Friday, March 16, 2018

Kulit oh Kulit. Muka oh Muka

Hi!

Untuk kalian yang belum tahu, aku senang koleksi dan pakai skincare dan makeup natural. Aku bukan ahlinya, tapi kalau share doang boleh, dong..?

Sebelumnya, aku mau kasihtau dulu. Tipe kulitku itu sensitif, kering (pake banget), tapi berminyak di daerah T dalam kadar normal. Jadi, aku sering pakai produk yang dibuat untuk kulit berjenis kering-normal-kombinasi. Ketiga-tiganya masuk, kok, cuma kadang sambil ngeraba kondisi kulit juga. Kalau lagi kering banget, ya pakai yang untuk jenis kulit kering. Kalau udara lagi lembab dan lagi sering di luar ruangan, pastinya pakai yang normal-kombinasi. Tapi gak pernah oily :)

Aku gak pernah facial di salon, gak pernah jalan-jalan ke dokter kulit/muka juga. Aku lebih suka ngerawat sendiri dan jauh-jauh dari dokter/facial yang rasanya kok bakal bikin kantong lebih bolong. Jadi, ini aku sebut investasi, daripada tamasya ke dokter. Toh satu tube/botol bisa bertahan berbulan-bulan^^ Btw, sebagian besar produk yang aku pakai itu eco friendly. Semakin natural produk, akan lebih gentle buat muka dan ga banyak zat kimianya. Makanya, umur mereka di vanity kalian pun akan semakin pendek, alias makin cepat kadaluarsa. Kadaluarsa produk yang eco friendly biasanya 6-12 bulan setelah kemasan dibuka. Jadi, kalau produk kalian sudah dibuka, jangan nurutin tanggal kadaluarsa yang ada di botol lagi, ya.. Yang dicetak di botol itu adalah tanggal kadaluarsa kalau produk kalian belum dibuka!

Untuk pos kali ini, aku bakal bagi per step, bukan berdasarkan produk. Aku juga gak akan review mendalam gimana. Kalau mau review lebih jauh, boleh comment aja di bawah.


1. Cleanser
Ini adalah step yang paling penting dari semua step yang ada. Untuk cewe yang suka pakai sunscreen atau makeup (terutama pakai bb cream/bedak/foundation) walaupun tipis sekalipun, udah wajib hukumnya buat double-cleanse. Apa sih double-cleanse? Double-cleanse itu namanya membersihkan muka dengan 2 tahap. Kenapa harus 2 tahap? Percayalah, bersihin muka cuma pakai sabun doang itu gak cukup. Sisa makeup dan sunscreen kamu pasti masih ada di kulit. Bayangin kalau semua sisa makeup itu menumpuk di kulit kamu dan MENAHUN! Oh no! Jangan sampai,deh! Makanya kudu double-cleanse, ya!

Untuk first cleansing, aku pribadi suka banget pakai yang oil based, terutama cleansing oil atau cleansing balm. Dari semua cleansing oil yang pernah aku coba, favorit aku Nature Republic Forest Garden Chamomile Cleansing Oil yang versi 500ml nya nongkrong manis di vanity kamar mandi aku.


Produk ini gentle banget buat kulit aku dan gak ninggalin residu makeup sama sekali (pernah dites sama temanku yang lagi nginep waktu itu. Dia pakai ini, terus dia bersihin mukanya lagi pakai cleansing water. Di kapasnya gak ada residu sama sekali). Aku uda bandingin sama yang The Body Shop, aku lebih prefer yang ini, walaupun sama-sama chamomile. Hati-hati jangan masuk mata, ya. Nggak perih, sih, tapi bakal bikin mata kamu blurry sesaat gitu. Kalau sampe blurry, kamu kedip-kedip sambil bersihin muka kamu pakai air. Dia bakal ilang, kok.

Untuk second cleanse, aku suka pakai facial foam. Tenang, walaupun aku punya kulit kering, aku berhasil nemu facial foam yang gak bikin kulitku tambah kering, loh! Favorit aku sekarang ada 2: Cosrx Low PH Good Morning Gel Cleanser dan Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam. Iya, yang Innisfree memang lebih bagus untuk yang kulitnya oily. Tapi dia bagus juga untuk ngebantu ngebersihin muka kalau rasanya lagi nasty banget karena produksi minyak berlebih yang sifatnya hormonal. Dear monthly hormonal action, I'm looking at you. Oiya satu lagi! Mau nyoba sensasi bersihin muka pake marshmallow? Kalian harus coba pake Shiseido Senka Perfect Whip! Asli, busanya banyak dan nyaman banget di kulit!




2. Toner
Aku termasuk orang yang suka pakai toner. Selain me-refresh muka, toner juga mempersiapkan muka kamu untuk treatment selanjutnya. Toner yang aku suka pakai ada beberapa, diantaranya ada the SAEM Urban Eco Harakeke Toner yang kece banget (2nd bottle already!).



3. Serum/Essence/Ampuole
Tiga-tiganya sama aja, cuma kadarnya aja yang beda-beda. Sejauh ini yang aku berasa oke ada beberapa (juga). Diantaranya ada Skin&Lab Bio Activating Essence, dan Innisfree The Green Tea Seed Serum. But by far, my favorites are definitely Cosrx Hyaluronic Acid Hydra Power Essence and Cosrx Snail 96 Mucin Power Essence. By the way, katanya Cosrx juga ngeluarin dupe nya SKII yah? Yang Galactomyces line. Bener gak yah?




4. Moisturizer/Emulsion
Ini juga sama. Intinya sama-sama moisturizer, kok. Cuma tingkat kadarnya aja yang beda. Beberapa yang pernah aku coba dan cocok itu ada... banyak. Haha... Bear with it lah ya.. Diantaranya ada The Body Shop Vitamin E Moisture Cream, the SAEM Urban Eco Harakeke Emulsion EX, dan Etude House Moistful Collagen Cream. My Fave by far? Cosrx Oil Free Ultra Moisturizing Lotion (with Birch Sap).



5. Exfoliator & Masks
Sama kaya badan, muka juga perlu di eksfoliasi. Ada eksfoliasi kimiawi dan fisik. Masih takut-takut nih buat coba yang kimia, jadi seringnya yang fisik aja. Exfoliator yang biasa aku pakai itu sifatnya multi tasking, bisa buat peeling dan masking. Lumayan, hemat dompet. Kamu tinggal scrub muka kamu, terus jangan langsung dibilas! Diamkan dulu sekitar 10-15 menit, baru dibilas. Produk yang aku suka pakai itu  Skinfood Black Sugar Mask dan Skinfood Rice Wash Off Mask. Belum nyoba produknya Freeman sih. Tapi penasaran!

Aku juga suka pakai clay mask terutama kalau kulit muka berasa kotor banget. Beberapa clay mask yang akusuka ada Acnes Tea Tree Oil Clay Mask dan Innisfree Jeju Volcanic Pore Clay Mask.

Emm... Walaupun agak jarang pakai sheet mask, aku suka pakai sebelum acara-acara besar yang membutuhkan kondisi muka lebih prima supaya ga perlu pakai makeup tebal. Siapa sih yang suka pakai makeup tebal-tebal? Beberapa di antaranya ada DEAR KLAIRS Rich Moist Soothing Sheet Mask yang kece BANGET, Banobagi Vita Genic Hydrating Jelly Mask yang oke, Tony Moly Snail Mask Sheet, dan banyak sheet mask lainnya yang menurut aku bekerja dengan baik.


Sebelum tidur, aku selalu pakai lip mask karena bibir aku pecah-pecah parah (nasib orang berkulit kering). 2 lip mask yang oke banget yaitu Aritaum Ginger Sugar Overnight Lip Mask dan Blistex Lip Medex (yang sebenernya adalah obat untuk bibir pecah-pecah. Pakai 3 kali sehari terutama sebelum tidur. Kamu bisa dapetin ini di OL shop kesayangan kamu).


Sleeping Mask yang oke banget itu ya pastinya LANEIGE Water Sleeping Mask. Pernah ngeraba pantat bayi? Pipi kamu gak akan jauh beda teksturnya sama pantat bayi di pagi hari setelah kamu pakai masker ini sebelum tidur. Mungkin nanti aku mau coba sleeping mask dari Cosrx juga yang Honey atau Rice.




6. Sunscreen
Guys, sorry to let you down. Tapi, walaupun kamu ngelakuin semua step di atas tapi ngelewatin step yang satu ini, semua hasil kerja keras kamu SIA-SIA. Yup. Segitu pentingnya loh Sunscreen buat muka dan badan kamu. Walaupun kamu kerja/sekolah/kuliah di dalam ruangan, step ini tetap harus dilakukan. Kamu gatau sinar UV itu bisa tembus masuk apa nggak ke ruangan kamu. Lalu, jangan lupa re-apply setiap beberapa jam tergantung besarnya SPF kamu, ya.
I know, sunscreen can be such a pain. Berminyak, lah. Gak bikin make up kamu nempel, lah. Baunya gak enak, lah. Muka berasa berat, lah. Banyak banget alasan untuk benci sama step yang satu ini. Tapi sebenernya, itu cuma karena kamu belum nemu aja sunscreen yang tepat buat kulit kamu. So, jangan takut buat eksperimen dan cari review-review yang bisa kamu percaya.
Beberapa sunscreen yang bisa aku saranin tuh Etude House Sunprise Mild Airy Finish dan saudaranya Etude House Sunprise Mild Watery Cream, Cosrx Aloe Soothing Sun Cream, Neogen Dermatology Day-Light Protection Sunscreen, dan Biore UV AQUA Rich Watery Essence.  Oiya, semua yang aku list di atas tadi itu punya SPF50 dan minimal PA++ yaa..


Banyak, ya? Kalian ga harus pakai semuanya, kok. Tenang aja. Kalian pilih beberapa produk esensial yang menurut kamu bakal sangat membantu kulit kamu. Aku pribadi, kalau harus benar-benar nyempitin skincare ku dan bener-bener pake yang esensial, pastinya aku pilih cleanser, toner, moisturizer & sunscreen.

Sempitin lagi! Bayangin kamu kepepet banget dan gaada budget. okey.
Cleanser, toner, sunscreen.

Loh, moisturizer kan penting banget!
Iya, penting. Tapi, you can moisturize your face with other methods. aku bisa pakai metode layering toner aku, terus sunscreen yang bagus pasti ga akan bikin muka kita kering, malah bakal ngebantu kulit kita terlindungi dari paparan sinar matahari dan lingkungan kita yang berpolusi. Tapi, emang akan sangat bagus kalau kamu investasi di moisturizer, serum/essence juga kalau kamu punya budget tambahan. See? Yang penting, lakukan apa yang essential, your skin will thank you later when your age is not young anymore.

Aaaahhh aku uda kebanyakan ngomong. Laters

No comments:

Post a Comment