Monday, January 16, 2017

Para Rangers Membolang, Guys..! Woohoo!!

Hey, guys~

Ini pilot project kita buat bikin satu buah konten blog hasil kolaborasi, nih... Biasanya kan setiap konten ditulis sama satu orang doang, yah... So, sorry if this post takes too long to be produced.

Jadi ceritanya, bulan Desember lalu para rangers mengadakan assembly. Mereka mau menyusun rencana buat menguasai dunia. 

REALLY

Ga lah. 

Intinya, kedua ranger yang pergi merantau pun kembali pulang. Tapi karena orangtua kedua ranger perantau pindah ke Cirebon, mereka pun pulang ke Cirebon, bukan ke Bandung. Karena kedua ranger yang lain udah kangen banget sama kedua ranger perantau, akhirnya kedua ranger yang bukan perantau pun MEMUTUSKAN untuk membolang ke Cirebon!

And the chaotic story began. As per usual.


Berikut adalah panduan membaca blog edisi spesial ini:
1. Mohon membaca secara keseluruhan sampai selesai.
2. Untuk mempermudah, sangat dianjurkan untuk membaca DARI AWAL SAMPAI AKHIR, tanpa melompat.
3. Usahakan anda tidak sedang melakukan apapun selain membaca blog ini supaya pekerjaan anda tidak terbengkalai, karena post ini panjang dan pasti akan menyita waktu.
4. Ready? Let's start!


Satu hal yang kita notice dari setiap moment berkumpulnya para rangers adalah: CHAOS. Saat ngalaminnya sih ga banget, tapi saat dibahas lagi malah jadi lucu dan ga habis pikir kenapa semua itu terjadi.

Semua berawal dari proses BELI TIKET KERETA untuk ke Cirebon, yang terjadi 2 bulan sebelum mereka berangkat.
Fan dan Ndi punya masalah besar dalam satu hal: bangun pagi. Mereka pun berusaha cari tiket kereta yang ga mengharuskan mereka untuk bangun pagi. Jadi, disepakatilah mereka mau berangkat dari Bandung naik kereta yang jam 10. Tjakep.
Jadilah Ndi semangat ke Indomaret buat beli kereta. Tut-tut-tut dia main tap mesin tiket dan keluarlah struk pembelian kereta dan dia bayar di kasir. Ini struknya.


Perhatiin yang dikasih lingkaran.

See?! Instead of getting a train that will DEPART at 10, Ndi got a train that will ARRIVE at 10! Which means: Fan sama Ndi harus berangkat jam 6 pagi dari stasiun, which means mereka harus uda berangkat ke stasiun dari rumah sekitar jam 5anwhich means mereka harus bangun jam 4an!
Andi emang AWESOME.

Dan di hari H... Fan telat bangun.

__________________________________________

Yow, Ndi is here! Supaya kalian ga pada pusing bacanya, maka semua tulisan yang berasal dari akal pikiran gue bakal ditulis dengan warna IJO. Pertama gue mau meluruskan satu hal disini:

Mencari kendaraan antar-kota menjelang akhir taun itu ribet banget ga boong, banyak faktor yang diperhatiin mulai dari berapa biayanya, berapa lama nyampenya, mba-mba CS nya cantik apa ngga…

Maaf... Rencananya gue sama Fan mau naek travel aja yang uda pasti en sering dipake sama si tante (a.k.a mamihnya Na Ne) tapi saat itu Fan belom pernah naek kereta en dia ngerengek-rengek supaya dia bisa naek kereta. Karena gue adalah pria yang berjiwa besar maka dikabulkanlah permintaan itu (gila baik banget ga gue??) Sejurus kemudian gue minta KTP nya si Fan buat beli tiket di Indahmart. Entah kenapa si Fan ini ngga mau foto KTP nya di expose ke khalayak publik. Ternyata pas gue liat ternyata fotonya dia emang kaya orang teler kebanyakan minum buyung upik. LOL (Tenang aja uda gue foto kok, yang pengen liat japri aja ya buakakakakakaka...)

Jujur gue bingung sama jadwal kereta soalnya cuman ada 2 pilihan; jadwal pagi atau malem. HAL PERTAMA YANG GUE LIAT itu jadwal kedatangan kereta pagi. Dijadwalnya tertulis, "JADWAL KEDATANGAN 10.30."
Yang gue pikirin saat itu adalah, "Oh keretanya dateng jam set 11 ya." Jadilah gue pesen tiket buat kereta pagi itu. Tapi apa daya sebenernya jam 10.30 itu jam kedatangan kereta di stasiun CIREBON yang berarti keretanya cabut jam 6 pagi -________-

Setelah melewati sehari penuh cacian, hinaan, dan umpatan dari si Fan, akhirnya kami membuat rencana gimana caranya kita bisa ke stasiun di pagi hari mengingat kami berdua sama-sama kebluk. Fan dengan mantab dan penuh kepercayaan diri meyakinkan gue, "Tenang aja besok gue jemput lu setengah 5 pagi!" Yaudah berarti gue harus bangun set 4, ngecek lagi perlengkapan, mandi dsb terus siap-siap dijemput.

Untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana, gue mulai miskol si Fan dari jam 4 pagi dan ngga diangkat.

Gue telpon lagi 4:10, ngga diangkat lagi.

4:15, ngga diangkat.

4:25, belom diangkat juga.

4:30, INI ANAK NGGA BANGUN APA DICULIK ALIEN!

Disitu gue mulai pasrah aja en mulai nyari alesan kalo gue batal ke Cirebon. Waktu menunjukan pas pukul 05.10, terus si Fan nelpon gue, "Keluar, gue diujung gang."

Ada perbedaan setipis rambut antara lega sama pengen matahin leher orang.

Karena ini trip pertama Fan naek kereta, maka gue merelakan tempat duduk samping jendela yang merupakan spot favorite gue. Seumur idup naek kereta gue ngga pernah ngasih spot itu ke orang lain, termasuk adek gue sendiri (gila baik banget ga gue?? #2).

Jujur kereta api itu kendaraan yang paling gue suka. Anti macet, bisa tidur nyaman, aman, en bisa liat pemandangan yang superb banget. Poin terakhir itu yang rata-rata bikin orang nagih banget naik kereta. Makanya kenapa gue kasih spot itu ke si Fan supaya dia bisa liat pemandangan, TAPI TERNYATA DIA LEBIH MILIH TIDUR. Men. Sepanjang jalan gue gangguin aja biar dia melek, sampe di satu titik mukanya berubah jadi pribadi yang ngga gue kenal en insting gue mengatakan, 'Udah mending lo diem aja.' Fyuh.

Karena perjalanan yang lumayan membuang waktu gue cuman bisa mainin hape doang, browsing 9GAG ato buka-buka instagram sampe bosen mampus. Mumpung si Fan lagi molor gue akusisi aja hapenya dengan harapan dia punya game or something buat ngisi waktu luang, en ternyata isinya game-game cewe semua -.-

Thank God, ternyata dia download beberapa film yang disimpen di hapenya. Dari sekian banyak film entah kenapa gue tertarik buat nonton Train to Busan. Watching a movie about (somewhat) train incident while you are riding it for real itu sesuatu banget emang. Saking cemennya, gue sampe harus beberapa kali pause, buka 9GAG lagi, dog therapy di Google, nonton film lagi, gitu aja terus sampai akhirnya kami sampe di Cirebon! Wohooooo ~


Nunggu cewe dandan itu~ menyiksa
Salah satu jadwal kunjungan kita adalah foto make toga karena akhirnya kita berempat lulus. Berhubung 3 makhluk ini cewe semua berarti mereka harus dandan, and it was killing me softly. Sambil mereka dandan gue masih bisa goler-goleran dulu, nonton drama serial (bukan Korea), ngobrol sama si om en tante, ganti baju, balik lagi, dan mereka MASIH DANDAN JUGA. Jujur gue ngga ngerti sama macem-macem peralatan dandan cewe. Mereka bahkan punya tas khusus yang isinya penuh sama alat make up doang, sementara itu alat make up yang gue bawa cuman 1: Rexona. Eh itu make up bukan sih?


