Sunday, September 28, 2014

Kekinian (Part 1): Selfish Relationship

Halo kawan-kawan sekalian! Kembali lagi di acara Wonderful Land of Nanefandi!! Yeaaayyyy!!!

*nari samba*

Okeh... pada entri kali ini gue pengen cerita soal pacaran. Mungkin tidak menginspirasi seperti tulisannya Ranger Na, tapi gue tetep kepingin nulis topik ini berhubung sepertinya masih banyak di antara kita yang—meski uda beberapa kali pacaran—masih awam soal hal ini.

Awam dalam artian ga tau mana tindakan2 yang masuk diakal, mana yang ngga.



First, pacaran tu apa? Pacaran tu tahap dimana kita mengenal pasangan kita sebelum memasuki pernikahan, blablabla... You guys surely have known that from a loooong time ago. But do you know or even realize what is the meaning of that statement?

Biar gue perjelas. Pacaran tu adalah tahap dimana KITA (sebagai seorang individu) MENGENAL PASANGAN KITA (individu lainnya) sebelum memasuki tahap pernikahan. That statement alone can explain many things about being in a relationship. Jadi mari kita setop sebentar dan berpikir. Pacaran yang serius membutuhkan apa yang disebut keinginan untuk mengenal pasangan, baik itu di pihak elu, maupun di pihak si dia. ELU kudu mau mengenal DIA, DIA pun kudu mau kenal ELU.

Kenal disini tu dalam artian kenal sedalem2nya diri kalian, bukan cuma kenal:

“Lu siapa?”

“Oh, kenalin nih gue Toing.”

Itu sih kenalan doang namanya. Sekedar tau nama, pekerjaannya, statusnya, ga lantas bikin lu kenal dia sedalem2nya. Being in a relationship is all about knowing somebody deeply, not shallowly. Anggep lu uda tau nama lengkap si Toing tu Toing Uzurbawangtongkol, kerjaannya pegawai di perusahaan X, dia jomblo, lulusan Universitas Bandung Kokoro, asal dari Cijerah, suka banget ama ikan tongkol, ga suka keju, dan dia baik. Apakah itu semua cukup untuk membuat lu jadian dengan si Toing?

Belum cukup, kawan-kawan. Lu kudu ngerti dulu dia sifatnya kaya gimana. Baik tu baik apanya? Di depan lu bisa aja baik, tapi nyatanya dia suka mukulin cewe. Ngakunya kerja di PT X, bisa juga dia punya kerjaan sampingan jadi stalker. (Siapapun yang bernama Toing, mohon maaf Toing yang disini cuma buat contoh doang).

Gue ga ngomong tiap pasangan kita punya rahasia gelap. Gue cuma pengen kita semua sadar arti kata mengenal pasangan dengan baik itu seperti apa. Cobalah mulai sekarang kalian yang udah in relationship membuka diri kalian pada pasangan masing2. Yang belom pacaran, baru pedekate doang, cobalah juga membuka diri kalian pada siapapun lawan jenis yang kalian deketin.

Kalo ternyata pasangan kalian ato orang yang kalian deketin ternyata ga bisa nerima diri kalian apa adanya, sebagaimana diri kalian yang segituh, maka yah... He/she is not your soulmate.

As simple as that.

Tuhan bikin cewe dari tulang rusuknya cowo. Artinya, tanpa cowo, kita cewe ga bakal ada. Arti yang lebih dalemnya lagi, tanpa cewe, cowo bakal kesepian seumur idup. Arti yang lebih lebih lebih dalem lagi, cowo dan cewe diciptakan untuk SALING MELENGKAPI. Ga cuman ngelengkapin satu pihak doang loh ya, tapi SALING MELENGKAPI.

Inti yang mo gue katakan adalah, plis plis plis stop forcing yourself to your other half—or to someone you want to be in relationship with. Gue miris banget ngeliat banyak pasangan yang... duh, ego nya kebangetan. Contoh:

Cowo: “Gue ga suka lu deket-deket ama si A ()!”

Cewe: “Tapi bebs, si A itu temen deket gue dari kecil...”

Cowo: “Alaaah... deket2 gitu trus ntar pacaran. Lu mau ninggalin gue? Pokonya lu ga boleh ngobrol ama dia lagi!”

Dalam hal ini secara psikologi si cowo yang saking sayangnya sama cewenya jadi takut banget cewenya pegi ninggalin dia dan jalan sama cowo laen. I dare to say, it’s wrong, guys. Bukan berarti juga lu kudu ngebebasin cewe lu deket2 ama semua cowo yah. Maksudnya tu apa-apa ada batesannya. Cowo yang dewasa tu adalah cowo yang bisa ngasih kebebasan ama cewenya, kebebasan yang tetep ada batesannya. Dalem contoh ini, misal si cewe deket banget ama si A sampe nempel2, rangkul2an, peluk2an, kalo maen sering pegi 2an doang, nah itu uda kelewat bates. Saat lu uda dalem relationship, girls, sediakan tempat itu untuk cowo lu. Cowo laen uda ga berhak lagi memperlakukan lu seperti sebelom lu dalem relationship (ya rangkul2an, peluk2an, jalan 2an kaya gitu). Begitu juga sebaliknya yah. Cowo juga harus tau diri. Kalo uda punya cewe, jangan pegangan tangan, rangkul2 ato peluk2 apalagi jalan 2an ama cewe laen selaen cewe lu.

Wahai kalian para cowo, ingatlah hal ini. Jaga sikap, apalagi kalo kalian uda punya cewe.

Para cewe, perhatikan baik-baik. Jaga sikap, apalagi kalo kalian uda punya cowo.

Tapi cukup sampe batesan itu. Dalem hal ngobrol? It’s just talking to each other, nothing to worry. Curhat? Nah, curhatnya juga soal apa?

Temans, jangan pernah, sekali lagi gue bilang, JANGAN PERNAH CURHAT SOAL PASANGAN LU KE TEMEN LAWAN JENIS LU (cewe cerita ke cowo, cowo cerita ke cewe). Itu sebenernya ga pantes. Curhatlah soal cowo lu ke temen cewe lu yang bisa lu percaya, begitu juga sebaliknya. Tapi lain halnya kalo misalnya lu pengen curhat soal kerjaan kek, tugas kek, temen yang aneh lah. Itu baru boleh curhat ke temen lawan jenis lu.

Kenapa? Soalnya kalo lu curhat soal pasangan lu ke temen lawan jenis lu, itu samanya dengan lu membangun barrier dalam diri temen lawan jenis lu itu. Temen lu bakal tau “ternyata pacar si Taping kaya gitu” dalam artian negatif, dan selamanya dia jadi bakal punya imej jelek tentang pasangan lu, bisa sampe dia ga bakal nerima hubungan lu ama pasangan lu untuk seterusnya, padahal makin kesini hubungan kalian udah makin apet (waktu dulu lu cerita pas lagi ribut aja memang). Kalo uda putus sih baru boleh curhat ke temen lawan jenis lu itu. Itu juga ga perlu ngejelek2in laaah... Kaya anak kecil aja. Ceritain aja apa adanya.

Di sisi lain, jadi cewe juga jangan egois. Contoh:

Cewe: *tururut* (telpon) “Yank, jemput aku dong! Ujan nih disini...”

Cowo: “Maap, Sayang. Aku lagi rapat nih, urgent. Kamu nebeng ke temen kamu aja, ya.”

Cewe: “Gamau ih, repot. Mending sama kamu. Cepetan dong kesininya.”

Cowo: “Tapi ini rapatnya lama loh, Sayang... Yakin ga mau nebeng temen?”

Cewe: “Iya, udah sana cepetan!”

Sepuluh menit kemudian...

Cewe: *tururut* (telpon lagi) “Kok kamu lama banget sih?! Aku cape tau nunggu terus disini!”

Cowo: “Ini rapatnya baru juga mulai, Sayang. Kamu tadi aku suruh nebeng malah ga mau...”

Cewe: “Oh, jadi salah aku, gitu? Ya udah! Ga usah ngomong lagi sama aku!”

Cowo: “Tapi, Sayang...”

Cewe: “Kamu ga pernah ngertiin perasaan aku!” *tut tut tut* (telpon ditutup)

Cowo: “. . .”

Pernah denger skenario di atas? Oke, mungkin sangat sering denger yang mulai dua kalimat terakhir. “Kamu ga pernah ngertiin perasaan aku!” atau “Aku yang selalu salah, kamu yang selalu bener!” Gue pengen ngegampar orang yang bilang kaya gitu padahal dia sendiri juga ga ngertiin pasangannya.

Teman-teman yang terkasih (mo itu cewe, mo itu cowo)..... sebelom ngomong gitu, tanya dulu ama diri sendiri: sudahkah kalian mencoba mengerti pasangan kalian terlebih dulu? Entah itu mengerti soal keadaan mereka, situasi yang sedang mereka alami, atau bahkan dilihat dari sifat dan jalan pikiran mereka. Sudahkah kalian menempatkan diri kalian dalam posisi dan cara pandang mereka?

Belom?

Nah.

Kalo udah dan ternyata emang pasangan kalian yang kampring, coba bicarakan baik-baik saat keadaan udah tenang, saat pikiran kalian dan pasangan kalian sama-sama udah jernih. Ujung-ujungnya jadi enak, ga ribut, ga terancam putus, dan lain sebagainya.

Sebagai penutup dan intermezzo, gue punya cerita soal pengalaman seseorang yang kurang lebih mengandung inti dari apa yang gue bagikan di atas.

Sebut saja si cowo namanya Tamvan dan si cewe namanya Derpina (2-2nya bukan nama asli).

