Saturday, August 10, 2013

Hola, people!!!!!

O's writing! Hahahaa... finally
(buat yang ga ngerti "O" itu apa, harap baca post-post sebelumnya, yah...
Gue lagi ngabisin liburan Lebaran di Pontianak. Super banget, deh! Gue beneran jatuh cinta ma Pontianak! Kalian harus nyempatin sekali aja dalam hidup lo buat liburan ke sini. They have foods to die for! Dan gue uda sekitar 3 hari ternganga sama enaknya makanan di sini. Gendut dengan sukses itu sangat gampang. *sigh*
And that's why I can post this post


So, yeah gue sekarang lagi kerja praktek di tempat yang jauh dari mana-mana, literally.
Dimanakah tempat ituuu???

Di Ngabang, Kalimantan Barat.
Buat yang gatau Ngabang itu apa, KASIAN DEH LO! (padahal gue sendiri baru tau yang namanya kota Ngabang waktu uda kuliah gara-gara kakak kelas yang dikirim dinas di sini :p)

Anyway
Gue mau share banyak hal yang gue alami belakangan ini. Dan gue aneh sendiri. Kenapa kok gue ngalamin hal-hal yang seharusnya dialamin sama si Ndi? Ternyata kebanyakan gaul sama orang yang salah akan menular juga. Berhati-hatilah! LOL

Pergi practicum (atau kalian biasa sebut Kerja Praktek) di Kalimantan itu awalnya excited! Wow! I love surprises that My Big Papa gave to me! Kapan lagi gue bisa pergi ke tempat yang baru, dapet pengalaman baru, gratis, dan makin nguatin tujuan hidup gue? Gak semua orang bisa dapet, loh! Tapi lama-lama berasa juga sih saat ngeliat muka-muka orang yang bakal gue "tinggalin" selama 4 bulan. Kebetulan, gue lagi liburan saat itu. Ngeliatin muka papi-mami, sedih juga. Apalagi gue gak pernah pergi jauh-jauh kecuali liburan ke Singapur pas Desember. Itu juga cuma seminggu. Ngeliat muka kembaran gue -> Sloth Ranger kita, jadi lebih sedih lagi. Secara gue gak pernah jauhan ma dia. Terus jadi inget pacal. Belajar LDR, dong? Hiks. Ngeliat muka Rangers yang laen yang literally saking sedihnya kayak ngeliat orang mohon-mohon sambil ngesot di lantai (walopun lebay, tapi itu yang kegambar, Rangers. Mana kalian sok galau lagi. Huh!) Inget mentor-mentor gue yang unyu, inget mentee yang lebih unyu lagi, sedih abis deh. Tapi gue tau, my story must go on :) Cerita yang uda susah-susah dibuat Papa, pasti indah dan gak sia-sia!

Cerita berawal dari pesawat Li*n Air yang sangat aneh. Kursi sempit dan pesawatnya kotor. Say no deh buat Li*n penerbangan domestik. Turbulence nya parah sampe pesawat kita tuh jatoh ketinggiannya yang beneran bikin jantung mau copot dan dag dig dug gak jelas. Landing nya kasar juga. Double ugh.
Waktu gue touch down di bandara Supadio - KalBar, ternyata Supadio itu bukan di Pontianak, kawan. Tapi di Kubu Raya. Kalau mau ke Pontianak, minimal jalan setengah jam deh. Minimal. Dan saat itu gue lagi pake operator Ax*s di Blackberry gue. Ternyata, saudara-saudara: Ax*s gak ada jaringannya di Kalimantan Barat. Dengan sukses layar BB gue bertuliskan: No service. Haleluya! Langsung gue ganti sim card BB pakai nomor 3 yang uda menemani gue melewati suka dan suka dari jaman ababil sampe sekarang. And you know what?! 3 adalah operator yang sinyalnya kuat sampe ke pedalaman Kalimantan!! Ampir setara sama Telk*msel di sini. Haleluya!!

Sampai di Supadio, datenglah "anak" dari Sloth Ranger kita: VICKY!!! She is a sweetheart. Dia sambut kita dan bawain makanan plus cemilan buat dua hari!! And she is also a faithful reader of this blog from Pontianak. Love you, girl!

Dimulailah perjalanan dari Supadio ke Ngabang. Sopir kita gaul abis. Namanya, Pak T. Dan kalau gue ngomong gaul, itu artinya dia sangat gaul untuk ukuran orang normal. Dia gak berenti ngomong selama sekitar 6 jam perjalanan kita. Kita berenam sampe bikin tugas "ronda": giliran tidur. Yang gak tidur harus ngajak ngomong Pak T. Curangnya gue: gue pake headset segede gaban, dan tidur. Dan you can guess, gue gak bangun-bangun kecuali kalau kita singgah buat makan atau ngopi. Muahahahaha. Tapi Pak T itu seriusan so sweet banget dah! Baik banget dia... Bayarin makanan kita, banyak wejangan bijak, bahkan nawarin bantuan untuk apapun! Jadi kangen deh gue sama Pak T :').

Sepanjang perjalanan, kita berenam makin panik. Kok kiri-kanan sawit semua? Hutan juga. Jurang juga. Gawat. Berapa jauh lagi nih? Kalau kalian orang Bandung, gambaran yang paling pas itu jalan dari Bandung ke Ciwidey (bukan Lembang lagi. Lembang uda lumayan modern). Hutan makin lebat, sawit makin tebel, dan yak ternyata bener-bener di dalem daerah. Hal yang paling berkesan itu waktu tiba-tiba Pak T ngerem mendadak karena ada teman kita yang (biasanya) imut : babi. Astaga beneran deh. Itu babi maen nyebrang gitu aja, dong! Pasti sebagian besar dari kalian belum pernah liat babi segede kulkas kecil nyebrang jalan, kan? Gue uda pernah. Plus 1 poin buat gue. Bertambahlah info dari Pak T yang minta maaf karena ngerem mendadak, "Babi itu paling anti ditabrak, bah. Kalau kau tabrak babi itu dan ternyata betina, hitungannya ribet! Babi itu umur berapa, masih bisa hidup kira-kira berapa tahun lagi, kira-kira bisa punya anak berapa kalau dia hidup sampai mati normal, harga sekilo daging babi berapa. Kalikanlah semuanya itu! Jutaan pasti itu hasilnya, bah!" Dan kami berenam langsung diem. Gak mau ngitung dan berdoa dalam hati supaya gak ada babi yang lewat lagi. Kalau ketabrak, apa yang bisa kita kasi sebagai jaminan?? Mending beli babi 1 ekor, potong, masak, makan. Lebih enak dan murah!

Sampai di sekolah, kita mulai sembuh dari shock karena letak sekolah ini yang serba jauh dari mana-mana. Sekali gue di sana, gue gakan bisa kemana-mana lagi. Ditambah lagi koneksi internet di sana itu gak bisa diharapkan. Sama sekali. Gue gak bisa buka apapun, laptop gue uda "nangis" minta di-update anti virusnya, buka email aja mungkin bisa sejam dan belum tentu kebuka. Gue cuma bisa bergantung sama BB buat tetep ngejaga gue up-to-date. Full service uda wajib hukumnya. Tapi canggihnya, setiap hari gue bisa nonton TV kabel. hahahaha!

Hal-hal di sana itu harus serba sopan. Gak boleh ada baju atau bawahan di atas lutut. Makanannya aneh-aneh. Pagi pertama, gue disambut sama ular yang lewat di dapur pas kita masak sarapan. Pas kita sibuk naek kursi, eh salah satu pegawai di sana bawa tongkat dan mukul kepala tuh ular, "Asik nih buat disop!" Kita berenam langsung melongo. Dan ternyata makanan ekstrem emang jadi makanan sehari-hari. Ular ma anjing itu udah biasa. Orang di sana kalau ngeliat anjing, "Wah, ada rendang lewat, bah!" Omaigat. Mau yang aneh lagi? Ada ikan yang dibusukin selama berminggu-minggu, ulat sagu dimasak kacang panjang, durian yang diperam berminggu-minggu juga ada! Khusus yang durian itu, namanya tempoyak, dan gue suka!

Anak-anak di sini sangat friendly! Mereka juga pelajar yang antusias. Jadi seneng ngajarin mereka. Yah, walaupun yang nakal sih pasti ada. Tapi gapapa, kok.. Kelucuan mereka mengalahkan kekesalan gue. Suhu udara di sana? Panas menyengat!!! Ponti sama Ngabang itu adalah salah dua kota yang suhunya bisa lebih panas dari Jakarta. Tapi, Jakarta kan panas karena pengaruh polusi, kalau di sini sih panasnya MURNI karena matahari. SPF sama payung uda jadi equipment harian yang haram dilupain. Kalau kita nyuci pagi-pagi, sore uda langsung kering, loh! Jempol banget dah buat panasnya. Tapi, perubahan cuaca di sini juga ekstrem. Pas lagi panas-panasnya, 10 menit kemudian bisa hujan badai. Gue paling kesel kalau pagi-pagi cucian gue uda nangkring manis di jemuran dengan sinar matahari yang gue yakinin bakal tahan sampe sore, siangan dikit pas uda 3/4 kering eh jadi basah kuyup lagi gara-gara hujan. Malesin banget.

Lingkungan sekolah gue masih dikelilingin sama hutan. Kalau lagi ada acara, biasanya guru dan karyawan sini bikin acara masak-masak dan makan-makan yang ENAK BANGET! Ayam tinggal potong karena ada yang berkeliaran dan itu ayam kampung pula! Daging lain tinggal beli. Sayuran tinggal metik di hutan, kadang malah kita hiking sambil nyari tanaman pakis sama ubi buat dimasak. Pokoknya, gak perlu keluar biaya terlalu mahal buat makan enak di sini.

Kayaknya sekian dulu deh posting gue kali ini. Kan sifatnya update doang. Nanti kalau ada yang harus di-post, gue bakal kirim ke salah satu Ranger buat ngetikin dan post tulisannya atas nama gue. Siap-siap diperbudak yah, Rangers! Hahahahaa!
Kalau mau lebih tau lagi dan mau nanya-nanya, leave your comment below. Pasti bisa gue baca, tapi gak bisa bales karena keterbatasan koneksi yang gue bilang tadi. Nanti bakal ada secret angel yang bales yah. Okay, Rangers?? ("Okay!!!") There, they gave their 'okay'ness.

See you in another post!!
-O-

18 comments:

  1. ga faithful-faithful amat sih ya

    ReplyDelete
  2. Gpp kok.. kita biasanya bayar orang buat skedar baca blog ini.. hiks...
    Emmm... belom pernah sih liat babi sgede kulkas nyebrang.. tapi ampir disrempet sapi sgede mobil av*nza..
    Oiya.. mksud dr paragraf 4 kalimat 4 Apa yaaa?

    ReplyDelete
  3. hahaha sya sih baca semua post kecuali yg di post om andi :)

    ReplyDelete
  4. OM ANDI DOOOOOONNNNGGG!!!
    Makasih loh yaa dik Vicky.. OM andi seneng deh sama adik.. oiya, uda tau belom kalo OM itu pedo? :)

    ReplyDelete
  5. tau kok OM. dari muka udh keliatan soalnya, tp ya emg ga tertarik sama OM so not a big problem. muahahhaha dipanggil apa harusnya? kko andi bg andi kak andi mbak jeng ato apa? oh aku baru inget terakhir dipanggil PAK ya ko? :p

    ReplyDelete
  6. Really.. Na! Ne! Kalian bkin spesimen apa sih di ngabang!? Uda cukup sama kalian 3 an knapa harus nambah 1 lagi makhluk kek gini!! *flip table*
    Gue uda baca blog lu looh... i know what u did to your aunty.. thx for the info btw.. that 'conjuring' moment muahahahahahaha

    ReplyDelete
  7. Gelo ngakak.. Vicky kamu anak yg pintar sekaliiii~!! Buahahahahaha!
    Buat Ne: *gasp* lu makan ulet? Argh.. Kalo g ksana kayanya ga akan makan makanan yg satu itu.. Duren nya kedengeran enak :d
    Btw, g menunggu2 kisah bodoh yg lu alami sprti yg biasa dialami si andy.. Kok ga ada? Wkwkwkwk

    ReplyDelete
  8. Lu ke blog nya si vicky gih.. klik aja profilenya.. dia cerita lengkap smua dr yg membabi sampe membau bareng.. buahahahaha

    ReplyDelete
  9. hahahahaha kalo ketemu perang aja kita om andi :)
    bikin world war z ke-2

    ReplyDelete
  10. Ditunggu di tanah jawa aja ya coy.. om tunggu :) *mulai menerima kenyataan*

    ReplyDelete
  11. HIDUP WORLD WAR Z!! *loh*

    ReplyDelete
  12. bagi yg merasa ranger cwe perhatian, kami pemain utama world war z dan kalian adalah pemain figuran yg jd zombie nya ya okeee ..

    ReplyDelete
  13. I don't even have an interest to join it -_____-

    ReplyDelete
  14. BUAHAHAHAHAHAHA! Tah, ini baru bespren saia..! *brofist*

    ReplyDelete
  15. So easy to be her bestfriend.. meh, Pervert -___-

    ReplyDelete
  16. angger ndi.. u di mana-mana selalu kena bully aja..
    BWAHAHAHAHAHAHA...!! :))

    ReplyDelete