Monday, August 27, 2018

Ikemen Revolution—Review [Otome Mobile Game]


I

Hope

You

Guys

Ready

Because

THIS IS ANOTHER GREAT GAME AND YOU WILL NOT REGRET DOWNLOAD IT!!! AAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!

Oke sori gue alay. Tapi serius eh, ini game wajib ditengok buat para otome gamers.
  


Developer: Cybird
Platform: Android & iOS (free to play tapi ada in game purchase)
Rating: 16+
Size: 777 MB


Setelah sukses dengan Midnight Cinderella dan Ikemen Sengoku, Cybird akhirnya merilis game lain yang juga sukses di negara asalnya; Ikemen Revolution: Love & Magic in Wonderland atau yang lebih sering disebut IkeRev. Cukup memakan memori karena format game ini lumayan beda dari game Cybird yang udah-udah. Dan tentunya tiap maenin ini kita harus punya sinyal stabil atau lebih disarankan maen di tempat ber-wifi. Lebih aman buat kuota kalian.

So anyway cerita dimulai dengan kita sebagai tokoh utama (MC—as in Main Character); seorang cewe yang baru saja berhasil mencapai mimpinya bekerja di sebuah toko kue/permen. Waktu lagi jalan pulang, MC ga sengaja bertemu dengan cowo berambut putih (bagi MC si cowo berkesan kaya kelinci), yang mana kemudian pergi terburu-buru. MC lalu menyadari jam saku si cowo jatoh di jalan. Sebagai gadis baik hati dan tidak sombong, MC pun mengejar si cowo dengan maksud mengembalikan jam saku tersebut.

Mulai merasa familiar dengan ceritanya? Yuk kita lanjut dulu.

Saat cowo itu mulai terkejar, MC melihat dengan mata kepala sendiri si cowo tiba-tiba menghilang begitu saja tak jauh dari hadapannya. Saat menginjakkan kaki di tempat yang sama seperti si cowo tadi, mendadak MC merasa dirinya jatuh ke lubang yang amat sangat dalam.

Udah bisa nebak ceritanya mirip apa?

Yup, IkeRev ini memang mengambil konsep dari cerita ‘Alice in Wonderland’. 

Di titik ini mungkin kalian berpikir, “Bosen ah! Udah terlalu banyak game yang ngambil cerita dari ‘Alice in Wonderland’!”

Well, awalnya juga gue berpikiran sama. Gue ampir gamau donlot game ini karena tema-nya ngga unik. Tapi setelah melewati prolog dan ngejalanin game selama beberapa hari, jujur aja gue takjub. Mari kita lanjut.

Setelah dirasa jatuh sangat lama, MC akhirnya sampai di dasar dan langsung jatuh ke pelukan seorang cowo ganteng. MC bingung dan mulai bertanya, “Apa ini masi di Inggris?” tapi si cowo ga ngerti karena baru denger nama ‘Inggris’, trus kemudian muncul cowo lain, cowo lainnya lagi, cowo lainnya lagi, dan bla bla bla. Seperti biasa namanya prolog pasti fungsinya memperkenalkan cowo-cowo yang bisa kita conquer nanti.

Singkat cerita, MC akhirnya bertemu kembali dengan si cowo kelinci dan dia pun mengerti bahwa wonderland tempat dia berada saat sekarang ini bernama Cradle, merupakan dunia yang eksis berdampingan dengan dunia asalnya—yang mana disebut Land of Reason oleh para penghuni Cradle.

Cradle ternyata terbagi menjadi dua kubu dan wilayahnya pun terbagi dua; satu dipimpin oleh Red Army (yang mengedepankan nobility, power, dan tradisi), satu lagi dipimpin oleh Black Army (menjunjung kebebasan dan tanggung jawab personal). Masing-masing army disusun berdasarkan kartu remi. Jadi ada jabatan King, Queen (just in case kalian bertanya-tanya, Queen disini dijabat oleh laki-laki), Jack, para nomer biasa, terus Ace (semacem petarung spesial gitu).
Oya, jangan lupa bahwa Red Army dan Black Army telah terlibat pertikaian selama 500 taun dan saat MC tiba, mereka udah di ambang perang.

