Saturday, March 25, 2017

Real Identity & History of Fate/Zero Servants

Iya gue tau ini telat banget. Serial Fate/ udah muncul dari jaman purba dan gue baru bahas ini sekarang. Awal mulanya gue pengen nulis sesuatu tentang sejarah tapi bingung, secara topik tentang sejarah kan luas banget. Trus gue keinget ni tokoh-tokoh Servant dalem serial Fate/ semuanya punya kisah masing-masing, dan mungkin aja di antara kalian ada yang pengen tau gimana sejarah sesungguhnya para Servant ini, tapi males cari tau. Lol.


Eh, kalo ada yang belom tau, serial Fate/ itu basically tentang Holy Grail War—semacam turnamen mejik rahasia dimana beberapa orang terpilih untuk bersaing mendapatkan Holy Grail dengan cara men-summon pahlawan-pahlawan dari masa lalu untuk dijadikan Servant. Para Servant ini disuruh bertarung satu sama lain, dan pada akhirnya nanti satu pasangan Servant & Master yang tersisa layak mendapatkan Holy Grail dan keinginan mereka akan terkabulkan.

Intinya, pada post-an kali ini gue akan merangkum cerita sejarah asli dari identitas para Servant ini, dimulai dari yang muncul di Fate/Zero dulu.
Nambah sedikit pengetahuan tentang sejarah toh ga ada salahnya kan ;)
Selamat membaca~!



SABER CLASS


Saber merupakan Servant class terkuat dengan spesifikasi di atas rata-rata semua. Hal terutama yang paling keliatan tentunya adalah doi sangat ahli menggunakan pedang (namanya juga saber). Pedang doi merupakan pedang paling legendaris bernama Excalibur.

Siapa pemegang pedang Excalibur kalo bukan the one and only… Raja Arthur, the King of Knights! Tapi perlu gue tekankan bahwa di serial Fate/ ini Raja Arthur ato Artoria bukanlah cowo kekar brewokan sebagaimana sering digambarkan dalam film ato lukisan. Di sini, doi adalah sesosok cewe cantik berambut pirang nan anggun, menjunjung tinggi nilai keksatriaan, ogah berbuat curang, trus nantinya bakal jatuh cinta ama tokoh utama FSN. Dia memang raja sih di jaman aslinya. Raja cewe. Mungkin seharusnya lebih pantes disebut ratu kali ya?

Real History : King Arthur, the King of Knights
Artorius Pendragon ato yang lebih dikenal dengan Raja Arthur ini merupakan pemimpin Inggris legendaris yang berhasil mempertahankan Inggris melawan penjajah bangsa Saxon di abad 5-6 & menciptakan kerajaan besar yang terdiri dari Britania, Irlandia, Islandia, Norwegia, dan Gaul. Dia tinggal di Camelot, memiliki pedang Excalibur, dan memiliki kawanan ksatria yang disebut sebagai Knights of the Round Table.

Kebanyakan cerita tentang Arthur berasal dari dongeng dan literatur, sementara apakah dia bener-bener eksis secara aktual ato ngga sampai saat ini masih diperdebatkan para ahli. Hal ini disebabkan karena semua literatur yang ada menyebutkan versi berbeda-beda tentang Arthur, bikin para ahli jadi bingung. Ditambah lagi bukti-bukti historis seperti situs atau prasasti yang seharusnya menyebutkan Arthur (kalo doi bener-bener segitu hebatnya pasti ada dong prasastinya) ga ditemukan. Dan meskipun beberapa figur historis yang beneran eksis mulai dipikirkan sebagai Arthur-yang-sebenarnya, ga ada bukti kuat untuk meyakinkan hal itu.

Meskipun begitu, kisah Raja Arthur tetap hidup sampai sekarang. Kalo gue rangkum ceritanya kira-kira seperti ini:
  • Dulunya Arthur seorang rakyat biasa,
  • Berhasil mencabut pedang dari batu,
  • Berteman sama penyihir hebat bernama Merlin
  • Diangkat menjadi raja Britania,
  • Mendapatkan Excalibur dari Lady of the Lake,
  • Berhasil menyatukan Inggris & mengalahkan bangsa Saxon,
  • Menciptakan Ksatria Meja Bundar,
  • Menikah dengan Guinevere (spoiler: kemudian Guinevere ini selingkuh dengan Lancelot katanya),
  • Membuat misi mencari Holy Grail (yep),
  • Harus berupaya menekan pemberontakan tapi akhirnya perang sama adik/anaknya sendiri yaitu Mordred,
  • Kemudian (katanya) meninggal gagara terluka parah saat perang melawan Mordred itu,
  • Dikuburkan di Avalon.
Sekali lagi, semua cerita yang kita tau tentang Arthur merupakan penyatuan dari berbagai versi literatur yang berbeda-beda. Tapi walaupun semua kisah tentang Arthur ini masih ga jelas nyata/ngganya, he will always be known as one of the greatest kings of Britain. J



ARCHER CLASS


Salah satu Servant class terkuat, tapi masih kalah dari Saber Class. Doi digambarkan sebagai cowo pirang bermata merah exactly my type huehuehue, ber-armor emas, dengan senyum sombong dan emang sifatnya senantiasa over-pede. Di serial Fate/ udah dikasih tau bahwa identitas doi sebenernya adalah Gilgamesh, the King of Heroes. Julukan itu emang bisa bikin siapapun jadi besar kepala sih.

Btw, doi sebagai Archer bukan berarti megang senjata panah dan busur beneran. Gilgamesh ceritanya masuk class Archer karena salah satu Noble Phantasm-nya (means jurus andalannya); Gate of Babylon, yang btw keren banget banget banget, dimana dia membuka semacem pintu portal yang memunculkan pedang tak terhitung banyaknya dan si pedang-pedang itu bisa ditembakin ke musuh.

Btw lagi, kalo poninya diturunin, Gilgamesh itu GANTENG BANGEEEEETTT~!

Real History : King Gilgamesh, the King of Heroes
Nama Gilgamesh pertama kali muncul dalam sebuah epos (puisi panjang) berbahasa Akkadia berjudul Epic of Gilgamesh. Epos tersebut diduga merupakan karya literatur pertama yang paling terkenal di Sumeria.

Ceritanya cukup menarik. Gilgamesh adalah seorang demigod dengan kekuatan luar biasa yang menjadi raja atas kota Uruk. Dia membangun tembok pertahanan di Uruk untuk melindungi rakyatnya. Dia melakukan hal-hal besar lainnya sampai membuatnya mendapat julukannya itu. As expected, hal itu membuat Gilgamesh jadi sombong.

Maka dewi penciptaan bernama Aruru membuat seorang manusia bernama Enkidu dari tanah liat dan ludahnya (iiih) untuk menghilangkan arogansi Gilgamesh. Awalnya Enkidu dikenal sebagai manusia liar. Dia dibesarkan oleh hewan dan tidak mengenal kebudayaan manusia, tapi singkat cerita si Enkidu ini pelan-pelan mulai belajar tentang kehidupan manusia. Dia akhirnya bertemu Gilgamesh dan bergulat dengannya.

Rupanya Enkidu setara dengan Gilgamesh dalam hal kekuatan. Ga butuh waktu lama sampe akhirnya mereka berdua sahabatan. Mereka sering berkelana bersama. Sayangnya, Enkidu kemudian terkena penyakit dan meninggal. Gilgamesh sangat berduka, namun kematian sahabat baiknya itu menginspirasi dia untuk mencari cara mendapatkan imortalitas.

Gilgamesh kemudian menemui seorang sage bernama Utnapishtim. Mengenai siapa itu Utnapishtim, dia kurang lebih mirip Nuh di Alkitab; disuruh dewa menciptakan perahu besar, trus kemudian dunia kena banjir besar, trus perahunya terdampar di gunung, trus ketika banjir surut Utnapishtim dan istrinya dijadiin imortal sama para dewa. Utnapishtim bilang, "Lu kaga usah kepingin jadi imortal-imortal lagi broh. Jadi imortal itu ga enak. Mending balik jadi muda! Ada satu tanaman tinggi kandungan vitamin E-nya, di bawah laut di Dilmun sono!"

