Friday, September 5, 2014

This is what we're here for

Hai hai hai.. Awesome is on da stage! Wha wha wha whazzaaaaappp yoo ~
Udah kaya Eminem belom?
Jujur gue sangat punya banyak waktu kosong, gue punya banyak ide untuk dituangkan, dan gue juga punya setumpuk cerita yang ingin gue bagikan etapiiiiii... Gue selalu lupa kalo gue punya blog yang harus diurus, dipelihara, dan dierami. Muuph eaaa ~

Sowry :)
Baidewei gue akhirnya gue akhirnya mencatatkan high score di game Angry Bird di hape gue. Rekor sebelumnya adalah 9 dan sekarang tebak coba. 150? Cih. 13 coy. Okesip.




Well kita mau bahas apa ya kali ini?
(Gue tau pertanyaan diatas langsung membantah pernyataan yang gue tulis pada baris ketiga dan keempat, gue ngga nyangkal itu sama sekali)

Oke ngga kerasa sekarang uda bulan September aja ya ngga sih? Taun ajaran baru. Anak-anak cewe SMA baru yang sibuk nyiapin sweet seventeen-an. Mahasiswa-mahasiswa baru yang bersuka ria karena akhirnya bisa meninggalan seragam yang selama 12 tahun ini melekat pada tubuhnya. Termasuk gue yang akhirnya nginjek semester 5 dan gue masih buta arah apa yang akan gue lakukan ke depannya. Apakah aku harus menjadi seorang akuntan publik sama seperti apa yang sedang aku pelajari sekarang? Atau aku harus pergi mencari ketujuh dragon ball untuk memanggil Shen Long? Aarrrgghhhhh what i'm supposed to do when the best part of me was always you ~ (maap gagal fokus)

Tapi beneran. What I have to do next?

Gue pernah bahas (malah sering banget gue bahas) kalo si Fan ini adalah seorang 'supir angkot' yang budiman. Dan gue adalah navigator yang ngga kalah budiman juga, bedanya gue lebih mirip Budi Anduk. Dan yang perlu kalian ketahui ketika kami berkendara adalah salah satu dari kami pasti marah-marah. Setelah gue selidiki ada 2 faktor penyebab gue atau Fan marah-marah, yaitu:

1. Gue marah-marah kalo dia nyupirnya main serong kanan kiri ngga puguh bak orang lagi diare kebelet pup mencari-cari sebuah kloset kosong untuk dihinggapi (supir angkot budiman).
2. Dia marah-marah kalo gue ngasi tau jalan ngga bener dan bukannya memberi info jalan yang benar tapi malah ngasi info jalan yang muter-muter, makin jauh dari jalur sebenarnya, macet lagi (navigator mirip Budi Anduk)

Tapi sekarang gue ngga akan bahas siapa diantara kami yang paling budiman (ato mirip Budi Anduk) karena kami uda ngga akan berkendara bersama juga. Diantara 2 nomaden Rangers lainnya gue paling sering ketemu dan bertegur sapa sama si Pervert satu ini secara tiap minggu ada lah 1 - 2 kali ketemu entah di gereja atau di gereja *plak*. Dan mengingat hubungan kami yang sudah berlangsung bertahun-tahun lamanya so pasti secara langsung atau ngga langsung, mau atau ngga, kepengen atau ngga gue ngerti tumbuh kembangnya bocah ini dari waktu ke waktu. Dari yang dulu gadis maniak anime, doyan baca komik sama ngegambar sampe sekarang ya sama aja sih sebenernya. Bedanya sekarang dia bikin gambar komik buat warta, maen tamborin, dance, dan masih menjadi keyboardist yang diandelin di gereja kami. Hebat? Ya. Talented? No question at all. Semua terjadi di depan mata gue. (Sekarang uda jam 1 pagi en semoga dia ngga tidur sambil ngambang karna mungkin idungnya uda kaya balon ulang taun mekdi, lol).

Contrast banget dengan gue. Dari dulu sampe sekarang nyaris ngga ada yang berubah dalam idup gue. Bahkan mungkin gue termasuk orang yang sering disebut 'good-for-nothing-man' . Like, seriously sampe sekarang gue bahkan ngga bisa maenin satu alat musik pun dengan benar. Dan dari sinilah kedangkalan otak gue berawal. Gue pernah latian gitar selama 2 minggu lalu gue tinggalin. Gue pernah latian piano sebulan dan ujung-ujungnya gue tinggalin juga. Apa gue sirik sama temen-temen yang pada jago main musik? Banget. Tapi gue sadar akan apa yang gue punya dan biarlah impian itu sekedar menjadi mimpi belaka.

Satu-satunya hal yang gue bisa dan (untungnya) suka gue lakukan adalah bernyayi. Gue ngga bilang suara gue bagus ya, bahkan kalo gue nyanyi nadanya kemana-mana. Orang nyanyi di nada C gue bisa dari G atau sebaliknya. Ketika kita sing along lagu Payphone-nya Maroon 5 entah kenapa gue bisa tiba-tiba nyanyi lagu Ada Apa Denganmu-nya Peterpan. So ngga nyambung banget kan?