Fan gabawa toga (baru nyadar setelah pada dandan)
Setelah semua siap, baju toga kita satuin en dimasukin ke tas gede yang mirip tas buat nge-gym gitu. Berhubung gue yang pasti jadi courier-nya, ya bersyukur aja seenggaknya bukan tas Helo Kitty warna pink. Toga Na Ne siap, toga gue uda dimasukin, tapi toga punya Fan kenapa cuman ada topinya doang ya?

"Eh, toga teh sama bajunya? Gue kira toga tu nama topinya doang."

Semuanya speechless. Puji Tuhan, tante masih nyimpen toganya jadi bisa dipinjemin ke Fanny si-ngga-tau-toga-itu-apa Adilia.

Pake toga~!

Akhirnya kami pergi pake 2 motor. Gue ngebonceng Na, Ne ngebonceng Fan. Jalanan Cirebon ngga terlalu rame en pengendaranya jauh lebih woles dari Bandung. Di angan-angan gue, gue akan menikmati waktu-waktu berkendara di Cirebon. Tapi ternyata gue salah bawa boncengan. Na yang notabene-nya merupakan satu-satunya penunjuk jalan dan jadi partner motor gue rupanya bener-bener menyedihkan banget soal urusan nunjukin jalan. She was a real GPS (Gagal Positioning System).

Sekarang gini deh, lu berkendara di kota yang bener-bener ngga lu tau denahnya, dan satu-satunya orang yang menunjukkan jalan banyak revisinya.

Contoh 1.0 = Lagi jalan terus nemu persimpangan
Gue : "Kemana nih jalannya?"
Na   : "Ke Gatot Subroto."
Gue : "Itu.. dimana?"
Na   : "Errr.. di..."

Contoh 2.0 = Persimpangan lainnya
Gue  : "Kemana nih jalannya?"
Na    : "Kesana."
Gue  : "Kesana kemana?"
Na    : "Ya kesanaaaa!"
Gue  : "IYA KESANA TU KEMANA."

Contoh 3.0 = Masih persimpangan lainnya
Gue  : "Kemana nih jalannya?"
Na    : "Ke kanan."
Gue  : "Bener ye kanan."
Na    : "Iyeee."
*motor gue belokin ke kanan*
Na    : "Eh kok ke kanan sih, ke kiri ai lu!"
Gue  : *^$#!@#$_*&^%$#@#$%^

Contoh 4.0 = kompilasi persimpangan
Gue  : "Kemana nih jalannya?"
Na    : "Gatot Subroto."
Gue  : "Itu... dimana?"
Na    : "Errr... di..."
Gue  : "Cepetan itu perempatan uda didepan!"
Na    : "Kesanaaa."
Gue  : "Kesana kemanaaa???"
Na    : "Ya kesanaaaaa."
Gue  : "KANAN APA KIRI???"
Na    : "KANAN!"
Gue  : "BENER YE KANAN???"
Na    : "IYE BENEER."
*belok kanan*
Na    : "EH KOK BELOK KANAN SIH KAN KESANA HARUSNYA!"

__________________________________________

Yap, berhubung si Ndi kayanya masih kejang-kejang mengingat peristiwa boncengannya ama si Na, gue akan melanjutkan tulisan ini. Ini Fan, btw.


Kok lo masuk parkiran ga pake tiket?!
Buat foto bareng, kita semua berencana pergi ke studio foto yang letaknya di dalem komplek sebuah mall (yang gue lupa namanya) (koreksi dari Ne: CSB!). Awalnya kita bingung cari jalan masuk, karena biasanya kalo mau masuk mall kan suka ada tanda motor harus masuk lewat mana, mobil lewat mana. Tapi disitu ga ada tanda apa2. Jadi kita mengasumsikan pintu masuknya memang cuman 1. Pas baru mau beranjak ke mesin pemuntah tiket, tiba-tiba ada mobil masuk mendahului, disusul mobil lain, disusul mobil yang lainnya lagi.

Disitu kita bingung, jangan2 emang motor ga boleh masuk lewat situ. Kemudian keluarlah satpam yang nunjuk ke arah lain, “Motor lewat situ aja, Neng.” Otomatis Ne ama gue langsung melaju ke tempat yang ditunjuk, dan emang bener disitu ada mesin tiket buat motor. Kita ambil tiket, masuk tempat parkiran motor, terus kita nungguin Na en Ndi.

Semenit.

Dua menit.

“Kok mereka ga muncul2 ya, Ne?”

“Iya nih, mereka harusnya kan lewat sini!”

Singkat cerita, sekitaran 5 menit kemudian mereka berdua akhirnya muncul, dari arah yang berlawanan dengan arah kedatangan Ne dan gue tadi. Berbagai pertanyaan pun muncul dalam benak kita: (1) Kok lama banget, padahal mereka tadi ga jauh di belakang kita, (2) Kok bisa mereka muncul dari arah berlawanan, (3) Masuknya lewat mana, karena satu2nya pintu masuk motor yang legal adalah yang barusan kita lewati.

“Ada yang bisa dimasukin gitu tadi,” kata Na.

Okey. Jawaban yang sangat ambigu sekali.

Sebelum kita sempet nanya2 lagi, si Ndi udah nanya duluan, “Baidewei ngambil tiketnya dimana sih?”

Jadi rupanya mereka BELUM AMBIL TIKET SAMA SEKALI.

Ne ama gue cuma bisa saling berpandang2an aja sembari nunjuk tempat tiket yang tadi kita ambil. Sampai saat mereka parkir trus kita masuk ke studio foto, gue masih setengah berharap ada satpam ngejar mereka kemudian nge-lecture soal trespassing. Thankfully (somehow miraculously) it didn't happen. Barangkali misteri 2016 yang sampe sekarang masih belum terpecahkan adalah gimana caranya mereka bisa masuk area mall tanpa tiket. *keprok berjamaah*



Assassin’s Creed? Meh.
Jadwal kita berikutnya setelah berfoto adalah nonton Assassin’s Creed. Kita tau game-nya, dan secara personal gue suka banget ama Altair ceritanya, sehingga ekspektasi kita (gue, seengganya) cukup tinggi untuk film ini. Sayangnya… gue ga suka ama filmnya. Ga sesuai ama ekspektasi, men. Mengecewakan pokonya, cuman bagus efek2nya aja. 


Perut Andi memang besar.

Ketemu PRINCESS!
Yes, kita ketemu princess beneran di keraton! Ceritanya pas kita lagi mengunjungi Keraton Kasepuhan dan duduk2 sambil berteduh dari ujan, tiba-tiba di depan kita lewat seorang cewe, diikuti oleh para abdi dalem keraton. Gue terpana, soalnya cewe itu tuh cantik banget. Meskipun keliatan udah ga terlalu muda lagi gitu ya, tapi cantik banget, serius.

Rombongan itu melewati kitapara pelancong lancay calangapdan masuk ke daerah keputren (tempat tinggal putri).

Gue masih terpana, masih mencerna tu cewe masuk ke tempat tinggal putri dan diikuti para abdi dalem keraton. Berarti jangan2…

Ne berhasil menemukan suaranya kembali, “Woi, tadi itu putri kan!”

 “Cantik banget deh.” Cuma itu yang berhasil si Ndi utarakan.

Selanjutnya, reaksi Na: “Apa? Ada apaan emangnya?”

…Iya, okey Na…



Bawang Bombay Rasa Apel
Malemnya taun baruan nih.. rencananya. Kita semua kecapean sehabis pulang dari Keraton dan mall (lagi). Kita semua giliran mandi dan mulai sibuk cek HP yang kita tinggal selama jalan-jalan. Entah kenapa, kalau jalan sama mereka tuh rasanya tangan kita ga gatel untuk sosmed-an. Mungkin karena kita terlalu menikmati momen kali, ya? *Uuuuuuu*

1 hal yang selalu di-request sama Fan dan Ndi kalau ke rumah gue adalah: “Oom, tante.. Buatin Soto Betawi, dong. Please... Pleasee.. Pleaseee...” *mata Puss in Boots*

Memang, soto Betawi buatan papi mami gue emang enak banget. Kuahnya pakai susu murni. (Udah, stop. Jadi kangen rumah.)

Alhasil, setelah kita capek-capek ria di keraton dan di mall, setelah mandi bersih dan beresin sosmed, kita uda pada duduk manis di meja makan buat makan soto Betawi si papih-mamih. Papih dengan sangat murah hati masukin banyak daging ke soto kita masing-masing, terus ngomong, “Ini soto sepanci harus abis, ya. Papi gamau tau. Kalian harus makan semua.”

Andi pun langsung melompat sukacita. Terus ngomong, “Aku mau dagingnya lagi ya, Pih~”

Kita pun akhirnya makan dengan gak nyantai karena kelaparan dan kecapean. Kita saling sindir satu sama lain: siapa yang bakal ngorok paling keras (semuanya kecapean. sungguh.) Lalu, Fan melontarkan perkataan brilian!

Oke, gue terusin dari sini (ini Ndi btw)

Mata setengah ngantuk, badan setengah lemes, kesadaran cuman 40% en tiba-tiba si Fan nyeletuk, "Eh lu tau ga bawang bombai kalo masih utuh langsung digigit tu rasanya kaya apel loh!" sambil nyodorin bawang bombai yang baru di peel en masih bulet.

Jujur gue jadi penasaran siapatau itu bener karna gue pikir bawang bombai yang masih utuh itu belom terkontaminasi sama udara en bisa aja rasanya kaya apel. Ngga lama Ne juga nyeletuk, "Iya gue pernah liat kok di YouTube." Makin penasaran lah gue, dan dengan kemantaban jiwa gue memberanikan diri buat ngegigit itu bawang. Rasanya? Ngga ada rasa apel-apelnya sama sekali! 

Pelajaran hari itu; jangan percaya kepada siapapun, termasuk kepada sahabatmu, terutama sahabatmu yang didukung oleh sahabatmu yang lain. INGAT! YOU ARE ON YOUR OWN ONLY!

Lolololololol~ Gue bahkan ga nyangka si Ndi semudah itu percaya! Sejujurnya gue kaget sangat ketika tanpa banyak tanya si Ndi langsung gigit tuh bawang. Hahahahahaha!


Happy New Year! (jam 12 teng setelah toast, langsung bobo. Kita udah ga muda lagi ternyata)
Berdasarkan pengalaman taun2 sebelumnya, kita semua kuat melek dan makan sampe jam 4 pagi. Jadi kita bikin rencana; bikin kentang goreng dan spageti, nonton film marathon sampe subuh, bikin coklat, dan minum bir. Pada awalnya gue sempet ragu buat beli bir. Gue tau Ndi dan Na ga masalah menenggak minuman kaya begitu. Masalah yang sebenernya terletak sama si Ne.

Dulu ceritanya (dulu banget, jaman kita masih ababil dan gatau mana bener mana salah) kita pernah nyobain beli MixMax; 2 botol dibagi buat 4an. Tiga orang di antara kita sepakat itu sama dengan minuman bersoda kemahalan aja. Tapi this particular someone belom abis ¼ botol aja udah ngomong, “Aduh, ga kuat. Gue pusing. Lu aja yang abisin, Ndi!”

Bayangin. Belom ¼ botol loh. So are you sure you gonna hold your beer?

“Beli aja! Sekalian beliin buat si Mami Papi!” kata dia dengan mantap ketika kita bertiga menatap dia dengan penuh tanya.

Alright then. So malemnya, gue bertugas bikin kentang goreng duluan, next nanti Ne bakal bikin spageti, baru kita makan sambil buka bir2nya. That’s the plan. Realitanya; gue bikin kentang goreng, trus kita makan dulu tu kentang sambil nonton en minum bir. Next, kita semua tidur. Ne tersangka utama yang tidur duluan. Dan birnya dia ga abis.

…Okey, Ne…

Untuk memperjelas, kita ga minum bir atau wine beneran. Kita gamau dosa dan memberi contoh yang ga baik buat orang-orang yang suka mabok atau ngasal di malam tahun baru. Yang kita minum itu yang versi Zero. Dan... Ne masih ga kuat.

__________________________________________

Pulang? Gamau ahhh~
'Today i don't feel like doing anything ~ I just wanna lay in my bed ~"
Di hari terakhir di Cirebon, entah kenapa males banget rasanya. Codename kami berempat jadi satu: Sloth. Eat, sleep, repeat. Kerjaanya makaaaan mulu, nontooooon mulu, tiduuuuuuuur mulu. 

Jam uda menunjukkan jam 10. Seharusnya, mereka uda siap-siap ke pool travel mereka yang bakal berangkat jam setengah 12. Berhubung mereka jadi penumpang pertama, mereka uda harus standby jam 11. Akhirnya gue pun berusaha nyuruh Fan sama Ndi buat bangun dan siap-siap.


Gue   : "Guys, bangun. Siap-siap. Nanti gue anter ke pool setengah jam lagi."
Ndi    : "Ho-oh." *masih nonton serian sambil tidur-tiduran*
Gue   : "Serius nih gue. Cepetan. Kalo ngga, kalian ditinggal."
Fan   : "Iya..." *sambil tiduran, buka 9Gag*
Na     : *nongol dari pintu kamar* "Kalian teh... BANGUN! Lu yang kudu buru-buru kok kita yang ceriwis?"
Ndi    : "Males..."
Fan   : "Sama..."
Gue   : "Yaudah gausah pulang. The end."
Ndi    : "Besok aja gitu kita pulangnya, Fan?"
Fan   : "No. Gue masuk kerja lusa. Masih mau tidur panjang di rumah seharian."
Na     : "Yaudah atuh bangun."
Ndi    : "Mundurin aja gitu yah pulangnya?"
Fan   : "Ide bagus! Telepon gih, Ndi."
Ndi    : *ngomel-ngomel* "Gue lagi, gue lagi. Ne, pinjem HP. Gue ga ada pulsa."
Gue   : "Di meja. Not sure juga kalian bakal tepat waktu kalau sekarang kalian baru mau siap-siap."
Ndi    : *telepon pihak travel, mundurin jadwal keberangkatan jadi jam set 4*

Dan, ya. Nana uda angkat bahu aja.

Terus akhirnya kami dipanggil buat makan siang. Menu kali ini spaghetti buatan Ne yang rencananya mau dibikin tadi malem tapi apa daya mata tak kuat.

Newsflash: spaghetti itu gue masak pake bawang bombai. Yak, benar. Bawang bombai yang uda digigit sama Andi. 

Udahnya kami siap-siap ke pool. Itu pun setelah ditelponin ama mba-mba travel karena mobilnya udah mau pergi. Untung aja Fan dan gue selamat sampe ke travel menuju Bandung. The end~

__________________________________________


Kesimpulannya, liburan kita kali ini menyenangkan banget! Akhirnya kita bisa kumpul lagi 4an, dan terlepas dari segala kejadian bodoh yang kita (ngga mungkin ngga) alami, bersyukur banget kita bisa melewati liburan ini bareng2 lagi. So much laugh, so much joy, and we feel blessed! #BeautifulMemories497638

Oya, ranger Na saat ini belum bisa nulis disini dan bercerita dari sudut pandangnya dia karena doi lagi sakit gigi berhubung giginya baru dipagerin. Mari kita doakan semoga giginya ga menderita lagi. Semoga kalian juga ga bosen baca cerita tentang ke-random-an dan kebodohan kita ya~

Daaannnn... Kita semua uda bertoga, guys...!! At last...!

Tenang, kita sayang Andi kok...



See you in the next!

Last words by Na:

Yah, seperti kata ranger Fan di atas, gw lagi sakit gigi. Gigi gue dipager, biar yg keluar hanya kata-kata memberkati *ceileh* dan ternyata sakitnya emang banget, banget yah. Makasih ya buat yg mau doain, semoga gw jd cantik dalam beberapa taun ke depan kaya princess yg mereka semua liat dan gue engga. Huahem.


Nothing to add sih, Fan, Ndi, Ne are relatively better storytellers than me so I don't really  have to chip in anyway ^-^ Ini emang cerita kita, yang aneh tapi nyata dan kayanya out of billions of people out there, these kinds of happenings are only happening to us. So, stay tune with the next peculiar, amazing posts made by this group of amazingly weird unique people. Makasih buat pembaca yg invest waktu buat baca ini ya, we do hope our posts can at least make you smile :)


One thing I got from this holiday: FAT. I got FAT. Hehe. 
No, that one thing is: we all should find the ones who make us cry less, and smile more often. Like I got mine here already :)


And feel that life is worth living, despite of all the hardships, illogical things, and painful-time-when-you-grow moments. 

Cheers!

No comments:

Post a Comment