Si cowo kelinci—yang bernama Blanc—juga menjelaskan bahwa MC bisa kembali ke Land of Reason pada bulan purnama berikutnya. Jadi seengganya selama sebulan mau ga mau MC harus tinggal di Cradle. Blanc juga menekankan satu pesan ini:



Intinya kalau MC mau balik dengan aman dan tepat waktu ntar, jangan sampai jatuh cinta pada siapapun.

Ha. Plis. 🙄

Turns out entah berapa taun yang lalu ada juga cewe dari Land of Reason yang ‘jatoh’ ke Cradle—dialah Alice pertama. Alice #1 ini bisa meniadakan mejik di Cradle, dan akibat kemampuan (serta tingkahnya), kehidupan di Cradle pada waktu itu jadi cukup sengsara.
Karena MC ternyata juga punya kemampuan serta berasal dari dunia yang sama, MC disebut Alice #2. Nanti pada satu titik, MC—yang udah jadi rebutan akibat kekuatannya—harus memilih dia mau ikut kubu mana; Red Army atau Black Army?

Prolog selesai sampe disini dan kita harus mulai milih kita mau masuk route tokoh mana. Without further ado, mari kita liat cowo-cowonya!


[WARNING!!! SPOILER ALERT!!!]


 RED ARMY 

Lancelot Kingsley (King of Hearts)


Dialah pemimpin Red Army. Kesan pertama gue (berdasarkan prolog), dia ini cowo paling dingin, kejam, namun berwibawa. Kekuatan mejiknya juga hebat, mungkin jauh di atas rata-rata penghuni Cradle yang lain. Kalo berdasarkan prolog, jujur aja gue ngga ngerti kenapa ada yang mau milih rute Lancelot sebagai rute pertama. Barangkali pada penasaran karena ekspresi seorang pemimpin diktator nan powerful ini kaya menyimpan kesedihan.

Well, berdasarkan sedikit spoiler yang gue baca di Tumblr, Lancelot memang punya kesedihan yang membuat dirinya menjadi seperti sekarang. Dan, kalau kita bisa menyentuh isi hatinya, Lancelot jadi sangat amat so sweet, innocent, dan romantis tentunya. Kayanya dia mirip-mirip Uesugi Kenshin di IkeSen deh.

Menurut gue pribadi, hal paling menarik dari Lancelot adalah ketika dia menggunakan mejik. Kedua matanya langsung berubah jadi merah. Blonde hair and red eyes… Yum! Basically, my fetishes are satisfiedly fulfilled. Muwehehehe~


Jonah Clemence (Queen of Hearts)


Wakil Lancelot. Secara fisik bisa diliat Jonah itu bishounen (cowo cantik). Sebagai orang terpenting kedua (dan karena kerupawanannya), Jonah sangat dihormati oleh para pengikut Red Army, sampai MC waktu nyebut nama Jonah secara kasual aja langsung dimarahin sama prajurit bawahannya. Jonah juga sangat loyal pada Lancelot, siap melakukan apapun untuk King-nya itu.

Yah, awal pertemuan Jonah dengan MC ga bisa dibilang baik. Belum apa-apa Jonah langsung memborgol dan memperlakukan MC dengan cukup kasar. Mungkin wajar ya, karena kemunculan MC begitu tiba-tiba plus di lokasi yang seharusnya dilarang dimasuki oleh orang awam kecuali anggota kunci kedua army. Pokoknya sepanjang prolog si Jonah berusaha membawa MC ke hadapan Lancelot melalui segala cara.

Jujur kalo boleh gue bilang, (berdasarkan prolog) gue ga ngerti kenapa ada yang mau milih Jonah sebagai rute pertama. Sampai gue berpikir mungkin Jonah ini disediakan buat 3 jenis berikut:
  1. Penggemar bishounen,
  2. Mereka (yang diem-diem) masochist,
  3. Both.

