Saturday, September 16, 2017

Review - Ikemen Sengoku (Otome Game]

THE BEST OTOME MOBAGE I’VE EVER PLAYED!!!!



Developer: Cybird
Platform: Android & iOS (free to play, tapi ada in-game purchase)
Rating: 16+
Size: 125 MB




Ikemen Sengoku – Romances Across Time, ato disingkat Ikesen, menceritakan tentang kamu, sebagai MC (Main Character)—seorang gadis yang mempunyai mimpi untuk menjadi fashion designer. Pada suatu hari MC mengunjungi salah satu kuil terkenal di Jepang. Berhubung datengnya malem, di tempat itu udah sepi, cuma ada dia dan 1 orang cowo. Somehow, tiba2 MC (dan si cowo itu) tertarik ke suatu wormhole. Kemudian ketika tersadar, MC berada di dalam kuil Honno-ji yang kebakaran, tepat pada saat nyawa seorang warlord terkenal—yang ga mungkin kita gatau namanya—sedang terancam. Warlord tersebut adalah, siapa lagi kalau bukan: Oda Nobunaga!

MC ternyata ketarik ke masa lalu. Singkat cerita MC kemudian menyelamatkan Oda Nobunaga dari peristiwa yang sejarah ketahui sebagai saat-saat terakhir dari warlord tersebut. Awalnya MC gatau bahwa cowo yang dia selamatkan itu adalah Oda Nobunaga. Ketika Nobunaga melihat betapa berani dan lancangnya MC sama dia, Nobunaga langsung tertarik dan mendeklarasikan bahwa MC adalah lucky charm-nya, memerintahkan MC agar tinggal di kastilnya kemudian menunjuk MC menjadi chatelaine—cewe yang punya tanggung jawab ngurusin urusan rumah.

Ga lama setelah itu, MC bertemu kembali dengan cowo yang ketarik ke wormhole barengan sama dia. Cowo itu mengambil nama Sarutobi Sasuke, ninja fiksi terkenal, jadi dia merasa keberadaannya ga bakal terlalu mempengaruhi sejarah. Sasuke menjelaskan bahwa wormhole selanjutnya akan terbuka sekitar 3 bulan kemudian, karenanya MC harus bersiap kembali ke masa depan dalam jangka waktu tersebut. Sasuke juga mengingatkan agar MC jangan sampe jatuh cinta pada siapapun, biar circumstances-nya nanti ga bakalan ribet.

As we all know, peringatan semacam itu biasanya memunculkan flag yang berbanding terbalik dengan apa yang diperingatkan. Apalagi jawaban MC demikian:



Soooo pasti dia bakal jatuh cinta sama someone (and that’s why we play this game anyway. Lol.)
Lagipula ga lama dari situ toh kita milih route cowo mana yang mau kita jalanin. *Super lol*

Eh asli gue ketawa beneran, terutama gara-gara jawaban MC di atas.

Sebelum masuk ke perkenalan tokoh, gue mau menjelaskan kenapa gue bisa bilang ini otomobage terbaik yang pernah gue maenin:

1. MC-nya so badass. Maksudnya ga seperti MC-MC di otome laen—yang mana sifatnya biasanya let it flow, diapa2in sama cowo malah diem aja, dsb—MC di Ikesen langsung straight to the point ngomong dia ngga mau kalo dia emang ngga mau. Kalo ngga yakin sama suatu hal dia pasti nanya dan berupaya memperoleh kejelasan. Pokoknya MC ga segan2 melontarkan apa yang ngeganjel di pikirannya.
Plus disini bukan MC yang ngejar2 cowo yang dia suka, melainkan justru para cowo yang do the chasing. Rata2 mereka penasaran akibat kelancangan MC yang ga seperti cewe2 biasa pada jaman itu (barangkali). Karena itu juga, alur ceritanya jadi sangat fresh dan menyenangkan, ga bikin kita keki. Gue juga ga pernah sedikitpun keki sama MC ini.

2. Para love interest-nya, selanjutnya akan dijelaskan di perkenalan tokoh di bawah.

3. Art-nya. Ga perlu dikomentarin lagi dah. Yamashiro-sensei berhasil membangun karakter dengan ilustrasi yang absolutely gorgeous! Tampilan para lord juga ga melulu di pose yang itu2 aja, tapi posisi kepala dan ekspresi mereka bisa berubah namun tetep biutipul. No words left to say deh soal art-nya.

4. Ceritanya. Yep, secara cerita sendiri Ikesen ini menurut gue seru dan ngga klise. Romantismenya oke, menyentuh, dan memang rating-nya buat 16 taun ke atas sih. Bukan berarti ada smut yang gimana banget, sejauh ini gue cuma nemu yang implied smut aja, dan ngga bikin gue merasa awkward bacanya. Kebodohan2nya pun dapet dan emang bodor banget, apalagi dengan komentar2 yang suka muncul dari sassy MC. Baru kali ini gue maen otomobage yang bisa bikin gue ngakak.
Satu hal yang mungkin bikin game ini beda dari otomobage lainnya adalah, ada komunikasi jelas antara para lords dengan MC. Maksudnya, hubungan mereka bener2 dibangun dengan alur komunikasi yang oke punya. Jadi selama maen game ini, ga pernah sedikitpun gue punya pemikiran, “Hah, kok tiba2 mereka saling suka?” atau, “Alurnya kecepetan gini!”
Keakraban yang terjadi antar para tokoh pun jadi ga kerasa mendadak ataupun maksa. Ini bener2 poin plus yang keren.

5. Tiap cowo punya seiyuu masing-masiiiiiiing!!!! Bukan seiyuu sembarangan pula. Meskipun ga 100% semua bagian game ini disuarain, tapi para lords bakal kedengeran ngomong waktu:
  • Kita buka gamenya.
  • Di homescreen, tempat lord yang kita pilih lagi mejeng, kalo pencet tombol suara si lord tersebut bakalan ngomong.
  • Dapet Excellent saat ngelakuin Princess Lessons.
  • Kita ngedit avatar.
  • Sesudah melakukan pilihan dalam cerita (di halaman penambahan point).
  • Dapet voice clip dari event tertentu.

Tapi salah satu kekurangan Ikesen diakibatkan oleh poin plus ini. Loading time-nya jadi lama banget (karna harus nge-load suara2nya kan) dan butuh kuota yang cukup besar. Gue saranin lebih baik kalian sering2 pake wifi aja kalo mau rajin maenin Ikesen.

Anyway, barangkali karena kelebihan2 di atas, Ikesen ini sangat terkenal di Jepang. Para penggemar otome di seluruh dunia sebagian besar udah tau soal game ini bahkan sebelum Cybird ngerilis versi English-nya. Ikesen ini dirilis di port PS Vita, ada stage play-nya, berbagai kolaborasi, dan ADA ANIMENYA!

Yep. Si anime itu sendiri berjudul Ikemen Sengoku – Bromances Across Time (atau Toki wo Kakeru ga Koi wa Hajimaranai). Per episode cuma 3 setengah menitan, bukan bercerita tentang hubungan MC dengan mereka melainkan tentang hubungan antar para lords ini satu dengan yang lainnya. Malah ga ada MC sama sekali.
Rupa para lords di anime juga bukan ikemen (cowo ganteng) seperti di game, tapi mereka BERBENTUK CHIBI! Anggaplah nendoroid para lord ini saling berinteraksi, bertarung, bahkan foto bareng. CAN YOU IMAGINE THAT?!?!

Dari yang kaya begini
Jadi kaya gini.

Plus di scene terakhir tiap episode, para lords akan muncul dalam wujud ikemen aslinya… DAN. NGE. RA. YU. KI. TA. AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!

FYI, berhubung game ini baru release (versi English-nya), route yang tersedia baru 4. Berikut cowo2 yang bisa kita pilih:

ODA NOBUNAGA


Route yang pertama gue maenin. Saat melihat pilihan cowo yang tersedia, tanpa ba bi bu lagi gue langsung pilih Nobunaga. Kenapa?

KARENA SEIYUU-NYA TOMOKAZU SUGITA!!!

GIMANA GUE GA LANGSUNG PILIH ROUTE-NYA COBA?!?! AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!

Maap, kalo udah urusan Ikesen gue emang gampang histeris.

Nobunaga adalah cowo tipe ore-sama kelas berat plus arogan. Doi terbiasa semua orang mengikuti kemauannya, jadi pada awal2 dia ketemu MC, Nobunaga seenaknya nyuruh MC jadi cewenya. Dengan ke-badass-an MC, tentu Nobunaga ditolak dengan keras.

Nah, yang gue suka dari Nobunaga serta MC disini adalah mereka bisa menyelesaikan masalah selayaknya orang dewasa. MC ga suka Nobunaga melecehkan dia, dan MC ga segan langsung ngamuk. Nobunaga pun ngga balik marah, tapi dia mendengarkan MC sampai akhirnya mereka sampai pada kesepakatan bahwa jika MC ingin menyetop tindakan Nobunaga, MC tinggal bilang stop dan Nobunaga pasti nurut. Hubungan mereka pun akhirnya tercipta atas dasar saling respek, bukan karena yang satu ga berani ngelawan yang lain.

