Thursday, August 25, 2016

5 Resep Kuno yang Bisa Kita Buat di Masa Kini

Hasil gambar untuk ancient food

Pengen tau gimana makanan raja-raja pada jaman dulu? Kan kalo di novel2 ato di dongeng2 gitu, sering diceritakan makanan bangsawan/raja2 mewah beud, enak beud, dan berkualitas. Nah, benarkan demikian? Penasaran & pengen nyobain makanan raja2 jaman dulu?

Ternyata ga mustahil loh! Para ahli sejarah berhasil menemukan & menyelamatkan kumpulan resep kuno yang pernah ditulis; dari waktu Raja Richard II berkuasa, sampai jauh ke belakangnya—jaman Yunani Kuno. Berikut biar gue perkenalkan resep2nya.



1. The Forme of Cury (th. 1390)

01

Buku resep paling tua yang ditemukan di Inggris. Kalau kita menyuguhkan hidangan dari salah satu resep disini, maka kita merasakan makanan yang sama dengan yang dimakan Raja Richard II di abad ke-14.

Buku ini ditulis oleh koki pribadinya Raja Richard II dalam bahasa Inggris Abad Pertengahan; berisi lebih dari 190 resep yang beragam, mulai dari yang simpel sampai eksotik. Beberapa resep bahkan begitu simpelnya, kira-kira terjemahannya begini: “Cemplungin bawang putih yang udah dikupas ke sepanci air, tambah minyak, taburkan kunyit ke atasnya.” Dah. Resep sup termudah yang pernah gue liat. Bukan berarti gue pernah nyobain juga sih, kaga tau enak ato ngga. Wkwkwk.

Contoh resep lainnya:
Pygg in Sawse Sawge  XXIX.
Take Piggs yskaldid and quarter hem and seeþ hem in water and salt, take hem and lat hem kele. take persel sawge. and grynde it with brede and zolkes of ayrenn harde ysode. temper it up with vyneger sum what thyk. and, lay the Pygges in a vessell. and the sewe onoward and serue it forth.

Translation—Pork in Sage Sauce
Take pigs scalded and quarter them and seethe (boil) them in water and salt, take them and let them cool. Take parsley, sage, and grind it with bread and yolks of eggs hard boiled. Temper it up with vinegar somewhat thick, and lay the pigs in a vessel, cover it with the sauce and serve it forth.


Ternyata resep2 di buku ini disuguhkan for real di Café at the Rylands, yang sejak tahun 2009 membuat dan mempertahankan beberapa resep yang populer di menunya. Ato kita juga bisa bikin sendiri kok; seluruh bukunya bisa didonlot disini, dan beberapa resep yang sudah dipermudah disini.


2. Annals of the Caliphs’s Kitchens (th. 1000)

Hasil gambar untuk annals of the caliphs kitchen

Buku ini, yang merupakan buku resep Arab tertua, ditulis oleh seseorang bernama Al-Warraq dan berisi lebih dari 600 resep yang bisa dicoba, beberapa di antaranya (kalo beneran lu buat) sama sekali berbeda dengan apa yang kita makan sekarang ini. Cara pembuatannya unik2 pula. Contohnya resep buat salah satu saus bernama white Kāmākh: sang koki harus mendiamkan susu di tempat sejuk selama 50 hari—kayanya maksudnya ini mau bikin sejenis saos yoghurt, tapi caranya unik, bisa dibaca disini.

Buku ini juga mengomentari budaya, sopan-santun, dan kesehatan, termasuk cara bagaimana mencegah hangover (sakit sesudah mabuk). Buku ini merekomendasikan agar kita memakan kubis sebelum minum2 dan membuat setup (semur gitu kali ya?) bernama “Kkishkiyya” pagi harinya, yang bisa menghilangkan sakit kepala dan sakit perut.

Buku ini bisa dibeli online. Atau kalo kalian penasaran sama resep Kkishkiyya ini, resepnya ada disini.


3.  Apicius (th. 500)

Hasil gambar untuk apicius

Nih berisi resep2 yang dibuat untuk jamuan makan kaisar2 Roma; dipercaya ditulis oleh Marcus Gavius Apicius, seorang koki Roma yang sukses. Makanan2 yang tertera di buku ini rupanya heboh dan terkenal pada masanya, karena mereka menemukan cara2 baru juga unik bagaimana mengolah daging. Salah satu contohnya; beri makan seekor babi dengan anggur bermadu dan masukkan segenggam penuh buah ara kering sebelum membunuhnya.

Buku ini berisi lebih dari 500 resep—400 di antaranya masakan bersiram saus. Buku originalnya bisa dibaca disini; tapi kalau mau bikin ini di masa sekarang mungkin agak susah, karena buku ini dimaksudkan dibaca oleh koki Roma berpengalaman, sehingga sebagian besar resepnya tidak menyebutkan berapa takaran yang harus dipakai—kalo kita mau bikin ini sekarang, insting kita harus kuat. LOL. Contoh nih (udah diterjemahkan dan ditambahkan beberapa catatan sama penerjemah):
[4] ROSE WINE [1]ROSATUM
MAKE ROSE WINE IN THIS MANNER: ROSE PETALS, THE LOWER WHITE PART REMOVED, SEWED INTO A LINEN BAG AND IMMERSED IN WINE FOR SEVEN DAYS. THEREUPON ADD A SACK OF NEW PETALS WHICH ALLOW TO DRAW FOR ANOTHER SEVEN DAYS. AGAIN REMOVE THE OLD PETALS AND REPLACE THEM BY FRESH ONES FOR ANOTHER WEEK; [47]THEN STRAIN THE WINE THROUGH THE COLANDER. BEFORE SERVING, ADD HONEY SWEETENING TO TASTE. TAKE CARE THAT ONLY THE BEST PETALS FREE FROM DEW BE USED FOR SOAKING.
[1] Used principally as a laxative medicine. List. These wines compounded of roses and violets move the bowels strongly.

