Wednesday, January 22, 2014

LOVE = CINTA = SAYANG?

Hello everyone! Now back to the oldest member of this blogger, yang paling jarang nulis dan dikatain cuma nebeng nama doang. Mehehehe. Here goes.

Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai KASIH , sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku... 1Korintus 13:3

Wow , dahsyat banget ya kasih itu, ga ada yang bisa mengatasinya. Dan mungkin itulah yang diridukan oleh setiap manusia.

CINTA ATAU KASIH 
Sebenarnya beda ga sih cinta sama kasih? kalo liat di bahasa Inggrisnya sih cinta dan kasih memakai kata yang sama, yaitu LOVE. Jadi cinta itu Love, kasih itu Love. Pokoknya “love” melulu.Jadi ya kalau berdasarkan pemakaian kata, bisa disimpulkan cinta=kasih, kasih=cinta.
Tapi benarkah begitu?


CINTA ITU PERASAAN?
Nah, sekarang, apa sih cinta itu? Ada yang bilang “cinta adalah gejolak jiwa terhadap seseorang untuk memiliki”, ada juga yang bilang “cinta itu ialah ungkapan kasih sayang atau perasaan kepada seseorang yang tidak dapat diungkapkan kepada seseorang yang kita cintai”, yang lainnya “getaran cinta yang membuat kita selalu ingin bersama.” Kamu juga mungkin punya definisi cintamu sendiri. Dan umumnya, definisi cinta itu berkisar di dimensi perasaan atau feeling. Perasaan bahagia saat berjumpa dengannya, perasaan ingin selalu bersama, perasaan berbunga-bunga sehingga semua terlihat indah, senyum selalu terkembang .. Duh bunga buangett.... 

Tapi kalo seandainya kita bertemu dengannya dan merasa tidak bahagia, apa itu artinya kita ga ngerasa cinta lagi? Atau waktu ada masalah dan perasaan berbunga-bunga itu tidak sehebat dulu lagi, apa itu artinya cinta kita sudah menurun atau bahkan hilang?

BUKAN SEKEDAR PERASAAN
Kalo kita masih punya pengertian bahwa cinta itu hanya sebatas perasaan saja, maka itu artinya kita sudah ditipu oleh iblis (berani banget ya gue ngomong gitu, well tapi ini emang pemikiran gue sih). Itu artinya kita baru sampai cinta eros....cinta yang bersifat nafsu. Dan sifatnya pasti ga bisa selamanya, cuma bisa sementara aja. Waduh....

CINTA ADALAH KEPUTUSAN
Cinta bukan perasaan, cinta  itu keputusan. Coba kita baca 1 Korintus 13:4-7. Adakah di situ disebut bahwa cinta itu perasaan sabar, perasaan berbung-bunga, gejolak jiwa....... Ehm, tidak ada kan ya? YA IYALAH. Memang cinta itu dimensinya ga sekedar di area perasaa, tapi lebih dari itu, cinta adalah keputusan. Keputusan untuk sabar, keputusan untuk murah hati, keputusan untuk tidak cemburu, keputusan untuk tidak sombong, dan lain sebagainya. Jadi bukan hanya sekedar perasaan, tapi juga keputusan.

TUHAN MEMUTUSKAN UNTUK MENCINTAI KITA
Bayangkan kalo seandainyaTuhan mencintai kita atas dasar perasaan. Wah, bisa gawat nih. Waktu kita ga nurut sama Dia, atau waktu kita udah jadiin Tuhan prioritas kita yang kesekian, lalu Tuhan melihat kita dan memandang kita, “Ehm, nyebelin banget nih manusia, Aku tidak mencintai dia lagi!” Wah, hari ini Tuhan lagi bad mood. Ga pernah kan kita denger Tuhan kita lagi bad mood?

Kok bisa Tuhan ga cape-capenya sayang sama kita? Karena Tuhan mendasarkan cintaNYA bukan pada perasaan, tetapi kepada keputusan.DIA memutuskan untuk mencintai kita sekali dan selamanya, apapun yan terjadi (Mzm 100: 5). Bahkan Firman Tuhan bilang ga ada yang bisa pisahin kita dari kasih Allah, apapun itu (Roma 8:35-39).

ALLAH IALAH KASIH 
Allah ialah kasih, Allah ialah cinta itu sendiri. Kita memang ga akan pernah bisa ngerti arti cinta yang sesungguhnya, kalo kita ga terima Allah dengan sepenuh hati kita. Kita ga akan pernah bisa mengasihi dan mencintai seseorang dengan sesungguhnya kalo Allah ga tinggal dalam hidup kita. Kalau definisi kasih kita Cuma terbatas di perasaan, percayalah suatu saat kasih itu bisa hilang. Kita bisa jadi lelah mengasihi waktu orang yang kita kasihi ngecewain kita. Jadi, ambillah keputusan buat mengasihi, bukan merasa mengasihi. Kasih sejati ga kenal waktu, dia akan bertahan, walaupun ada masalah,rintangan dan tantangan apapun.

KASIH ITU KARAKTER UTAMA
Tau bedanya murid Tuhan sama orang lain? Kita punya stempel “KASIH”. Karakter utama yang harus dimiliki oleh seorang murid Kristus sejati ialah KASIH. Ga ada gunanya memperoleh segala sesuatu di bumi ini kalau kita kehilangan kasih.

YOUR TIME IS NOW
Kalo saat ini kita rindu buat dipenuhin sama kasih yang sejati itu, cinta yang sesungguhnya itu, datang sama Tuhan… Belajarlah mengenal Dia dan tinggal didalam kasihNya. Rasain dulu deh, jadi kita bisa ngerti apa kasih itu, kaya gimana kasih itu, kasih yang ga sekedar perasaan sementara yang lalu hilang.

Sebelum kita melangkah keluar dan mencari kasih kita di dunia (red: pasangan hidup), cicip dulu rasanya kasih sejati. Ada yang bilang, relationship with God is the best relationship you can have. Jadi, cari Tuhan dulu ya… stay true dulu waktu kita build relationship sama Dia, maka kita juga akan berhasil membangun dan mempertahankan relasi-relasi kita yang lain…



Well, as if I’m speaking to myself. Hope this helps!

4 comments: