Saturday, February 28, 2015

Kekinian part 2: "Betapa menderitanya gue" :(

Galauers. Galauers dimana2.

Cukup miris juga sih ngeliat anak2 jaman sekarang statusnya kalo ga lagi putus cinta, ya merasa dikhianati lah, merasa kangen tapi bertepuk sebelah tangan lah, nunjukin dia lagi sedih, marah2 sama orang, dll. Sampe ada official account yang kerjanya nge-post omongan galau. Men... Gue jadi suka bertanya2, anak2 jaman sekarang mau dibawa kemana?





Oke lah, kalo mau fair, generasi yang uda lebih tua juga pas masa mudanya pernah galau. Sering malah. Sama aja kaya generasi anak muda jaman sekarang. Yang jadi problem adalah, masa kini itu didukung oleh teknologi canggih yang memungkinkan tiap2 orang jadi bisa mengungkapkan pikiran mereka dimana saja, tentang apa saja, dan yang paling penting, bisa diliat siapa aja.

Dan ya, yang gue sadari adalah, ternyata ga cuma anak muda aja yang nurutin tren tulis-semua-yang-gue-rasain-sekarang-biar-orang2-tau-keadaan-gue-oh-gue-sangat-menderita di sosmed. Orang2 tua juga ada loh.

Gue ngga ngomong: "Kalian seharusnya ga boleh nulis2 status kaya gitu, tau ga!" Well, nulis2 kaya gitu toh hak kalian. Sama kaya adalah hak gue buat ngeluarin pendapat kaya gini, disini.

Yang mau gue tekankan adalah, plis plis plis, consider what you want to say. Pikir baik2 apa yang mau kalian utarakan di status dan di sosmed manapun. Karena yang liat tulisan itu bukan cuma kalian, bukan cuma orang2 yang memang kalian maksudkan untuk baca, bukan juga cuma temen2 yang menurut kalian perlu tau; tapi semua orang yang bahkan belom kalian kenal, belom kenal kalian, dan yang mungkin di masa depan nanti bakalan jadi seseorang yang memegang peranan penting dalam kehidupan kalian. Orang2 seperti itu termasuk (mungkin) calon pacar, calon bos, calon mertua, orang2 yang bakal bantuin kalian cari kerja, dll, pokoknya yang bakalan jadi penting dalam hidup kalian.

Soalnya gini yah. Seperti yang sobat gue, si Poobear bilang di post-an lampau, orang mau ga mau bakalan nge-judge a book by its cover firstly meskipun pepatah bilang jangan nilai buku dari sampulnya. Nah, status2 dan omongan2 yang kalian tulis di semua sosmed adalah "sampul" kalian. Suka ga suka, orang pasti nilai kalian berdasarkan apa yang kalian utarakan. Sama kaya kalo kalian (mungkin) menilai gue sok bener karena gue nulis ini. Jadi pertimbangan orang2 tersebut mengenai apa yang bakal mereka lakukan terhadap kalian pasti didasari oleh penilaian mereka terhadap kalian. Secara ga langsung, apa yang kalian tulis dan katakan saat sekarang ini bakalan berdampak buat masa depan kalian yang mungkin masih nun jauh di sana, yang ga kepikiran dan yang ga kalian sangka. 

Tanya sama diri sendiri. Ada ga orang yang mau nolong kalian kalo kerja kalian cuma ngeluh, marah2, nyindir2 orang? 

Balikin ke kalian sendiri deh; apa kalian mau nolongin orang yang suka ngeluh, marah2, nyindir2, ngomongin cuma berani di status, dsb?

Curhat ama caper tu beda tipis. Lagian, ada juga orang2 yang setelah ngepost keluhan, marah2, dll, ga lama kemudian ngepost ayat religi. "Ah, ga ada bedanya orang yang kenal Tuhan ama yang ngga." Gimana kalo ada orang yang ngomong gitu karena melihat kalian?

Btw, gue bisa ngomong gini karna gue juga dulu suka ngomel di status dan hasilnya? Sebagian besar orang yang gue butuhkan, yang gue pandang dewasa, yang gue kagumi, menjauh dari gue, karena mereka tau gue orangnya kaya gimana lewat status gue. Mo kenal lebih deket untuk mengetahui alesan kenapa gue kaya gitu aja mereka uda males.

Oke, kalian bisa bilang, "Itu sih merekanya aja yang suka nge-judge!" Well, akuilah, semulia-mulianya elu sebagai manusia pun pasti ada batasnya. Kalo emang uda ga simpati trus mo digimanain lagi? Kalo diterusin malah jadi munafik.

Lagian, yang paling penting tuh bukan gimana orang lain, tapi gimana kita. Lebih baik instropeksi diri dulu, perbaiki diri sendiri dulu. Tuhan Yesus bahkan memperingatkan hal itu loh.

Matius 7:3 
"Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?"

Kalo emang diri sendiri uda bener, baru masuk akal lu komentarin orang lain. Mulailah dari diri sendiri dulu, apa2 tuh. Ga usah musingin orang laen; dianya juga ga gitu, ngapain gue gitu, dll dll dll. Daripada mikirin orang lain, mending perbaiki dulu diri sendiri. 

Dan gue ga bilang mulai saat ini, setelah lu baca tulisan gue dan lu sadar lu termasuk orang yang gue "komentarin" di atas, lu jadi ga boleh lagi ngutarain perasaan di sosmed, biarin pendem sendiri aja, dll dll. Men, wait dulu.

Gue menulis disini bukan berarti gue nyuruh kalian kudu jadi orang munafik. Ngga. Ngutarain perasaan, curhat, dsb di sosmed itu hak kalian. Cuma pesen gue adalah; ATI-ATI SANGAT kalo ngomong. PIKIRIN KONSEKUENSI lu nulis2 kaya gitu, karna bisa jadi nama lu jadi jelek buat orang lain meski saat itu di "lingkaran" (komunitas terdekat) lu dan temen2 lu, lu merasa puas. I'm saying these because I've been trough that dan gue ga mau kalian menyesal sama seperti gue dulu menyesal.

Kehidupan lu tu ga cuma saat ini doang, ga cuma masa lalu doang. Masih ada masa depan lu yang terbentang lebih luas lagi dari masa2 yang uda lu lewati. So ngapain terus berbalik ke belakang? Berkutat di masa lalu tu ga baik. Lebih baik lu gunain masa sekarang untuk mikirin masa depan, langkah apa yang harus lu ambil biar masa depan lu berharga dan ga penuh penyesalan. Apa yang lu tabur, itu yang lu tuai nanti.

Be careful, guys. Just saying. :)



No comments:

Post a Comment