Wednesday, March 15, 2017

Review - Samurai Love Ballad Party (Otome Game)

Hola, amigos! Kali ini gue mau ngereview soal otome mobage (game otome di mobile/hape) yang cukup terkenal. Sampe2 di Tumblr.com banyak banget bahasan soal Samurai Love Ballad Party—atau yang selanjutnya akan disingkat SLBP. Banyak fans bikin fanfic bahkan tereak2 betapa tersentuhnya mereka ama tokoh2 disini.

Mari kita mulai pembahasannya.



Developer : Voltage Inc.
Platform : Mobile (Android & iOS) free to play, ada in-game purchase
Rating : Kalo gue boleh ngerating sendiri; 16+ buat Main Story, 18+ buat Event Story
Size : Kurang lebih 17 MB


Ceritanya MC (Main Character) disini hidup di masa Sengoku, atau Warring Period, di sebuah kota bernama Owari dan bekerja keras bersama ibu dan adiknya meneruskan restoran peninggalan sang ayah. Suatu hari, seorang pejabat gatau diri beserta beberapa preman mengonfrontasi MC dan mengancam untuk menutup restorannya, kecuali jika adik MC, Yahiko, bersedia jadi poison tester. Jelas MC sebagai kakak yang baik gamau hidup adiknya terancam, jadi dia ‘kabur’ untuk menggantikan tempat Yahiko kemudian mendatangi istana/rumah para cowo dimana MC bakal mengabdi.

Sebagaimana otome mobage, ada sistem pembayaran in-game berupa Coins (mata uang normal yang bisa didapatkan secara cuma2) dan Pearls (mata uang premium yang kadang bisa dikasih gratis sama game-nya, tapi cara utama dapetinnya sih beli pake duit asli). Coins dan Pearls ini digunakan untuk membeli pakaian buat avatar kita dan melewati checkpoint.

Kalo secara cerita, ada rute Love dan Fate. Buat melalui rute Love, kita bisa pake Pearls buat beli baju avatar, terus dapet CG. Sementara buat rute Fate, kita bisa pake Coins atau Pearls buat beli avatar, tapi kita ga dapet apa2.
Secara logika jelas gue menyarankan mending pake rute Love aja karena CGnya bagus2 men, beneran. Tapi buat kita-kita yang ga bisa dan gamau spend real money, seringkali Pearls yang kita miliki ga cukup untuk rute Love, sehingga mau gamau kita terpaksa pilih rute Fate.

But fear not, ladies!  Mau jalanin rute Love atau Fate, ceritanya sebenernya sama aja. Endingnya pun cuma ada 2 dari tiap-tiap tokoh: Divine dan Noble Ending. Kita bisa dapetin CG dan kimono cantik kalo kita melalui Divine Ending, sekaligus ngebuka cerita epilognya. Atau selesein Noble Ending, dan kita bisa baca sudut pandang si cowo kemudian dapetin aksesoris buat avatar.
Best way sih sebenernya selesein kedua ending, karena selain dapet barang2 yang disebutin di atas, kita juga dapet background yang biutipul~! °˖✧◝(⁰▿⁰)◜˖°

Oya, Cooking Classes wajib dilakukan tiap hari, karena selain mendapatkan Coins dan Onigiri, kita juga mendapatkan Skill Points yang dibutuhkan untuk melewati checkpoint atau mission dalam cerita. Cooking Classes menggunakan 20 energi sekali pakai; tapi sori gue lupa berapa lama pastinya 1 energi balik lagi… Kalo ga salah sih 20 energi itu baru bakal balik sekitaran 4 jam kemudian.
Jangan lupa, cari temen in-game sebanyak2nya buat ngebantu kita menang di Cooking Classes.

Soal Onigiri, kita bisa kasih Onigiri ke samurai pilihan kita di Tea Garden buat dapetin hadiah spesial. Onigiri bisa didapetin dengan membaca Diary, ngelakuin Cooking Classes, dan mengunjungi temen in-game.

Sisanya kurang lebih sama kaya otome mobage yang laen, contohnya 5 tiket cerita tiap hari. SLBP juga sering ngerilis Event Story yang ga perlu pake tiket kalo kita mau baca ceritanya. Tapi gue peringatkan dulu aja, epilog Event Story banyak banget yang bergenre smut—dengan kata lain cerita buat 18+. Buat yang masih polos dan belom cukup umur, mending jauhi dulu deh epilog2 Event Story nya.