Selain sebagai warlord super keren dan bisa dibilang undefeatable, Nobunaga juga sangat cerdas. Silakan dijalanin sendiri route-nya kalo kalian penasaran. Ahh~ Nobunaga-samaaa~ ♥♥


DATE MASAMUNE


Menurut gue pribadi, Masamune adalah tipe pacar idaman. Gue belom masuk route-nya karna gue masih ngulang route Nobu-sama, tapi gue udah ngejalanin event Masamune, jadi sedikit banyak gue tau Masamune sangat so sweet banget banget banget.

Plus, eyepatch-nya itu loooh. It doesn’t matter meskipun matanya cacat satu, doi tetep ganteng dan seksi. Gue sendiri bertanya-tanya apakah gue sebagai salah satu penggemar otome game punya fetish tertentu sama eyepatch. Byron di MidCin en Shokudaikiri dari Touken Ranbu aja menurut gue seksi abis, Masamune di Ikesen ini juga bikin doki-doki deh! ٩(♡ε♡ )۶


SANADA YUKIMURA

 MC sendiri berpendapat dia ‘strikingly handsome.’ Gue setuju. Doi emang menarik banget. Kalo lu suka Alyn di MidCin, maka gue merekomendasikan lu jalanin route Yukkin. Yep, Yukkin sangat tsundere. Kalo berdasarkan deskripsi salah satu member Cybird, Yukkin itu kaya kecengan di waktu SMA. Tipikal cowo yang suka ngejailin elu, dan ketika dia menyatakan perasaan sama elu, dia langsung kabur. Lol.


TOKUGAWA IEYASU


Orang iniiiiiii…!!!! Bikin gue ngakak berat. o(≧∇≦o)
Dia sih pada awalnya keliatan kaya cool2 gitu, ga banyak ngomong, dsb. Tapi ternyata Ieyasu bahkan lebih tsundere dari Yukkin. Super duper tsundere, dan kontradiktif. Segala perkataannya mungkin menyakitkan juga dingin, tapi deep down sebenernya Ieyasu sama sekali ga dingin. Contohnya kira-kira begini:

MC: "Ieyasu, kue buatan gue kemaren itu enak ga?"
Ieyasu: “Ngga. Kue apaan itu, aneh.”
Mitsunari: “Tapi, Ieyasu-sama, kemaren saia liat Ieyasu-sama ngabisin kue itu dengan lahap.”
Masamune: “Pantesan cuma ada piring kosongnya doang di kulkas.”
Ieyasu: *blushing berat, cemberut* “Diem! Diem deh kalian, plis!”

Contoh lainnya:


 Kebayang? Wkwkwk. Tapi semua kekontradiktifannya itu ngebuat Ieyasu sangat dicintai. He’s so cute, indeed!


TOYOTOMI HIDEYOSHI


Our mother hen, Hideyoshi. Lol.
Sumpah eh dia amat sangat perhatian sama semua orang. Contohnya pas MC sama Masamune lagi kejar2an, cowo2 yang laennya mah cuek aja. Cuma Hideyoshi yang neriakin mereka, “Hey, you two! Safety first!” o(≧∇≦o)

Di route-nya Nobunaga, Hideyoshi juga yang biasanya paling memperhatikan MC. Doi pasti langsung nanya pribadi sama MC kalo misalnya MC keliatan ga mood. Saat perang pun, waktu MC ditinggal di perkemahan sementara cowo2 laennya pergi ke garis depan, Hideyoshi yang pertama kali balik buat ngabarin soal keadaan Nobunaga karena dia tau MC lagi ketar-ketir. Ahh~ he’s so sweet and caring~! (´・` )♡
Pokonya gue bertekad akan langsung menjalankan route Hideyoshi kalo udah keluar nanti.

