Wednesday, July 13, 2016

Bahayanya Bawa Pemantik Ke Daerah Dapur

Kalau lu ngejatohin pemantik api plastik ke dalem fryer bersuhu 350⁰ F, maka lu punya waktu sekitar 20 detik untuk mengungsi dari area itu sebelum sebuah ledakan besar terjadi. Coba tanya gimana caranya gue bisa tau itu.




Waktu gue lagi kerja di sebuah restoran fast food, rekan kerja gue, sebut aja dia Reggie, menjatuhkan pemantik apinya ke dalam fryer tepat di sebelahnya. Dia cuma bisa ngeliatin aja saat pemantiknya itu tenggelam sampai ke dasar fryer. Koki lain yang ada di tempat itu, sebut aja namanya Mino, ngedenger bunyi *cling* dan *splash* di dapur yang memang sepi, nanya apa yang baru terjadi.
“Umm… Gue ngejatohin pemantik ke fryer,” jawab Reggie.
Mereka berdua terdiam selama beberapa saat.
Akhirnya Mino ngomong, “Eh, itu ga bagus kan?” Dengan segera Mino lari keluar dapur dan berlindung, berasumsi Reggie juga mengikutinya.
Sayangnya ngga begitu. Reggie tetap di tempat, berpikir gimana caranya dia bisa ngambil pemantik itu dari fryer. Dia pun mengambil capitan panjang, dan mulai ngoprek minyak di fryer tersebut. Koki ketiga, yang baru dateng plus sama sekali gatau-menau soal bencana yang sedang dan bakalan terjadi, mendekati Reggie, “Lu lagi ngapain sih?”
Pada saat itulah cangkang plastik dari pemantik Reggie udah cukup meleleh untuk memancurkan geiser gas super-panas berikut minyak 350⁰ F tepat ke langit-langit dapur, kepada Reggie dan koki ketiga yang malang itu (kacamatanya sampe kelempar bermeter-meter jauhnya), dan semua dalam radius dua meter. Berkat gravitasi, semua minyak di langit-langit berjatuhan kembali, menghujani dapur dengan minyak panas.
Reggie dan koki ketiga itu langsung lari nyari sumber air terdekat, dalam prosesnya ngedorong gue. Gue waktu itu lagi kerja di area lain, tapi gue masih bisa ngeliat apa yang terjadi, meski gue ga cukup deket buat ngerti semuanya. Dari sudut pandang gue, gue cuma liat Reggie nyodok-nyodok fryer dengan capitan dan detik berikutnya kaya ada granat meledak dalem fryer.
Semua yang hadir langsung panik dan mengambil tindakan—gue lari ke area fryer dan matiin semuanya, sambil kepeleset minyak dimana-mana. Minyaknya masih netes dari langit-langit, pengisap panas, meja counter, pokoknya dimana-mana. Dan semua orang ga ada yang tau pasti kenapa fryer bisa meledak kecuali Reggie dan Mino. Reggie udah mengurung diri di WC, berusaha bikin luka bakarnya mendingan dan ga mau ngomong apapun; sementara Mino ngebantu gue ngebersihin semua minyak yang berantakan, tapi gue gatau bahwa Mino tau semuanya. Jadi selama 20 menit kami berusaha menolong para koki yang kena luka bakar, nyari kacamata si koki ketiga, ngatur siapa yang bisa nganterin para koki ke UGD, dan berteriak, “ADA APA SIH INI SEBENERNYA?!”
Pada akhirnya kami semua tau bahwa tadinya ada pemantik api di dalem fryer. Dan ketika gue menguras fryer, gue nemuin pemantiknya. Pemantik standar plastik warna ijo, bagian atasnya yang dari besi udah ilang.
Reggie ga diijinin megang semua yang panas selama ampir sebulan.
-- By: Jenna Anderson --
Iye ini memang bukan kisah gue sendiri dan iye gue tau ini jam ngantor. Gue cuma pengen bagiin kejadian kocak ini aja, biar kalian tau bahayanya ngejatohin pemantik ke kubangan minyak panas. LOL.
Ahh... jadi pengen kentang McD.

No comments:

Post a Comment