Thursday, May 16, 2013

Hakkenden : Touhou Hakken Ibun [Review Anime] -- Season 1

Helo helo semua!! Lama tak berjumpa!! Asli ini gue stres banget, belajar yang namanya Perilaku Keorganisasian, bahannya ga kira2 banyaknya! AAAAAAAAAARRRRGHHH....!!!! [Maklum, saat menulis ini sang penulis lagi UAS, daripada mulut berbusa gara2 otak overload, mending nulis tentang anime dulu :D]






Yap, anime yang saya bahas saat sekarang ini mungkin judulnya sulit, tapi kalo mau search di Google cukup ketik Hakkenden-nya aja. Si judul sulit itu sendiri artinya Hakkenden : Eight Dogs of the East.

Ceritanya tentang seseorang bernama Shino. Desa tempat dia tinggal terkena wabah mematikan yang membunuh semua orang kecuali dia dan dua orang temannya, Sousuke dan Hamaji. Shino selamat karena seseorang yang misterius tiba-tiba mendatangi dia (yang lagi sekarat di tengah2 desanya yang kebakar) dan ngasih Murasame, membuat Shino jadi penguasa sekaligus tempat bersemayamnya pedang berkekuatan dasyat, atau yang disebut blade of life itu. Selama lima tahun berikutnya mereka hidup tenang bersama di sebuah gereja , tapi kemudian keadaan itu mulai berubah saat Royal Church mengetahui keberadaan mereka. Belum lagi ada orang-orang yang berusaha mendapatkan Murasame demi keuntungan mereka sendiri.


[WARNING!!! SPOILER!]
Singkat cerita, Shino, Sousuke, dan Hamaji jadi tinggal bersama Satomi Rio dan Osaki Kaname, keduanya berupaya melindungi mereka dan senantiasa membantu setiap masalah yang mereka hadapi. Satomi Rio kemudian menyuruh Shino mencari orang-orang yang memiliki tama (bola kaca) seperti milik Shino. Ada delapan orang yang sejak lahir memiliki tama. Kedelapan tama ini--dan pemiliknya--konon punya legenda tersendiri.
 
Berikut tokoh-tokoh dalam Hakkenden :

Inilah tokoh utama kita, Inuzuka Shino. Pertumbuhannya terhenti di usia 13 tahun akibat kutukan karena dia menampung Murasame. Sejak kecil kesehatannya lemah, dan menurut kepercayaan keluarganya, Shino harus berdandan seperti wanita sampai umur 15 tahun agar tubuhnya bisa sehat. Sayangnya waktu umur 13, merebaklah wabah itu. Untung karena ada Murasame, Shino tidak pernah sakit lagi. Orang2 bilang bahkan Shino jadi abadi.
On a side note, seiyuu (pengisi suara) nya Shino adalah Kakihara Tetsuya, seiyuu yang juga menjadi seiyuunya Natsu [Fairy Tail]!! AAAA I LOVE HIS VOICE!!!

Inukawa Sousuke adalah teman masa kecil sekaligus "saudara" bagi Shino. Sejak selamat dari wabah lima tahun lalu, Sousuke bisa berubah wujud (semacem shape-shifter gitu) menjadi seekor anjing yang bernama Yoshiro--lebih tepatnya Sousuke menampung jiwa Yoshiro, anjing peliharaan Shino yang mati saat wabah. Kayanya sosok Sousuke ini menyimpan banyak misteri, yang sampe akhir episode season 1 ini ga dijelaskaaaaaann..... (۳‾̴̴͡͡▽‾̴̴͡͡)۳ Siapa dia sebenarnya? Kenapa jiwanya bisa terbelah dua? Siapa yang membelah jiwanya? Bagaimana takdirnya yang sesungguhnya?
Untungnya anime ini menjanjikan adanya season 2 pas Summer 2013 nanti (entah Summer-nya Jepang itu kapan, saya kurang tau). Kita tunggu sajalah. Wkwkwkwk.

Cewe kawaii inilah Hamaji, teman masa kecil Shino dan Sousuke yang juga selamat dari wabah desanya. Sousuke dan Hamaji diangkat sebagai anak oleh keluarga Shino, sebab itu mereka bertiga sangat akrab dan benar-benar menganggap satu sama lain sebagai saudara kandung. Tingkah laku Hamaji kadang menjadi humor dalam Hakkenden, soalnya dia sangat memperhatikan kesehatan orang-orang di sekelilingnya, sampai-sampai suka memasak makanan yang aneh-aneh. Contohnya : bikin muffin herbal, trus bikin teh dicampur herb-something plus DARAH KURA-KURA karena dia percaya semua itu sangat menyehatkan tubuh. Luar biasa sekali kamu, Hamaji.... *prok prok prok*
Hamaji juga bercita-cita jadi dokter, dan nantinya dia masuk sekolah khusus wanita.

I absolutely love this guy. Karena kitsune-nya.
Osaki Kaname dikenal sebagai salah satu anggota Four Family of Sacred Beast. Dia memiliki lima ekor kitsune (rubah) sebagai guardian spirit, suka di-summon buat jadi pelayan. Tapi meskipun para kitsune ini cute semua, mereka bisa jadi sangat menyeramkan kalau diperlukan. (OMG I'M SO LOVING THEM KITSUNE!!! Especially kyuubi, sayangnya di anime ini ga ada kyuubi....)

 Inilah cowok paling bishie (rupawan) di anime ini. *sigh* Tipe2 dingin-dingin keren gitu deh [fyi, he's my type.. Muwehehehe ( ・ิ∀・ิ) ]
Satomi Rio-lah yang memberikan Murasame pada Shino sekaligus menyelamatkan mereka bertiga dari desa berwabah itu. Dia juga penjaga Shino, selalu melindungi Shino "di balik layar", meskipun kadang Rio dibuat jengkel oleh masalah yang disebabkan Shino. Merupakan salah satu anggota Four Family of Sacred Beast, juga orang yang paling disegani. Oya, Rio punya semacam guardian spirit juga, berwujud serigala putih raksasa yang bernama Yatsufusa. Ada cerita cukup konyol dibalik hubungan Rio dengan Yatsufusa; kenapa sang sacred dog mau mengabdi padanya padahal dia seorang pria.

Inukai Genpachi, seorang kapten prajurit militer yang berubah menjadi oni (monster) dan ditangkap oleh seorang biksu bernama Seiran. Dia disiksa oleh Seiran yang ingin melihat kekuatan oni dalam dirinya. Akhirnya sih Genpachi bebas setelah berubah jadi oni.
Genpachi punya masa lalu yang cukup menyedihkan. Dia menjadi anggota keluarga Kobungo karena bertunangan dengan Nui, kakaknya Kobungo. Suatu hari, Genpachi dikirim untuk menyelamatkan sebuah desa yang diserang oni. Tapi Genpachi tidak juga kembali, semua orang menganggapnya sudah meninggal. Hal itu membuat Nui sangat sedih, sehingga gadis itu akhirnya bunuh diri. Namun tak berapa lama kemudian, Genpachi yang ternyata masih hidup kembali dan dia sangat terpukul saat mendengar tunangannya bunuh diri.


Sebagai anak pemilik penginapan, Inuta Kobungo dijadikan koki dan of course, masakannya enak-enak. Shino dkk sering makan disana.
Di awal-awal Kobungo diceritakan sedang mencari Genpachi, yang saat itu ditangkap oleh Seiran. Beberapa kali Kobungo mencoba menerobos masuk kuil tempat Genpachi disekap, sayangnya dia selalu diusir Seiran. Dia tahu Genpachi sudah berubah menjadi monster, tapi dia tetap menyayangi dan mencari Genpachi.
Pokoknya singkat cerita, Kobungo menyadari dirinya juga bisa berubah jadi oni. Bedanya, dia memiliki kekuasaan atas angin (atau mungkin hujan?) sementara Genpachi mempunyai kekuatan lightning.



Inusaka Keno, salah satu cowok bishie, punya tampang cantik sampai Kobungo salah menduganya sebagai cewek. Keno merupakan anggota suatu kelompok tari bersama Kokonoe, cewek cantik yang selalu berada disisinya. Siapa Kokonoe sebenarnya cuma dijelaskan secara sekilas, seperti dia itu sebenarnya ayakashi (semacam siluman), nama aslinya Yashahime, juga bahwa jantungnya diberikan pada Keno. Desa Keno dulu pernah diserang dan dihancurkan, seluruh anggota keluarganya dibunuh, dan jantung Keno sendiri diambil oleh orang yang mirip dengan Sousuke, sehingga Keno hampir membunuh Sousuke saat bertemu dengannya. Dan Yashahime--atau Kokonoe, yang tertarik pada keinginan kuat Keno untuk hidup, akhirnya memberikan jantungnya pada Keno dan sejak saat itu dia selalu setia berada di sisi Keno. Bahkan malah lebih terliat seperti mamanya. -__-




Orang kedelapan adalah Inuyama Dousetsu. Dia hampir mati karena hypotermia di tengah salju saat mencari adiknya yang telah lama hilang, dan Yukihime, seorang yuki-onna (siluman salju), menyelamatkannya. Sejak saat itu Yukihime selalu berada di samping Dousetsu, melindunginya. Sedikit dibahas di episode 8, Hamaji mungkin adalah adiknya yang hilang.


FINAL THOUGHTS
Well, overall sih ini anime cukup rame. Gambarnya absolutely beautiful!!!!! Banyak humor-humor bodong... Ada dokter militer bencong, dan saking homonya dia, semua orang nyebut dia "anal loving terorist". Tiap prajurit yang terluka malah takut ke klinik karena ada dia.

Oya, satu lagi nilai ++++ dalam anime ini : shounen ai DETECTED!!!! Kyaaaaaaaaaaaa!!!! >w<

Anime ini RECOMMENDED banget, karena seperti yang gue bilang, art-nya luar biasa. Anime ini juga menyimpan suatu potensi dimana kalo misteri-misterinya nanti terkuak bakalan memancing reaksi "uwoooh" dari penonton, meskipun di season 1-nya ga ada konflik yang berarti. Kayanya season 1 ini cuma sekedar perkenalan tentang tokoh-tokohnya, sekaligus bikin penonton penasaran tentang potensi masalah di masa yang akan datang serta penyelesaian masalah yang sudah terjadi di masa lalu. Makri kita tunggu saja season 2 nya Summer 2013 nanti. Can't wait to see it!! :D


P.S. : Setelah ngapalin isi buku setebel 5 cm plus fotokopian seharga Rp7500 kemudian melalui ujian, nyatanya semua yang gue belajarin dari buku dan fotokopian itu ga ada yang keluar! Kampret!

1 comment:

  1. Gak nyangka setelah tamat nonton anime nya yg review udah dari 8 tahun yg lalu. Uwaaawwwwww

    ReplyDelete