kabur dengan selamat. Jadi sebenarnya yang ditangkap trus dipenggal bukanlah Rin, melainkan Len yang menyamar.
Dan Rin menyaksikan eksekusi tersebut di tengah para penonton lain, menangis sejadi-jadinya.

TAU GA YANG NAMANYA MENCOBA UNTUK GA NANGIS ITU …(•̩̩̩̩_•̩̩̩̩)



"A secret legend that you told me."

Regret Message bercerita dari sudut pandang Rin, betapa ia menyesal karena keegoisannya mengakibatkan saudaranya sendiri terbunuh. Kini ia hidup di tepi laut, mengingat cerita legenda yang pernah diceritakan Len tentang “harapan yang ditaruh dalam botol dan dibiarkan hanyut di laut pasti suatu saat akan tercapai”. Harapan Rin satu-satunya adalah jika dia dan Len bertemu kembali nanti, semoga mereka terlahir sebagai saudara kembar lagi.
Sumpah ini lagu sedih banget.



"I'm sorry for existing."

Bagian keempat cerita ini, Shiro no Musume atau Daughter of White diceritakan oleh tokoh lain yang tidak pernah disebutkan di tiga lagu di atas. Haku, seorang gadis berambut putih, hidup terasing di tempat kelahirannya karena fisiknya yang berbeda. Satu-satunya teman yang mau peduli padanya hanyalah Miku, gadis tercantik di tempat itu.
Mereka bekerja menjadi pelayan bagi seorang saudagar kaya. Rupanya saudagar tersebut bersahabat dengan pangeran dari Kerajaan Biru, yaitu Kaito. Disanalah Kaito dan Miku bertemu, mengawali bencana di kisah ini.

Setelah Miku meninggal dan keributan berakhir, Haku berupaya tinggal tenang di tepi laut. Di situ dia bertemu dengan Rin dan tak sengaja mendengar pengakuan Rin di dalam bilik pengakuan (?) di gereja. Tahulah Haku bahwa ratu jahat yang membuat sahabatnya meninggal adalah Rin. Haku pun mencoba membunuh Rin, tapi kemudian urung karena Haku merasa Rin yang sekarang sangat mirip dengan dirinya dulu, sendirian serta dipenuhi kesedihan.
Di akhir lagu Haku meminta maaf pada Miku karena dia tidak bisa membalaskan dendamnya. Tampaknya Haku dan Rin juga jadi berteman.

Sebenernya seri Story of Evil ga cuma sampe Daughter of White. Masih banyak lagi lagu yang nyambung dengan cerita ini, tapi menurut gue yang paling berkesan cuma 4 lagu di atas. Buat yang pengen tau cerita-cerita laennya, boleh kunjungi page ini.


~ BONUS :D

8. ACUTE dan ReAct

Music: Kurousa-P
Illustration: Ichiyou Moka



Salah satu lagu favorit gue yang laen.
Di ACUTE, Kaito sebenarnya udah menjalin hubungan (bahkan kayanya sampe udah tunangan) dengan Miku, tapi dia memiliki perasaan pada Luka. Yang lebih parahnya lagi, mereka bertiga sebenarnya bersahabat sejak lama.

Miku curiga Kaito ga setia sama dia, tapi Miku ga berani ngomong apa-apa karena gamau hubungan mereka bertiga jadi rusak. Di sisi lain, Luka, yang sadar dirinya cuma (kasarnya) cewe simpenan Kaito, ga bertindak apapun. Sampai pada suatu malam Miku tiba-tiba menelepon Luka—padahal waktu itu Luka dan Kaito lagi bersama. Meskipun Luka mencoba menyembunyikan kebersamaannya itu, Miku mendengar semuanya.

Miku yang merasa dikhianati pergi ke tempat Luka, diam-diam menyiapkan pisau. Disana dia memergoki Luka dan Kaito sedang bermesraan. Miku langsung berlari menghampiri Kaito sambil menangis—keliatannya lari ke dalam pelukan Kaito, padahal sebenarnya dia menusuk Kaito dengan pisaunya. Kemudian Miku menoleh ke arah Luka yang memperhatikan semuanya dengan syok. Miku tersenyum sambil menusuk lehernya sendiri. Lagu kemudian selesai dengan kata-kata terakhir Miku: “I will steal everything from you. Him, your memories, and whatever else…

Lagunya enak, ilustrasinya oke. Plus kalo kalian liat versi Project Diva-nya, tarian mereka bertiga BAGUS BANGET! Bener-bener menggambarkan cinta segitiga yang tragis.



Sekuelnya, ReAct, menunjukkan bahwa ternyata Miku selamat dari upaya bunuh dirinya itu dan dirawat di rumah sakit.  Di situ dia bertemu Len. Cowo itu sering datang ke rumah sakit karena Rin sedang dirawat di sana. Melihat kesuraman Miku, Len bertekad menolong Miku, tapi diabaikan oleh yang bersangkutan karena Miku menyadari hubungan Len dengan Rin dan tidak ingin kisah yang sama—yang terjadi pada dirinya—terulang kembali. Miku masih ingat kejadian di ACUTE dan masih mengenakan cincin pemberian Kaito, tanda bahwa dia sebenarnya masih mencintai Kaito.

Pada awalnya Rin meyakini bahwa situasi tersebut akan selesai dengan sendirinya. Tapi semakin lama Len tampak semakin berniat menolong Miku, membuat Rin jadi cemburu berat.
Di sisi lain, Miku yang sudah tidak bisa tersenyum karena tidak bisa move-on dari peristiwa di ACUTE menolak Len senantiasa. Tapi Rin terlanjur mengambil keputusan—kesalahan—yang sama seperti Miku dulu; demi mendapatkan perhatian Len kembali, Rin berniat bunuh diri di hadapannya.

Konfrontasi terakhir berlangsung di atap rumah sakit. Miku melihat Rin menghampiri Len dan dirinya dengan pisau di tangan. Akhirnya Miku break down. Dia menceritakan semua yang telah terjadi, sekaligus memohon agar Rin tidak melakukan kesalahan yang sama seperti dirinya. Rin akhirnya luluh dan memeluk Miku, menangis bersama-sama. Akhirnya Miku pun dapat tersenyum lagi.
Lagu ditutup dengan menampilkan Kaito yang duduk di kursi roda bersama Luka, menunjukkan bahwa dia masih hidup. Tapi karena trauma begitu lama, Miku jadi percaya bahwa dia tidak punya tempat dimanapun dan bahwa dia tidak bisa lagi mencintai orang lain. Rin dan Len seengganya keliatan pergi bersama dengan bahagia.

____________________________________

Oke, gue rasa cukup sudah post-an pada kali ini. Cukup panjang juga ya? Tapi semoga kalian semua menikmati!

Akhir kata, biarkan saia mengucapkan kata mutiara berikut ini: KAITO IS LIFE, KAITO IS LOVE  ◡╹)

Sampai ketemu di post-an selanjutnya!


9 comments:

  1. makasih atas post-nya! beda banget sama post sebelah yang asal trus gantung (aku tidak akan menyebutkan pos yang mana). gambatte yo! Author!

    ReplyDelete
  2. Kenapa Evillious Chronicles nggak dimasukin kak? Meskipun agak membingungkan, tapi bagus.

    ReplyDelete
  3. Cara reviewnya bagus hehe <3

    Kakak tau story evil butterfly spider flower? Itu juga bagus lho kyaa <3

    ReplyDelete
  4. Saranku deh.. Evillious Chronicles, dari awal sampe akhir. Walau masih gak paham ceritanya secara detail tapi dijamin puas sama ni series!

    ReplyDelete
  5. Setuju btw Ada yg mau bahas series itu

    ReplyDelete
  6. Evillious Chronicles! Habis tu mari kita sama² merenungkan gimana lengkap nya tu cerita O_O

    Aku pun masih bingung lagu E.C tu mana awal mana akhir..

    ReplyDelete
  7. Kak kalo mo baca novel mistletoe itu dimana yaa?

    ReplyDelete