Contoh lain:
HAMPERNA
[287] [Baked Picnic] HAM [Pork Shoulder, fresh or cured]PERNAM
THE HAM SHOULD BE BRAISED WITH A GOOD NUMBER OF FIGS AND SOME THREE LAUREL LEAVES; THE SKIN IS THEN PULLED OFF AND CUT INTO SQUARE PIECES; THESE ARE MACERATED WITH HONEY. THEREUPON MAKE DOUGH CRUMBS OF FLOUR AND OIL [1] LAY THE DOUGH OVER OR AROUND THE HAM, STUD THE TOP WITH THE PIECES OF THE SKIN SO THAT THEY WILL BE BAKED WITH THE DOUGH [bake slowly] AND WHEN DONE, RETIRE FROM THE OVEN AND SERVE [2].
[1] Ordinary pie or pastry dough, or perhaps a preparation similar to streusel, unsweetened.
[2] Experimenting with this formula, we have adhered to the instructions as closely as possible, using regular pie dough to envelop the parboiled meat. The figs were retired from the sauce pan long before the meat was done and they were served around the ham as a garnish. As a consequence we partook of a grand dish that no inmate of Olympus would have sneezed at.
In Pompeii an inn-keeper had written the following on the wall of his establishment: Ubi perna cocta est si convivæ apponitur non gustat pernam linguit ollam aut caccabum.
When we first beheld this message we took the inn-keeper for a humorist and clever advertiser; but now we are convinced that he was in earnest when he said that his guests would lick the sauce pan in which his hams were cooked.

Info tambahan: resep masakan babi dengan apel telah di-rekreasikan oleh The Silk Road Gourmet dengan instruksi2 modern dan spesifik, sehingga kita bisa mencoba salah satu masakan pada masa Kekaisaran Roma di masa kini.


4. Garum (th. 600-800 SM)

Hasil gambar untuk garum

Garum adalah masakan—sejenis saos/bumbu gitu sih sebenernya—ikan yang sangat asin. Kalo liat resep2 Roma kuno, mereka sangat sering memakai garum dalam masakannya. Disebutkan bahwa garum ini semacem bumbu ultimate yang bakal bikin masakan apapun enak (kaya pecin kuno mungkin). Chef Heston pernah mencoba membuat garum di salah satu episode Heston’s Feast.

Resep2 kuno yang ditemukan ga menyebutkan takaran2nya secara rinci, tapi seorang penulis yang merupakan spesialis makanan kuno; Laura Kelley, berhasil merekreasikan garum ini kira2 sama kaya resep kunonya. Laura harus mencampur-adukkan instruksi2 dari beberapa dokumen kuno yang bisa ia temukan, plus disertai insting kira-kira-ini-bakal-kerasa-enak-ga-ya, dan voila! Kita bisa lihat resep (lebih kaya diari) yang dia rekreasikan disini dan bikin sendiri—tapi mungkin butuh kesabaran ekstra karena saat resep originalnya dibuat, belum ada teknologi mumpuni sehingga butuh waktu fermentasi sekitar 9 bulan sampai garum ini siap.


5.  Kebab (th. 1700 SM)

Hasil gambar untuk greek kebab

Sejujurnya gue sendiri cukup kaget pas baca bahwa kebab berasal dari 1700 tahun SEBELUM MASEHI! Buat yang ngga tau, kebab adalah sejenis masakan dimana potongan2 daging ditusuk dengan tusukan semacem sate begitu deh, dan sampai saat ini makanan ini masih terkenal di seluruh dunia.

Ada bukti2 kuat dimana penduduk Yunani taun 1700 SM mengonsumsi kebab ini. Berarti tiap kali kita makan kebab, kita berbagi pengalaman yang sama dengan orang2 di 4000 tahun yang lalu! Wow.

Bahkan kebab China, yang disebut chuan, dipercaya merupakan adaptasi dari resep Yunani kuno, ditiru dari para pedangan Eropa sekitar 2000 tahun yang lalu. Orang2 China mencoba membuat kebab ini, menambahkan bumbu2 yang sesuai dengan lidah mereka, dan mengadopsi resep ini sebagai resep mereka sendiri. Ada bukti dari beberapa makam orang China yang mengatakan bahwa mereka mengonsumsi kebab ini sejak tahun 220 M.

Jadi, dimanapun kalian sedang berada, tiap kali kalian makan kebab, ingatlah, kalian sedang makan makanan bersejarah yang berusia 4000 tahun :D

______________________________________________

Sekian beberapa resep yang bisa saya bagikan. Buat yang penasaran, selamat mencoba!

Salam keju~!

Hasil gambar untuk ancient food
Nyem


No comments:

Post a Comment