Tuesday, May 19, 2015

Cerita Hantu (part 2)



Pas SMA, pernah gue begadang buat ngerjain PR Mandarin. Bayangin, nulis urutan penulisan semua kanji dalam 8 bab itu bukan perkara mudah. Sampe sekitar jam 2 subuh tu PR belom beres-beres.



Gue yang saat itu masih sangat pengecut soal setan-setanan mulai mikir yang ngga-ngga. Baru beberapa hari yang lalu gue denger cerita dari papi gue. Waktu itu kira-kira siang, ada pegawai pabrik ngeliat seorang cewe berbaju putih berdiri diem ngehadap tembok. Si pegawai ini heran, karena saat itu yang kerja sebagian besar cowo. Kalopun ada cewe, pasti rambutnya diiket, ga diurai panjang kaya si cewe diem ini. Pas dia deketin si cewe buat nanya, "Ngapain elu?" eh si cewe gerak duluan. Dia jalan nembus tembok.


Kebayang gimana reaksi si pegawe yang liat? Dia langsung ngibrit.

And like always, my scumbag brain would remember story like that in the middle of the night when I was awake, alone. Gue pun mencoba menenangkan diri. Penampakan si kunti terjadi di pabrik. Bukan di rumah. Jadi gue pun lanjut ngerjain PR, tapi dengan indera pendengaran jauh lebih ditajemin biar kalo ada bunyi aneh sekecil apapun, gue langsung sadar.

Sekitar setengah jam kemudian, mungkin karena gue kelebihan dosis teh S*r*w*ng*, gue mulai ngerasa ngantuk. Padahal gue bikin teh supaya ga ngantuk. Ya sudahlah.

Akhirnya gue menyerah dan memutuskan untuk ngebiarin PR belom beres. [Ini jangan ditiru ya, adek-adek.] Tepat sebelum gue nutup buku, gue denger suara, "Kik...kik...kik..." dari arah jendela kamar.

Gue terdiam.

Lagi. "Kikikik..." plus bunyi kaca jendela digaruk-garuk ama kuku *grek grek grek*

Mampus gue, kata gue dalem hati, merinding luar biasa. Gue noleh ke jendela yang udah ketutup gorden cokelat. Cerita soal si kunti yang muncul di pabrik terngiang kembali di kepala gue. Saat itu gue cuma bisa melotot ngeliatin jendela, ngebayangin si kunti lagi di depan jendela gue sambil nyengir, ngegaruk-garuk kaca biar bisa masuk rumah. Sumpah ngebayanginnya aja bikin gue ketakutan banget.

"Kik...kik...kiiiik..." *grek grek grek*

Saking paniknya, satu-satunya hal yang gue pikirkan saat itu adalah, "Suaranya kaya kuntilanak kena asma. Ternyata hantu bisa kena asma juga, ya." --> terlalu takut + overdosis teh = pikiran mulai ngaco.

Dan ga berapa lama setelah bunyi-bunyian itu berlangsung, tiba-tiba ada suara *tap tap tap* langkah kaki ngedatengin gue gitu. Semakin ga berani lah gue buat bergerak. Gimana kalo ternyata si kunti berhasil masuk ke dalem rumah? Gimana kalo ternyata dia sekarang lagi ngedeketin gue, terus nepuk pundak, terus ketika gue berbalik gue bakal ngeliat muka super serem, setengah busuk dengan bola mata keluar sebelah dan bibir robek gede kaya Joker...

Bener aja. Setelah itu gue denger ada suara cewe manggil-manggil gue, "Fan..."

Jantung gue serasa jatoh ke perut. Ternyata yang manggil itu mami gue, sodara-sodara. "Mami ih! Bikin kaget aja!" protes gue sewot. Rupanya mami gue bangun tengah malem gitu buat ngecek gue, karena beliau dapet firasat gue masih belom tidur. Beliau memang ibu yang baik :)

"Kenapa sih kaget gitu?" tanya mami gue heran.

"Itu... Ada bunyi-bunyi aneh di depan jendela..."

"Pasti takut yah?"

Gue nyengir. Tepat saat itu kedenger lagi. "Kikikiiik..." *grek grek grek* Gue loncat, narik-narik baju si mami. "Itu, Mamih! Ituu!!" seru gue sambil nunjuk jendela.

