Saturday, December 3, 2016

The Game of Life

Bandung, 15 November 2016 

Hari itu gue sengaja izin setengah hari dari tempat kerja karena harus beresin kelengkapan buat wisuda. Ngga usah tanya ya kenapa gue baru wisuda sekarang -___-

23 Tahun gue hidup di Bandung en baru sekali ini gue bener-bener ngerasain yang namanya kejebak banjir. Saking banjirnya badan gue sampe basah (YA IYALAH!). Saking banjirnya terpaksa gue nyuruh Hames buat menepi daripada kita berdua hanyut kebawa arus. Tapi bener deh, cuman gue yang rasain ato emang belakangan ini Bandung jadi gampang banget banjir ya??




Tuhan itu adil, bray. Dia pasti membuat hidup lu seimbang, ngga akan terlalu susah karena Dia tahu batas kemampuan lu, dan ngga akan terlalu gampang karena Dia tahu harus ngedidik lu. Sama kaya idup gue, beberapa waktu yang lalu baru aja gue cerita tentang betapa gampang dan ajabnya lulus dari kuliah en sidang. 

Ketika orang lain sampe belajar mati-matian en ga bisa tidur saking tegangnya mau sidang, gue masih bisa maen game sampe tengah malem karna jadwal sidangnya kapan aja gue gatau. Ketika orang lain bolak balik ke WC gara-gara gelisah sebelum masuk ruang sidang, gue sendiri masih sempet beli batagor di kantin saking pasrahnya. Begitu juga saat masuk dunia kerja, ketika orang lain harus nunggu berbulan-bulan bahkan bertaun-taun untuk mendapat panggilan kerja, gue belom wisuda pun uda dapet. Hidup gue serasa pake cheat en rasanya kok gampang banget ya.

Semenjak saat itu gue merasa kalo idup ini akan selamanya mudah, selamanya nyantai dan penuh riang canda juga tawa. Sampai... coklat membanjiri ladang gandum dan VOILA! Koko Krunch pun hadir dengan rasa baru! *plak*

Well, ternyata hidup ngga selamanya mudah, cheat pun ngga selamanya aktif. Kuliah gue gampang, lulusnya gampang, wisudanya ribet. Tiap minggu gue kudu bolak balik kampus buat ngeberesin syarat-syarat yang sebenernya gampang tapi kenapa ngga pernah beres. 

Jadi syarat buat daftar wisuda (di kampus gue) itu cuman ada 2 hal guys:

1. Bayar wisuda
2. Lampiran Persyaratan Bebas Perpustakaan

Terlihat simple sekali bukan? Bahkan lebih simple dari tatacara masak mie instan. Masalahnya:

1. Bayar Wisuda

Bayar wisuda sebenernya gampang banget, tinggal dateng ke bagian TU dan bilang ‘Pa saya mau bayar wisuda,' dan selesai. Tapi ternyata bukan itu aja yang gue bayar. 

Karena kemaren ini sidang gue tanggal 1 Agustus, itu masuk ke kalender taun ajaran baru, which mean gue kudu bayar dulu uang gedung dan fasilitas yang sama sekali ngga gue nikmati

Dan yang bikin hari gue tambah parau adalah kata-kata yang disampaikan oleh si bapak TU; “Sayang banget ya dek, coba 29 Juli sidangnya ngga perlu bayar.” 

LAH KAN BUKAN GUE PAK YANG NENTUIN JADWAL SIDANGNYA! 

Tapi mau protes ntar makin ribet lagi ngurusnya, mau bayar sayang duit, mau gue gigit aja petugas TU-nya ntar rabies. Apa boleh buat, bayar deh gue.


2. Lampiran Persyaratan Bebas Perpustakaan

Syarat kedua buat wisuda adalah lu harus punya Keterangan Bebas Perpustakaan, artinya lu ngga boleh lagi punya tunggakan peminjaman buku dari perpus. Disana gue liat ada list 'buronan' orang-orang yang nunggak buku di perpus, mulai dari orang normal yang telat seminggu dua minggu, sampe yang paling lama 4 taun belom dibalikin. Men, ini orang kalo punya anak dari lahir sampe masuk playgroup loh.

Kalo lu tanya gue punya utang apa ngga, jawabannya pasti engga. Kenapa? Karena gue ngga pernah sengaja pinjem buku untuk dibawa pulang, sekalinya pinjem buku paling waktu gue lagi beresin TA atau lagi cari wadah buat naro gorengan. Masalahnya bukan terletak sama bukunya, tapi karena untuk minjem buku itu lu harus punya kartu anggota perpustakaan yang uda setaun lebih ilang di dalem dompet yang ilang juga entah dimana. Singkat cerita gue kudu bayar lagi buat ngeganti kartu yang ilang itu.

And then gue juga diwajibkan untuk menyumbangkan 1 buah buku ke perpus. Yaa itung-itung kenang-kenangan terakhir dari alumnus lah. Waktu itu gue dikasi pilihan; mau cari sendiri bukunya di luar, ato nyumbang duit aja. Tadinya gue pikir mending langsung beli keluar aja soalnya si kampus ini pasti ambil untung kalo gue bayar ditempat. Buku yang harus gue cari adalah Akutansi Keuangan Lanjutan 2 keluarannya Salemba Empat yang harganya 160 rebu. Kata si ibunya gue boleh cari temen buat patungan. Nah, disini masalahnya:

1. Gue ga punya temen buat patungan.
2. Kalo gue bayar di tempat, gue cuman bayar 75 rebu karena bukan buku itu yang dibeli.

KAN KAMPRET!

Puji Tuhan banget sih akhirnya gue bisa wisuda juga walaupun penuh keringat en darah yang bercucuran. Kalo dipikir-pikir yang namanya idup itu lucu juga ya, full of surprises banget gitu. Hari ini kita bisa bengong seharian karna ga ada kerjaan, besoknya malah kita ngga punya waktu bahkan cuman buat bengong doang. Kadang enak banget kadang penuh perjuangan. But everything happens for a reason right? Ada saatnya lu harus kerja keras dan ada juga waktunya lu menikmati semua.

Mungkin gue pernah bilang ini di post-an sebelumnya (gue sendiri lupa yang mana, tapi ngga salah kan ya kalo sedikit dibahas lagi), kebanyakan orang bilang kalo idup itu ngga adil. Kenapa dia begitu tapi gue begini, kenapa dia bisa begitu tapi gue kaga, daaaann sejuta alesan lainnya. But, don’t you think that was yourselves who make it seems unfair? Karena elu, kalian, kita kadang ngga mau menerima apa yang ada dan terjadi didalam hidup. Why do you guys keep blaming the entire world for that? That is the true unfair!

Nikmati hidup lu selagi bisa, sesulit apapun, sebodoh apapun, segila apapun itu. Write your own story and tell it to our next generation! Yahoooo ~

3 comments: