Tuesday, September 10, 2013

Klub Penolong Orang!! [Review Anime--Sket dANCE]


Hola, minna-sama! Ogenki desuka? Atashi wa genki desu! Kyou wa, gue akan merepiu anime lagi! 





Anime ini, yang berhasil menjadi urutan pertama dari Daftar Anime Terfavorit Versi Fan The Picky Ranger Tahun 2013 (*bumi gonjang-ganjing, laut terbakar, jaman es kedua dimulai, T-Rex menguasai dunia!!*), berjudul Sket Dance. Ngomong-ngomong, karena begitu luar biasanya anime ini, Hakkenden dan Inaba terpaksa bergeser ke urutan dua dan tiga. T-T

Bergenre slice of life, shounen, school life, comedy (banget), juga parodi, anime SKET-Dance diangkat dari komik berjudul sama yang dibuat oleh Shinohara Kenta-sensei, menceritakan tentang sebuah klub di Kaimei High School yang didirikan untuk meningkatkan kehidupan sekolah, dengan cara memecahkan setiap masalah yang dihadapi para murid. Klub ini bernama SKET-Dan (terjemahan: Helper’s Club). Singkatan SKET sendiri adalah Support, Kindness, Encouragement, and Troubleshoot. Tapi karena klub ini lebih terkenal sebagai “grup pesuruh”, klub ini hanya beranggotakan tiga orang:

Fujisaki Yuusuke / Bossun

Sang ketua klub juga tokoh utama, meski kadang suka dikesampingkan dan dianya sendiri suka protes, “Oyy! Kan gue tokoh utamanya!!” tiap kali ada tokoh laen yang diceritakan lebih banyak dibanding dia.

Meski Yuusuke—atau yang sering disebut Bossun—kelihatan oon, tapi begitu ada orang yang meminta tolong atau kesulitan, dia tak akan segan mengerahkan seluruh tenaganya demi menolong orang tersebut. Bossun juga memiliki kemampuan konsentrasi tajam yang mampu mendeduksi masalah tiap kali dia memakai google-nya, diberi nama Connecting. Selain itu sebenernya Bossun juga pintar. Di salah satu episode, dia adalah satu-satunya orang yang bisa memecahkan semua pertanyaan kuis. Dikatakan bahwa Bossun-lah orang pertama yang berhasil memenangkan kuis itu (selanjutnya sih rekor itu akhirnya dipecahkan oleh Ketua OSIS, but it’s a spoiler. Sorry :D) Oya, dia juga sensitip sama omongan dari orang laen, jadi kalo ada yang mengata-ngatai dia, Bossun suka langsung nangis.

Diketahui kemudian bahwa kehidupan keluarganya agak rumit. Tapi gue ga bakal nyeritain disini, soalnya ga bakalan rame kalo g ceritain. But I guaranteed his story is so touching~! For your information, I cried when I watched the episodes that tell us his past, and the continuing of his story. Hiks... TwT

Onizuka Hime / Himeko

Cewek Amazonian dengan kekuatan luar biasa juga fighter jarak dekat super-dangerous. Himeko berperan sebagai “muscle”, orang yang kerjanya melakukan kegiatan fisik di klub ini—artinya menghajar bad guys. Senjata utamanya adalah stik hockey. Saking hebatnya dia, Himeko mampu mengalahkan segerombolan cowok-cowok preman sampai mereka babak belur. Akibatnya, Himeko disebut juga Legendary Yankee Onihime—yang secara harfiah berarti Monster Princess.

Himeko berambut pendek pirang, bertubuh seksi, dan suka sekali ngemut permen lolipop Pelocan, bahkan waktu lagi ngehajar orang. Nah, permen lolipop ini ajaib, bisa membuat orang lain (biasanya sih Bossun) yang mencobanya langsung muntah meski cuma sekali jilatan. Mau tau kenapa? Karena rasanya. Bayangin, lolipop rasa “Mackerel-Miso” ato “Octopus-Wasabi” ato lebih parah lagi rasa ati-ampela. Yuck.