Tamvan ama Derpina ini pacaran. Mereka uda pacaran cukup lama juga sih. Nah, si Tamvan kebetulan punya kerjaan di luar kuliahnya; doi punya toko, alhasil sepanjang hari waktunya abis antara kuliah, ngecek toko, ama ngunjungin pacarnya. Kebetulan lokasi kuliah, toko, dan rumah cewenya berjauhan, bayangin aja segitiga bermuda yang mengelilingi kota Bandung—semacem itu lah. Otomatis waktu dia kebanyakan abis di jalan kan, da dimana-mana macet beud sekarang Bandung. Hemeh.

Si Tamvan ini sekali-kali ngajak Derpina nonton. Berhubung seharian penuh dia sibuk, nontonnya tuh biasanya di atas jam 9 malem. Itu pun doi buru-buru—dari pagi kuliah, siang sampe malem di toko, jam 6 balik dari toko, nyampe rumahnya dia jam 7, belom mandi dan sebagainya, nyampe2 di rumah cewenya bisa jam setengah 9 trus kemudian nonton di PVJ sana (kalo diukur jarak, tempat-tempat yang disebut uda kaya segiempat bermuda aja, bukan lagi segitiga). Telat lah pasti nyampe PVJ-nya. Si Derpina biasanya marah-marah soalnya telat nonton.

Si Tamvan sempet dituduh selingkuh. 

You Don't Sayy -  You don't say?

Padahal mo selingkuh gimana, toh waktu buat selingkuh aja ga ada -__-

Itu sedikit dari entah berapa banyak kejadian dimana Derpina marah-marah karena Tamvan telat menghabiskan waktu bersama Derpina. Sampe akhirnya si Tamvan ga tahan lagi. Dia pun minta putus.

Ternyata Derpina ga terima. Pikirannya langsung kalut. Dia udah ga bisa mikir. Tanpa bawa dompet, SIM, HP, atau apapun, Derpina make mobil ortunya, trus nyetir masuk tol ke arah Jakarta. Dan kemudian di tengah tol bensinnya abis.

mad dog biar greget -  Ga bawa dompet, SIM, atopun HP, trus nyetir mobil sendiri ke tol Bandung-Jakarta
Biar greget

Singkat cerita, entah gimana caranya, akhirnya ortunya tau dan nyusulin Derpina ke tempat mogoknya mobil itu. Tapi ternyata si Derpina gamau pulang kalo yang jemput bukan Tamvan.

Dihubungilah si Tamvan. Mau ga mau, demi keselamatan dan kesejahteraan keluarga si cewe ini, Tamvan menyanggupi. Dia ngejemput Derpina dan mulangin dia ke rumah dengan selamat.

Sejak saat itu rupanya hubungan di antara mereka berdua masih terjalin. Si Derpina pengen balikan, tapi si Tamvan (yang emang sebenernya masi sayang ama Derpina, tapi males juga kalo pacaran dimarah2in mulu) ragu2. Intinya mah mereka HTS aja—Hubungan Tanpa Status. Kadang si Derpina suka ke rumah Tamvan.

Suatu hari, waktu Derpina lagi maen di rumah Tamvan, Tamvan ngomong terus terang, “Gue ga bisa balikan lagi sama lu, Derp.” Trus kemudian Tamvan pergi, sekedar ngambil minum ato naro barang, ninggalin Derpina di ruang tamu sebentar. Pas balik, ruang tamunya udah penuh darah.

Si Derpina nyayat tangannya sendiri.

Syok lah jelas si Tamvan dan mamanya (yang pas lagi ada di rumah). Untungnya Derpina ga langsung bertemu Bapa di surga. Dia masih bisa diselamatkan. Dan sejak saat itu juga, si Tamvan ga mau ketemu Derpina. Keluarganya Tamvan pun langsung nge-blacklist Derpina; kalo Derpina mo nemuin Tamvan di rumahnya, mamanya Tamvan langsung pasang pager betis.

Dasyat kan?

Diawali dengan keegoisan pasangan, berujung pada putus, dan sampai akhirnya... yah gitu.

Being in a relationship itu artinya kalian kudu nyiapin hidup dua menjadi satu, alias pernikahan. Kenali dan ngertiin pasangan kalian sedalem-dalemnya, jangan cuma mau dikenal ato dimengerti ama pasangan tapi kalian sendiri ga mau kenal pasangan kalian. Saling mengertilah, dan saling melengkapi.

Sebagai penutup yang bener2 penutup, gue mo mengatakan: NONTONLAH SAO II!!! Itu mantap, gan! Kudu musti wajib nonton! SAO II, trus Gekkan Shoujo Nozaki-kun, trus Akame ga Kill. Tiga anime greget yang bikin kalian ketagihan. :D

Sword Art Online II - Gun Gale Online


Gekkan Shoujo Nozaki-kun


Akame ga Kill!

P.S. Gue kebanyakan baca 1Cak jadi bahasanya gitu :D

No comments:

Post a Comment