Singkat cerita Gilgamesh berhasil dapetin tanaman itu, tapi seekor ular mencurinya. Jadi Gilgamesh pulang kembali ke kampung halamannya di Uruk dengan tangan kosong, udah menyerah soal imortalitas, kemudian akhirnya meninggal dan dikuburkan di bawah sungai.

Beda dari Raja Arthur, para ahli sejarah secara umum memandang Gilgamesh sebagai tokoh yang bener-bener eksis karena banyak inskripsi lain yang mengkonfirmasi keberadaan tokoh-tokoh yang berhubungan dengan Gilgamesh dalam epos. Kalo bener Gilgamesh pernah ada, mungkin dia raja yang memerintah Sumeria antara taun 2800 sampai 2500 SM.



LANCER CLASS


Cowo seksi dengan tahi lalat di bawah matanya. Doi memegang dua tombak, satu panjang dan satu pendek. Ga banyak yang bisa pake senjata kaya gitu, tapi Diarmuid ahli. Dia juga merupakan salah satu Servant class terkuat, meskipun ga sekuat Saber Class.
Diarmuid diceritakan menjunjung tinggi nilai-nilai keksatriaan, sama kaya Saber. Itu sebabnya mereka bisa dibilang ‘temen tapi musuh’.

Di FZ juga udah diceritain karakteristik Diarmuid yang unik; yaitu si love spot ato tahi lalatnya itu. Siapapun yang ngeliat tahi lalat itu, asalkan cewe, bakal langsung jatuh cinta padanya. Gue lupa apakah Diarmuid bilang tahi lalat itu kutukan ato bukan, tapi bisa keliatan di FZ, daya tariknya tersebut malah membuatnya cukup sengsara, baik di kehidupannya dulu maupun setelah dia di-summon ke masa kini dan dijadiin Servant.

Real History : Diarmuid Ua Duibhne, The First of the Knights of Fianna
Sejarah singkat yang diceritain di FZ sebenernya ga beda jauh ama cerita aslinya. Diarmuid merupakan tokoh dalam mitologi Irlandia; seorang prajurit tangguh yang disukai banyak orang dan merupakan anggota kelompok Fianna (sebuah grup yang terdiri dari kumpulan prajurit independen tangguh). Diarmuid dikatakan berhasil membunuh 3,400 musuh seorang diri dalam sebuah pertarungan, menyelamatkan ketua Fianna (namanya Fionn) sekaligus seluruh anggota Fianna yang lain. Kisahnya yang paling terkenal adalah cinta segitiganya dengan Gráinne dan Fionn. Tapi biar gue ceritain dulu gimana dia bisa dapetin love spot-nya itu.

Sejak awal Diarmuid sudah terkenal akan kegantengannya. Pada suatu malam saat sedang berburu, dia bertemu dengan seorang wanita yang merupakan personifikasi dari kemudaan (ga ngerti gimana kemudaan bisa punya wujud solid yang cantik. Namanya juga mitologi). Pokonya singkat cerita mereka melewati malam bersama bla bla bla, dan ketika pagi menjelang, wanita gaib tersebut pun memberikan love spot pada Diarmuid. Tapi bukannya di bawah mata kaya di FZ, melainkan di kening. Fungsi love spot itu sama sih; semua cewe yang ngeliat bakal langsung jatuh cinta sama Diarmuid.

Patung yang dibuat menggambarkan Diarmuid & Grainne vs. versi anime.

Nah, sekarang kita masuk ke kisah Diarmuid & Gráinne. Fionn sebagai pak ketu grup Fianna udah jauh lebih tua dibanding anggota yang lain dan udah menikah beberapa kali. Setelah istri terakhirnya meninggal, putra Fionn bernama Oisin dan teman-temannya nanya—mungkin sekedar iseng, mungkin juga bercanda—“Pih, kapan kawin lagi?”

Pertanyaan itu langsung disambut usulan salah satu anggota Fianna lain. "Kawinin aja cewe terbaik di Irlandia! Dia seorang putri raja, namanya Gráinne!" 
Mungkin sebenernya orang ini bercanda juga, tapi toh Fionn langsung semangat pergi menemui raja untuk meminta Gráinne.

Begitu ngeliat Fionn, Gráinne panik. "Edan, gue gamau married ama kakek-kakek! Mending gue kawin lari aja sama anak buahnya, masih pada muda dan ganteng!" Pilihan jatuh pada Diarmuid—kemungkinan besar Gráinne terpikat padanya akibat love spot-nya itu, sampai Gráinne menaruh mantra/tanda pada Diarmuid bahwa cowo itu harus mengikutinya. Gue gatau apakah mantra itu mempengaruhi Diarmuid jadi jatuh cinta sama Gráinne juga, ato mungkin si Gráinne cantik banget sampe mau gamau Diarmuid kesengsem juga, tapi pokoknya mereka berdua akhirnya sepakat kawin lari. Toh Diarmuid juga ga bisa tetep tinggal di Fianna karena Fionn ga akan mungkin memaafkan Diarmuid yang udah merebut calon istrinya.

Singkat cerita, setelah beberapa taun mereka lalui dengan saling kejar-mengejar, Fionn akhirnya memaafkan Diarmuid. Pasangan itu pun hidup dengan aman setelah berdamai dengan Fionn dan memiliki 5 orang anak.

Pada suatu hari, Fionn mengundang Diarmuid berburu babi hutan. Entah kenapa, Diarmuid ga bawa senjata terbaiknya. Di tengah perburuan, seekor babi hutan raksasa pembunuh melukai Diarmuid secara fatal. Fionn, yang memiliki kekuatan penyembuh asalkan seseorang minum air dari tangannya, mengambil air untuk diminum Diarmuid, tapi mungkin dendamnya yang dulu belum ilang sepenuhnya sehingga dia membiarkan airnya ‘tumpah’ dua kali. Oisin dan cucu Fionn, yang merupakan teman baik Diarmuid, mengancam Fionn sehingga Fionn terpaksa mengambil air untuk yang ketiga kalinya, tapi terlambat. Diarmuid keburu meninggal.

Begitu kira-kira cerita mengenai Diarmuid Ua Duibhne. Berhubung kisahnya merupakan mitologi, kemungkinan besar Diarmuid merupakan tokoh imajinasi semata, bukan orang beneran.



RIDER CLASS


Cowo macho nan kekar ini disebut di FZ bernama Iskandar, the King of Conquerors. Dalam sejarah, dia terkenal sebagai Alexander the Great. Berhubung class-nya Rider, doi sering keliatan mengendarai kereta yang ditarik kerbau. Sebagai sesama raja, dia sangat ingin mengalahkan Saber untuk membuktikan idealisme kerajaan Saber tuh salah. Sebagai sesama raja juga, Iskandar merupakan satu-satunya Servant yang dihormati Gilgamesh dan dianggap setara dengannya.

Salah satu Noble Phantasm-nya bernama Ionioi Hetairoi: Army of the King—dimana Iskandar membawa musuhnya ke dimensi lain berisi ribuan prajurit kepercayaannya, masing-masing memiliki kemampuan setara Servant—dan itu keren banget. Sungguh. Bayangin aja lu ditarik ke dimensi lain seorang diri dan harus berhadapan dengan ribuan prajurit tangguh yang kesemuanya bertekad membunuh elu. Idih, amit-amit. 

Real History : Alexander the Great, the King of Conquerors
Raja Makedonia ini naik tahta setelah ayahnya, Raja Philip II, dibunuh di sebuah pesta pernikahan. Alexander pada saat itu baru berusia 20 taun. Meskipun mulai memerintah di usia yang relatif muda, Alexander dikenal sebagai pemimpin militer hebat (thus the name 'the Great'). Selama 2 taun setelah resmi menjadi raja, Alexander sukses menekan semua gelombang pemberontakan di negara-negara hasil taklukan ayahnya—means semua damai selama masa pemerintahan Alexander. Selain itu, doi berhasil menaklukan berbagai wilayah mulai dari Yunani sampai bagian barat laut India. Doi ga pernah kalah dalam pertempuran apapun meski pasukannya kalah jumlah. Intinya sih doi sukses menciptakan kekaisaran terbesar di dunia kuno, probably while he's still younger than me. Great, indeed!

Alexander memiliki guru privat super—tak lain dan tak bukan adalah Aristoteles, seorang filsuf yang pada saat itu udah terkenal pinter—waktu usianya 13 taun. So pastinya doi terdidik dengan baik dalam hal filosofi, geografi, politik, bahkan zoologi dan pengobatan.

Taktik militer yang digunakan Alexander semasa penaklukannya terbukti mantap djiwa. Dinamai The Phalanx; terdiri dari barisan rapat 16x16 prajurit, masing-masing memegang perisai dan carisses (tombak kayu sepanjang 6 meter). Barisan belakang memegang tombak mereka tegak ke atas untuk menyamarkan pasukan di belakang mereka, sementara barisan paling depan... yah, kaya gini deh ilustrasinya:


Style the Phalanx ini tak terkalahkan terutama di daerah datar. Gimana ngga, musuh kalo nyerang bisa keburu kesate duluan. Dan kalopun pasukan archer musuh menghujani mereka dengan panah, tinggal angkat perisai aja. Berhubung formasi mereka rapet banget, perisai tersebut jadi pelindung efektif kaya cangkang kura-kura.
Selain taktik yang luar biasa ini, setiap prajurit Alexander memiliki profesionalitas tinggi. Ga ada yang ngambil cuti kalo emang mereka harus perang, meskipun pada masa itu seharusnya prajurit Makedonia libur di musim panen. Alesannya, karena Alexander bersedia membayar pasukannya dengan gaji tinggi.

Kudanya Alexander aja ikut terkenal. Kuda tersebut keturunan bagus dan dihargai sangat mahal, kira-kira seharga 350kg emas, tapi sifatnya sangat liar. Cuma Alexander yang berhasil menjinakkan kuda tersebut. Sejak saat itu, Bucephalus si kuda selalu menjadi tunggangan setia Alexander di setiap pertempurannya. Kabarnya Bucephalus akhirnya mati karena terluka parah setelah melawan brigade penunggang gajah di daerah Pakistan. Untuk mengenang kudanya itu, Alexander kemudian membangun sebuah kota yang dinamakan Buchepala.

Raja luar biasa kaya gini biasanya kita anggap melewati masa pemerintahan yang lama sampe dia tua, iya ngga? Sayangnya segala penaklukannya yang hebat itu berakhir saat Alexander berusia 32 taun. Dia meninggal setelah menderita demam selama kurang lebih dua minggu. Para ahli sejarah masih belum memiliki jawaban pasti perihal penyebab sakitnya Alexander ini, tapi kemungkinan terkuatnya adalah dia diracun.
Secara total, pemerintahan Alexander berlangsung relatif singkat, yakni 12 taun saja. Despite that, namanya masih terkenal sebagai jendral militer terkeren sampai saat ini.



CASTER CLASS



Psikopat sekaligus serial killer. Pas kebeneran Master-nya sama-sama serial killer psikopat juga, sehingga di FZ hubungan Master-Servant mereka merupakan yang terbaik dan terkompak dibanding pasangan lainnya. Identitas Caster sebenarnya adalah Gilles de Rais. Doi terobsesi sama Saber karena dia kira Saber adalah Jeanne d'Arc, a holy woman yang dulu pernah bertarung bersama Gilles. Tentu saja Saber dengan judesnya menampik Gilles dengan sebutan "Dirtbag", karena siapa sih yang mau di-stalking sama pembunuh psikopat kaya Gilles?

Saking parahnya pembunuhan berantai yang dilakukan Gilles beserta Master-nya (fyi, target mereka terutama anak-anak), Holy Grail War terpaksa ditunda sejenak dan semua Servant diperintahkan untuk memburu mereka dulu.

Real History : Gilles de Rais
Gilles asli adalah seorang ksatria dan pemimpin pasukan Prancis, partner sekaligus teman seperjuangan Jeanne d'Arc melawan Inggris dalam Perang Seratus Tahun.
Fun facts: sebenernya tu perang antara dua keluarga yang masing-masing memerintah Inggris dan Prancis untuk memperebutkan tahta Prancis, berlangsung dari tahun 1337-1453 atau selama 116 tahun.

Pencapaiannya sebagai ksatria sebenernya hebat, sampai Gilles diangkat menjadi Marshal of France. Yang bikin gue heran, dia kan partneran ama Jeanne d'Arc, berarti kan seengganya mereka berteman dong. Tapi waktu Jeanne difitnah dan dibakar di tiang pada taun 1431, Gilles ngga hadir dalam eksekusi tersebut. Ga ada juga bukti yang mengatakan Gilles membela atau berusaha menyelamatkan Jeanne dari fitnahan, sama sekali. Temen macam apa itu coba?

Keanehan itu mungkin terjawab dengan sendirinya. Tiga tahun setelah Jeanne dieksekusi, Gilles mundur dari kemiliteran dan mulai, katanya, mengejar mimpinya; salah satunya dengan membangun pertunjukan teatrikal bikinannya sendiri. Ditambah gaya hidupnya yang boros, akhirnya Gilles bangkrut.
Beberapa tahun kemudian, Gilles diduga terlibat okultisme dan dia diadili.
Belum cukup sampe disitu, ketahuan juga bahwa Gilles sudah melakukan pembunuhan terhadap anak-anak sejak tahun 1432—ga berapa lama setelah Jeanne dieksekusi. Beberapa orang berspekulasi mungkin kematian Jeanne yang ga adil menyebabkan Gilles jadi gila. Bahkan ada beberapa yang mengatakan bahwa Gilles sebenernya mencintai Jeanne, makanya dia jadi psikopat setelah Jeanne meninggal. Sayangnya ga ada bukti kuat untuk menopang semua dugaan itu.

Yang jelas, 40 tubuh anak-anak berhasil ditemukan berdasarkan pengakuan Gilles di pengadilan. Metode pembunuhan Gilles dimulai dari membuat anak-anak yang menjadi korbannya senang terlebih dahulu (dibelikan pakaian bagus, dikasih makan enak, dll), kemudian mereka disiksa, lalu dibunuh. Ugh, sick bastard.
Pada akhirnya Gilles de Rais dieksekusi dengan cara digantung kemudian dibakar.



BERSERKER CLASS



Mampu mengimbagi Gilgamesh dalam pertarungan. Servant misterius yang mengenakan baju zirah hitam ini dapat menggunakan objek apapun sebagai Noble Phantasm-nya. Terkenal gila sampe ga punya kesadaran, tapi juga sangat kuat. Dan dia langsung 'lepas kendali' begitu liat Saber.

Rupanya, identitas aslinya adalah Lancelot, salah seorang anggota Ksatria Meja Bundar-nya Raja Arthur (selanjutnya bakal gue singkat KMB aja ya). Kisah dia dengan Saber disini mungkin cukup sedih, sebagaimana cerita aslinya.

Real History : Sir Lancelot du Lac, atau Lancelot of the Lake
Lancelot.
Lancelot sangat terkenal sebagai tangan kanan Raja Arthur, merupakan ahli pedang sekaligus jouster paling hebat di jamannya. Dia sangat loyal pada Arthur dan setia mengikuti Arthur dalam berbagai peperangan. Bromance mereka begitu eratnya sampai barangkali ga ada anggota KMB lain yang sedekat itu sama Arthur.

Kemudian ketahuanlah Guinevere—yang saat itu udah jadi istri Arthur—selingkuh dengan Lancelot. Iya memang. Tega-teganya mereka, iya kan? Ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa Guinevere sebenernya ga cinta sama Arthur, tapi doi jatuh cinta pada pandangan pertama sama Lancelot. One thing leads to another, yang jelas begitu berita itu tersebar, putuslah bromance Arthur dan Lancelot.

Mantan tangan kanan Arthur itu pun kabur untuk menyelamatkan nyawanya, sementara Arthur dengan berat hati berniat mengeksekusi Guinevere dengan membakarnya di tiang. Arthur tahu begitu mendengar berita tersebut, Lancelot pasti akan datang dan berupaya menghentikan eksekusi tersebut, sehingga dia mengirimkan ksatria-ksatrianya untuk menyetop Lance. Cuma satu KMB yang menolak berpartisipasi, yaitu Sir Gawain. Doi gamau melawan KMB lainnya, meskipun Lancelot statusnya udah mantan.

Singkat cerita Lancelot beneran tiba dan dia berhasil menyelamatkan Gui serta menghentikan eksekusi, trus barangkali dia kabur lagi. Tapi di pertarungan itu, dua saudara Gawain terbunuh, membuat Gawain jadi murka dan memaksa Arthur untuk pergi beperang melawan Lance. Arthur pun pergi ke Prancis, ke tempat Lance kabur. Selama pergi, dia 'menitipkan' Gui pada Mordred, saudaranya.

Guinevere.
Namun ternyata Mordred punya rencana tersembunyi. Melihat tahta Britania 'kosong' sementara Arthur pergi, dia berniat mengambil alih tahta dan menikahi Gui. Berita cepat tersebar lalu sampai di telinga Arthur. Dia pun kembali ke Britania dan bertarung melawan Mordred. Pertempuran tersebut dimenangkan oleh Arthur, tapi luka-luka yang dideritanya terlampau parah sehingga akhirnya dia meninggal di Avalon.

Lance dan Gui pun merasa sangat bersalah. Perselingkuhan mereka rupanya menjadi penyebab kejatuhan Arthur. Gui kemudian memutuskan untuk menjadi biarawati. Dia memaksa Lancelot berjanji bahwa mereka tidak akan bertemu satu sama lain sepanjang sisa hidup mereka.
Pada akhirnya nanti, Guinevere meninggal duluan dan Lancelot—yang telah memenuhi janjinya, tidak pernah lagi melihat Gui selama dia masih hidup—menguburkan cintanya itu.

HIKS! Cerita romansa yang menyentuh, bahkan lebih dari kisah-kisah Shakespeare... menurut gue. Tapi pesan moral yang paling jelas dari kisah ini adalah: selingkuh itu ga akan pernah berakhir baik. It won't ever bring you true happiness, only sadness & hurt to each involved sides, including yourself.

Btw sori gue nyingkat nama tokoh seenak perut. Lol.



ASSASSIN CLASS



Servant class paling berbahaya kalo menurut gue. Servant lain kan kebanyakan nantang bertarung secara terang-terangan, tapi lu ga bakal tau kapan Assassin ini bergerak. Tau-tau piso bisa udah nancep di bagian vital badan lu dan lu cuma punya waktu beberapa detik buat liat siapa pelakunya, atau bahkan ga punya waktu sama sekali pokonya tiba-tiba udah menghadap Yang Mahakuasa.

Trus kalo lu nganggep Assassin ini cuma seorang, lu salah besar. Assassin merupakan satu kelompok, kesemuanya berbahaya dan mematikan. So, kalopun berhasil mengalahkan satu Assassin, bersiaplah menghadapi Assassin lain yang menggantikan tugas Assassin sebelumnya. Assassinception. Lol. Sori.

Tapi gatau kenapa pasangan Master-Servant Assassin rasanya ga pernah menang Holy Grail War. Sedih.

Real History : Hassan-i Sabbah, Leader of Hashshashin Order
Hassan-i Sabbah.
Hassan-i Sabbah merupakan seorang misionaris salah satu cabang dari Islam Syi'ah Ismailiyah yang berhasil mempengaruhi sebuah komunitas masyarakat di pegunungan Alborz sebelah utara Persia pada akhir abad ke 11. Kemudian Hassan dan komunitasnya ini mengambil alih Benteng Alamut lalu menjadikannya markas besar mereka.

Asal-usul kemunculan kaum Hashshashin sebenernya didasari oleh kondisi politik yang cukup rumit. Pemimpin umat Islam saat itu, Khalifah Fatimiah VIII, yang juga merupakan imam kelompok Ismailiyah, jatuh sakit di Kairo. Wazir-nya (semacam perdana menteri) yang berpengaruh mengambil alih kekuasaan negara dan menunjuk anak bungsu sang khalifah sekaligus iparnya sendiri sebagai penerus kekhalifahan dalam sebuah kudeta di istana. Nizar, selaku pewaris tahta yang sebenarnya, mengumpulkan pendukung kemudian memimpin perlawanan. Sayangnya dia berhasil dikalahkan dan dibunuh atas perintah saudaranya. Hal tersebut menyebabkan perpecahan di kalangan Ismailiyah, dan para pendukung Nizar pindah ke timur untuk melanjutkana perjuangan mereka di bawah pimpinan Hassan-i Sabbah.

Nah para pengikut Hassan tersebut—yang kelak disebut kaum Hashshasin—menjadi gerakan bawah tanah yang sangat berbahaya. Mereka bertekad membangun suatu negara impian baru dan merancang suatu strategi untuk mengendalikan benteng-benteng strategis juga penting secara diam-diam.
Kaum itu kan ngga besar, plus dengan cap sebagai kaum 'pemberontak', orang-orang berkedudukan tinggi di negeri itu menganggap mereka sebagai ancaman. Kaum Hashshashin pun membentuk pasukan prajurit elit mereka sendiri. Jadi sebenernya ga semua kaum Hashshashin jadi Assassin, melainkan cuma para prajurit elit ini doang, yang pada masa itu disebut Fedayeen.


Para Fedayeen ini biasanya masih berusia muda alias kuat dan perkasa. Mereka diajari cara peperangan asimetris, serta dilatih agar menjadi ahli dalam hal penyamaran, bahasa, ilmu pengetahuan, perdagangan, dll. Mereka harus punya kesabaran ekstra setiap saat, selalu tenang serta penuh perhitungan. Mereka ini yang secara diam-diam akan menginfiltrasi wilayah musuh sambil menyamar.

Meskipun begitu mereka ga sembarangan langsung membunuh. Keterampilan mereka digunakan untuk memperingati seseorang pada awalnya. Target mereka akan bangun pada suatu pagi dan mendapati belati Fedayeen di atas bantalnya. Hal ini menjadi petunjuk bahwa doi udah ga aman lagi dimana-mana, bahwa tempat tinggalnya udah disusupi kelompok pembunuh tersebut, dan bahwa dia harus menghentikan tindakan apapun yang membuatnya berkonflik dengan kaum Hashshashin. Kalo ngga nurut sama peringatan itu, ya nyawanya bisa melayang kapan aja.

Reruntuhan Benteng Alamut.
Saking menyeramkannya kaum ini, orang-orang paling berkuasa sekalipun jadi takut sama mereka, termasuk para Crusader. Dalam kurun waktu 300 tahun saja, para Fedayeen/Assassin ini berhasil membunuh dua khalifah, banyak wazir, sultan, serta para pemimpin Crusader. Sedikit-banyak prinsip mereka mirip sama di game Assassin's Creed—ga pernah mentarget rakyat biasa, trus membunuh target di siang bolong plus di tengah keramaian. Tujuannya apa lagi kalo bukan buat menanamkan teror bagi musuh-musuh mereka selanjutnya.

Gue, seandainya hidup di jaman itu, juga bakalan ngeri sama para Assassin ini.

___________________________________________

Kayanya udah cukup ya pelajaran sejarah kali ini. Panjang banget memang, tapi pengetahuan semacam ini bisa jadi menyenangkan kok, asalkan mau dan senang membaca~

Part 2 nanti menyusul ya. Gue bakal bagiin tokoh-tokoh sejarah para Servant yang muncul di Fate/Stay Night. So stay tuned, guys! Adieu for now~!



Sumber: sebagian besar dari Wikipedia



*pterodactyl screech*
GILGAMEEEESSSHHHHH

1 comment:

  1. rangkuman cerita yang sunggu mudah di mengerti dan penuh emosi

    ReplyDelete