Update:
Satu hal yang mau gue bilang adalah; HIDEYOSHI'S ROUTE IS A ROLLER COASTER OF EMOTIONS!
Ada banyak bagian yang bikin gue ketawa ngakak, gemes, keki, bahkan beberapa bikin gue nangis for real. Men, bener ga terkatakan. Hideyoshi!! Dan terutama... MITSUHIDE!!! HUWAAAAAA!!! 😭😭😭


ISHIDA MITSUNARI


Cuma 1 kalimat yang pantas menggambarkan Mitsunari: he’s an angel.
Doi sangat pinter, kutu buku, dan strategist andalannya tim Nobunaga. Mitsun juga adalah orang paling care kedua setelah Hideyoshi. Plus, senyumnya itu looooohhh…. σ(≧ε≦o)

Anyway, MC sendiri berpendapat barangkali Mitsun adalah cowo paling normal dari antara semua cowo (di tim Nobunaga terutama). Mitsun juga a very much sweet talker, meskipun dia sendiri ga nyadar kalo apa yang dia ucapkan tuh sebenernya ngerayu si cewe yang lagi dia ajak ngobrol. Jadi doi bisa flirting dengan mudah tanpa dia sadari dan tanpa dia bermaksud demikian. Lol.


AKECHI MITSUHIDE

Cowo misterius yang super jail. Di route-nya Nobunaga ada satu kejailan dia sama MC yang bikin kesel sekaligus bikin gue ngakak. Dari tampangnya aja keliatan bahwa Mitsuhide adalah orang yang pinter, licik, dan kita ga tau apa yang dia pikirkan sebenernya. That’s why he’s labelled as a mysterious person.

Meskipun begitu, Nobunaga sangat percaya sama Mitsuhide. Kita tau dari sejarah bahwa Mitsuhide merupakan orang yang pada akhirnya mengkhianati Nobunaga, dan itu jujur aja bikin gue doki-doki terus selama ngejalanin route Nobu—apakah bener ntar si Mitsuhide bakal mengkhianati Nobu, karena gue suka sama Nobu dan gamau dia dikhianati. Tapi di sisi lain gue juga suka BANGET sama si Mitsuhide dan gue gamau dia jadi jahat.
Daripada gue terus nyerocos soal dilema gue, mending kalian mainin sendiri route-nya Nobunaga dan liat gimana si Mitsuhide. Yang jelas, GUE SANGAT PENGEN NGEJALANIN ROUTE-NYA MITSUHIDE! 


TAKEDA SHINGEN


Warlord gagah di fraksi lain yang melawan Nobunaga. Gue gatau banyak soal dia sih, tapi berdasarkan event yang udah gue jalanin, Shingen adalah cowo super flirty. Begitu liat MC dia pasti langsung ngerayu MC.
Dan dia juga baiiiiiikkk. Pas ga sengaja ketemu sama Masamune di kedai dango, pas dia tau Masamune lagi ulang taun, Shingen diem-diem ninggalin sepiring dango sebagai ucapan selamat ultah buat Masamune, meskipun notabene-nya Masamune adalah musuh dia.


UESUGI KENSHIN


Super beautiful, sekaligus super intens. Doi sangat suka bertarung dan menyukai tantangan. Doi juga dingin sama semua orang, tapi punya kharisma yang ga bisa ditolak.
Anehnya, ada implikasi bahwa Kenshin menganggap cinta itu cuma merusak diri sendiri. Di suatu event pun dia pernah nyuruh MC buat ngejauhin dia dengan ekspresi sedih. Bikin penasaran.


KENNYO


Sangat membenci Nobunaga karena dia punya dendam sama Nobu. Jadi musuhnya Nobu sebenernya bukan cuma fraksi Kenshin, tapi juga ada Kennyo dan para pengikutnya.
Anyway, meskipun Kennyo kaya om-om dan mungkin ga bikin kalian tertarik, somehow gue pribadi penasaran sama dia. Karena walau dia keliatan out of reach karena perbedaan usia sama MC yang pasti jauh, tapi Kennyo punya daya tarik sendiri. Susah buat dijelasin sih. Saran gue, coba nonton anime Ikesen episode 5 gih. Gue ngakak.


SARUTOBI SASUKE


Cowo yang ikut ketarik ke masa lalu bareng MC nih. Cool dan selalu tenang, meskipun dia nyampe di masa lalu 4 taun lebih dulu dibanding MC. Doi adalah mahasiswa S2 (kalo gue ga salah tangkep) jurusan teori astrofisika (sumpah nama jurusannya aja bikin gue pusing).

Entah apa yang dia lakukan selama 4 taun, tapi skill-nya sebagai ninja di masa itu ga bisa dipandang sebelah mata. Sasuke juga jadi anggota fraksi Kenshin, means doi secara teknis sebenernya musuh MC yang ikut fraksi Nobunaga. Tapi Sasuke ga pernah ninggalin ato nyuekin MC begitu aja. Sasuke suka menyusup ke kastil Nobu buat nemuin MC, sekedar nanya gimana keadaan MC atau untuk ngasih info penting sehubungan dengan cara mereka balik ke masa depan.
Yang paling bodor adalah waktu MC ngasih tau Sasuke, di medan perang, bahwa akhirnya MC dan Nobu udah jadian. Reaksi Sasuke bikin gue ngakak. Lol.


Kalo untuk sistem game Ikesen sih sama kaya otome mobage Cybird lainnya, antara lain 5 chapter ticket setiap hari, ada lessons yang harus dijalani dan avatar dress-up buat ngelewatin checkpoint tertentu dalam cerita. Ada juga sistem Gacha buat ngelengkapin puzzle lord yang kita pilih dan kita bisa dapet benda2 buat ngehias Castle kita, plus dapet potongan cerita dari sudut pandang lord yang kita pilih kalo berhasil dapetin potongan Premium. Usahain dapet potongan Premium ini karena gue jamin kalian ga bakal menyesal. (ノ´ヮ´)ノ*:・゚✧

Overall, gue sangat suka sama Ikesen. Gue ga heran kenapa dalam waktu 2 taun Cybird merilis Ikesen di Jepang, ketenarannya udah kemana2. Ga cuma di Jepang, tapi juga di seluruh dunia Jadi ga perlu ragu untuk ngeinstal game ini, karena Ikemen Sengoku – Romance Across Time AMAT SANGAT RECOMMENDED!!

TOTALLY!!!

I’M IN LOVE WITH ALL OF THE GUYS IN THIS GAME!!!!







TAKE ME, MITSUHIDE-SAMAAAA!!!!

4 comments:

  1. Hai, aku bru saja 1 bulan ini mencoba memainkan ini. Dan ya! Like you have said! Aku bahkan suka bgt ma MC nya! Plus ini game emang mnrtku otomegame paling bagus, dr design/art nya, seiyuu yg oke punya, bhkn dr segi ost nya ku suka ahahahhaa, mgkn tolong bs diupdate lg utk route2 lain jk kamu sdh memainkannya hehehe
    Terimakasiih atas review nya, review ini bikin aku download game nya

    ReplyDelete
  2. Why gw ngerasa kyk kena sopiler yha? XD

    ReplyDelete
  3. Hai haaiii, gue mau cerit tentang pengalaman gua main di rute shingen. Shingen ini rute pertama yang gua mainin karna pas gua liat trailer/? ceritanya tuh sangat amat menarik
    omg shingen itu sangat amat gentle!! 😭 terus rutenya bisa bikin nangis kejer ooyyy 😭😭😭 kalo keinget masih pengen nangis lageehh 😭😭

    ReplyDelete
  4. Haloo! Aku baru aja download game inii, awal baca judul game nya ga terlalu ngeh tentang apaa. Cuman pas liat karakternya di openingnya aku mikir kek "ohh ini ksatria jepang sama kerajaan kerajaan an jadul lah" gituu. Pas denger soundtrack nya mulai ngerasa familiar, kok rasanyaa guee kenal ni musik yaa. Pas udah mulai baca nama nobunaga oda, masamune date, yukimura sanada dan kawan kawan ak mulai mengikik, yakann ternyata memang karakter di game samurai warriors yg sering ak mainin di ps bareng adekkuu wakakaka. Awal awal emang agak cringe karna yang ak tau om nobu ini di versi ps mukanya galak betul dan kaya om om makamya ku panggil om nobu, truss yang emang dari dulu ak taksir tu yaa yukimura sanada inii, yang emang karakternya di ps juga digambarkan sebagai seorang pemuda yang ganteng banget gituu, trus yg paling ikonik dari abang hideyoshi toyotomi tu topi matahari nya itu yang mencolok mata bangett mana orangnya kek kecil gituu. Trus jugaa leyasu tokugawaa di ps bapak bapak bogel gt yg ndutty gemoy. Makanyaa ak kaget berat enih disini kenapa pada ganteng ganteng amayy, awal nya beneran sempet gabisa menjiwai karna kebayang bayang sama karakter di ps, impact nya gede banget di memoriku wakakak. Tapiii aku sekarang ini lagi di fase galau mau milih rute yg mana antara pilih om nobu yg lebih cakep tp tetep super karismatik disini bikin tergoda, atau tetep milih mas yuki first crush ak yang aduhai super manis senyum nyaahh, smoga ak tida sala pilih😔👍🏻👍🏻👍🏻

    ReplyDelete