Usui Kazuyoshi / Switch

Ini dia orang paling ganteng sekaligus paling aneh di klub. Switch berperan sebagai “otak” juga database di klub ini. Dia memiliki biodata lengkap semua murid di Kaimei School. Plus, dia itu otaku berat.

Satu hal yang jadi ciri khas Switch: dia ga pernah ngomong. Caranya berkomunikasi adalah menggunakan komputernya; Switch mengetikkan kata-kata yang pengen dia omongin, trus software di komputernya itu akan mengubah ketikan kata-kata menjadi suara. Secara praktis, Switch cuma mau bicara melalui komputernya. Apa yang menyebabkan dia seperti itu? Well, that’s another spoiler I don’t want to talk here :D

Switch juga penganut “scientific solution is everything” kelas berat. Makanya dia sering bentrok sama Yuuki Reiko, seorang Sadako maniak occult.


Kasus-kasus yang mereka hadapi bermacam-macam, mulai dari membantu cowok samurai-fanatik menang dalam kejuaraan kendo, menuntaskan game aneh milik guru geografi mereka, ngebantu guru yang bertampang menyeramkan berhasil melewati ajang perjodohannya, sampai membantu seorang violinist terkenal mengambil keputusan untuk meraih mimpinya. Dan sebagaimana semua cerita yang mengisahkan sebuah klub di sekolah, tentunya mereka punya saingan. Yap, saingan mereka tak lain dan tak bukan adalah Student Council.

AFTERTHOUGHTS & CONLUSIONS


Mungkin dari yang gue bahas disini, anime ini keliatan seperti anime klise yang kerjanya cuma nolongin orang. Tipe-tipe anime datar ngebosenin. But this is where you’re wrong, guys!

Banyak banget kejadian lucu yang bisa bikin kalian ngakak-ngakak. Gue sendiri sering sakit perut nontonin anime ini. Turnamen-turnamennya aneh sekaligus konyol, tokoh-tokohnya unik semua plus bodoh, digabung dengan beberapa cerita serius yang diceritakan dengan menyentuh (contoh: apa yang menyebabkan Himeko jadi yankee, kenapa Switch cuma mau ngomong pake komputer, gimana cerita keluarga Bossun yang complicated). Oh, dan ada crossover ama Gintama pula! Berkat itu semua, anime ini sama sekali ga membosankan.

Masalah art, uda ga usah ditanya lah ya. I like almost every characters here. Cewenya imut-mut dan cowonya ganteng-ganteng (Katou Kiri-kuuuuuuuuuun~~! Bossuuuun kamu juga cute bangeeeeet!!! >w<) Soundtrack-nya pun enak semua. Bagi yang mau donlot lagu2nya bisa donlot disini:


Trus trus, seiyuu-seiyuu nya juga keren! Seiyuu-nya Bossun tuh paling gue suka. Plus ada Tomokazu Sugita sebagai seiyuu-nya Switch. Pokoknya kyaaaaaa banget deh! :D

So, overall this is A VERY VERY VERY MUST SEE ANIME. Gue ga cerita banyak disini karena semata-mata gue ga mau twist rame di anime ini uda keburu ketauan duluan. Beneran deh. Kalian harus nonton sendiri. Suwer.

Terakhir, chibi2 + sosok 3-years-old mereka (long story) lucu bangeeeeeet!!!

Episode 72
Episod 9 (must see!! Bossun's so cute here!! ><)

Episod 23 (juga must see!!)

Sekian review untuk hari ini. Selamat menonton~! :D

1 comment:

  1. anime ini memamg menghibur banget,,,
    Himeko memang mantab gila.
    bagi yang butuh filenya ambil disini http://www.meongs.net/sket-dance-1-77-subtitle-indonesia-tamat.html

    ReplyDelete