Yep. Kesan pertama gue buat si Jonah memang ngga baik. Tapi (lagi-lagi) berdasarkan sop iler yang gue dapatkan di Tumblr, gue bisa katakan Jonah ini bakalan melembut ketika kita berhasil melewati cangkang luarnya. Ngghh, susah dijelasin tapi pokoknya Jonah ini manis dan lucu. Apalagi ketika kita melihat sisi dia yang sangat sayang sama adiknya, Luka—meskipun selalu dimusuhin sama adiknya itu. Sad.


Edgar Bright (Jack of Hearts)


Edgar ini menurut gue lebih nyeremin daripada Lancelot. Karena, as you can see, ekspresinya biasa penuh senyum dan keliatan amat manis serta innocent. Tapi dalemnya sangat jauh dari innocent. Sejauh ini yang berhasil gue tangkep Edgar adalah seorang cowo penuh manipulasi dan scheming, bisa menyampaikan ancaman kejam sambil masih tersenyum manis.

Di satu sisi, bagian diri gue yang logikal bertanya-tanya, apa orang yang milih tokoh-tokoh Red Army sebagai rute pertama mereka adalah masokis, or maybe they just have a good intuition. Soalnya ga mungkin game besar kaya gini ceritanya sampah kan.
Sementara itu, sisi diri gue yang lain ga bisa menyangkal bahwa gue tertarik ama Edgar. Karena… gue sangat lemah ama tipikal cowo baik nan gentleman. Mau gimanapun dia dalemnya, gue pasti bakal luluh duluan akibat ke-gentle-annya dia. And you will see  Edgar is the perfect man for that.
Gue sendiri belom terlalu paham dia sebenernya gimana, tapi mungkin gue bakal pilih dia sesudah rute Fenrir kelar ntar. Muwehehe~ Wait for me, gentle demon~


Zero (Ace of Hearts)


Rutenya belom keluar, jadi belom terlalu banyak info tentang dia. Zero ini kemampuan tarungnya extraordinary. Kesan pertama gue berdasarkan prolog sih dia likeable. Justru gue penasaran karena meski keliatannya kaya cowo kasar, tapi perlakuannya sama MC jauh lebih baik dibanding Jonah. So I respect him.

Sejauh sop iler yang gue temukan di (maap, lagi-lagi) Tumblr, ternyata Zero itu CUTE ABIS! Dan yes, di biodatanya juga dibilang kalo keberadaannya adalah anomali. Petunjuk pertama ada di namanya; Zero ga punya nama keluarga kaya tokoh laen. Intinya, eksistensinya itu misterius.

Misterius plus cute, kombinasi yang ga biasa kan? Hehehe. Ga sabar deh nunggu rutenya!


Kyle Ash (7 of Hearts)


Who doesn’t like a handsome, genius doctor? Eike tampar kalo ada yang ga suka. Wkwkwkwk. Becanda.
Bahkan meskipun dia suka males-malesan, menurut gue Kyle ini keren. Dia terkenal sebagai dokter paling jago di seluruh Cradle. Prinsipnya juga keren; ga peduli walaupun pasiennya dari kubu musuh, selama tenaga dan pengetahuannya sebagai dokter dibutuhkan, dia bakal berusaha menyelamatkan hidup pasiennya apapun yang terjadi. Tapi dia sama sekali ga bisa diandalkan dalam soal pertarungan.
Kyle adalah tokoh lain dari Red Army yang gue suka. Sayang rutenya belom keluar.



BLACK ARMY

Ray Blackwell (King of Spades)


Di biodatanya tertulis Ray ini stoic dan kesan yang didapat adalah dia cool, tapi sejauh yang gue liat Ray ini sama sekali ga stoic. Justru Ray cukup ekspresif dan gampang senyum. Kepemimpinannya Black Army berbanding terbalik dengan Lancelot. Berhubung sifat dasar Black Army adalah kebebasan, pembawaan Ray lebih santai tapi efektif sehingga dia ga pernah gagal dapat respek dari para bawahannya. Pokoknya suasana di Black Army sejak prolog keliatan jauh lebih ramah dibanding Red Army (makanya tanpa pikir panjang gue langsung pilih ikut Black Army).

Secara fisik dia mirip ama Nobunaga di IkeSen, tapi sifatnya beda kok walaupun keduanya sama-sama leader. Teman baiknya Fenrir, mereka sering latian duel bareng. Oya, kesukaan Ray pada kucing mungkin bisa bersaing ama my darling demon, Sebby Michaelis. Lolz.


Sirius Oswald (Queen of Spades)


Wakilnya Ray. Sangat suka berkebun dan bisa dibilang paling tua dari tokoh lainnya (fyi umurnya 30 taun). Mungkin karena usianya itu Sirius jadi figur kakak (dan bapa) buat tokoh lain. Pas dia nanganin ‘kenakalan’ Fenrir dan Seth itu lucu banget.
Anyway, kemampuannya sebagai tangan kanan Ray ga bisa dianggap remeh. Pada dasarnya Sirius memang sosok yang paling diandalkan di Black Army sih.

Gue juga lemah ama tipe oniisan kaya gini. Ga sabar nunggu rutenya keluar deh! #2

Sop iler: kabarnya dulu Sirius, Lancelot, dan Harr merupakan teman dekat.


Fenrir Godspeed (Ace of Spades)


Kesayangan! Muwaaah~!! ( ˘ ³˘)
Sangat suka bertarung. Fenrir juga sangat sayang ama temen-temennya di Black Army. Salah satu biang onar, suka bikin Sirius kesel. Sifat utamanya periang dan sering bertindak tanpa pikir panjang. Fyi Fenrir ini sebenernya keturunan bangsawan, tapi dia lebih milih mengabdikan diri di Black Army daripada nerusin usaha orang tuanya.

Dia cinta pertama gue di IkeRev—rute pertama yang gue pilih. Awalnya mungkin Fenrir keliatan berbahaya karna dia selalu berserk saat sedang tarung. Tapi kalo udah kenal lebih jauh, Fenrir itu SUMPAH SO SWEET BANGET OYY!!! Usaha pertamanya saat menghibur MC itu bikin melting! Asli. Apalagi saat Fenrir mengajukan diri menjadi bodyguard MC selama masa tinggalnya di Cradle. Men, ga butuh waktu lama buat MC (dan gue) jatuh cinta ama Fenrir.

Terus, voice actor-nya adalah KAKIHARA TETSUYA!!! Lengkaplah sudah. Gue pribadi bisa jerit-jerit sendiri selama maenin rute dia. Ahh~ gue ga pernah ngga baper sama Fenrir oyy!! Heeelp!! Wkwkwkwk.


Luka Clemence (Jack of Spades)


Kesayanganku yang lain. ( ˘ ³˘)
Definisi sesungguhnya dari the goodest good boy dan the sweetest thing in the world. Pemalu, imut, sering terlihat bersama Seth, senjata utamanya adalah pedang besar yang biasa tergantung di punggungnya. Luka juga merupakan juru masak utama di Black Army.

Ga ketinggalan… voice actor-nya! Adalah! Enoki Junya!!! Salah satu seiyuu favorit gue karena suaranya menenangkan. Pertama kali gue jatuh cinta sama suara Enoki Junya waktu gue nonton anime Touken Ranbu, doi nyuarain Horikawa Kunihiro.
Jadi bagi gue, suara Enoki Junya + keimutan Luka = kesempurnaan yang hakiki. Enough said.

Bagi yang belom nyadar, Luka adalah adik Jonah. Meski terlahir di wilayah Red Army, Luka membenci Red Army dan terutama kakaknya. Makanya dia masuk Black Army. Sedih sih, tapi pasti latar belakangnya juga sesuatu. Berhubung gue belom mendalami rute Jonah dan rutenya Luka belom keluar jadi gue masih gatau apa-apa. Ga sabar nunggu rutenya keluar deh!! #3


Seth Hyde (10 of Spades)


Si ‘anak nakal’ di Black Army yang paling sering dijitak Sirius. Dia juga anggota paling ramah selain Fenrir. Di biodatanya dibilang Seth adalah seseorang yang paling bisa menjadi sahabat cewe, karena doi emang cerewet, bawel, dan sejauh yang gue tangkep, dia gampang melihat sesuatu yang menarik dalam setiap keadaan. Tapi jangan salah, meskipun keliatan selalu happy go lucky, Seth ini sangat jago bertarung. Senjata utama Seth adalah pisau lempar dan dia bisa menggunakannya dengan jitu.

Seth juga punya sisi misterius; berhubungan soal masa lalu dan relasinya dengan Magic Tower barangkali?



🃏 NEUTRAL RESIDENCE 🃏

Harr Silver (Joker)


Tokoh misterius nan tampan yang lain. Rasanya game-game penuh cowo ganteng belom lengkap kalo ngga ada cowo ber-eyepatch macem Byron (MidCin), atau Masamune (IkeSen / SLBP), atau Shokudaikiri (Touken Ranbu), atau sekarang si Harr ini. Bukan berarti gue protes loh, soalnya mereka emang keren-keren.

Harr merupakan seorang buronan di Cradle, means dia ga bisa pegi kemana-mana dengan bebas begitu aja dan hidup dalam persembunyian. Harr memiliki kekuatan sihir besar setara dengan Lancelot. Matanya juga berubah merah kalo dia pake sihir. Dia bertindak sebagai pengasuh dan tinggal bersama Loki.


Loki Genetta (Chesire Cat)


Menurut gue dia tokoh paling unik. Loki suka muncul tiba-tiba dan sangat clingy pada MC. Kalo liat dialog-dialog di spoiler, si Loki ini kaya pengemis cinta soalnya kurang lebih dialognya pasti berisi, “Please love me, will you?” semacem itu. Denger-denger dia masuk kategori yandere. So bagi kalian yang suka sama cowo kurang kasih sayang, punya masa lalu tragis, dan udah pasti overprotective, silakan ditunggu rutenya Loki.


Blanc Lapin (White Rabit)


Arti namanya sendiri dari bahasa Prancis basically kelinci putih. Cybird mungkin kurang kreatif waktu bikin nama Blanc, apalagi karena cuma dia sendiri yang punya nama dari bahasa laen, beda dari tokoh-tokoh laen. Atau mungkin juga namanya jadi petunjuk karena eksistensi Blanc cukup unik. 
Dia adalah pencatat dunia Cradle. Jadi bisa dibilang Blanc tau semua informasi dan histori Cradle. Keliatannya yang bisa bebas pergi bolak-balik ke Land of Reason juga cuma dia, toh MC ketemu Blanc di bumi kan. Kalo boleh gue ambil kesimpulan, Blanc ini kaya semacem central guardian yang memperhatikan semua kejadian di Cradle.

Anyway, sebagai tokoh netral, Blanc sangat helpful serta ramah pada siapa saja. Dia juga yang suka ngomelin anggota Red Army dan Black Army kalau ada di antara mereka yang kedapatan tarung di wilayah netral. Juga ceroboh serta pelupa; contohnya Blanc bisa mencari-cari kacamatanya dengan bingung padahal si kacamata lagi dia pegang.


Oliver Knight (Mad Hatter)


Ini nih, anak ini. Kaya Ciel tapi tanpa segala angst dan eyepatch-nya. Mulutnya itu loh… tajem abis. Ga peduli meskipun MC cewe, Oliver bisa tanpa beban nyebut MC ‘stupid’ atau ‘goofball’. Pokoknya dia nyebut siapa aja di sekelilingnya dengan panggilan sinis. Tapi hal itu juga yang bikin gue gemes setengah mati ama Oliver. Wkwkwk.

Oliver bisa dibilang jenius karena penemuan-penemuan yang diterapkannya pada senjata sangat ngga biasa sekaligus kreatif. Bayangin aja peluru pistol Fenrir yang udah dia modifikasi bisa bikin orang cegukan selama 2 taun tanpa berenti. Gila kan? Pantes aja julukannya Mad Hatter. ┐(  ̄ )┌ 

Oya, keliatannya wujud Oliver juga bisa berubah tergantung waktu (maap kalo gue sotoy). Sejauh yang gue perhatiin, selama matahari terbit wujudnya anak unyu tapi nyebelin, sementara begitu matahari terbenam Oliver berubah jadi kaya gini:


LIAT COWO IMUT TADI JADI KAYA APA!! Tetep sih sisi nyebelinnya ga berubah. Lolz.

_______________________________________


Secara gameplay IkeRev ini kurang lebih sama kaya otome mobage lainnya; 5 chapter tiket tiap hari, max. 100 energi untuk Duel yang fungsinya buat nambah intimacy serta duit, ada checkpoint tertentu yang harus dilewati (entah dengan melebihi skor intimacy atau Avatar Check), dan ada sistem friend kaya biasa juga.

Satu hal yang bikin IkeRev beda dari game-game Cybird lainnya adalah sistem Card. Card bisa didapatkan otomatis ketika kita masuk rute seorang cowo atau lewat Gacha. Tiap card bisa digunakan sebagai home background kita, yang mana merupakan halaman utama tiap kali kita buka game.
Card ini juga digunakan buat Duel—kekuatannya ditentukan oleh berapa kristal yang tertera disana. Misalnya card berkristal 4 lebih besar kemungkinan menangnya saat duel melawan card berkristal 3.
Ga ketinggalan, tiap card ADA SUARANYA!!!—asal cardnya kristal 4 ke atas. Lolz. Jadi menurut gue sangat worth it buat ngumpulin card di tiap kesempatan yang kita punya.

Hal lain yang bikin kita ga bosen adalah tiap duel, card utama kita bisa berinteraksi dengan card lawan, macem begini: 




Atau kalo kita punya sub-card (card pembantu), mereka juga berinteraksi dalam duel kaya gini:



Makanya ngumpulin intimacy demi ngelewatin checkpoint ga akan membosankan karena tiap interaksi bakalan beda tergantung tokoh yang kita lawan atau yang kita pake sebagai sub. Great job, Cybird!

Intinya, game ini, meskipun belum terlalu lama rilis, tapi telah berhasil menarik hati para otome gamers di seluruh dunia termasuk gue. Karena dengan segala sistem baru yang lebih menarik, ditambah cerita tiap rute ga pernah mengecewakan (walaupun ada beberapa tokoh yang kurang bikin gue tertarik pada awalnya), rasanya ga akan salah kalo gue menobatkan Ikemen Revolution sebagai game RECOMMENDED buat otome gamers di luar sana.
Sekarang aja nih gue pasti susah move on dari Fenrir. Ungghhh Fenrirrrr!!! σ(ε)

Sekian review kali ini! Sampai bertemu di post-an berikutnya! Ciao~



Bonus:




 

Pic sources: Pinterest & Google

7 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Kak aku mau tanya nihh
    Kan misalnya klu story chapter nya udah habis atau tinggal 0 pas udah baca 1 chapter,, trus itu ticket nya bakal nambah otomatis sesuai waktu atau kita mesti beli dulu buat baca chapter selanjutnya??
    Mohon bantuannya ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nambah otomatis hari berikutnya. Per hari 1 chapter.

      Delete
  3. Min mau tanya ticketnya up setiap jam berapa ya? Tolong bantuannya min☺️

    ReplyDelete
  4. kak, aku mau nanya, kalo udah dapet salah satu endingnya ( misal dramatic/romantic ending ). cara dapetin ending yg satu lg gimana? beli atau ngulang rute ( yg sama )? tolong bantuannya kak.. ( belom main soalnya, baru denger2 dr spoiler )

    ReplyDelete