OKE! Sekarang mari kita masuk ke tokoh2nya!

SLBP memberi kita pilihan 2 cowo sekali masuk cerita, mungkin karena cowo-cowo yang kita pilih berasal dari klan keluarga tertentu. Di awal, plot cerita bakal mengkombinasikan kedua pasangan yang kita pilih. Pilihan jawaban yang muncul tiap episodenya bakal menentukan kita ‘condong’ ke cowo yang mana, dan setelah lewat episode 3 nanti, kita baru masuk ke rute cowo tersebut.

Berikut cowo-cowo rupawan yang bisa kita pilih:

҉    ODA CLAN


Oda Nobunaga
Yes, we can date the famous Lord of Hell! Lol. Sebagai pemimpin klan Oda, Nobunaga terkenal sebagai cowo yang violent, menyeramkan, dan suka maksa. Salah satu hal yang paling kerasa dari Nobunaga adalah omongannya tajem. Tapi walau begitu, blushing face-nya seringkali ga bisa ngebohongin siapapun. Jadi intinya meskipun dia keliatan ga peduli, tapi sebenernya dia peduli. Nobunaga-sama is a tsundere after all~ (◍•ᴗ•◍) *

Anak buah Nobunaga semua menyadari sifatnya ini, dan mereka pun loyal padanya. Dalam satu Event Story kemaren2 ini, diceritain gimana Nobu bisa memimpin pasukannya berperang, mengadakan rapat, mengunjungi serta meningkatkan moral prajurit2nya yang sedang terbaring terluka, sekaligus merawat dan menghibur MC… yang lagi sakit… di tengah malem. Gue bertanya2 aja kapan dia istirahat.



Akechi Mitsuhide
Asisten/tangan kanan Nobunaga yang kalem, rajin, dan sopan. Mitsuhide juga sangat perfeksionis dan workaholic, sampai pada titik dimana dia bisa kerja terus sampe sakit. Pokonya kerjaannya harus beres, kalo ngga dia bakal kepikiran terus. Lol.

Hal lain yang bikin doki-doki adalah Mitsuhide itu baiiiiiiiiiiiik banget. Ga pernah sekalipun dia kasar sama MC. Malahan Mitsuhide berani ngelawan Nobunaga buat ngebelain MC pas Nobu lagi ‘kejam’ sama MC. Mitsuhide juga selalu merhatiin kebutuhan MC. Dan dia selalu berusaha bikin orang2 di sekitarnya tersenyum. Kalo kalian suka sama tipe cowo baik, perhatian, kalem, dan pinter, Mitsuhide sangat recommended.



҉    SANADA CLAN


Sanada Yukimura
Dari deskripsi tokoh di atas, awalnya gue beranggapan bahwa Yukimura adalah tipe cowo playboy, ato seengganya doi berhasil menarik perhatian para wanita tanpa perlu berusaha keras. Yep, Yukimura adalah rute pertama yang gue maenin. Sebab musabab kenapa gue milih dia pertama kali adalah MATANYA! Eye-catchy eyes, man. Wakakakak Badum-tsss!

Tapi ternyata… setelah jalanin rutenya…
Yukkiiiiiiiiiiiiiinnn~!!! ( >ω< )
Ahh~ This sweet cinnamon roll is too pure for this world.
Sebagai samurai dia memang memiliki jiwa bushido yang tinggi. Berhubung keluarga Sanada mengabdi pada klan Takeda, Yukkin adalah bawahan dari Takeda Shingen, dan dia sangat loyal pada Shingen.Yukkin juga dikenal sebagai cowo yang keras kepala, tapi dia bisa sangat simpatik dan pedulian. Yukkin bakalan rela melakukan apa saja untuk melindungi orang yang ia sayangi.

Di sisi lain… ya itu tadi. Terlalu polos, pemalu dan ga tau harus ngapain di depan cewe. Apalagi kalo misalnya Yukkin ga sengaja bersentuhan ama cewe, dia langsung blushing berat. Doi juga ga kuat menghadapi topik tentang hubungan intim antara pria-wanita. Baca buku tentang xxx aja (yang sebenernya dibikin oleh Saizo) ga bisa beres karena Yukkin hampir pingsan. That’s why gua rate game ini 18+, ladies… soalnya suka banyak sexual innuendos-nya. Ati-ati aja.



Kirigakure Saizo
My sinnamon troll daddy. Lol.
Pertama liat gambar dan deskripsinya, apalagi waktu liat profesinya sebagai ninja, gue beranggapan Saizo bertipe cool, pendiem, pokonya yang kuudere banget deh. Ditambah silver-hair dan red-eyes nya itu… Udah deh. Pertama kali liat juga gue langsung bertekad, “Ni cowo HARUS gue conquer!”

Berhasilkah gue?

Jujur aja, sampe sekarang gue masih ga bisa move-on.
Berbulan-bulan gue maenin SLBP, Saizo adalah rute kedua yang gue maenin, dan gue. Masih. Belum. Bisa. Move-on. Ugh.

Sebagaimana halnya dengan Yukkin, anggapan awal gue tentang Saizo ternyata salah. Well, ga sepenuhnya salah sih. Doi emang diem kalo ga perlu ngomong (namanya juga ninja), tapi doi bisa jadi advisor yang baik. Doi juga ga suka menunjukkan ekspresi apalagi perasaannya yang sesungguhnya, meskipun sebenernya doi cukup sensitif. Ahli observasi, selalu tenang dalam segala keadaan. Namanya terkenal sebagai Lord of Assassin kejam & paling jago di antara para ninja. Dan dia sangat setia sekaligus jail sama Yukkin. Meskipun begitu kadang Saizo sering ngeluh juga kalo ngeliat ‘kebodohan’ Yukkin atau MC (“Apa, ini lagi?” dengan ekspresi males). Intinya, Saizo itu suka ga ketebak.

Saking dekatnya sama Yukkin, dia manggil Yukkin dengan sebutan ‘dear’. Iye, kalian para fujoshi pasti udah tereak2 di belakang. Lol. Sementara MC dia sebut ‘little lady’. Cute nicknames, don’t you think? (〃・ω・〃)

Walaupun keliatannya Saizo dingin dan suka PHP, tapi begitu dia mencintai MC, dia sangat protektif sampai2 rela mengorbankan nyawanya untuk melindungi orang yang dia sayangi. Pokonya rutenya Saizo secara keseluruhan merupakan roller-coaster of emotions. Hiks.



҉    DATE CLAN


Date Masamune
The Dragon of Oshu, cowo pendiem yang entah kenapa suka bersaing ama Yukkin. Cuma ngomong kalo perlu, Masamune juga suka inget sama detail-detail kecil, dalam arti positif.
Sebenernya kedua mata Masamune baik-baik aja, tapi dia terlahir heterochromia (matanya beda warna, sebelah biru, sebelah ijo). Ibunya jadi benci sama dia karena menanggap Masamune ditandai oleh iblis. Itu sebabnya Masamune selalu menutup sebelah matanya. Poor him T-T

Akibat posisinya sebagai penerus klan Date, juga karena rendah diri, hidup Masamune bisa dibilang terisolasi. Yang paling dekat dengan dia cuman Katakura Kojuro, pelayan sekaligus teman sejak kecil, juga Date Shigezane, sepupunya.
Buat yang suka sama cowo pendiem dengan trauma masa kecil, boleh dijalani rutenya Masamune. Dia cinnamon roll juga da~ (.◜ω◝.)



Katakura Kojuro
Salah satu pengikut Masamune yang paling setia. Menurut gue dia tokoh yang paling dewasa di antara semua tokoh SLBP, toh emang umurnya juga lumayan jauh dari MC. Pekerja keras, strict, jago bela diri, bisa diandalkan, pokonya doi manly dan gentleman banget dah~
Satu2nya kekurangan dia barangkali ga bisa beberes. Kamarnya berantakan banget, tipe yang, “Gue udah beberes tapi hasilnya malah makin berantakan.” Alhasil, selalu MC yang harus beresin kamar dia. Kojuro juga cukup kutu buku dan sayang banget sama kura-kura piaraannya, Botenmaru.

