Thursday, July 20, 2017

6 Kota Hilang Legendaris yang Udah Ga Ilang Lagi

Hulo halo semua!

Jujur aja gue sebenernya gatau apa yang harus ditulis disini, tapi gue pengen nulis. Jadi biar gue bagiin aja sedikit pengetahuan buat kita semua wkwk~

Kalian so pasti dong tau apa itu Atlantis?
Yep, Atlantis adalah salah satu kota hilang yang sudah melegenda sejak dulu tapi ngga pernah ditemukan.

Kalau Kota Emas El Dorado? Itu juga legenda yang ga pernah ketemu beneran.

Bukit mistik nan harmonis kaya surga dunia, dimana para penduduknya disebut2 hampir imortal, bernama Shangri-La? Meskipun sampe ada resort bahkan banyak tempat dengan nama yang sama, si bukit realnya sendiri ga pernah ditemukan juga.

Yang terakhir itu malah sebenernya cuman fiksi. Buahahaha!




So kalo kita bayangin ‘kota yang hilang’ pasti imajinasi kita berkeliaran, sekaligus juga penasaran banget sama apa yang ada di dalam kota tersebut, gimana dulu penduduknya hidup, keajaiban2 apa yang pernah terjadi disana, or maybe just simply bertanya2 bener ga ya kota2 tersebut keindahannya sama kaya yang diceritain di legenda sampai jadi melegenda begitu. Bahkan seringnya saking luar biasanya kota2 tersebut, orang2 beranggapan tempat seperti itu cuma sekedar mitos.

Kebayang ga sih, kalo sebenernya kota2 hilang itu, yang awalnya dianggap cuma mitos, sebenernya eksis dan udah ditemukan?

Yep, post kali ini akan memperkenalkan beberapa kota hilang yang keberadaannya sudah ditemukan dan diekskavasi oleh tim arkeolog. Yuk monggo disimak~


1. Dvaraka: Rumah Dewa Krishna


Bagi umat Hindu, Dvaraka adalah kota yang sangat suci. Merupakan rumah Dewa Krishna, salah satu dewa terbesar dalam agama Hindu, yang pernah tinggal di bumi sekitar 5,000 tahun yang lalu.

Dvaraka dibangun oleh arsitek pilihan Dewa Krishna sendiri. Sebuah deskripsi kuno mengatakan bahwa Dvaraka merupakan kota yang diisi dengan nyanyian burung & lebah beterbangan di begitu banyak taman2 pelesir yang sangat indah, sementara danau2nya dipenuhi dengan bunga2 air bermekaran serta angsa dan burung bangau.
Dvaraka dikatakan memiliki 900,000 istana, semuanya dibangun dengan kristal dan perak juga didekorasi dengan emerald. Ga ketinggalan interior istana2 tersebut dihiasi dengan emas dan permata.

Namun pada akhirnya, kota Dvaraka hancur di tengah pertempuran antara Dewa Krishna dan Raja Salva.

Kedengerannya pasti itu kaya kota imajinasi semata kan? Nyatanya, ketika arkeolog mulai mengeksplorasi laut dimana Dvaraka semestinya berada, mereka benar2 menemukan reruntuhan sebuah kota yang cocok dengan deskripsi kuno tersebut. Memang sih reruntuhan itu ga berisi emas-perak-permata kaya di cerita, tapi jelas kota tersebut merupakan salah satu kota kuno besar dengan tata letak yang persis seperti cerita.

Ada bukti bahwa Dvaraka kuno tersebut mungkin saja dibangun 9,000 taun yang lalu, menjadikan tempat itu sebagai salah satu kota tertua di dunia. Pada masa kejayaannya, Dvaraka merupakan kota pelabuhan tersibuk. Lalu pada milenium kedua sebelum Masehi, Dvaraka tenggelam dalam lautan, persis seperti legendanya.





2. Xanadu: Istana Kublai Khan


Pada suatu hari, penjelajah sohor bernama Marco Polo kembali dari China dengan membawa cerita luar biasa tentang kerajaan Kublai Khan. Salah satu hal paling keren dari ceritanya tersebut adalah Xanadu, istana sang khan itu sendiri.

Menurut Marco Polo, Xanadu adalah sebuah istana marmer yang dikelilingi oleh taman super luas (sekitar 26 kilometer persegi atau 16 mil), berisi berbagai macam mata air, sungai, dan hewan-hewan liar (bukan jenis yang buas, tapi). Disana juga sang khan memelihara 200 gyrfalcon (sejenis elang paling besar) dan 10,000 ekor kuda putih bersih di istana emas yang dijaga naga-naga. Secara singkatnya, ga ada paradise di bumi ini yang bisa ngalahin Xanadu.

