Thursday, February 7, 2019

One For All

"Mou Daijoubu.

"Naze tte?

"Watashi ga kita!"

PENJELASAN:
Buat yang belom pernah nonton Boku no Hero Academia, quote (dari All Might) di atas artinya begini:
"Semuanya bakal baik-baik aja.
"Kenapa?
"Karena gue ada disini!"


Sabtu, 29 September 2018

Ya ini cerita emang uda lama banget, tapi gue pengen aja share cerita ini sama kalian semua karena ini adalah salah satu cerita yang cukup berkesan bagi gue. Hari ini mungkin salah satu hari paling tertata dalam hidup gue. Kenapa? Karena sejak awal gue sudah merancanakan semua aktifitas yang bakal gue lakuin hari ini. Ya, semua. Namun pepatah yang mengatakan: "Manusia berencana, tapi kehendak Tuhan lah yang terjadi," rupanya sungguh nyata terjadi.

Rencana hari ini simpel banget ga boong. Garis besarnya gue cuma ingin menikmati malam minggu seperti orang-orang normal lainnya. (Nonton anime dan tidur seharian itu juga normal ya menurut gue). 

Kebetulan hari itu gue ada janji ketemuan sama temen di sebuah tempat ngopi yang legendaris banget. Namanya Warung Kopi Purnama. Gue lupa uda pernah dibahas atau belum di blog ini. Kalau belum mari kita bahas sedikit, kalau belum yaudah lah ya itung-itung inget lagi.

Jadi si Warung Kopi Purnama ini uda berdiri dari taun 1930 an. Indonesia aja belum merdeka coy~ Lokasinya di Jalan Alkateri, Bandung. Yaa gampangnya masuk lewat alun-alun ikutin aja jalannya sampe ketemu Hotel Golden Flower, kalian liat deh di sampingnya ada gang. NAH itu di lokasinya. Kalo ngga yaa di google maps juga ada kok, tinggal ikutin aja petunjuknya. Soal makanan & minuman, uda jelas lah ya kopi nya yang juara banget. Kopi Tubruk sama es kopi susunya beuhhh...

Tapi buat kalian yang ga doyan ngopi, minuman selain kopinya juga ga kalah enak. Kali-kali cobain lah kesana, harganya juga ga gitu mahal kalo dibanding sama rasanya.






Nah singkat cerita gue ngobrol-ngobrol lah disana. En dari obrolan disana gue jadi paham yang namanya manusia kalo masih idup pasti banyak pergumulan. Seiring tambah dewasa, tambah mateng, dan tambah ilmu, yaa pergumulannya juga jadi naek level. Contohnya, dulu pas jaman-jaman jadi anak warnet. Kekhawatiran gue cuma, 'Gimana caranya supaya hari ini bisa maen ke warnet?' dan satu-satunya cara yang waktu itu bisa gue lakuin adalah maen pake uang jajan.
Pilihannya cukup sulit: ke warnet tapi laper, atau kenyang tapi ga ke warnet? Kalo liat timbangan dan pipi gue yang tirus waktu itu, mengertilah kalian apa jawaban gue.

Sekarang juga sama; mau beli barang ori tapi mahal, atau yang murah tapi KW? Sulit memang, tapi memang beginilah hidup.

Singkat cerita pertemuan gue beres. Kalo ngga salah masih sekitar jam 8 malem-an waktu itu dan  gue niatnya pengen makan diluar berhubung gue belom makan dari siang (As an Indonesian, it doesn't matter what we eat. As long as it isn't rice, it doesn't count as eating). Berhubung si temen ngobrol gue ini harus cepet-cepet pulang, mau ga mau gue cari temen laen yang bisa diajak cari makan (sebenernya makan sendiri juga ga masalah sih, intinya mah gue masih pengen maen diluar. LOL).

Buat cari temen keluar pas malam minggu itu ternyata ngga sesusah yang gue kira, yang ada di bayangan gue kalo Sabtu tu orang yang pacaran ya pacaran, yang hangout sama sohib-sohibnya juga banyak, yang jalan sama keluarganya juga banyak. Jadi kalau mau cari temen malam mingguan, carilah orang yang jomblo, ga punya temen, atau anak perantauan (Kenapa gue ngga jalan sama ranger-ranger disini? Karena yang 2 ada di luar pulau sedangkan yang 1 lagi sedang melakukan satu-satunya hal yang dia bisa: vanishing.)

Jadilah gue makan sama salah 1 temen yang gue kenal dari SMP, sebut saja Sherly. Dia baru mau balik dari kosan temennya dan emang mau cari makan juga sekalian pulang. Jadi pergilah kami cari makan.

Semua berjalan tanpa ada kendala sampe akhirnya ada motor yang nyalip tajem banget dan bikin gue kaget. In case you don't know, jalanan Bandung kalo lagi weekend itu mengerikan, sob. Macet dimana-mana dan kalo nemu celah dikit semua orang pasti ngebut. Itulah kenapa gue memilih diem di rumah kalo weekend.

Balik lagi ke acara gue kaget. Karena kaget itu gue otomatis mencet klakson dengan emosi meluap-luap. Saking keselnya gue bahkan sampe ngomong kasar. Bukan karena pengendara motor ugal-ugalan tadi, tapi karena pas gue pencet klaksonnya, mesin motor gue mati.

Ngga sampe situ doang. Seakan didukung oleh jagad raya, semua komponen-komponen yang seharusnya nyala di motor gue pun ikutan mati. Gue minggir, Sher juga otomatis minggir. Uda jam 10 malem, kelaparan, motor mati total. Hal paling make sense yang bisa gue lakuin adalah cari bengkel, tapi BENGKEL MANA YANG BUKA JAM 10 MALEM? (iya mungkin ada tapi gue ga nemu). Dan satu-satunya cara yang bisa gue lakukan adalah mendorong motor secara manual. Da mau gimana lagi? Toh gue harus balik.

Dorong motor itu REPOTNYA LUAR BIASA YA SODARA-SODARA. Ada tanjakan dikit harus ngeden, belom kalo mau nyebrang pasti diklaksonin orang lain, pokonya melelahkan dah. Sampe akhirnya gue menemukan ide yang agak cemerlang: Gimana kalo Sher naek motor yang mogok, en gue dorong knalpotnya pake motornya Sher?

Sebuah ide yang gampang dan secara teori mudah untuk dilakukan. TAPI seperti biasa, kebanyakan teori pas prakteknya itu berbeda 180 derajat coy! Alhasil gue cuman bisa jalan dorong sekitar...... yaaa 2 sampai 3 kiloan, dari total sekitar 15 kiloan jalan karena dari pangkal paha sampe bawah gue uda keram -____-

Saat ituu jujur gw uda ga sanggup kalo masih harus dorong lagi. Gue sama Sher berenti dulu di Indomaret buat makan en istirahat. Sempet kepikiran buat naro motor disana dan besoknya gue ambil, tapi gue ngerasa kaya ga aman aja kalo Hames (my laff) harus ditinggal sendirian. Disini rasa iba Sher keluar. Dia pun mengeluarkan satu statement yang ngga bisa gue bantah: Daripada kita susah sendiri, lebih baik kita susah... rame-rame.

Diantara semua temen yang available, korban pertama adalah Fajar. Kenapa? Karena dia yang biasanya tidur nyubuh dan dia itu "Yes Man". Ampir apapun yg lu minta pasi di-iyain.
Percakapan berlangsung kurang lebih kaya begini:

Sher : "Halo Jar."
Jar :  "Halo Sher, kenapa?"
Sher : "Motor si Andy mati."
Jar :  "Yauda tunggu, ada dimana?"
Sher : "Cicendo."
Jar :  "Sepuluh menit, geber." (Terj: Tunggu sebentar 10 menit lagi gue cepet-cepet kesana.)

Sepuluh menit kemudian Fajar bener dateng dan mencoba ngutak-ngatik motor gue. Nyela, starter, nyela, starter lagi.

Sher : "Emang lu ngerti motor, Jar?"
Jar : "Ngga."
Sher : "Lah, terus ngapain kesini?"
Jar :  "Dude, fungsi manggil temen itu ada dua. Kalo ngga buat mecahin masalah, ya cuma buat bikin tenang doang. Gue dateng emang ga bikin motor lu nyala tapi seenggaknya kalian lebih tenang kan."

Best. Quote. Ever!

Karena emang statement itu 100% bener. Mungkin Sher & Fajar ngga bisa bikin motor gue bener, tapi at least gue tenang. Kita bertiga nongkrong dulu di depan Indromaret sambil ngaso en mikirin gimana caranya menghidupkan kembali ini motor karena datengnya Fajar kesini cuma tidak membuat motor gue hidup kembali. Berhubung si Hames bukan makhluk hidup, jadi kita ngga bisa nge-resurrect dia pake spell apapun.

Thus we came up with this slightly-developed-theory: Kalau fungsi teman itu ada 2pertama ,kita bisa nambah personil disini dengan menambah kemungkinan motor gue bisa diperbaiki, dan kedua, buat nambah ide seenggaknya buat memikirkan langkah apa yang harus kita ambil selanjutnya—maka atas nama pertemanan kita sepakat buat nambah umat dan dimulailah teror tengah malam.

Klasifikasi teman yang saat itu kita semua butuhkan adalah:
1. Yang suka begadang karena itu kejadiannya pas tengah malem.
2. Yang punya jam bebas keluar rumah kapan aja.
3. Yang ngga malesan jadi begitu dipanggil langsung gercep ke lokasi
4. Ngerti gimana cara benerin mesin motor yang mati (optional)

Dari keempat klasifikasi diatas, mengerucutlah pada satu nama yang tidak terbantahkan: Ruben, yang kita kenal sangat mobile dan bisa bisa diandalkan. Ga pake pikir panjang ditelepon lah si Ruben ini. Sekali.... Dua Kali... Tiga Kali... Empat kali... dan akhirnya kami sepakat untuk menambahkan 1 syarat lagi:

5. Bisa dihubungi

Hasil : Missed call.

Gue uda mulai punya firasat kayanya gue bakal lanjutin dorong ni motor ke rumah, karena susah banget cari bengkel yang buka 24 jam dan temen-temen yang lain pun rasanya ampir mustahil juga buat keluar dan nolongin gue. Yaudah sambil tetep nongkrong di indomaret kami bertiga liat-liat hape, ngobrol sama tukang parkir, gue sama Sher sempet makan nasgor dulu, mencoba menikmati hidup sebelum kembali ngerek si Hames ke rumah yang jaraknya puluhan kilo. Pas si Fajar lagi maen hape, tiba-tiba dia ngomong sama gue, "Eh, kenapa ngga ke si Hans aja? Kost-an dia deket sini kan?"

BENER JUGA.

Si Hans ini salah satu makhluk yang kadang nongol kadang ngga di grup walaupun lebih banyak ngga nya daripada nongolnya. Hasilnya yaa keingetan kalo emang ga ada pilihan lagi aja. (MAAF HANS!)

Ditelepon sekali... dua kali... dan akhirnya NYAMBUNG!

Singkat cerita, puji Tuhan gue bisa naro si Hames di kost-an Hans. Seenggaknya nginep sehari deh biar besok pagi kalo bengkel uda ada yang buka bisa gue ambil terus langsung dimasukin bengkel deh. Kita sepakat kalo Hames ditaro sehari, dan besoknya Fajar bakal nganterin gue balik ke kost-an buat ngambil si Hames sambil cari bengkel. Hari itu pun ditutup setelah salah satu teman kami, Davin, baru nongol karena daritadi ngebucin di Mall.

Well, jelas banget gue berterima kasih sama semua orang yang turut berkontribusi pada malam itu. Walaupun si Hames ngga langsung bener saat itu juga, tapi at the very least temen-temen yang ada waktu itu nemenin gue sampe semuanya selesai. Mikirin orang lain tu kadang nyusahin loh, apalagi sampe bener-bener terjun untuk berbuat sesuatu yang sebenernya ngga perlu lu lakuin karena ngga ada untungnya sama sekali buat diri lu. Itu bener-bener sebuah pengorbanan yang buat gue sangat berarti banget.

Gue mengerti kenapa manusia itu diciptakan sebagai makhluk sosial. Karena se-ansos apapun, se-introvert apapun, se-'gue-ngga-butuh-siapa-siapa' apapun lu, karena akan ada saatnya kita perlu orang lain untuk nge-back up diri kita. Mungkin bukan orang yang bisa membantu secara langsung untuk menyelesaikan masalah lu, tapi orang yang cukup dengan presence-nya aja bisa bikin lu tenang dan merasa lebih baik itu udah cukup banget.

Jadi, hargailah pertemanan kalian sebaik mungkin. Semakin dewasa semakin sibuk, banyak yang harus dikerjain, banyak yang kepengen dikerjain, banyak planning-planning yang ingin dicapai, but friendship is a true trophy for us!

See ya in next writing! Byeeee ~


No comments:

Post a Comment