Suatu ketika gue diminta buat jadi pelayan singer di gereja. Takjub juga karena gue sadar suara gue ya gitu-gitu aja. Tapi yaudalahya toh cuman singer ini, masih dibelakang worship leader dan masih ada temen-temen singer lainnya. Kalopun suara gue jelek ato males nyanyi kan tinggal lip sing aja apa susahnya ya ngga? Challenge accepted and officially I became a singer since that day.
Singkat cerita setelah lama gue jadi singer, gue ditawarin lagi buat jadi pelayan mimbar. Tapi sekarang sebagai worship leader. Men! Gue masi merasa belom bener nyanyi, masi from Payphone to Ada Apa Denganmu dan sekarang disuru mengemban tugas maha suci sebagai worship leader!? Gila. Pikiran gue berkecamuk dan bingung ngga karuan. Ditengah kebimbangan dan kegalauan Mahabarata eh maha dasyat gue mencoba berfikir positif. "Mungkin di kuping mereka suara gue uda bagus."Gue berfikir seperti itu dan meng-iyakan aja tawaran itu. Ternyata engga juga. Suara gue masi from Payphone to Ada Apa Denganmu.

Disinilah saat-saat depresi gue dimulai. Gue masuk di tahap buat apa gue pelayanan kalo hal yang gue lakuin justru bikin malu Tuhan gue. Ketika orang lain maen gitar saking jagonya sampe tangannya kaya gurita gue yakin dan percaya Tuhan bakal bangga sama orang itu. Lah gue? Cuman bisa nyanyi dan itu fals. Sama kaya lu pacaran sama anak konglomerat taipan minyak Rusia sedangkan lu sendiri cuman anak sederhana dari desa yang pergi kemana-mana masih nyeker. Dia nya sih mau sama elu, tapi masih layak-kah elu buat Dia?

Gue tau diri. Gue berfikir daripada semakin lama gue melayani semakin Tuhan gue dipermalukan mending gue udahin aja semua. Terimalah kenyataan kalo gue adalah 'good-for-nothing-man' yang ngga bisa apa-apa. Saat itu gue membulatkan tekad untuk berhenti mengambil pelayanan.

Tapi anehnya setelah gue punya pikiran itu, justru semakin banyak gue diberi kesempatan untuk melayani. Banyak banget sampe sebulan itu full gue melayani baik jadi singer ataupun worship leader. Gue terus berfikir dan bertanya-tanya dalem hati. Tuhan, Engkau tau aku ngga bisa apa-apa, Engkau tau banyak orang lain disana yang lebih hebat yang bisa melayani-Mu lebih baik dariku. Tapi kenapa Engkau memilihku? Gue seakan-akan ditahan untuk pergi dan gue ngga bisa ngelawan hal itu.

"Mau kemana sih lu? Mending disini aja udah sama Gue. Uda gausa kemana-mana lah." Kalimat itu yang sering banget gue rasain tiap kali gue nyanyi. Dan ya, disitu gue disadarkan dari pikiran sempit gue yang selama ini membodohi diri gue sendiri. Tuhan kita itu Tuhan yang baik banget. Tuhan kita itu Tuhan yang tau batas kemampuan kita. Dia ngga minta kita buat jago maen musik dulu baru nyembah Dia. Dia ngga minta buat latih suara lu kaya penyanyi papan atas baru datang dan menyembah Dia. Enggak! Datang dan berikan apa yang terbaik yang bisa lu lakuin. Cuman itu yang Dia minta.

Yohanes 15:16, "Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Aku yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu."

Bukan kita yang memilih untuk melayani Tuhan. Tapi Tuhan sendiri yang memilih kita untuk melayani Dia. Bukan karna kita hebat tapi ya simply just because He wants you to do that, not everyone else. Pelayanan apapun yang sedang lu jalani sekarang, lakukan semua dengan usaha terbaik yang bisa lu lakukan. Mungkin lu merasa pelayanan lu ngga penting karena bagian lu cuman sedikit atau karena ada orang lain yang bisa melakukan lebih hebat daripada diri lu. Selalu inget kalau apapun hal yang sedang lu lakukan saat ini itu Tuhan sendiri yang pilih. Tuhan itu baik men, Dia ngga minta yang muluk-muluk. Cukup berikan yang terbaik yang bisa lu kasih buat Dia, dan lakukan semuanya itu dengan sepenuh hati. Melayani Tuhan ngga cuma di mimbar atau di dalem gereja doang loh. Melayani sesama, keluarga, dan orang lain juga termasuk pelayanan yah guys. Modalnya? Nih Tuhan yang kasih sendiri tubuh kita sebagai modalnya. Segambar dan serupa dengan-Nya lagi. Kurang apalagi coba?

Yeap.. that's all for today. Kok gue malah jadi curhat ya? Yaudalahya... hahahaha.. baidewei gue lagi suka dengerin lagunya The Afters - What We're Here For . Gue rekomendasiin kalian buat dengerin juga deh. Keren ga boong hahahah ciaaoooo ~

"This is what we're here for
to show the world how You love it
This is what we're made for
to lay it all down like You did
When we feel useless, You still use us
Help us not forget
This is what we're here for"

- The Afters

1 comment: