Saturday, August 6, 2016

Kea(ja)iban

"Lu tau ga padahal dia mau duet sama David Coster loh!"

"Foster..."

"Iya itu pokonya gue cuman tau Davidnya..."

Saat itu juga David si komposer hebat dunia beralih profesi menjadi seorang penjaga gereja.

Selamat jalan, Mike Mohede :')

Well, buat klarifikasi opening diatas aja. Bukannya gue merendahkan pekerjaan seorang koster. Menjadi koster itu pekerjaan yang mulia guys, kalo lu mau tau en belajar apa itu melayani lihatlah seorang koster yang selalu setia bekerja walaupun ngga ada yang liat dia sama sekali.

Itu tadi adalah sepenggal diskusi sore yang ngga jelas bersama orang yang tingkat intelektual dan daya ingatnya ampir ngga jauh lebih baik dari gue sendiri. Sementara orang lain mungkin bangga bisa ranking 1 di kelas, juara olimpiade sains, atau lulus cumlaude kayanya gue sama dia cukup puas dengan achievement "Selamat Hari Ini Lu Ngga Lupa Naro HP Lagi!"

By the way I'm wondering why kayanya gue ngga pernah diizinkan buat hidup dengan tenang walaupun cuman sehari. Really *hela nafas*

Cerita kali ini berawal di hari Senin yang cerah dan menyenangkan. Seperti biasa gue bangun dengan penuh semangat, sarapan nasi goreng plus telor sunny side up bikinan bokap. Biasanya bokap kalo ngegoreng telor tu pasti asin tapi entah kenapa pagi ini dia pas banget bikinnya. Sempurna.

Setelah itu gue pergi ke kantor bareng salah satu temen gue, Rusli. Gue nyetir sementara dia anteng maen Pokemon GO sepanjang jalan. Gue sendiri ngga maen Pokemon GO karena hape gue ngga kuat en kalo kuat pun basically gue orangnya pelit kuota en batre. Jadi setelah tau kalo Pokemon GO itu GPS based en bikin batre bocor, makin kuatlah rasa ketidak-inginan gue untuk maen.

Waktu menunjukkan pukul 9 pagi begitu gue sampe. Beberes meja sebentar, Rusli duduk di meja sebelah gue juga sambil buka laptop lalu browsing. Semuanya berjalan normal sampe tiba-tiba pas jam setengah 10 gue dapet telpon dari nomor ngga dikenal. Sebenernya ampir ngga gue angkat tu telpon karna gue males banget kalo angkat telpon dari nomer yang gue ngga tau tapi entah kenapa waktu itu gue coba angkat aja.

"Halo.. ini Kris An...An..dy?"

"Ya betul itu nama saya..."

Gue cukup heran sama orang-orang yang kesulitan ngeja nama gue. Apanya yang susah sih cuman nyebut Kris Andyantoro doang? *siapapun yang baca ini pasti lagi nyobain baca nama gue kan! HA!*

Lanjut.

"Iya, Kris kenapa tadi pagi ngga ke kampus?"

"Ke kampus? Ada apa emang di kampus?"

"Upacara pembukaan."

"Err... terus?"

"Lu kan sidang hari ini jam 11."

"Hari ini gue sidang jam 11? ..... HAPAAAAA!!! "

Perbincangan gue kayanya kedenger sama si Rusli dan langsung liatin gue dengan muka serius, sementara gue uda jadi patung dan ngga tau harus ngapain. Kaki gue lemes, dada gue langsung deg-deg-an efek dari kaget, tangan gue gemeteran, otak gue keram. 


Kenapa jadwal sidang gue sendiri aja bisa ngga tau!? Padahal tiap minggu gue selalu ngecek kapan jadwal sidang di pengumuman depan prodi kampus, gue juga uda nitipin nomer hape karna ada temen gue yang bilang 2 minggu sebelum sidang pasti lu bakal dapet SMS atau telpon. Tapi ini gue sama sekali ngga dapet SMS atau telpon dan di papan pengumuman pun ngga pernah ada jadwal sidang terlampir. Jujur gue ngga tau harus ngapain, ampir gue matiin telpon tapi tiba-tiba suara dari sebrang uda keburu nyaut duluan.

"Ya udah lu ke kampus aja dulu urusin deh, entah cari jadwal sidang lain ato gimana, yang penting dateng dulu."

"Oke, tengs ya infonya," bales gue

Singkat cerita gue nyampe kampus sekitar jam 10 an. Gue coba cari ke ruang sidang en disana uda pada berjajar sekitar 6 mahasiswa yang lengkap pake jaket almamater plus dasi en muka pucet kaya orang nahan pup 1 semester sementara setelan gue cuman celana bahan sama kemeja putih ala karyawan pom bensin yang lagi training.

Ngga lama muncul sosok yang daritadi gue cari, yaitu Pak Ade. Beliau ini lah yang bertanggung jawab kenapa gue bisa ngga tau jadwal sidang hari ini. Gue mulai ngomel kenapa dia ngabarin gue, ngga SMS atau telpon gue, ngga ngasi tau uda makan apa belom, pergi sama siapa, pulang dijemput siapa, gue kan khawatir! Pak Ade bilang kalo gue salah liat tempat pengumuman, harusnya gue liat pengumuman di MEJA DIA, bukan di PAPAN DEPAN PRODI

Gue cuma bisa diem sementara hati ini berteriak:
YA MENEKETEHE ATUH! WONG SITU SENDIRI NYURUHNYA LIAT DI PAPAN PENGUMUMAN!

Yauda karna tau kalo debat gue akan sia-sia, mendingan gue cari dosen pengujinya en ngelurusin masalahnya. Gue ketemu sama Ibu Dyah yang harusnya jadi dosen penguji gue saat itu buat ngejelasin duduk perkaranya. Sukur-sukur bisa dinego biar hari itu bisa sidang walaupun ga sesuai jadwal.

"Bu, maaf saya ngga tau kalo hari ini saya sidang. Beneran, padahal saya uda ngecek loh ke prodi."

"Ai kamu atuh, trus gimana sekarang? Siap ngga? Kalo siap mah langsung aja."

"Yaaa ngga sih bu.. boleh ngga bu kalo sidangnya diluar jadwal?"
"Emm, ibu sih ngga apa-apa, coba deh tanya prodi gimana."

Alhasil gue kudu balik lagi ke Pak Ade buat ngejelasin semuanya.

Dosen pembimbing bilang terserah prodi.
Prodi bilang terserah gue.
Jadi ujung2nya gimana gue.

Semenjak saat itu gue selalu nulis "WWAD" *What Would Andy Do? di tangan gue supaya gue inget apa yang harus dilakukan kalo kejadian seperti ini terulang

Singkat cerita gue balik lagi ke dosen penguji en bilang kalo semua gimana gue. Thank God ternyata dosen penguji gue ini dermawan banget en setuju untuk ngadain sidang diluar jadwal yang seharusnya. Sungguh hati ini senang walaupun tak punya uang woo oow ~

Dengan gini gue bisa minimalnya belajar dulu, siapin presentasi, siapin mental yang sempet shock, yaaa cukup lah 2 sampe 3 jam doang mah. Tapi apa daya takdir berkata lain.

"Halah kelamaan 3 jam mah, 40 menit aja ya belajarnya cukup lah," kata Bu Dyah.

"Bu, tapi saya belom bikin presentasi."

"Ngga perlu presentasi-presentasi yang penting kamunya ngerti langsung aja."

Otak gue keram lagi.

Dalam 40 menit gue harus ngapalin seluruh isi skripsi gue, tanpa bantuan PowerPoint, dengan keadaan masih kaget. Mateng gue. 40 menit gue pake bener-bener buat bolak balik buku dari bab 1 sampe bab 5, dan yang gue lakukan bener-bener cuman bolak balik buku doang karena saat itu otak gue gabisa dipake mikir sama sekali.

40 menit berlalu gue masuk ke dalem ruang sidang (sebenernya ruang dosen), empat mata sama dosen penguji, dan gue masih gatau materi apa yang akan disampaikan. Badan gue dingin dari ujung kaki sampe ujung kepala, gemeteran ngga karuan, rasanya persis kaya mau nembak cewe. Eh, ngga tau ding, gue ngga pernah tau gimana rasanya nembak cewe.

Gue ngecaprak ini itu entah apa yang keluar dari mulut, setengah terbata-bata gue coba menjelaskan sedikit seputar proses pengakuan pendapatan, sampe saking gugupnya gue ga bisa ngomong apa-apa lagi karena emang lupa materinya, lalu gue DISURU BACA EN BUKA SKRIPSI GUE SENDIRI.
Baru 15 menit en gue uda bingung mau ngomong apa lagi, kayanya seluruh isi kepala gue uda mudal semua. Bingung, deg-deg an, otak masih keram, lemes, campur aduk semua. Si ibu cuman ngeliat gue sebentar en bikin catetan kecil di skripsi gue.

"Yauda nih revisiannya kerjain ya jangan lewat 2 minggu, dah deh kasian kamunya tegang banget ya."

Finally, it finished. 


Selesai sudah sidang gue. Jam 12 gue masuk, ngga nyampe set 1 gue uda keluar lagi. Gue bener-bener ngga habis pikir sama apa yang baru terjadi. Setelah 3 jam hasilnya pun keluar dan gue dinyatakan LULUS!

Tanpa persiapan.
Ngga pake presentasi.
Sidang cuman 15 menit.
Sidang diluar jadwal.
Boleh buka skripsi.
Dan masih LULUS!


Untuk yang ketiga kalinya badan gue rasanya kaya ager-ager, otak gue yang seharian keram sekarang meleleh kaya isian lava cake. Ngga percaya, takjub, heran, amazed, macem-macem lah pokonya.

 If it's not a miracle, then I don't know what it is. Mungkin kedengerannya kaya cerita dongeng atau cerita yang terlalu dibuat-buat. Tapi gue pastiin ini sama sekali ngga ada rekayasa dan 100% kejadian nyata (ya kecuali buat part-part becandaannya). Gue jadi saksi hidup en mengalami sendiri kalo mujizat itu nyata en bisa tejadi kapan aja. 2 kata yang bisa ngewakilin seluruh kejadian ini. Thank You!

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


No comments:

Post a Comment