Sayangnya tempat ini dihancurkan oleh tentara Ming tahun 1369, jauh sebelum sebagian besar orang Eropa sempat berkunjung ke tempat ini. Abad-abad pun berlalu, tempat ini perlahan menjadi sebuah legenda. Banyak penyair menuliskan tempat ini tapi kebanyakan membumbuinya dengan imajinasi mereka sendiri.

Untung pada akhirnya lokasi istana Kublai Khan ini ditemukan, dan para ahli pun sepakat bahwa deskripsi dari Marco Polo kemungkinan besar ngga berlebihan. Ukuran tempatnya aja dua kali lebih besar dari White House, trus bener dikelilingi oleh taman luas-pake-banget yang keliatannya menampung berbagai jenis hewan liar dari berbagai penjuru dunia.

Ditemukan juga banyak ‘tempat parkir’ (semacem itulah) buat kuda di berbagai lokasi. Bahkan tempat itu juga memiliki naga seperti yang dideskripsikan Marco Polo. Naga-naga tersebut merupakan patung di atas pilar-pilar yang dicat kuning—kesemuanya berpose persis seperti yang diceritakan Marco Polo.

Penasaran ya gimana Xanadu pada masa kejayaannya dulu :D

Besarnya Xanadu kalo diliat dari atas.


3. Leptis Magna: Kota Roma yang Terkubur Pasir


Kota Romawi besar bernama Leptis Magna ini merupakan tempat kelahiran Kaisar Septimus Severus. Pada masa pemerintahannya, Septimus Severus yang amat sayang sama kota ini mengembangkannya sampe jadi salah satu pusat perdagangan penting di Kekaisaran Roma.

Namun saat Roma mulai jatuh, Leptis Magna juga ikut terbawa jatuh (sekitar abad ke-3). Kota ini sempat dikuasai oleh bangsa Vandal dari Jerman Timur, dijarah habis-habisan oleh sekelompok perampok, diinvasi & dihancurkan bangsa Arab, sampai pada akhirnya kota ini dilupakan dan terkubur pasir.

Selama sekitar 1,200 taun Kota Leptis Magna tersembunyi sampai akhirnya para arkeolog abad ke-19 menemukannya kembali. Saking terlupakan dan tidak pernah diganggu, kota ini terawetkan secara sempurna. Jadi arkeolog ga cuma menemukan pecahan tembikar disana, tapi mereka bisa berjalan-jalan di kota Roma kuno secara harfiah.

PENGEN KESANA!! >w<





4. Vinland: Tanah Viking yang Kaya

Rumah panjang Viking yang dikonstruksi ulang.

Tahun 1073, seorang pendeta Jerman bernama Adam of Bremen bercerita pada raja Denmark—Sven Estridsson—bahwa bangsa Viking pernah berlayar mengarungi Samudra Atlantik dan menemukan sebuah daratan nun jauh di sana dimana segala sesuatunya tumbuh subur dengan sendirinya; baik itu anggur maupun biji-bijian (gandum, oats, jagung, dll). Daratan tersebut dinamakan Vinland.

Rupanya bangsa Viking pun secara turun temurun menceritakan kisah tersebut. Dikatakan bahwa mereka bertarung melawan bangsa asli yang tinggal disana—Skraelingar. Para Skraelingar ini mengenakan pakaian putih dan tinggal dalam gua2 serta lubang2. Saat bertempur, mereka membawa tongkat panjang dan meneriakkan seruan perang tiap menyerang.

Sebelum lokasi arkeologisnya ditemukan, Vinland yang cuma disebut2 dalam saga Nordik kuno atau historiografi abad pertengahan dianggap sebagai legenda semata, bahkan setelah bangsa Spanyol sampai di Amerika. Baru pada tahun 1960an lokasi aslinya ditemukan—L’Anse aux Meadows di Newfoundland, Canada, daerah Amerika Utara sana.

Bagian dalem rumah Viking yang dikonstruksi ulang.


  
5. Heracleion: Kota Mesir yang Tenggelam


Heracleion, atau Thonis, adalah sebuah kota Mesir Kuno yang terletak di pesisir Nil, dulunya merupakan pelabuhan utama perdagangan internasional dan tempat pengumpulan pajak bagi bangsa Mesir.

Barangkali saking terkenalnya Heracleion muncul di banyak mitos Yunani. Di kota inilah kabarnya Heracles/Hercules pertama kali menginjakkan kaki saat ia tiba di daratan Afrika. Kota ini juga merupakan tempat persembunyian bagi Paris dari Troy serta Helen saat kabur dari Menelaus sebelum Perang Troya terjadi. Dan selama berabad2 tidak ada seorangpun yang mengetahui dimana lokasi asli Heracleion ini.

Kenapa? Jelas, sebabnya Heracleion saat ini berada sekitar 10 meter di bawah permukaan laut. Kira-kira 2,200 taun yang lalu, kemungkinan besar Heracleion terkena gempa bumi dasyat atau tsunami yang menyebabkannya tenggelam.

Lokasi kota ini diketahui secara tidak sengaja pada awal taun 2000an. Para penyelam menemukan batu aneh di dasar laut, dan ketika mereka membawanya ke permukaan, mereka menyadari bahwa batu tersebut merupakan bagian dari patung kuno. Penyelaman pun dilakukan kembali, dan dalam waktu singkat mereka menemukan literally seisi kota yang hilang.

Sebagian besar bagian kota masih terlihat utuh. Para penyelam dapat menemukan tugu2 besar yang menyampaikan peringatan dalam hieroglif soal hukum perpajakan Mesir Kuno. Selain tugu, terdapat patung2 dewa Mesir Kuno dengan ikan2 berenang tenang di sekelilingnya, harta karun, juga reruntuhan kuil Mesir Kuno.






6. Sigiriya: Keajaiban Dunia Ke-8


Nih salah satu tempat yang bikin gue takjub bener.

Pada abad ke-5 Masehi, Raja Kassapa dari Sri Lanka memutuskan untuk membangun istana di atas sebuah batu super-ultra gede (tingginya aja 200 meteran bro!). Menurut legenda, istana Raja Kassapa ini merupakan salah satu istana ter-luar-biasa di seluruh dunia. Untuk bisa masuk ke istana tersebut, orang harus melewati mulut singa raksasa dari batu dan menaiki tangga panjang sampai ke puncak.

Sayangnya, Kassapa ga tinggal lama disini. Ga begitu lama setelah istananya selesai, saudara seayah Kassapa—Mogallana—menyerang.

Jadi kalo mau diceritain dari awal sih kurang lebih begini; Kassapa sebenernya putra raja dengan wanita bukan bangsawan. Sekitar taun 477 Masehi, Kassapa merebut tahta dengan membunuh ayahnya dibantu oleh sepupunya sang komandan pasukan kerajaan. Sementara itu putra mahkota yang sesungguhnya, yaitu Mogallana, kabur ke India karena takut dibunuh.
Tapi sebenarnya Kassapa juga takut kalau nantinya Mogallana kembali dan merebut tahta yang memang seharusnya punya dia. Karena itulah Kassapa membangun benteng pertahanan sekaligus istana pelesir di atas batu XXL ini.

Ketika tiba saatnya Mogallana bener balik ke Sri Lanka dan menyerang Kassapa, para prajurit Kassapa kabur saking takutnya mereka sama Mogallana, dan pada akhirnya Kassapa bunuh diri dengan menjatuhkan diri ke atas pedangnya.

Setelah jatuhnya Kassapa, tempat ini diubah menjadi biara Buddhist selama beberapa saat lalu kemudian dilupakan.
Ketika arkeolog Eropa menginvestigasi cerita dan memulai pencarian sekitar taun 1890an, mereka akhirnya menemukan istana legendaris ini. Orang beneran harus melewati mulut singa kalau mau masuk ke area istana. Sayangnya kepala singanya runtuh bertahun-tahun yang lalu, menyisakan paws singanya aja. Tapi paws-nya aja udah keren banget deh. Sungguh pengen liat istana ini pada masa kejayaannya dulu kaya gimana >w<

Sigiriya tampak atas.


__________________________________________________



I always wonder how ancient people could built something so amazing. Dan salah satu hal yang patut disyukuri kalo menurut gue sih untungnya kita masih bisa nemuin peninggalan2 luar biasa ini. Sejarah itu memang ga boleh ilang, karena dari sejarah kita bisa mempelajari, membangun, sekaligus mengembangkan banyak hal. Ga cuma merusak mulu.

Oke! Sekian post-an kali ini! Semoga berguna buat kita semua~ Lumayan nambah tujuan eksplorasi buat kalian yang suka pergi ke luar negeri. Wkwkwk.


RANGERS KAPAN NIH BACKPACKER-AN???


Sumber: Listverse & Wikipedia

No comments:

Post a Comment