Terberkatilah insting seorang ibu yang ingin melindungi anaknya, mami gue dengan berani berjalan mendekati jendela, ngulurin tangan mau ngebuka gorden (atau mungkin beliau cuma penasaran doang).

"Mamih, jangan...!" Gue udah takut banget ngebayangin bakal ngeliat sang kunti lagi berdiri di depan jendela sambil menyeringai, tapi mami gue ngga ngegubris gue. Dengan mantap beliau ngebuka gorden dan... jantung gue terjun bebas lagi.

Di luar, saking gelapnya, yang keliatan cuma item doang.

"Kik...kik...kik..."

"Cuma kelelawar kok," kata mami gue kalem.

Iye bener. Setelah gue memberanikan diri untuk mendekati jendela, nyatanya cuma ada kelelawar item kecil disana. Doi lagi ngegantung terbalik di kisi-kisi jendela kamar gue. "Kikikiiik~" *grek grek grek* Keliatan si kampret itu ngegaruk-garuk kaca.

Ternyata makhluk itu yang bikin suara dari tadi. Pantes bunyinya kaya kuntilanak keselek.

Mami gue cuma ngakak ngeliat gue lemes dengan suksesnya.

Iye, kisah ini memang ga terlalu horor dibanding post-an sebelomnya. Well, sejak saat gue ditendangin ranjangnya, ga pernah lagi sih gue ngalamin kejadian mistis. So far so good. Yang bisa gue banggakan sejak kejadian itu adalah, gue mampu nonton Ghost Hunters sendirian siang-siang :D

Rame loh itu. Reality show yang menurut gue ga dibuat-buat dan mampu menangkap kejadian astral dengan bukti yang bisa dipercaya; macem nangkep suara-suara yang ga mereka denger di TKP, tapi pas dengerin rekamannya ternyata ada bisikan ato suara langkah dll. Pernah juga pas di TKP mereka liat sesuatu en pas liat rekaman ulangnya ato foto-foto, beneran ada sesuatu. Tapi sebelom mempercayai di suatu tempat itu ada makhluk dunia lain, mereka bakalan nyari terlebih dahulu sebab musabab alami yang bikin kita nyangka itu mistis. Itulah yang gue suka dari acara ini. Jadi mereka ga sembarang langsung percaya gitu.

Ga kaya acara-acara ­berburu hantu Indo di TV. Dikit-dikit kesurupan. Sepuluh menit datengin tempat yang katanya berhantu, uda ada yang kesurupan lagi. Quote paling terkenalnya barangkali, "Aing geus tilu ratus taun didieu!°"
°gue uda tiga ratus taun disini!

*menghela napas dalam-dalam*

Maksudnya, makhluk astral kan pastinya sama dimana-mana, mau yang di luar negeri maupun dalem negeri. Class-nya sama-sama makhluk halus. Skill-nya sama-sama bisa muncul dimana aja, kadang nampak kadang ngga. So why cuma di Indo yang bentar-bentar pasti aja ada orang yang kesurupan sama (yang katanya) makhluk halus, sementara di luar negeri mah buat yakin di suatu tempat bener-bener berhantu aja susah.

Pikiran rupanya bener-bener berdampak pada reaksi kita terhadap dunia lain. Satu hal yang sekarang sering gue bilang ke temen-temen gue yang takut ama hal-hal begituan adalah: jangan takut. Karena ketika kita ketakutan, seluruh syaraf dalam tubuh kita jadi lebih sensitif. Segala hal yang sebenernya normal, berhubung kitanya aja yang lebih sensitif, kerasanya jadi, "Tadi ada yang nyentuh gue!" ato "Gue liat ada bayangan disana!" semacem itu. Lagian kalo kita ketakutan, otak cenderung bersikeras buat 'ngecap' suatu tempat itu berhantu, sehingga segala hal bisa jadi penampakan buat kita.

Makhluk halus itu emang ada, toh itu disebut juga dalem kitab suci. Tapi mereka ga bisa ngapa-ngapain kita kalo kita beriman bahwa ada kekuatan yang lebih besar dalem diri kita, yaitu kekuatan Tuhan. Justru ketika kita ketakutan, si iblis jadi lebih seneng ngegangguin biar kita jadi ga percaya ama kekuatan Tuhan. So, control yourself, control your fear. Just saying sih. Hahaha.

No comments:

Post a Comment