Monday, July 3, 2017

Holiday Report - Finally We Went To The... Ah, baca sendiri aja deh

Hola!

Minal aidin walfa idzin, mohon maaf lahir dan batin!

Setelah rehat berapa bulan nih, akhirnya blog ini di-update lagi~
Berhubung kemaren libur Lebaran lumayan lama, Ranger Na dan Ranger Ne memutuskan untuk singgah beberapa hari di Bandung sebelum pulang ke kampung halaman dari perantauannya di luar pulau. And of course we—dalam hal ini Andy dan gue yang senantiasa jaga kandang—ga pake lama segera merencanakan a full day trip bersama Ranger kembar itu.

Dan seperti biasa, ketika keempat Ranger berkumpul… IT’S CHAOS.
Udah ga heran lagi gua mah.

Cheers!!




Hal pertama yang kita tanya ke si kembar setelah tau mereka lagi di Bandung adalah; mau pada kemana nih?

Ketika sahabat kumpul lengkap,  ide untuk maen bareng biasanya kalo ngga ke mall, ngafè, TSM, nyobain Pandora Experience (OIYA KITA BELOM MAEN ESCAPE ROOM COYYY!!), wefie gila-gilaan, dsb dsb.
Meanwhile, ide yang muncul dari para Rangers untuk trip kali ini adalah: Kebun Binatang.

…Mm-hmm. A bit unusual for grown-ups like us to visit a zoo in our rare event of holiday, but oh well, why not? :D

Berbekal tujuan tersebut kita pun mulai arrange transportasi dan ETD. Dipastikan kita akan berangkat pake mobil yang disopiri gue dan berangkat jam 7 pagi.

Bencana (kind of) datang tepat sehari sebelom kita melaksanakan misi. Papi gue pas kebeneran ngecek mobil trus menemukan bahwa ban mobil kempes empat-empatnya. Salah satu pertanyaan yang beliau tanyakan sama gue berhubung gue yang sering pake mobil tersebut adalah, “Kamu ga nyadar tiap hari pergi kerja pake mobil tapi bannya kempes semua kaya gitu?”

Sumpah gue ga sadar sama kondisi ban mobil sendiri. Maafkan aku, ban! Aku bakal lebih peka lagi sama kamu!
Ditambah berbagai kendala laen kaya kopling ampir abis lah, lampu rem ga nyala sebelah lah, dsb dsb, plus udah deket banget sama Lebaran sehingga susah cari bengkel available yang bisa ngasih immediate services, dan sekaligus juga demi keselamatan kita bersama, dengan berat hati gue pun mengabari para Rangers bahwa mobil gue kemungkinan besar ga bisa dipake. Akhirnya diputuskan kita pegi pake Grabs ato ngangkot sekalian.

Di hari H, semua udah berkumpul di rumah gue sebagai titik temu, jam setengah 8an (iye, emang udah biasa ngaret wkwkwk). Semua udah siap berbekal uang kecil buat ongkos angkot dan berdiskusi mau naek angkot jurusan apa ke kebon binatang [selanjutnya akan disebut bonbin]. Tiba2 papi gue dengan santainya ngomong, “Ngapain pake angkot? Mobil aja tuh pake.”

“Loh, bukannya kemaren kata Papi bannya kempes semua?”

“Itu sih udah beres. Udah ga ada masalah kok. Gih pake!”

Honestly I don’t know what sort of ninja techniques my dad’s done to our car sampe tau-tau udah problem solved semua, tapi pokoknya kendala utama untuk trip kita akhirnya… terhapuskan dan kita semua mulai berangkat.

Berangkat!
Berhubung pake mobil pribadi, ETA di bonbin bakalan kepagian sehingga kita memutuskan untuk sarapan dulu di Danau Toba (daerah Cibadak). Gue sendiri belom pernah nyobain ini, tapi mereka semua langsung semangat dan si Andot segera menempatkan diri sebagai GPS karena gue buta arah. Sesampainya di sana, Nana, Nene, dan gue udah rada2 firasat buruk. “Buka ga Danau Toba-nya?”

Dengan mantap dan penuh keyakinan jiwa, si Andot menjawab, “Buka! Tuh liat aja tenda birunya ada kan.”

Kita pun turun dari mobil dan langsung masuk ke tenda biru tersebut. Gerobaknya sih iya namanya ‘Danau Toba’, tapi ternyata isinya nasi kuning sama kupat tahu. Gue yang emang ga tau apa2 noleh ke mereka bertiga, mau nanya mereka pada mau duduk dimana, tapi rupanya mereka bertiga tanpa ngomong apa-apa langsung keluar dari tenda. Gue dengan polosnya ngikutin. “Kenapa?” tanya gue, “Ga jadi disini?”

“Tutup Fan, Danau Toba-nya,” kata si kembar (gue lupa Nana atau Nene yang ngomong).

“Tapi itu tadi…?”

“Bukan, itu bukan Danau Toba.”

“Trus tadi yang ngomong itu buka?” Kita bertiga langsung natap si Andy.

Andy lagsung membela diri, “Tapi kan tenda birunya dipasang! Gue kira Danau Toba-nya buka!”

Ya sudahlah. Kita pun segera nyari alternatif tempat sarapan laen. “Ke Madtari aja,” kata Andy dengan yakin sekali lagi, “itu tempat buka 24 jam kok!”
Oke. Dengan amanah dari Andy sang GPS, kita pun melaju dari Cibadak ke Tamansari. Itu pun agak2 gimana. Pernah suatu kali dia nyuruh gue, “Lurus aja terus Fan!” yang gue ikuti dengan tancap gas, berhubung masih pagi dan jalan masih sepi. Ga lama kemudian dia tiba2 ngomong pelan, “Umm, harusnya tadi belok kanan deh.”

CEKIIIIIIITTT!!! Gue langsung pencet rem. Ini kejadian biasa yang gue alami kalo GPSnya si Andy, jadi gue cuma mendelik ke dia sementara Nana sama Nene agak kaget, “Serius?! Kenapa lu ga ngomong daritadi, Ndi?”

“Eh bisa ketang, ntar di depan aja lu baru belok kanan,” kata dia. Gue masih agak biasa aja waktu itu, jadi kita pun melanjutkan perjalanan dengan hati riang. TERNYATA Madtari pun tutup, sodara-sodara. Kita semua udah kelaperan cuma bisa memandangi pager Madtari dengan kecewa, sementara si Andot terus2an ngomong, “Harusnya buka da! Madtari tuh 24 jam! Gue tau Madtari tuh buka 24 jam!”

Berbekal pengalaman sebelumnya sekaligus biar kita cepet dapet makan dan ga nyumpel mulut Andy pake kaos kaki akibat kesel, gue putuskan lebih baik kita semua sarapan di Mekdi aja yang jelas2 pasti buka. Kita semua pun semangat lagi dan si Andy semangat pula mengarahkan gue harus ambil jalan apa.

Akhirnya kita sampe di stopan perempatan gede dan Mekdi udah di depan mata. Waktu nunggu lampu merah, si Andy nanya, “Eh tunggu dulu, kalo lewat jalan sini bisa ga ya masuk Mekdi?”

“…” Nana dan Nene mulai melototin Andy dengan jengkel.

Singkatnya setelah sekian lama, kita pun sarapan dan mulai melaju ke bonbin. Gue masih pake jasa si Andy buat nunjukin jalan. Keputusan yang gue sesali.
Dari Mekdi Dago sampe ke bonbin, pengarahan dari si Andy kurang lebih berupa, “Kesana trus lurus aja ngikutin jalan.” Gue tancap gas. Seperti biasa, beberapa saat kemudian Andy ngomong mendadak sama gue, “Kayanya tadi harusnya belok kiri eh.”

Gue diem aja, udah kesel. Nana Nene juga ga komentar apa2. Si Andy ngomong lagi berkali-kali, “Fan, seinget gue tadi harusnya belok kiri. Tadi disitu belok kiri.”

Untungnya gue sedikit ada bayangan mengenai jalan daerah sana, jadi gue lurus terus, ngga ngewaro ucapan si Andy. Ga lama setelah dia ngoceh ‘belok kiri, belok kiri’ itu, kita semua ngeliat gerbang masuk bonbin ada di sebelah kanan.

Jadi kalo gue ngikutin arahan dari si panjul, KITA NGGA BAKAL SAMPE KE BONBIN.

So setelah melewati perjalanan yang penuh perjuangan bersama Gagal Positioning System, bisa dibayangkan bagaimana senengnya kita begitu sampe di bonbin. Menuju ke loket tiket, Nana, Nene, dan gue ngobrol seru soal satwa apa aja yang mau kita liat. Tapi beberapa meter dari loket, langkah kita bertiga langsung berhenti.
Kecuali Andy yang dengan pedenya langsung nyamperin bapa penjaga loket trus ngomong, “Tiketnya 4, Pak!”

Si bapa udah nyobekin tiket dan nadahin tangan buat nerima duit. Si Andot pun noleh ke kita dengan tatapan sini-lu-buru-bayar tapi kita bertiga masih cengo beberapa meter dari dia.
Masalahnya, yang bikin kita kaget adalah tempelan di atas loket yang bertulisan:

“HARGA TIKET MASUK
Rp. 40,000,-”

EMPAT PULUH REBOOO!!! KE KEBON BINATANG!!!

Berdasarkan pengalaman Nana yang dulu sering kesana, harga biasa cuman 20ribu. Kalo lagi high season pun biasa cuman naek 5-10ribuan. Tapi ini…?

Masih dengan muka pedenya, Andy mengerutkan kening natap kita bertiga. Nana curiga si Andot belom liat kertas maksiat itu, jadi dia manggil Andy buat nyamperin kita kemudian nunjuk. Bener aja. Begitu liat harga yang tertera, ekspresi dia langsung berubah—melotot, calangap, dan ga rela.

Apa boleh dikata, singkat cerita masuklah kita ke dalem bonbin. Secara keseluruhan kunjungan kita kesana cukup menyenangkan. Tempatnya cukup bersih dan rapi, meskipun ada beberapa satwa (yang menurut gue pribadi) keliatannya menyedihkan.

Orangutannya tinggal seekor—kayanya sepiii plus sendiriaaaan banget. Hiks.

Gajahnya dirantai (padahal tadinya kita mau naik gajah).

Macan tutul ama harimau sumatra kaga ada (kandang mereka kosong). Yang berhasil kita liat cuman harimau bengal dan beberapa ekor singa.

Berang-berangnya lagi tidur. Hippopotamus-nya sembunyi terus. Oh sama 1 lagi, beruang madu disana minta makanan mulu dan emang mereka kurus banget. Kasian bener.

On the positive side, kita sempet liat atraksi burung2 disana, dan mereka pinter banget. Plus ada atraksi anjing pudel Inggris, itu juga lucuuuu banget.

Reindeer-nya juga ngegemesin. Untanya magnificient. Overall we saw quite a lot of animals that, strangely, made us squee happily like kids because of their awesomeness or cuteness.







Harapan kita semua untuk kebon binatang Bandung adalah semoga satwa-satwa disana lebih bisa kerawat lagi dan seengganya bisa lebih bahagia.

P.S. Harimau bengalnya, duh… bikin Nana Nene dan gue ga bisa move on dari kandangnya. Ganteng banget beneran. Sampe kita berapa kali bolak-balik ke kandang ini terus.
Si Andy cuma ngelengos aja setelah entah-yang-keberapa-kalinya kita balik ke kandang ini, dan nyeletuk, “Da atuh gimana caranya gue bisa ngalahin itu?”

We just rolled our eyes to him. Literally.

Ga kerasa kita di bonbin sampe siang banget dan akhirnya kita putuskan untuk pulang karna our twin Rangers ada urusan laen di sore hari. Of course sebelom pulang kita makan dulu dong, ke Musouya di deket Secapa. Perjalanan ke tempat makan ini pun, seperti biasa, penuh caci maki terhadap our live GPS. Sampe akhirnya kita pake Google Maps aja (dan anehnya ide untuk pake Google Maps baru kepikiran saat itu). Itu pun ngaco, gatau gara2 sinyal emang lagi ga bener, gatau kenapa. Fyuh.


Sekian holiday report dari SOAP Rangers. Kengacoan emang lebih banyak terjadi di jalan, but nevertheless we’re all happy.
Mohon maaf bila ada salah-salah kata yang kurang menyenangkan. Keep looking forward to our next post ya! 

Ciao~!

So handsome~

No comments:

Post a Comment