Gue berniat ngejalanin rute dia setelah beres move-on dari Saizo (yang entah kapan, lol). Salah satu hal yang gue sangat suka dari Kojuro adalah… waktu poninya turun. GANTENG BANGET, SUMPAH. 
Oya, sebutan dia untuk MC adalah ‘precious girl’. Aww~ (◍>ᴗ<◍)



҉    TOYOTOMI CLAN (?)


Toyotomi Hideyoshi
Sejujurnya gue gatau banyak soal dia, tapi kalo gue liat sih Hideyoshi tipe humoris dan suka bikin orang tersenyum. Dianya sendiri juga murah senyum. Cukup deket sama Inuchiyo. Hideyoshi juga sangat baik hari dan pedulian. Tapi kabarnya Hideyoshi menyimpan suatu kesedihan.
Kesedihan apa itu? Gue belom tau :')



Maeda Toshiie / Inuchiyo
Teman masa kecil MC, lebih tua 4 taun dari MC, merasa bertanggung jawab melindungi MC dan keluarganya sejak ayah MC meninggal. Gue gatau kenapa sebutannya Inuchiyo, tapi rupanya namanya itu ngebuat dia sering diejek ‘dog’ (inu) oleh Hideyoshi. Secara keseluruhan sifatnya penuh semangat juga lumayan cepet marah, tapi sejak kecil dia sudah menyimpan perasaan pada MC dan selalu setia melindunginya.

Berdasarkan spoiler2 yang gue baca, katanya rute Inuchiyo lebih condong ke sedih, karena ceritanya dibangun dengan melankolis. Buat yang suka tipe ‘teman masa kecil’, boleh dicoba rutenya Inuchiyo.
Intermezo aja, tipe2 kaya begini suka bikin gue berpikir; kasian juga si Inuchiyo waktu MC milih cowo laen dibanding dia, padahal dia udah mengabdikan hampir seluruh hidupnya melindungi dan berusaha bikin MC bahagia. The path of childhood friend... is not as easy as it seems. 



҉    TOKUGAWA CLAN



Tokugawa Ieyasu
Okey, sejak pertama kali gue berinteraksi sama Ieyasu, gue ga suka sama dia. Ieyasu rupanya memang terkenal sadis (termasuk cara dia memperlakukan dan bicara sama MC). He also has a serious trust issues. Selidik punya selidik, rupanya sifatnya itu dipengaruhi oleh masa lalunya yang cukup sedih. Meskipun kadang keterlaluan, tapi Ieyasu bisa juga kok care ama MC. Bahkan makin lama masuk ke rutenya dia, kita bisa liat sebenernya Ieyasu cute juga.

Gue sendiri belom jalanin rute dia, tapi kabarnya cara dia menyatakan perasaannya pada MC sangat heartwarming. Kabarnya juga, sifat Ieyasu dari yang ‘bunuh semua orang yang ngehalangin gue!’ berubah menjadi pedulian sama bawahan serta lebih bisa mempercayai orang, dan itu dibangun dengan bagus. Silakan jalanin sendiri rutenya bagi yang tertarik~



Ishida Mitsunari
Gue gatau apa yang membuat dia dipasangin sama Ieyasu, soalnya Mitsunari merupakan pengikut setia Hideyoshi. Bahkan terlalu setia, sampai2 fans pada ngejodohin dia sama Hideyoshi instead of sama MC.
Anyway, sejauh yang gue tau Mitsunari merupakan tipe cowo kutu buku, bermulut pedas, tapi ga pernah lalai membalas budi.
Kabarnya Mitsunari menyimpan rahasia gelap yang bisa membuat kita bersimpati dan mengerti kenapa Mitsunari jadi... well, jadi Mitsunari.



҉    UESUGI CLAN


Uesugi Kenshin
Terkenal sebagai orang yang sangat rupawan, saking rupawannya dia kadang dikira wanita. Merupakan kolektor barang2 indah, sampai2 ia membuat kantor bawahannya, Kanetsugu, menjadi tempat penyimpanan koleksinya.
Kemampuan bertarung Kenshin sangat luar biasa sehingga dia memiliki sebutan ‘God of War’. Meski begitu sifat asli Kenshin adalah lembut dan selalu mendahulukan kepentingan orang lain. Kekontrasan sifat dengan sebutannya itu kadang membuat Kenshin dilema.



҉   TAKEDA CLAN


Takeda Shingen
Fiery handsome, yessssss~ Shingen merupakan cowo yang outgoing dan santai. Ia dihormati oleh penduduk kota Kai, terutama oleh anak buahnya sendiri, karena Shingen baik hati juga perhatian. Pokoknya semua pengikutnya ga ada yang ga keurus deh.
Shingen juga ga terlalu peduli soal keformalan dan sangat terbuka, dalam arti harfiah. Di suatu kesempatan, Shingen pernah ketauan jalan2 di istananya tanpa pake baju sama sekali setelah dia ketiduran di teras. Dan dia ga malu meskipun semua anak buah dan pelayan kaget ngeliat dia. Reaksinya cuman, “Udahlah, cowo tulen itu ga suka dibatasi.” Lol.




AFTERTHOUGHTS & CONCLUSIONS


Sistem game ini mungkin jauh lebih rumit dibanding otome mobage laen. Contoh dengan adanya Onigiri itu. Supaya dapet semua hadiah dari 1 cowo, kita bisa kasih Onigiri ke 1 cowo itu sambil ngejalanin 3 rute cowo yang berbeda. Means... lama banget! Tapi fokus itu perlu, karena kasih Onigiri ke cowo yang beda2 ngga kerasa worth it, seengganya menurut gue.

Terus soal Pearls, gue saranin sih ga perlu spend real money. Emang butuh kesabaran ekstra buat ngumpulin Pearls--itulah salah satu alasan kenapa gue belom move-on dari Saizo. Pearls sebaiknya disimpen buat dapetin CG di Main Story, atau beli cerita epilog Event Story kalau bener2 penasaran (ga gue rekomendasiin buat kalian ladies yang belom cukup umur, ya). 

Secara cerita, SLBP sangat menyenangkan untuk dibaca. Humor2nya dapet, bagian2 sedihnya pun ngena.
Perbedaan karakter antar tokoh jelas dan ga ada yang kerasa 'maksa'. Saking bedanya satu tokoh dengan yang lain, kadang jalan cerita suka jadi kocak, contohnya kaya interaksi antara Yukimura yang polos dengan Saizo yang ‘banyak pengalaman’. 
Barangkali kesamaan sifat mereka semua adalah; mereka sangat so sweet dengan cara mereka sendiri. Pokoknya game ini bisa membuat kalian sukses baper.

Sifat MCnya sendiri juga gue suka, ga bikin gue pengen nabok dia. MC disini tipe cewe pekerja keras, jago masak, jago beberes, calon ibu rumah tangga yang baik deh. MC juga keras kepala, bertekad 'menyetir' hidupnya sendiri, ga gampang dipengaruhi keadaan, tapi dia juga sadar dia ga bisa melakukan segala sesuatu seorang diri. Doi juga peduli sama orang lain dan ga egois. So kalo cowo2nya udah so sweet semua, MC juga bisa mengimbangi dengan so sweet juga. 

Kalo secara art... gue ga ada kritik. Semuanya, mulai dari para tokoh sampe semua CGnya absolutely gorgeous. Gue gatau siapa ilustrator SLBP ini, tapi gue bener2 angkat jempol deh. Semua tokoh punya ciri khas masing2. Yang paling gue sadari adalah ga ada satu pun gambar yang pose2nya keliatan awkward atau aneh. Totally in love deh sama art-nya~ ( ˊᵕˋ )

Oya, tokoh2 disini juga nanti bakalan punya seiyuu masing2. Can’t wait to hear them! 

Kesimpulannya, game ini totally recommended! Tapi sekali lagi gue kasih tau, kalian harus udah cukup umur untuk SLBP soalnya ceritanya lumayan bergenre dewasa.



*nosebleed*

Saizoooooooooooooooooo~~~

2 comments:

  1. Kak, mau minta penjelasan. Aku kan gak pernah pake pearl kalo gak dibutuhkan.tapi setiap masuk story mission, harus beli item kimono yg bs ksh habis 12-16 pearls.sekarang aja pearl ku habis hanya karena harus menuju mission. Trus gmn donk kak.

    ReplyDelete
  2. Saran sih, pilih yg rute fate aja
    Memang nggak dapat CG, tapi nanti sewaktu ending dapat CG kok dan ada voiced juga untuk chara tertentu
    Menurutku, pakai pearl untuk Main Story chara yg benar2 kita suka^_^

    ReplyDelete